ABSTRAK Penelitian ini dengan mempergunakan teori Phases of Engagement, membahasbagaimana proses terbentuknya engagement pemain advergame Explorion dengan brandPocari Sweat. Melalui metode kualitatif yang mempergunakan teknik triangulasi dalampenggabungan berbagai teknik sumber data melalui observasi berperan, wawancaramendalam dan studi dokumen maka dapat diketahui bahwa penggunaan sosial mediayang terintegrasi dengan advergame Explorion merupakan strategi yang memangditetapkan oleh Pocari Sweat sebagai bagian dari kampanye pemasaran terpadu merekayang dalam pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari penggunaan elemen-elemenpemasaran lain seperti advertising baik media elektonik dan media cetak sertaPR/Publicity.Penggunaan strategi sosial media yang terintegrasi dengan advergame mengindikasikankeinginan Pocari Sweat untuk membangun hubungan komunikasi dan interaksi yanglebih dalam untuk menyampaikan pesan edukasi. Dengan karakteristik yang dimiliki,Advergame Explorion dan sosial media, Pocari Sweat berhasil mendorong para pemainuntuk melalui kelima tahapan engagement mulai dari tahapan lurking, casual, active,commited hingga tahapan loyalist. ABSTRACT This Research, applying the Phases of Engagement theory, tries to explain theengagement process of Explorion players. The Explorion game is used by PocariSweat (the brand studied in this thesis). The methodology of this research wasdescriptive qualitative and the data was collected by triangulation, including indepthinterview, observation and document review. The result of this researchshowed that the use of integrated social media network with advergame as a partof integrated marketing comunication campaign could not be separated from theusage of other marketing elements, such as advertising through electronic or printmedia and PR/Publicity.The use of social media which was integrated with the Pocari Sweat advergamealso indicated the intention of Pocari Sweat to build the communicationrelationship and deeper interaction in order to convey its educational message. Bythe characteristic of the advergame and social media, Pocari Sweat hassuccessfully managed to push their players to pass the fifth phases ofengagement, from the lurking, casual, active, committed up to loyalist phase. |