Penayangan iklan layanan masyarakat yang ditujukan kepada khalayak luasidealnya ditayangkan melalui media televisi. Dengan penggabungan elemengerak, warna, suasana, dan demonstrasi secara bersamaan pada televisi, pesaniklan layanan masyarakat dapat sampai kepada khalayak secara luas denganpenetrasi tinggi. Data yang diperoleh menggunakan metode angket dengan teknikaccidental sampling pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Indonesia Depok yang merupakan khalayak sasaran program GenReBKKBN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikanantara iklan layanan masyarakat BKKBN Versi ?Jangan Buru-Buru? terhadapsikap khalayak mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas IndonesiaDepok. Iklan layanan masyarakat BKKBN Versi ?Jangan Buru-Buru? jugacenderung efektif mengubah sikap khalayakmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial danPolitik Universitas Indonesia Depok, khususnya pada dimensi pesan. Abstract Publicserviceadverstisementaimed ata broad audienceideallybroadcasted ontelevisionso thatthrough the incorporation ofelementsof motion, color,atmosphere, andat the samedemonstrationontelevision, publicserviceadvertisingmessagescan beconveyed to theaudienceextensively withhighpenetration. Thestudyuses the concept ofexposure toadvertisingandpublicattitudes. Thestudyusesquantitative approachandisexplanative. Dataobtainedusingthequestionnaire withaccidentalsamplingtechniquesinthe Faculty of SocialandPolitical Sciences, University of Indonesia Depokwhich isthetargetaudienceBKKBN Genreprogram. The analysis showedthat thereissignificant influenceofpublic serviceadvertisement BKKBN version?Do NotRush? topublicattitudes. It also tends toto effectivelychangepublicattitudes,particulalrly through the dimensions ofthe message. |