Analisis Hubungan Antar Persepsi Pada Unsur-unsur Kemasan dan Freferensi Khalayak (Studi Kasus: Sangobion)
Indah Nurdini Lukman;
Sunarto Prayitno, supervisor; Arintowati Hartono Handojo, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)
|
Skripsi ini berangkat dari sebuah pemikiran mengenai fungsi dari kemasan. Akhir-akhir ini, kernasan semakin dilihat sebagai sebuah alat promosi produk. Namun sejauh mana kemasan berpengaruh, belum ada jawaban yang pasti. Peneliti tertarik untuk mencari tahu pengaruh kernasan itu sendiri. Sangobion adalah produk yang dipilih peneliti untuk diteliti kemasannya. Ini disebabkan karena pencapaian market share dari Sangobion pada urutan pertama di bidang kategori produk sejenis. Produk obat-obatan, di Indonesia khususnya, belum terlalu memperhatikan masalah kemasan sebagai salah satu alat untuk mempromosikan obatnya. Selain itu, Sangobion yang merubah konsepnya dari obat ethical (obat yang dapat dikonsumsi dengan resep dokter) menjadi obat Over The Counter atau OTC (obat bebas) juga dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam pemilihan studi kasus. Pada penelitian ini, peneliti menganalisis hubungan proses persepsi pada unsur-unsur kemasan terhadap pembentukan preferensi pada khalayak. Unsur-unsur kemasan yang diteliti adalah unsur-unsur dari kemasan Sangobion. Dari hubungan ini peneliti ingin mengetahui apakah persepsi pada unsur-unsur kemasan memiliki korelasi terhadap pembentukan preferensi. Selain itu, peneliti juga menganalisis pengaruh brand image terhadap hubungan antara persepsi pada unsur-unsur kernasan dan preferensi. Jenis penilitian adalah eksplanasi karena berusaha untuk menjelaskan sebuah hubungan dari dua buah variabel melalui teori-teori yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan metode survey, yaitu dengan memberikan pertanyaan melalui kuesioner kepada responden. Responden sendiri dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, setelah lebih dulu ditentukan kerangka sampelnya. Kemudian dilakukan uji realibilitas dengan menggunakan metode alpha cronbach, serta dilakukan pula uji validitas dengan menggunakan teknik factor analysis. Setelah itu, dilakukan analisis data dengan menggunakan metode elaborasi guna mengetahui hubungan dari variabel-variabel yang diteliti. Setelah dilakukan analisis data, didapatkan hasil penelitian yaitu persepsi pada unsur-unsur kemasan memang mempengaruhi preferensi, namun pengaruh itu lemah. Sedangkan brand image juga terbukti mempengaruhi hubungan antara persepsi pada unsur-unsur kemasan dan preferensi. Namun hipotesis penelitian kedua yang mengatakan brand image dapat menguatkan hubungan persepsi dan preferensi, ternyata tidak terbukti. Dalam penelitian ini, brand image tidak dapat menguatkan hubungan antara persepsi dan preferensi. Penelitian ini hanya dapat membuktikan bahwa semakin baik persepsi pada unsur-unsur kemasan, maka semakin positif preferensi yang terbentuk. Untuk kasus yang diteliti pada penelitian ini, model hirarki efek dari Belch & Belch dalam buku Advertising and Promotion, ternyata terbukti. Namun untuk kasus ini, hasil dari proses persepsi yang diwujudkan dalam bentuk kognisi terhadap produk hanya sedikit dapat mempengaruhi khalayak untuk mencapai tahap hirarki efek yang lebih tinggi yaitu afeksi, khususnya tahap preferensi. Sedangkan kemasan sendiri yang menurut Toni Duncan dapat merefleksikan brand image dan penyampai efek visual, dalam penelitian ini kemungkinan baru dapat berfungsi sebagai reminder raja. |
S4347-Indah Nurdini Lukman.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S4347 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 76 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S4347 | 14-24-29497351 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20285475 |