:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis dan perancangan SIA atas persediaan bahan baku dan barang dagang sesuai dengan ISO 9001:2015 pada PT. XYZ (perusahaan makanan beku) = Analysis and design AIS for raw materials inventory and finished goods inventory in accordance with ISO 9001:2015 at PT. XYZ (frozen food company)

Syahni Tiska; Yudho Giri Sucahyo, supervisor; Setyo Hari Wijanto, examiner; Aria Farah Mita, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019)

 Abstrak

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis serta merancang sistem informasi akuntansi atas persediaan bahan baku dan barang dagang sesuai dengan ISO 9001:2015 pada perusahaan PT. XYZ yang bergerak di bidang industri makanan beku. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan kepustakaan sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Perancangan sistem informasi akuntansi atas persediaan bahan baku dan barang dagang pada PT. XYZ menggunakan metode FAST (Framework for the Application of System Thinking). Dalam penelitian ini dibahas juga mengenai teori kontijensi, sistem informasi akuntansi, pengendalian persediaan alat bantu perancangan sistem, persediaan, FAST, ISO dan ISO 9001:2015. Permasalahan dari PT XYZ yang diangkat pada penelitian ini adalah timbulnya selisih antara pencatatan persediaan dan fisik stok barang yang dikarenakan pencatatan yang dilakukan masih secara manual dan pembagian pekerjaan yang belum jelas. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rancangan sistem informasi akuntansi atas persediaan bahan baku dan persediaan barang dagang sesuai dengan ketentuan dari ISO 9001:2015 (klausul 8.5.1) yang dapat digunakan perusahaan untuk kelancaran pencatatan persediaan dan proses produksi perusahaan.
ABSTRACT The purpose of this study is to analyze and design accounting information system for raw materials inventory and finished goods inventory in accordance with ISO 9001:2015 at PT. XYZ which is engaged in frozen food industry. Data collection methods that have been used are interviews, observations and literatures while the analysis method that has been used is qualitative research method. In this study, the types of data used are primary and secondary data. Designing an accounting information system for raw materials inventory and finished goods inventory at PT. XYZ will use FAST method. In this study, there will be also explained about contingency theory, accounting information systems, inventory control, system design tools, inventory, FAST, ISO and ISO 9001: 2015. The problem in this company is the differences between inventories recording and physical stocks which is caused by manually inventories recording and unclear of segregation of duties. The results of this study are expected to provide a design of accounting information systems for raw materials inventory and finished goods inventory in accordance with the provisions of ISO 9001: 2015 (clause 8.5.1) that can be used by the company to smooth inventories recording and the company's production process.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Syahni Tiska.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 76 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-650420476 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20485113