Analisis pengaruh perubahan desain logo pada sikap pelanggan terhadap brand (melalui mediasi evaluasi logo) yang dimoderasi oleh komitmen terhadap brand kajian pada PT Garuda Indonesia Tbk = Analysis of the effect of logo redesign toward brand attitude (through the mediation of logo evaluation) moderated by brand commitment case study of PT Garuda Indonesia Tbk / Ricki Hardi
Ricki Hardi;
M. Gunawan Alif, examiner; Triyono Arief Wahyudi, examiner; Ahdia Amini, supervisor
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Perubahan akan selalu terjadi dan harus diikuti apalagi di dalam dunia bisnis.Sekecil apapun perubahan, akan berdampak pada berbagai faktor. GarudaIndonesia merubah logonya yang telah digunakan oleh mereka dalam waktu lama.Perubahan ini walaupun sedikit namun memiliki dampak terhadap komitmen dansikap pelanggan kepada perusahaan ini. Adapun perubahan logo yang dilakukanoleh Garuda Indonesia yaitu letak burung yang lebih tinggi, huruf yang lebihramping dan modern, serta warna yang lebih terang. Hal ini mengkomunikasikankepada masyarakat dan konsumen khususnya bahwa sedang terjadi perubahaninternal perusahaan Garuda Indonesia. Masih banyak konsumen yang belummenyadari perubahan ini. Jumlah responden yang diteliti dalam penelitian iniyaitu 200 orang dimana telah menggunakan jasa Garuda Indonesia lebih dari 3kali. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan antara komitmen terhadap sikap para merek Garuda sedangkan evaluasilogo tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Selain itu kelompok umur jugamemiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap kepada merek. ABSTRACT Change has always happen and is a must to do in a business world. No matter howsmall the change is, can still affect to some aspects. Garuda Indonesia haschanged its logo, which has been used for a long time. This change, though only alittle, has affecting the customer’s commitment and attitude toward the company.About the change in logo itself, the redesign only happened to several elements,such as higher position of the bird, sleeker and more modern font, and brightercolors. This new logo is purposed to communicate to the public and consumersespecially, that there is an internal change in Garuda Indonesia Company.However, there are still many consumers, which do not realize about this changeof logo. The number of the respondents in this research is 200 people who havebeen using the service of Garuda Indonesia for more than three times. The resultof this research shows that there is a significant effect between commitments toattitude toward brand Garuda, while the logo evaluation is not. Beside that, theage group also has significant effect to attitude toward brand. |
T34773-Ricki Hardi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34773 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 85 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34773 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329818 |