Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
Sri Tiatri, author
Penelitian ini bertolak dari adanya kesenjangan antara tujuan pendidikan dengan kenyataan dalam pendidikan dasar di Indonesia, yaitu kurangnya penguasaan materi
pelajaran dasar. Pentingnya penguasaan materi pelajaran khususnya Matematika dan Bahasa Indonesia membuat pengkajian terhadap faktor-faktor yang berperan terhadap prestasi belajar menjadi perlu. Dua faktor yang diteliti adalah faklor corak interaksi gum-
siswa...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
T-Pdf
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Pendidikan merupakan faktor penting dalam memhuat seseorang lebih
berfungsi optimal. Oleh karena itu, ia tidak menginginkan kegagalan di bidang ini.
Salah satu syarat agar berhasil dalam pendidikan adalah penyesuaian diri, yang dalam hal ini adalah penyesuaian akademis. Sistem pendldikan dan lingkungan di perguruan tinggi menuntut para lulusan Sekolah Menengah Umum dan sederajat
untuk...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T38103
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
HR Prihatinawati, author
ABSTRAK
Keuntungan dan kerugian pembelajaran bahasa kedua sejak usia dini hingga sekarang
masih diperdebatkan (Izdihar, 2009). Pada beberapa kasus, pembelajaran bahasa
kedua pada usia dini dipercaya justru dapat menghambat perkembangan kemampuan
bicara siswa (Howell, P; Davis, S; William, R, 2009). Tesis ini membahas tentang
hubungan bilingualisme dan pola asuh autoritatif pada perkembangan kreativitas
siswa kelas 5...
2010
T37864
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Elok Dianike Malay, author
ABSTRAK
Besarnya dampak selfesteem dalam menentukan kualitas hidup manusia,
terutama di masa remaja, meningkatkan pentingnya penelitian mengenai
efektivitas Cognitive-Behavioral Therapy (CBT) untuk meningkatkan self-esteem
remaja. Dengan penggunaan single case A-B design, penelitian ini hanya
melibatkan satu orang partisipan. JAS, seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun 8
bulan mengikuti CBT yang diberikan terdiri dari 8 sesi pertemuan,...
2010
T37877
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Ros Mayasari, author
Penelitian ini bertolak dari adanya kebutuhan akan pemahaman peran faktor-faklor psikologis dalam proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Arab. Di IAIN (Institut Agama lslam Negcri), mata kuliah Bahasa Arab menjadi mata kuliah yang penting dilihat dari tujuan lembaga ini yang bergerak pada pengkajian dan pengembangan ilmu-ilmn keislaman- Pengemhangan dan pengkajian ilmu-ilmu
keislaman...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rosana Dewi Yunita, author
Masa kanak-kanak awal merupakan periode kritis untuk
pembentukan sikap dan perilaku sosial. Pada saat inilah muncul tugas
perkembangan sosial yang meliputi keterampilan sosial, emosional, kognitif serta keterampilan berperilaku, belajar bekerjasama dan mengembangkan hubungan persahabatan. Kontak sosial yang terjadi pada saat ini akan mendorong berkembangnya kompetensi sosial pada anak, yang membantunya beradaptasi dan...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library