Pemanfaatan social media dalam membentuk loyalitas basis massa kelompok musik (kasus interaksi fans kelompok JKT48 bermedium internet) = Utilization of social media in creating the loyalty of music group's fanbase the (case study of JKT48 fans group's interaction with internet medium) / Audita Sashi Ramada
Audita Sashi Ramada;
Firman Kurniawan Sujono, supervisor; Effy Zalfiana Rusfian, examiner; Haryatmoko, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini membahas bagaimana social media membentuk loyalitasfans/komunitas terhadap suatu produk musik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pembentukan perilaku, pengambilan keputusan, pola penebaraninformasi, dan hal-hal yang mempengaruhi seseorang menjadi fans yang loyalterhadap suatu produk musik, serta menjabarkan ketepatan formulasi social mediatools dan pengaruhnya terhadap loyalitas fans/komunitas. Hasil dari penelitian inikonsumen remaja ini memilih aktifitas idoling, mendukung produk/artis musik,sebagai sarana untuk melepaskan stres. Menurut mereka, lewat aktivitas idoling,kebutuhan lain seperti sarana ekspresi diri dan kebutuhan sosialisasi dengan temantemandi komunitas secara sekaligus dapat terpenuhi. Dapat disimpulkan pula socialmedia dan komunitas sebagai medium komunikasi antara konsumen dan brandmempunyai peran yang sangat besar dalam membentuk loyalitas kepada brandproduk musik terutama produk musik yang bertarget audiens anak muda. ABSTRACT This research discussed about the process of social media in creating thefans/community loyalty into a music product. This research aims to determine thebehavior of the formation process, decision-making, pattern stocking information,and the things that affect a person into a loyal fan of a music product, as well asdescribe the accuracy of the formulation of social media tools and their effects on theloyalty of the fans/community. This research found that teen consumers chooseidoling activity, supporting music product/artist, as a means of relieving stress.According to them, through idoling activity, other needs such as the need for selfexpressionand socialization with friends in the community can be metsimultaneously. It also concluded that social media and community as a medium ofcommunication between the consumer and the brand has a very large role in shapingthe brand loyalty especially music products targeted audience of young people. |
![]()
|
No. Panggil : | T41648 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; Computer (rdadontent) |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 305 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T41648 | 15-23-87823433 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20388735 |