Ditemukan 462 dokumen yang sesuai dengan query
Daru Sumantri, author
ABSTRAK
Daya pikir kreatif siswa sering terhambat sehingga mereka kurang mampu
mengatasi pemecahan masalah yang terkadang sederhana. Hal ini disebabkan karena
pendidikan formal yang mereka ikuti, cenderung hanya mengembangkan kemampuan
reproduksi terhadap bahan pengetahuan dan kurang merangsang pemikiran kreatif
siswa.
Perlu ada perbaikan dalam pendidikan dengan menempatkan kreativitas
sebagai fokus, melalui penciptaan Iingkungan belajar kreatif yaitu lingkungan...
1998
S2753
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Yulia Kusuma, author
Penelitian ini bertujuan melihat gambaran prasangka diantara siswa yang terlibat tawuran, pada dua sekolah yang dikelola oleh organisasi keagamaan yang berbeda. Menurut Baron & Byrne (1994), prasangka merupakan sikap negatif yang ditujukan pada anggota-anggota suatu kelompok tertentu, dikarenakan keanggotaannya pada kelompok tersebut. Hogg dan Abrams (1988) menyatakan bahwa manusia mempunyai...
Depok: Universitas Indonesia, 2000
S2840
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Ira Hermosa, author
ABSTRAK
Kemampuan mengenali huruf pada siswa sekolah dasar dan menengah di DKI Jakarta ternyata tidak diikuti dengan pemahaman terhadap materi bacaan yang disajikan. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan penelitian Dakhidae (1997, dikutip oleh Purnawan, 2001) terhadap sejumlah penduduk DKI Jakarta yang berusia 10 tahun ke atas. Sementara kemampuan tersebut sangat dibutuhkan pada...
2002
S2882
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Siti Agustinah, author
1989
S2927
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Hutagalung, Johanna, author
ABSTRAK
Sebagai mahluk sosial, manusia memiliki kebutuhan untuk membentuk dan mengembangkan hubungan interpersonal yang memuaskan. Kebutuhan ini disebut sebagai kebutuhan afiliasi (need for affiliation) [Nlaslow, 1986]. Salah satu bentuk hubungan yang dapat memenuhi kebutuhan afiliasi adalah hubungan persahabatan. Melalui persahabatan, seseorang mendapatkan perhatian, tempat untuk berbagi, keterikatan dengan orang lain, kebebasan...
2000
S2966
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Riska Rohmanti Handari, author
ABSTRAK
Pengolahan makanan merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah menengah
kejuruan bidang pariwisata program usaha perhotelan. Pengolahan makanan
adalah mata pelajaran mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan dapur,
mulai pengenalan peralatan, bahan makanan, pemrosesan makanan sampai
penyajian di depan tamu. Pelajaran ini terbagi atas dua kegiatan yaitu belajar
secara teori dan secara praktik. Diharapkan lulusan...
2001
S2999
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Meta Nuclea Ivana, author
Tawuran pelajar merupakan fenomena yang telah berlangsung lama dan belum juga terselesaikan. Berbagai macam cara dan pendekatan telah dilakukan guna menangani masalah ini. Menurut Mansoer (1998) tawuran sebagai tingkah laku konflik dapat dijelaskan oleh Social Identity Theory (SIT).
Menurut SIT keanggotaan seseorang dalam suatu kelompok tertentu akan berpengaruh terhadap identitas sosialnya,...
2001
S3039
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Kuny Zalikhatul Mardhiyah, author
Depok: Universitas Indonesia, 2001
S3054
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Sarah Rumasita S, author
ABSTRAK
Dalam sejarah kehidupan, manusia selalu mengejar prestasi. Dari banyak
penelitian yang telah dilakukan, tampak adanya hubungan yang signifikan antara
self efficacy dan prestasi. Seseorang dengan kemampuan rata-rata namun memiliki
self efficacy yang tinggi dapat mencapai prestasi yang baik. Selain self efficacy,
dukungan dari orang tua, guru dan kelompok teman sebaya juga dapat
mempengaruhi prestasi belajar...
2002
S3092
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Adinda Tri Wardhani, author
ABSTRAK
Motivasi merupakan salah satu unsur penting dalam tercapainya sebuah tujuan
proses belajar. Dalam bidang pendidikan, dikenal teori Goa/ Orientation (GO) untuk
menggambarkan performa dan bagaimana anak belajar menghadapi tugas-tugas
akademik di dalam situasi sekolah. GO dapat berupa keinginan untuk bisa
memahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan, yang disebut dengan
task involved atau berupa keinginan...
2002
S3094
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library