Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144099 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Heppy Maya Hapsari
"Kepuasan kerja merupakan hal yang panting untuk diperhatikan, karena dengan kepuasan kerja yang tinggi, karyawan dapat memberikan kontribusi optimal bagi perusahaan. Banyak faktor yang digunakan-dalam penelitian sebagai penentu kepuasan kerja, salah satunya adalah empowerment. Daiam konsep empowerment, karyawan diberikan kesempatan dan keleluasaan untuk memberdayakan dirinya sendiri sehingga ia dapat ikut terlibat dalam proses pencapaian keberhasilan perusahaan. Karyawan yang dapat memberdayakan dirinya sendiri dan merasa memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dalam pekerjaannya akan memiliki kepuasan kerja yang tinggi, atau dengan kata lain, karyawan yang ter-empower akan lebih memiliki kepuasan kerja.
Kepuasan kerja yang dimaksud Baru akan muncul jika karyawan benar-benar memiliki kesiapan untuk memberdayakan dirinya sendiri dan memiliki kondisi psikologis yang mendukung, Kondisi psikologis yang mampu membuat karyawan termotivasi untuk memberdayakan dirinya ini dikenal dengan istilah psychological empowerment, dimana kejelasan peranan karyawan dalam perusahaan (role clarity) merupakan salah satu hal yang diduga dapat membuat karyawan memiliki psychological empowerment.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tiap dimensi psychological empowerment, yang terdiri dari meaning, competence, self determination dan impact terhadap kepuasan kerja karyawan secara umum. Penelitian ini pun menguji pengaruh tiap dimensi role clarity, yang terdiri dari goal clarity dan prdcess clarity, terhadap tiap dimensi psychological empowerment. Sebagian besar sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Divisi Teknologi Informasi.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpuIan bahwa dari seluruh dimensi psychological empowerment, hanya dimensi meaning yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja, sedangkan dari dimensi role clarity, hanya goal clarity-lah yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja, baik secara langsung maupun melalui meaning. Hal ini menunjukkan bahwa kejelasan sasaran dan rasa keberhasilan dalam pekerjaan dapat rnemberikan kepuasan kerja bagi karyawan. Process clarity tidal: memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, namun process clarity memiliki pengaruh posiljf terhadap dimensi competence dan impact, yang menunjukkan bahwa kejelasan proses dalam pekerjaan dapat meningkatkan feeling of competence dan feeling of impact yang dimiliki karyawan. Untuk penelitian mendatang, pembahasan mengenai competence dan impact ini dapat dikaitkan dengan employee performance, dimana selanjulnya performance ini dapat dikaitkan dengan customer atau end-user-satisfaction.

One of job satisfaction determinant that has been used in many researches is empowerment. The concept of empowerment is about giving opportunities to employees so that they can be involved in the process of company's success attainment. Employees who can use the opportunities to develop themselves in their work will own high job satisfaction, or equally, empowered employees will have high job satisfaction.
This satisfaction will emerge if employees can really use the given opportunities to empower themselves optimally and own the supporting psychological condition to be intrinsically empowered. This psychological condition known as psychological empowerment, and to have this psychological condition, employees shall get clear information about their role in the company.
This research examines the relationships between job satisfaction and four dimensions of psychological empowerment (meaning, competence, self determination and impact). This research also examines the relationships between two dimensions of role clarity (goal clarity and process clarity) and all dimensions of psychological empowerment.
Tested on a sample of information Technology employees, the result shows that only goal clarity and meaning dimension are positively related to job satisfaction, which means clear goals and high meaningfulness of job will give more satisfaction to employees. Process clarity does not affect job satisfaction, but it has positive relationship to competence and impact dimension, which indicates that clear job processes improves employee's feeling of competence and employee's feeling of impact. For further research, this competence and impact can be related to employee performance, and the improved performance of IT employees can be related to customer or end user satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18483
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Ratna Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari pemberdayaan struktural dan pemberdayaan psikologikal terhadap keinginan berpindah kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada mahasiswa MM UNJ yang sudah bekerja. Data penelitian ini diambil dari 164 responden yang berstatus sebagai mahasiswa di MM UNJ dan sedang bekerja. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan struktural memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap keinginan berpindah kerja. Pemberdayaan psikologikal memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap keinginan berpindah kerja. Pemberdayaan struktural juga secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Begitu pula dengan pemberdayaan psikologikal secara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja juga secara signifikan berpengaruh negatif terhadap keinginan berpindah. Selain itu kepuasan kerja juga memediasi pengaruh pemberdayaan struktural terhadap keinginan berpindah kerja dan pengaruh pemberdayaan psikologikal terhadap keinginan berpindah kerja.

