Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112271 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Retno Pratiwi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan-kegiatan promosi perpustakaan melalui situs web PUSTAKA Bogor dan mengidentifikasi kendala-kendala kegiatan promosi melalui sites web di PUSTAKA Bogor. PUSTAKA Bogor selama ini telah melakukan kegiatan promosi perpustakaannya hanya dalam bentuk menyebarkan daftar hasil-hasil penelitian, daftar artikel-artikel penelitian, daftar bibliografi, indeks dan abstrak.
Data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Snowball sampling digunakan dalam penelitian ini untuk pemilihan informan. Penelitian ini menggunakan tiga orang informan, yaitu seorang kepala perptustakaan, kepala unit promosi perpustakaan dan kepala unit teknologi informasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan promosi perpustakaan melalui situs web yang dilakukan PUS'l'AKA Bogor adalah banyaknya responden tanggapan dari pengguna situs yang menginginkan artikel-artikel penelitian bidang pertanian, hat tersebut dapat dilihat dengan adanya permintaan artikel melalui email dan fax, Terlihat Pula banyaknya jumlah pengguna situs web dengan membuka tampilan menu pangkalan data dan jurnal elektronik.
Kendala yang dialami PUSTAKA Bogor dalam melakukan promosi perpustakaan melalui sites web adalah terlalu cepatnya menu infonnasi silos web yang ditampilkan dan kecermatan staf dalam mengetik tampilan menu informasi situs web PUSTAKA Bogor.
The aims of the research arc: to analyze activities of library promotion through website and to identify constraints of library promotion through website.
This research is based on qualitative approach with the use or case study method. The data was collected by means of depth interview and observation. The informan consists of three interviewee. They are the head of the library, staff of the library and the staff of the information technology division.
The result shown that: 1) the demands at research article have increased. 2) The visits of library website has increased. They have accessed electronic journal and other sites.
The weaknesses of PUSTAKA Bogor in promoting library website are: 1) The lack of appearance and navigation. 2) The lack of staff who has experienced on information technology.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T17643
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Feri Syamsu Nugroho
"Skripsi ini membahas tentang analisis manajemen konten aplikasi iTani sebagai perpustakaan digital di PUSTAKA Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan wawancara terhadap informan. Observasi dilakukan terhadap konten iTani, dan wawancara dengan para pustakawan yang bertanggung jawab sebagai admin dalam mengelola aplikasi iTani. Analisis diakukan pada empat lapisan hirarkis terhadap manajemen konten yaitu content layer, activity layer, outlet layer, dan audience layer.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep perpustakaan digital pada aplikasi iTani sudah mencakup keempat lapisan hirarki sesuai dengan teori manajemen konten McKeever, namun dibutuhkan usaha lebih lanjut untuk dapat lebih mengoptimalisasikan publikasi konten-konten informasi yang terdapat pada iTani. Hal tersebut dinilai dapat lebih mendukung visi dan misi PUSTAKA dalam memberikan kemudahan akses bagi para pengguna perpustakaan digital dalam hal penelusuran dan pencarian informasi. Sehingga dapat memperluas pengetahuan bagi pengguna perpustakaan melalui konten-konten informasi secara khusus dalam bidang pertanian.

