Analisis pembentukan kepribadian merek melalui aktivitas periklanan : studi deskriptif pengaruh elemen iklan televisi produk Pocari Sweat versi Beach House = Analysis of brand personality formation through advertising activities : descriptive study element of TVC Pocari Sweat Beach House version / Andina Ayu Mutya
Andina Ayu Mutya;
Rembeth, John Daniel, supervisor; Sofjan Assauri, examiner; M. Gunawan Alif, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas proses pembentukan brand personality melalui aktivitasadvertising. Brand personality merupakan salah satu elemen dari merek yangmemberikan kehidupan bagi merek tersebut. Pola pikir konsumen di Indonesiasemakin berkembang dari tahun ke tahun. Konsumen sekarang membedakanmasing-masing merek yang dilihat berdasarkan personality yang berbeda. Pentinguntuk pemilik brand, tidak hanya membuat personality brand tersebut kuat tetapijuga membuat personality yang sesuai dengan karakter pengguna dari brandtersebut. Konsumen cenderung memilih suatu brand yang memiliki personalityyang sesuai dengan konsep diri mereka. Hal inilah yang mendasari penulis inginmenggambarkan elemen-elemen brand dan iklan televisi yang menjadi dasarpembentukan brand personality. Penelitian ini berusaha menguraikan awareness,association, dan personality dari Awareness Pocari Sweat. Oleh karena itupenelitian ini bersifat eksploratif analitis dan deskriptif dengan sampel penelitianyaitu target utama konsumen Pocari Sweat berusia15-25 tahun. Hasil penelitianini didapatkan bahwa sifat aktif, ceria, semangat, dan akrab adalah brandpersonality dari Pocari Sweat. Penelitian ini menyarankan bahwa diperlukankonsistensi dan integrasi kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk memperkuatbrand personality dari Pocari Sweat, penguatan elemen ion sebagai keunggulanPocari Sweat dibandingkan dengan minuman isotonik lain. Selain itu penulismenyarankan untuk mereview elemen iklan yaitu endorser dan tagline dalamiklan televisi Pocari Sweat versi beach house karena dikhawatirkan mengurangiesensi isi pesan dalam iklan tersebut. ABSTRACT This thesis discusses the formation of brand personality throughadvertising activity. Brand personality is one of the elements of the brand thatgives life to the brand. The mindset of consumers in Indonesia is growing fromyear to year. Consumers nowadays, differentiate the brand by individualpersonality. It is important for brand owners, not only to make the strongpersonality for the brand but also makes the personality fit with the character ofthe user. Consumers tend to choose a brand that has a personality that fit withtheir self-concepts. This is underlies the writer to describe the brand and televisionadvertisements element which became the basis of the brand personalityformation. This research tries to elaborate awareness, association, and thepersonality of Pocari Sweat. Therefore, this study is exploratory and descriptiveanalytical, using the main target consumers Pocari Sweat berusia15-25 years as asample. The results of this study found that active, cheerful, spirit, and intimate/familiar are brand personality of Pocari Sweat. This research suggests that PocariSweat need consistency and integration of marketing activities to make brandpersonality becoming more powerfull impact, strengthening “Ion” as PocariSweat element to make a differentiation compared to other isotonic drinks.Moreover, the authors suggest to review TVC element such as endorser “JKT48”and tagline “Youth Sweat Beautiful” in this Pocari Sweat TVC beach houseversion, because there is a possibility distract the essence of the message in the ad. |
T34762-Andina Ayu Mutya.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34762 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 94 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34762 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329762 |