:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Strategi Integrated Social Media Network Game: penggunaan Advergame dalam membentuk Customer Brand Engagement

Ira Agustiana Halim; Hifni Alifahmi, supervisor; Udi Rusadi, examiner; Eduard Lukman, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dengan mempergunakan teori Phases of Engagement, membahas
bagaimana proses terbentuknya engagement pemain advergame Explorion dengan brand
Pocari Sweat. Melalui metode kualitatif yang mempergunakan teknik triangulasi dalam
penggabungan berbagai teknik sumber data melalui observasi berperan, wawancara
mendalam dan studi dokumen maka dapat diketahui bahwa penggunaan sosial media
yang terintegrasi dengan advergame Explorion merupakan strategi yang memang
ditetapkan oleh Pocari Sweat sebagai bagian dari kampanye pemasaran terpadu mereka
yang dalam pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari penggunaan elemen-elemen
pemasaran lain seperti advertising baik media elektonik dan media cetak serta
PR/Publicity.
Penggunaan strategi sosial media yang terintegrasi dengan advergame mengindikasikan
keinginan Pocari Sweat untuk membangun hubungan komunikasi dan interaksi yang
lebih dalam untuk menyampaikan pesan edukasi. Dengan karakteristik yang dimiliki,
Advergame Explorion dan sosial media, Pocari Sweat berhasil mendorong para pemain
untuk melalui kelima tahapan engagement mulai dari tahapan lurking, casual, active,
commited hingga tahapan loyalist.

ABSTRACT
This Research, applying the Phases of Engagement theory, tries to explain the
engagement process of Explorion players. The Explorion game is used by Pocari
Sweat (the brand studied in this thesis). The methodology of this research was
descriptive qualitative and the data was collected by triangulation, including indepth
interview, observation and document review. The result of this research
showed that the use of integrated social media network with advergame as a part
of integrated marketing comunication campaign could not be separated from the
usage of other marketing elements, such as advertising through electronic or print
media and PR/Publicity.
The use of social media which was integrated with the Pocari Sweat advergame
also indicated the intention of Pocari Sweat to build the communication
relationship and deeper interaction in order to convey its educational message. By
the characteristic of the advergame and social media, Pocari Sweat has
successfully managed to push their players to pass the fifth phases of
engagement, from the lurking, casual, active, committed up to loyalist phase.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T30602
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 121 pages ; 28cm. + appendix.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30602 15-18-775682973 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20301961