Persepsi khalayak wanita terhadap iklan Rotoscope Happy Salad Oil di televisi
Rr. Hindrarti Devi Prayogo;
Sunarto Prayitno, supervisor; Lilik Arifin, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996)
|
Persaingan di dunia bisnis, bukanlah hal yang baru pada masasekarang ini. Demikian pula kompetisi di produk konsumsi yang begitutajam dan para produsen harus memi1iki strategi serta banyak mengeluarkanbiaya ntuk menguasai pasar. Sarana untuk memnangkan persaingandiantaranya dengan mengunakan periklanan.Salah satu teknik iklan televisi adalah animasi iklan ini banyakmenarik perhatian khalayak karena di sukai semua umur, bentuk animasibiasanya lucu dan unik, serta menciptakan suasana yang menyenangkan.Iklan animasi ini mempunyai kelemahan yaitu dikhawatirkan khalayak lebihterpaku pada bentuk, suara dan gerakan animasi tanpa memperhatikan danmengerti pesan yang disampaikan. Untuk itu iklan kombinasi antara animasi dan model yang disebut iklan rotoscope merupakan alternatif pengganti Ik lan. rotoscope Happy Sal ad Oil mengena i ik lan minyak goreng nonkolesterol yang te;·buat dari kacang kedelai. Sasaran iklan ini adalahwanita usia 20-50 tahun, kelas menengah ke atas dan tinggal di perkotaan. Animasi Happy merupakan personifikasi dari kandungan kacang kedelaidalam minyak goreng, dihidupkan untuk mengesankan suasana bersahabatbagi khalayak sasarannya dan merupakan simbol atau atribut yang mewakiliproduk tersebut.Oari hasil penelitian terlihat bahwa kartun Happy sebagai unsuryang pa ing b~nyak diing t responden, tetapi pesan yang disampaikannyahanya bisa dimengerti oleh orang yang berpendidikan sarJana. Ini membuktikan bahwa kartun animasi masih belum mampu menginformasikan dengangamb lang pesan produk, karena khalayak leb ih tertarik dengan bentukkartun dibandi ng pesannya Oemikian pula dengan bentllk kartun ·-yangmerupakan personifikasi dari kacang kedelai tidaklahui oleh para responden, dan hanya mereka yang berpendidikan sarjanayang dapat mengartikannya arena mereka menghubungkan kandungan kedelaidalam minyak goreng dengan bentuk kartun anima srinya. Iklan Happy SaladOil dipersepsikan oleh sebagian besar responden yang berpe ndidikansarjana sesuai dengan yang diinginkan oleh pengiklan. |
S4103-Rr Hindrarti Devi Prayogo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4103 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xii, 93 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4103 | 14-22-07228085 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284715 |