Generally, the aim of this research are to find out the influence of structural and psychological empowerment toward turnover intentions with job satisfaction as mediating variable of workers among MM UNJ student. Object of this research are MM UNJ?s students who also a worker which have the number of samples 164 people. Data analysis is conducted by using regression analysis. The results of the testing of hypotheses show negative influence of structural empowerment toward turnover intentions, negative influence of psychological empowerment toward turnover intentions, positive influence of structural empowerment toward job satisfaction, positive influence of psychological empowerment toward job satisfaction, negative influence of job satisfaction toward turnover intentions. Job satisfaction is also mediated the influence of structural empowerment toward turnover intentions and the influence of psychological empowerment toward turnover intentions."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aretha Krishnamurti
"Studi ini dilakukan untuk meneliti tentang peran kepuasan kerja sebagai mediator dalam hubungan antara iklim psikologis terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini melibatkan responden dari 328 dosen yang bekerja pada beberapa institusi pendidikan tinggi di Jakarta, Tangerang, Padang, Jimbaran dan Denpasar. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (1) komitmen organisasi yang dikembangkan oleh Seniati dan Yulianto (2010) berlandaskan teori Allen dan Meyer (1997), (2) kepuasan kerja yang dikembangkan oleh Seniati dan Yulianto (2010) berlandaskan teori Spector (1997), dan (3) iklim psikologis yang dikembangkan oleh Brown dan Leigh (1996) berlandaskan teori Kahn (1990).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara iklim psikologis dan kepuasan kerja (β = 0,84, p < 0,05), dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi (β = 0,47, p < 0,05). Kemudian, penelitian ini juga menemukan pengaruh iklim psikologis terhadap komitmen organisasi pada dosen di perguruan tinggi dapat muncul melalui kepuasan kerja (β = 0,23, p < 0,05). Mengacu pada penelitian, peneliti menyarankan agar perguruan tinggi dapat menciptakan kondisi iklim psikologis yang lebih baik untuk meningkatkan komitmen organisasi pada dosen.

This study was conducted to find the role of job satisfaction as a partial mediator in the relationship between psychological climate and organizational commitment. This study included respondents from 328 lecturers who work in the various higher education institutions. The measurement used in this study were: (1) organizational commitment by Seniati and Yulianto (2010), which was based on Allen and Meyer (1997), (2) psychological climate by Brown and Leigh, which was based on Kahn (1990), and job satisfaction by Seniati and Yulianto (2010), which was based on Spector (1997).
The result of this study showed that there is a significant positive effect of psychological climate on job satisfaction (β = 0,84, p < 0,05) and job satisfaction on organizational commitment (β = 0,47, p < 0,05). Further, this finding also described that the influence of psychological climate on organizational commitment can occur through job satisfaction in higher education institution (β =0,23, p < 0,05). From this finding, we can encourage the higher education institutions to enhance the level of job satisfaction and organizational commitment by creating a greater psychological climate.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45829
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Rizki
"Penelitian ini membahas tentang hubungan antara psychological empowerment dengan kepuasan kerja karyawan di PT. Bank X Cabang YZ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara psychological empowerment dengan kepuasan kerja karyawan di PT. Bank X Cabang YZ.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan tetap PT. Bank X Cabang YZ dimana jumlah sampel sebanyak 39 orang dengan menggunakan teknik penarikan sampel total sampling. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Skala yang digunakan adalah skala likert. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rank Spearman. Pengujian hipotesis akan dilakukan dengan menggunakan uji Z.
Dari hasil analisis korelasi Rank Spearman dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara psychological empowerment dengan kepuasan kerja dengan korelasi sebesar 0,758. Dari hasil uji signifikan z dapat diketahui bahwa nilai z hitung ternyata lebih besar dari nilai z tabel dengan nilai z hitung sebesar (4,734) sedangkan nilai z tabel (1,96). Sehingga dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti terdapat hubungan positif antara psychological empowerment dengan kepuasan kerja karyawan.

