Peran media dan influencer relations dalam pembentukan citra dan reputasi perusahaan: Studi pada McDonalds BTS Meal = The Impact of media and influencer relations on the construction of corporate Image and reputation: A Study on McDonalds BTS Meal
Cathlin Rosemarie Wahjoedi;
Irwansyah, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2021)
|
Makalah ini membahas tentang peran media dan influencer relations dalampembentukan citra dan reputasi perusahaan. Kasus yang diambil adalah kampanye BTSMeal yang dilakukan oleh McDonalds, yang memicu kontroversi karena memicukerumunan dan tidak menaati protokol COVID-19. Kejadian ini memicu peliputannegatif dari berbagai media tradisional dan modern mengenai penutupan gerai olehaparat dan tidak adanya tindakan konkrit yang diambil oleh McDonalds. Dalam hal initerlihat bahwa bahwa humas McDonalds tidak mengaplikasikan konsep media relationsmaupun influencer relations, sebab tidak terlihat upaya humas dalam menjalankanperannya sebagai lubricant, serta membangun hubungan yang empatik denganmasyarakat. Hal ini berdampak negatif terhadap reliabilitas dan kredibilitas perusahaan,yang merupakan bagian dari konstruk reputasi. This paper discusses about the impact of media and influence relations on theconstruction of corporate image and reputation. The study focuses on the BTS Mealcampaign initiated by McDonalds, which triggers a controversy due to its negligenceto health protocols for COVID-19 prevention. This event was covered negatively byboth the traditional and modern media on the closure of some McDonalds branch allover Indonesia and on how the company does not take concrete action. Through thisevent it can be seen that McDonalds did not utilize the concept of media relations andinfluencer relations, as the public relations department did not show an attempt infulfilling their role as lubricant or forging a genuine relationship with the public. Thisin turn impacts negatively to the reliability, credibility, and trustworthiness of thecompany, which is part of the reputation construct. |
![]()
|
No. Panggil : | TA-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2021 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | lib ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource (rdacarries) |
Deskripsi Fisik : | 31 pages |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-pdf | 136-22-42074717 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20517698 |