This paper discusses about analysis of content management of iTani digital library application at PUSTAKA Bogor. This paper using the qualitative approach with case study methods of research. The data collection method on this paper by observation dan interviews with the informants. The observation towards the iTani digital library application systems, and also by the interviewing with the librarians who has the authority as an administrator on managing the iTani application. The analysis were doing to the four layer hierarchies on the content management: content layer, activity layer, outlet layer, and audience layer.
The finding show that the concept of digital library on iTani application is covered with the four layer hierarchies through the theory of McKeever about content management. However, researcher giving some advice to the managing staff of iTani digital library to doing optimalization in publishing the contents of information of iTani. The effort would reach the vision and mission of PUSTAKA which is giving more a easy access for the users when browsing and searching the information. So the information can be spreading as a knowledge to the users knowledge by the contents specified of information on agricultural scope.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Hardiningtyas
"Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui pelaksanaan jasa penelusuran di Pustaka Bogor, (2) mengetahui metode kerja pustakawan dalam memberikan pelayanan jasa penelusuran, (3) menghitung hasil dari kegiatan jasa penelusuran informasi yang berupa hasil temuan, ketepatan informasi, dan waktu pelayanan yang diberikan, (4) mengetahui efektivitas jasa penelusuran melalui hasil pelayanan yang diberikan pada periode Januari-Juli 1995, di Pustaka, Bogor secara objektif dan subjektif.
Subjek penelitian berupa surat hasil penelusuran yang sekaligus memuat nama pemakai yang kalak menjadi responden. Objek penelitiannya ialah efektivitas pelayanan jasa penelusuran.
Sampel diambil secara acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Berdasarkan jumlah tersebut, responden yang mengembalikan kuesioner sejumlah 69 (±80%).
Hipotesis penelitian terdiri dari: (1) ada hubungan antara hasil temuan dan kepuasan pemakai, (2) ada hubungan antara ketepatan informasi yang diterima pemakai dan kepuasan pemakai, (3) ada hubungan antara waktu pelayanan yang diberikan dan kepuasan pemakai, dibuktikan dengan uji korelasi product moment.

This research's purpose are (1) to investigate how reference services being performed and operated in Pustaka Bogor, (2) to investigate how librarians doing that service according to fulfill a request, (3) to calculate outputs from searching services about recall, precision, and time of services, (4) to account the effectiveness of searching services from January until July 1995.
The letters received from user who use that service become as subject of this research. The object of research is effectiveness of searching services.
The number of sample are 87 respondents and sample is taken by simple sampling method. From 87 questionnaire that had been sent, about 80 percent are received.
Hypotheses test by Pearson's product moment proved that (1) there is positive correlation between recalls and user's satisfaction, (2) there is positive correlation between information precision and user's satisfaction, and (3) there is negative correlation between time of services and user's satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pratiwi Anindita Adji
"Skripsi ini membahas strategi promosi jurnal elektronik di Layanan Pustaka dan Informasi Universitas Bahagia (Lapusi UB). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi promosi jurnal elektronik dan kendala promosi jurnal elektronik di Lapusi UB. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lapusi UB melakukan promosi jurnal elektronik melalui personal selling dan direct marketing, tetapi Lapusi UB belum memiliki strategi promosi jurnal elektronik yang terencana. Penelitian ini menyarankan Lapusi UB untuk membuat perencanaan strategi promosi jurnal elektronik, melakukan kerja sama dengan unit pascasarjana UB untuk sosialisasi dan pelatihan jurnal elektronik, dan mengadakan evaluasi kegiatan promosi jurnal elektronik secara rutin.

