Penulisan Skripsi mi bertujuan untuk melihatPertama, seberapa besar efektifitas kegiatan promosi yang dilakukan olehperusahaan dálam meningkatkan penjualan. Kedua, apakah antara promosi yang dilakukan oleh perusahaan mempunyai Hubungan kausal (timbal balik) dengan tingkat penjualan yang texjadi. Déngan kata lain, di satu sisi, apakah kegiatan promosi mempengaruhi tingkat penjualan, sedangkan disisi lain, apakah tingkatpenjualan yang teijadi mempengaruhi kebijaksanaan promosi yang akan dilakukan oleh perusahaan.Semua data yang digunakan adalah data time series primer. Metode analisisyang digunakan adalah analisis regresi dengan mendemonstrasikan model umumdengan dua variabel, di maná data yang diperoleh terlebih dahulu diperbaikidengan metode Exponential smoothing untuk menghilangkan pengaruh musiman.Kemudian dilakukan Uji Kausalitas C ranger dengan mendemonstrasikan Theinstantaneous Causality Model.Berdasarkan analisa regresi, ternyata kegiatan-kegiatan promosi yangdilakukan perusahaan yaitu Advertising, Personal Seling, Sales Promotion, dan Public Relation sangat besar pengaruhnya dalam mertingkatkan penjualan produk shampo yang diproduksi perusahaan. Hal mi berarti semakin gencar usaha promosi yangdilakukan perusahaan, semakin besar pula tingkat penjualan yang .terjadi.Sedangkan berdasarkan Uji Kausalitas Granger dapat disimpulkan, báhwaantara kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan dan tingkat penjualanterdapat hubungan timbal balik (bidirectional feedback relationship). Hal ini berarti, kegiatan promosi mempengaruhi penjualan produk perusahaan, sedangkan tingkat penjualan yang terjadi juga mempengaruhi kebijaksanaanpromosi yang akan dianibil.Dengan kedua hasil analisa di atas, dapat disimpulkan bahwá perusahaansebaiknya meningkatkan kegiatan promosi yang dilakukan untuk dapatmeningkatkan penjualan. Sedangan tingkat penjualan yang terjadi dapatdimasukkan sebagai salah satu pertimbangan dalain menentukan kebijaksanaan promosi yang akan diambil.Meskipun uji kausalitas dapat melihat apakah antara dua variabel terdapathubungan timbal balik, tapi uji kausalitas mi mempunyai beberapa keterbatasan,yaitu, hanya dapat melihat arah hubungan antara dua variabel, tanpa bisa menjelaskan besarnya (magnitude) dari hubungan yang terjadi. Di samping itu, Uji Kausalitas Granger mi baru bisa diterapkan untuk perusahaan yang sedang dalam tahap-tahap awal dari Product life cycle-nya yaitu pada tahap Introduction dan Growth, sehingga harus dilengkapi dengan metode 1ainnya yang bisa menjelaskanhubungan kausal pada tahap Maturity dan Decline. |