Ditemukan 189 dokumen yang sesuai dengan query
Wariki Sutikno, author
ABSTRAK
Masalah modernitas individual berimpit dengan masalah faktor manusia dalam pembangunan. Meskipun pada tingkat pendidikan dasar, masalah tersebut terasa amat penting untuk diketengahkan, khususnya sehubungan dengan kenyataan bahwa pendidikan dasa berupakan tingkat pendidikan terakhir bagi sebagian besar anak desa, di samping didalam tujuan pendidikan dasar (bidang nilai sikap) sendiri juga disebutkan...
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Radina Aryanti Putri, author
Stunting merupakan salah satu kondisi kekurangan gizi kronis yang dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan prestasi belajar pada anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor yang dominan pada siswa sekolah dasar kelas 1 di Jakarta Utara Tahun 2016. Desain studi dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan metode Multistage...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S64718
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
R. Djarot Darsono Wahyu Hartanto, author
Latar belakang : Keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan olch ketcrsediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Unioef tahun 2000, mcnyatakan adanya bukti empiris yang menunjukkan bahwa hal tezsebut sangat ditentukan oleh status gizi. Semakin muda usia seozang anak untulc rnenderita gizi kurang, maka semakin bel-at akibat yang ditimbulkan. Dimana kemunduran...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
T34386
UI - Tesis (Open) Universitas Indonesia Library
Telaumbanua, Kaminudin, author
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui konsep dasar layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Penulisan makalah ini menggunakan metode tinjauan literatur (library research). Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan konseling merupakan suatu proses bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan profesional yang dibekali oleh pembimbing kepada yang dibimbing...
Universitas Dharmawangsa, 2016
330 MIWD 49 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Perkembangan dan perubahan sistem pendidikan di Indonesia memberi
dampak kepada berkembangnya lembaga pendidikan informal, dalam hal ini adalah
lembaga bimbingan belajar. Seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat
akan pendidikan yang lebih baik dan lebih berkualitas. Di kota Depok lembaga
bimbingan belajar yang pertama kali berdiri adalah lembaga bimbingan belajar
PRIMAGAMA pada tahun 1992 hingga saat ini...
Universitas Indonesia, 2006
S34007
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Uswatul Laili, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keamanan pangan pada makanan di kantin Sekolah Dasar Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Penelitian ini menggunakan studi cross sectional. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yang terdiri dari hasil uji laboratorium 63 sampel makanan dan hasil wawancara 63 penjamah makanan menggunakan kuesioner oleh peneliti utama....
2019
S-Pdf
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Nana Rahayu, author
ABSTRAK
Tesis mi membahas pengembangan pendidikan melalui buku-buku pelajaran yang
digunakan pada sekolah dasar di Kyoto-shi pada zaman Meiji Tujuan dan
penelitian mi adalah untuk memberikan pengetahuan mengenam sejarah
modernisasi dalam pendidikan di Jepang yang berawal dari zaman Meiji
Penelitian im adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptmf Hasil
penelitian menjelaskan bahwa buku-buku yang digunakan pada pendidikan
sekolah...
2012
T-Pdf
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
L. Manik Mustikohendro, author
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam menjalankan
kehidupan bermasyarakat. Salah satu bentuk dari kehidupan bermasyarakat
adalah dengan interaksi antara lingkungan non-fisik atau dengan lingkungan fisik.
Proses interaksi ini memerlukan suatu keseimbangan didalam lingkungan itu
sendiri maupun dengan lingkungan yang lain. Untuk menjaga keseimbangan
tersebut, akan muncul permasalahan yang disebabkan karena adanya
perbedaan, perbedaan ini...
2007
T39428
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Adinda Tri Wardhani, author
ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu unsur penting dalam tercapainya sebuah tujuan
proses belajar. Dalam bidang pendidikan, dikenal teori Goa/ Orientation (GO) untuk
menggambarkan performa dan bagaimana anak belajar menghadapi tugas-tugas
akademik di dalam situasi sekolah. GO dapat berupa keinginan untuk bisa
memahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan, yang disebut dengan
task involved atau berupa keinginan...
2002
S3094
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Rizki Washarti Siregar, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang proses
pembelajaran di Sekolah Dasar di Brisbane, Australia. Antara masyarakat Indonesia dan
masyarakat Barat terdapat banyak perbedaan. Contohnya, masyarakat Barat, termasuk
Australia dididik untuk berpikir mandiri dan kritis, sedangkan masyarakat Timur,
termasuk Indonesia tidak dibiasakan untuk mengemukakan pendapatnya di dalam kelas.
Perbedaan ini disebabkan oleh faktor kultur dan...
2005
S3387
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library