Analisis kualitas pelayanan customer service satelindo dalam upaya pemilihan strategis pelayanan
Suhendra Naswil;
Budhi Sugarda, supervisor
([Publisher not identified]
, 2003)
|
ABSTRAK Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakanpelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif Apabila pelanggan merasa tidakpuas terhadap suatu pelayanan yang disediakan_ maka pelayanan tersebut dapat dipastikantidak efektif dan tidak efisien Hal ini terutama sangat penting bagi pelayanan publik. Padakondisi persaingan sempurna, dimana pe!anggan mampu untuk memilih di antara beberapaalternatif pelayanan dan memiliki informasi yang memadai, kepuasan pelanggan. merupakan satu determinan kunci dari ting:kat permmtaan pelayanan danfungsi/operasionalisasi pemasok. Tesis ini mengg:ali suatu metodologi yang pernahdigunakan untuk menjajagi tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikanterutama oleh customer service Satelindo Metodolog:i yang dirancang ini juga dapatdipergunakan bagi sektor jasa lainnya. Untuk memenangkan persamgan yang semakin ketat di era global, memuaskan pelanggan merupakan tujuan utama yang tidak dapat ditawar. Hal ini dapat dilihat daribanyaknya organisasi yang menyertakan komitmennya terhadap taktor kepuasanpelanggan. Kotler ( 1994) menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah "the level of aPersons felt state resulting from comparing a product's perceived performance (outcome)in relations to the person's expectation (Kepuasan pelanggan adalah suatu kondisi yangdirasakan seseorang yang merupakan hasil dari perbandingan antara basil yang diharapkanatas suatu produkJjasa dengan kenyataan yang diterima). Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila ia dapat memenuhi kebutuhan dan harapanpelanggannya. Ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan oleh pelanggan dalammenilai suatu pelayanan, yaitu: 1. Reliability (Reliabilitas/Dapat Dipercaya) 2. Responsiveness (Cepat tanggap) 3. Assurance (Jaminan) 4. Empathy (Empati) 5. Tangibles (Yang berwujud) Berdasarkan faktor-faktor tersebut, pelanggan sendiri yang menilai tingkatkepuasan yang mereka terima dari barang. atau jasa spesifik yang diberikan, serta tingkatkepercayaan mereka terhadap kemampuan pemberi pelayanan Terdapat beberapa cara untuk mengukur kepuasan pelanggan, tesis ini menguraikansatu cara yang telah digunakan di sektor jasa, berdasarkan penilaian pelanggan terhadapdua isu penting yaitu: (I) Tingkat kepentingan (expec:lutions) pelayanan yang diberikan,and (2) Kinerja (perceptions) pemberi pelayanan didalam memberikan pelayanannya. Jadi, kepuasan pelanggan setelah melakukan pembelian tergantung pada kesesuaianantara prestasi barang/jasa yang dibeli dengan harapan konsumen. Seberapa jauhkesesuaian itu akan membentuk suatu tingkat kepuasan yang dapat dikategorikan atas:Tidak Puas, Puas, dan Sangat Puas. Pertama, pelanggan/konsumen akan merasa tidak puasbilamana prestasi produk/jasa lebih rendah dari harapan pelanggan. Kedua,pelanggan/konsumen akan merasa puas bilamana prestasi produk/jasa sesuai denganharapan pelanggan/konsumen. Ketiga, pelanggan/konsumen akan merasa sangat puasbilamana prestasi produk/jasa melebihi harapannya. Pada dasarnya, harapan pelanggan/konsumen dapat dibentuk dari: pengalamanpembelian sebelumnya, cerita dari teman, kenalan (word of mouth), dan informasi ataujanji-janji yang diberikan oleh produsen/perusahaan |
T11622-Suhendra Naswil.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 103 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-17-436495479 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20460894 |