This research discusses the promotion strategy of electronic journals at Bahagia University Library and Information Service (Lapusi UB). The purpose of this study is to describe the promotion strategy of electronic journals and its constraints at Lapusi UB. This research is a qualitative with case study method. The results of this research show that Lapusi UB has promoted electronic journals through personal selling and direct marketing, but Lapusi UB has not run a wellplanned promotion strategy of electronic journals. In hence, this research suggests Lapusi UB should manage a better plan of promotion strategy to promote electronic journals, regularly to cooperation with UB Magister Unit in socializing the electronic journals, carrying out some trainings and evaluating the promotion activities of electronic journals."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Supriyanti
"Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan majalah indeks, majalah abstrak, dan majalah bibliografi khusus oleh pengguna yang sebagian besar berprofesi sebagai peneliti bidang ilmu pertanian. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan responden yang bekerja di luar lingkungan Departemen Pertanian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode penyebaran kuesioner dalam pengumpulan data. Data mengenai populasi dalam penelitian ini tidak diketahui sehingga menurut Walpole sampel penelitian yang digunakan adalah 30 responden. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yakni penyuntingan, pengkodean, penyusunan dan penghitungan data dengan SPSS 15.0. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa majalah indeks, majalah abstrak dan majalah bibliografi khusus di PUSTAKA telah dimanfaatkan dan memberikan manfaat bagi pengguna. Namun pengguna tetap masih menemukan kendala dalam menggunakan sarana bibliografi tersebut dalam melakukan kegiatan penelusuran. Untuk itu agar PUSTAKA dapat meningkatkan layanan informasi dengan lebih efektif dan efisien hendaknya lebih mensosialisasikan, memudahkan akses, serta lebih cepat memperbaharui informasi yang termuat dalam majalah indeks, majalah abstrak dan majalah bibliografi khusus dalam format elektronik."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15219
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nina Mayesti
"Penelitian mengenai tukar menukar majalah ilmiah telah dilakukan di Pusat Perpustakaan Pertanian dan Komunikasi Penelitian (PUSTAKA) Bogor, pada bulan Januari - Maret 1991. Tujuannya ialah untuk mengetahui cara pelaksanaan kegiatan tukar menukar majalah dan koleksi majalah, serta mengetahui apakah bahan pustaka hasil tukar menukar itu betul-betul diamnfaatkan oleh pemakai PUSTAKA Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung di lokasi penelitian, wawancara dengan berbagai pihak yang terlibat dengan kegiatan tukar menukar, serta menghitung jumlah permintaan fotokopi terhadap bahan pustaka hasil tukar menukar. Hasilnya menunjukkan cara pelaksaan kegiatan tukar menukar di PUSTAKA Bogor belum dilaksanakan dengan baik, walaupun 43,9% dari koleksi majalah ilmiah PUSTAKA diperoleh melalui kegiatan tersebut. Majalah yang diperoleh melalui kegiatan tukar menukar itu juga kurang dimanfaatkan oleh pemakai PUSTAKA, hanya sekitar 10% dari majalah tersebut yang dimanfaatkan melalui permintaan fotokopi selama Maret 1990-Maret 1991."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1991
S15452
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hutami Dewi
"Skripsi ini membahas mengenai proses transfer arsip dinamis inaktif yang dilaksanakan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian perlu memperbaharui Jadwal Retensi Arsip yang digunakan, karena Jadwal Retensi Arsip yang ada hanya mewakili arsip dinamis yang sifatnya fasilitatif. Pada hasil penelitian pun dibuat analisa fungsi bisnis yang diharapkan dapat membantu dalam pembaharuan Jadwal Retensi Arsip yang ada.

The Focus of this study is transfer of inactive dynamic archive from unit to archive centre PUSTAKA Bogor. The purpose of this study is to understand how inactive dynamic archive transferred to archive centre. This research is qualitative and case study method. The data were collected by observation and deep interview.
The researcher suggest that PUSTAKA must renewed schedule of archive retention that they have because the existed schedule now only representing the facilitative archive."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15346
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nelza Aprilinanita
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan kerja pustakawan di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survai yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Indikator dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja, pustakawan, the Job Descriptive Index (JDI), kepuasan kerja pustakawan perpustakaan khusus, dan kepuasan kerja pustakawan berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan lama masa kerja. Analisis data yang digunakan dibantu oleh software Microsoft Excel untuk menghitung persentase dan hasil JDI. Secara keseluruhan, pustakawan dalam penelitian ini memiliki tingkat kepuasan kerja yang rata-rata tinggi untuk aspek pekerjaan itu sendiri, aspek atasan, aspek rekan kerja, dan aspek gaji. Sedangkan untuk aspek kesempatan untuk maju, tingkat kepuasan pustakawan adalah sedang.

