Pengetahuan mahasiswa terhadap unsur produk dan unsur humor dalam iklan-iklan yang menggunakan pendekatan humor (Studi terhadap Iklan Ozzy, Baygon, dan Komix)
Millaty Ismail;
Sri Sedyastuti Syafei, supervisor; Lilik Arifin, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995)
|
Pada saat ini, iklan televisi sedang berkembang karena banyaknya televisi swasta di Indonesia. Dala menyampaikan pesan iklan tersebut dapat dilakukan berbagai pendekatan, antara lain dengan pendekatan humor. Pendekatan humor dapat memancing perhatian sehingga penonton mau memperhatikan iklan. Setelah mereka memperhatikan iklan diharapkan merekaakan memperhatikan produk yang diiklankan tetapi kadang-kadangyang terjadi adalah penonton tertawa pada humornya dan melupakan produk yang diiklankan. Iklan yang memasukkan unsur humor misalnya iklan Ozzy,Baygon, dan Komix. Oleh karena itu p \eneliti ingin melihat bagaimana pengetahuan seseorang terhadap humor dan informasi detail produk dalam iklan-iklan tersebut. Pengetahuan akan dilihat dari perbedaan jenis kelamin dan tingkat pengenaan media humor. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP UI. Penelitian ini bersifatdeskriptif dengan metode survei. Sampel dipilih dengan carasengaja karena responden sebelumnya harus sudah pernahmelihat iklan Ozzy, Baygon, dan Komix. dari basil penelitian tersebut ternyata responden banyak yang lebih mengingat unsur humor yang ada dalam iklan dibandingkan produk yang diiklankan. Bila dilihat dariproduk, mereka hanya mengi ngat i nformasi yang umum, bukanyang detail. Sebaliknya, bila dilihat dari unsur humor, adadi antara mereka yang ingat secara detail humor dalam iklantersebut. Bila dilihat berdasarkan jenis kelamin, pengetahuantinggi terhadap produk dalam iklan Ozzy dimiliki oleH wanita,dalam iklan Baygon dimiliki oleh wanita dan pria, sedangkandalam iklan Komix pria. Sedangkan penge t ahuan tinggi terhadaphumor da~am iklan Ozzy dimiliki wanita, dalam iklan Baygondimiliki pria, dan dalam iklan Komix dimiliki oleh wanita.Sedangkan berdasarkan tingkat pengenaan media humor,hampir seluruh responden yang mempunyai tingkat pengenaanmedia humor yang tinggi mempunyai perhatian yang tinggiterhadap unsur produk dan unsur humor dalam iklan-iklan yangmengqunakan pendekatan humor. Hanya pada iklan Baygon saja,responden yang mempunyai tingkat pengenaan media humorrendah mempunyai pengetahuan terhadap produk yang tinggi. |
![]()
|
No. Panggil : | S4107 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xiii, 197 pages : illustration ; appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4107 | 14-22-92336900 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20284762 |