:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Persepsi klien terhadap pelayanan keperawatan profesional di pusat jantung nasional harapan kita

(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Peningkatan pendidikan masyarakat telah banyak mengubah pola pikir termasuk tuntutan terhadap pelayanan keperawatan yang professional komprehensip mencakup pelayanan biopsikososio dan spiritual. Dari data yang terkumpul pada bulan Januari sampai dengan Juni 2004 di pusat pelayanan pelanggan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita didapatkan bahwa hanya 18,25% saja yag menyatakan puas terhadap pelayanan perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan professional dilihat dari aspek biopsikososiospiriual di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana. Responden diambil dari ruang rawat RS Jantung Harapan Kita dengan kriteria klien sedang dirawat, klien bisa membaca dan menulis Serta berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagi menjadi dua bagian, data pertama tentang demografi yang berisi 4 pertanyaan dan data kedua berisi tentang persepsi klien sebanyak 31 pertanyaan.
Dari kuesioner yang dirancang peneliti, didapatkan bahwa persepsi klien yang menyatakan baik terhadap pelayanan keperawatan dari aspek biologis sebesar 30% dan yang kurang baik 70%, yang menyatakan pelayanan baik dari aspek psikologis sebesar 75% dan yang kurung baik 25%, yang menyatakan pelayanan baik dari aspek sosial sebesar 52,5% dan yang kurang baik 47,5%, yang menyatakan pelayanan baik dari aspek spiritual sebesar 43,7% dan yang kurang baik 56,3%.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi klien yang menyatakan pelayanan keperawatan baik ditinjau dari aspek biopsikososiospiritual sebesar 57,5% dan yang kurang baik sebesar 42.5%. Selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi peneliti lainnya.

 File Digital: 1

Shelf
 Ade Priyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA5319
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 36 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA5319 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20277135