ABSTRACT
This thesis describes about the level of librarian’s job satisfaction at the Central Library and Dissemination of Agricultural Technology, Bogor. This research is a quantitative research using a survey method with questionnaire as an instrument of research. Indicators in this study is the job satisfaction, the librarian, the Job Descriptive Index (JDI), a special library librarian’s job satisfaction, and librarian’s job satisfaction based on gender, age, educational background and length of service. Assisted analysis of the data used by the software Microsoft Excel to calculate the percentage and the results of JDI. Overall, the librarians in this study have high levels of job satisfaction in average for the aspects of the job itself, the aspect of supervision, aspects of coworkers, and aspects of the salary. As for the aspects of the opportunities for promotions, the level of satisfaction of librarians is moderate.
"
2015
S62644
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nelza Aprilinanita
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan kerja pustakawan di Pusat Perpustakaan
dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode survai yang menggunakan kuesioner sebagai
instrumen penelitiannya. Indikator dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja, pustakawan,
the Job Descriptive Index (JDI), kepuasan kerja pustakawan perpustakaan khusus, dan
kepuasan kerja pustakawan berdasarkan jenis kelamin, usia, latar belakang pendidikan dan
lama masa kerja. Analisis data yang digunakan dibantu oleh software Microsoft Excel untuk
menghitung persentase dan hasil JDI. Secara keseluruhan, pustakawan dalam penelitian ini
memiliki tingkat kepuasan kerja yang rata-rata tinggi untuk aspek pekerjaan itu sendiri, aspek
atasan, aspek rekan kerja, dan aspek gaji. Sedangkan untuk aspek kesempatan untuk maju,
tingkat kepuasan pustakawan adalah sedang.

ABSTRACT
This thesis describes about the level of librarian?s job satisfaction at the Central Library and
Dissemination of Agricultural Technology, Bogor. This research is a quantitative research
using a survey method with questionnaire as an instrument of research. Indicators in this
study is the job satisfaction, the librarian, the Job Descriptive Index (JDI), a special library
librarian?s job satisfaction, and librarian?s job satisfaction based on gender, age, educational
background and length of service. Assisted analysis of the data used by the software
Microsoft Excel to calculate the percentage and the results of JDI. Overall, the librarians in
this study have high levels of job satisfaction in average for the aspects of the job itself, the
aspect of supervision, aspects of coworkers, and aspects of the salary. As for the aspects of
the opportunities for promotions, the level of satisfaction of librarians is moderate.;"
2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noventra Tri Permana Putra
"Penelitian ini membahas perlindungan terhadap arsip inaktif di Record Center Pustaka Bogor baik fisik maupun informasinya dari faktor yang dapat merusak arsip. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan perlindungan arsip inaktif pada Record Center di Pustaka Bogor dalam menghadapi berbagai macam ancaman kerusakan arsip berikut dengan kendala yang ditemukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa adanya kesenjangan antara kebijakan dan kebutuhan perlindungan arsip yang muncul karena belum adanya kebijakan internal khusus untuk perlindungan arsip inaktif di Record Center Pustaka yang menyebabkan masih minimnya upaya perlindungan arsip atas faktor-faktor yang dapat merusak arsip seperti debu, suhu dan kelembapan, cahaya, serangga dan binatang pengerat, juga faktor manusia. Dari hasil penelitian ini menyarankan sebaiknya dibuat kebijakan internal khusus mengenai perlindungan arsip inaktif di Record Center Pustaka Bogor.

This research is about protection of inactive records at Records Center Pustaka Bogor in terms of its physic and its content from any factors which may harm the records itself. The purpose of this research is to describe the activity of inactive record protection at Record Center Pustaka Bogor in order to deal with any kinds of damage threat along with problem occurs. This research is using a qualitative research with a case study method.
The result of this research defines that the gap between policy and the need of record protection causes by none internal policy specifically made for inactive record protection at Record Center Pustaka that leads to the lack of effort in protecting the record from any factors that may causes damage such as dust, damp temperature, lights, bugs and rats also human factor. The suggestion based on this research is to create a specific internal policy regarding the protection of inactive record in Record Center Pustaka Bogor.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>