Perbedaan peningkatan keterampilan menyikat gigi setelah intervensi video animasi dan non animasi pada anak tunagrahita ringan studi eksperimental di SDLB Ar Rahman Jakarta dan SDLB Mahardika Depok pada Agustus Oktober 2014 = Differences of toothbrushing skill improvement after interventionwith animation and non animation video in children withmild intellectual disability experimental study at SDLB Ar Rahman Jakarta and SDLB Mahardika Depok on August October 2014 / Kamila Rahandini
Kamila Rahandini;
Herry Novrinda, supervisor; Risqa Rina Darwita, examiner; Peter Andreas, examiner; Margaretha Suharsini Soetopo, examiner
(Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Tujuan: mengetahui perbedaan video animasi dan non-animasi dalam meningkatkanketerampilan menyikat gigi anak tunagrahita ringan. Metode: studi eksperimentaldengan mengedukasi 30 anak tunagrahita usia 6-18 tahun menggunakan videoselama 21 hari dan pemeriksaan oleh peneliti setiap minggu. Hasil: setelah 3 mingguterjadi peningkatan (68,75% dan 50%) keterampilan menyikat gigi, penurunan skorindeks plak (68,75% dan 50%) dan kematangan plak (62,5% dan 35,71%) bermaknapada kelompok intervensi A dan intervensi B. Kesimpulan: tidak ada perbedaanantara efektivitas video animasi dan non-animasi dalam meningkatkan keterampilanmenyikat gigi anak tunagrahita. Video efektif meningkatkan keterampilan menyikatgigi anak tunagrahita dengan adanya penurunan plak bermakna. ABSTRACT Aim: to know differences between animated and non-animated video in improvingtoothbrushing skill of children with intellectual disability. Method: experimentalstudy by educate 30 children aged 6-18 with intellectual disability using video for 21days and reasearcher evaluating every week. Result: there’s significant improvement(68,75% and 50%) of toothbrushing skill, reduction of plaque index (68,75% and50%) and plaque maturity score (62,5% and 35,71%) in intervention A and B groupafter 3 weeks. Conclusion: no significant differences between animated and nonanimatedvideo’s effectiveness in improving their toothbrushing skills.Video iseffective to improve toothbrushing skill on children with intellectual disability bydecreasing plaque score. |
S-Kamila Rahandini.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 69 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402098 |