Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
Ramon Trisno, author
Untuk mengurangi hambatan drag aerodinamik pada bluff body perlu adanya pengaturan aliran separasi, sebagai salah satu penyebab adanya hambatan pada kendaraan. Penelitian ini merupakan kajian dasar pengembangan dari pengontrolan separasi aliran turbulen yang merupakan suatu fenomena yang terjadi pada aerodinamik khususnya dalam desain bodi kendaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk...
Depok: Universitas Indonesia, 2018
D2510
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library
Zulkifli, author
ABSTRAK
Stabilitas nyala merupakan masalah penting dalam sistem pembakran
karena hubungannya dengan effisiensi pembakaran. Ketidak stabilan nyala terjadi
karena tidak seimbangnya kecepatan pembakran dengan laju bahan bakar,
sehingga bahan bakar tidalc terbakar sempurna. Ada beberapa teknik yang dapat
digunakan untuk menstabilkan nyala, salah satu diantaranya adalah dengan
menempatkan sebuah bluff-body pada aliran gas pembakaran.
Bagairnana sebuah bluff-body...
1997
S36993
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Harrison, Edward, author
Untuk mendapatkan karakteristik sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan dapat dilakukan dengan cara modifikasi. Modifikasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dengan meningkatkan daya mesin dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Merujuk pada skripsi sebelumnya, salah satu modifikasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penambahan LPG (Liquified Petroleum Gas) pada...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S-pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Engkos Achmad Kosasih, author
This paper presents a baseline study of the development of turbulent flow separation for controlling aerodynamic phenomena, especially in the design of the vehicle body. The purpose of this study was to analyze the performance of synthetic jet actuators (SJAs) as one of the tools that can be used in...
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2016
UI-IJTECH 7:2 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Prayogo Wibisono, author
Untuk mendapatkan karakteristik sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan dapat dilakukan dengan cara modifikasi. Modifikasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dengan meningkatkan daya mesin dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Merujuk pada skripsi sebelumnya, salah satu modifikasi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penambahan LPG (Liquified Petroleum Gas) pada...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50988
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Buditama Nugraha Mirza, author
Eksperimen flame lift-up dilakukan pada Bunsen burner berdiameter 15 mm dengan bluff body berbentuk rod dari tembaga. Diameter rod yang dipakai dalam eksperimen adalah 4, 6, dan 8 mm. Posisi rod ke burner divariasikan dalam tiga posisi, 20, 25, dan 30 mm. Bahan bakar yang digunakan adalah gas LPG dengan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47555
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library