Manfaat penerapan kegiatan peer coaching terhadap keterampilan memberikan instruksi pengajar EFL pada sebuah lembaga kursus bahasa inggris = The effect of peer coaching program on givng instructions skill of EFL teacher at english course institution
Anggia Tendiami;
F.X. Rahyono, supervisor; Grace Josephine Tiwon Wiradisastra, supervisor; Afdol Tharik Wastono, examiner; Sisilia Setiawati Halimi, examiner
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018)
|
ABSTRAK Keterampilan memberikan instruksi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengajar kelas bahasa asing. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan memberikan instruksi tersebut adalah melalui kegiatan pendampingan sejawat peer coaching . Tesis ini bertujuan untuk melihat manfaat yang diberikan oleh kegiatan pendampingan sejawaat tersebut terhadap keterampilan memberikan instruksi pengajar. Metode paduan dengan pendekatan time series design digunakan untuk menganalisis data yang didapat dari hasil observasi/pengamatan kelas dan pascakonferensi, serta nilai evaluasi 4 orang pengajar dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat manfaat yang cukup signifikan dari kegiatan pendampingan sejawat terhadap keterampilan memberikan instruksi khususnya pada pengajar yang memiliki kedekatan secara personal dibandingkan pada pengajar yang kurang dekat secara personal. Secara umum penelitian ini mendukung ide kegiatan pendampingan sejawat sebagai salah satu cara untuk menigkatkan kompetensi pengajar. Kata kunci: Pendampingan sejawat peer coaching ; keterampilan memberikan instruksi ABSTRACT Giving instruction is one of the basic skills that a language teacher must have. There are several ways to improve this skill one of them is by doing a peer coaching program. This study aims to observe the effect of a peer coaching program to improve instruction giving skills of the EFL teachers. A mixed method research using a time series design is used to analyze the data obtained from observation and post conference session, as well as the teachers rsquo evaluation scores by the supervisor. The result reveals that the peer coaching program has significant effect on teachers rsquo giving instruction skills especially those pairs of teachers who know each other well and have more teaching experience. The findings generally support the idea that the peer coaching program can be considered as a tool to improve teachers rsquo teaching competence. Keywords Peer coaching giving instruction |
T50472-Anggia Tendiami.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T50472 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 100 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T50472 | 15-18-724165375 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20477299 |