This study discusses about the effect of psychological empowerment on employee job satisfaction. The purpose of this study is to to determine Psychological Empowerment influence to Employee Job Satisfaction in PT. Bank X, Tbk Branch YZ.
This study uses a quantitive approach.Sample that used in this research are 39 PT. Bank X, Tbk Branch YZ employees with using total sampling method. Instrument for collecting data is questionnaires. For scaling, the writer adopts likert scaling. And, Technique for analyzing data is metode Rank Spearman method. The hypothesis would be tested using Z-test.
From the analysis of Rank Spearman correlation can be seen that there is a positive relationship between psychological empowerment with employee job satisfaction with a correlation value of 0.758. From the significant test results can be seen that z value calculated was greater than the value of z table to calculate the z value of (4.734) while the z value table (1.96). Thus Ho was rejected and Hi was accepted, which means there is positive relationship between psychological empowerment andempoyee job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S44209
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Nandini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi psychological wellbeing seperti job insecurity sebagai job demand dan dukungan supervisor sebagai job resources terhadap kepuasan kerja dan kesehatan fisik pekerja. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui Survey Better Work Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan random sampling dari total populasi 172 pabrik yang telah diambil sampelnya sebanyak 84 perusahaan dengan 1017 buruh pada tahun 2012 dan 2015. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang konsisten pada pengaruh kondisi job insecurity dan dukungan supervisor terhadap psikologis wellbeing. Melalui pengaruh psikologis wellbeing ini juga ditemukan pengaruh terhadap kondisi kepuasan kerja dan kesehatan fisik. Pada penelitian ini juga menemukan bahwa gender telah memoderasi hubugan antara psychological wellbeing dan kesehatan fisik buruh.

According to the changes demand in Textile Sector year by year this research aims to investigated the importance of psychological climate in factory like supervisor support and job insecurity to their psychological wellbeing. Furthermore this paper also explore the continual impact of labor rsquo s psychological wellbeing to their job satisfaction and physical health that also an important factors affected their performance at workplace. The data were collected from Better Work Indonesia Survey in 2012 and 2015. This research used quantitative methods from 1017 labors in 84 factory in Indonesia. The result showed significant impact from Supervisor Support and Job Insecurity toward Psychological wellbeing. It is also found that Psychological wellbeing affected to labor rsquo s job satisfaction and physical health. This result contributed to showed the importance of maintaining psychological wellbeing of labors at factory in order to boost and optimatilize their performance. This research also found that gender moderated the relationships between psychological wellbeing and physical health. According to the result it showed that between man and women there is a different way to maintain their health both physical and mental.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T51268
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debia Nur Epita
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara Psychological Well-being dan kepuasan kerja pada PNS Organisasi Pemerintahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Pengukuran Psychological Wellbeing menggunakan alat ukur Ryff’s Scale of Psychological Well Being dan pengukuran kepuasan kerja menggunakan Job Satisfaction Survey (Spector, 1994). Responden dalam penelitian ini berjumlah 141 PNS dari sembilan kantor pemerintahan di Yogyakarta.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological well-being dan kepuasan kerja pada PNS Organisasi Pemerintahan (r = 0.283; p = 0.001, signifikan pada L.o.S 0.05). Hasil tersebut dapat diartikan, semakin tinggi tingkat psychological well-being maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan kerja PNS Organisasi Pemerintahan.

This research was conducted to find the correlation between psychological wellbeing and job satisfaction among civil servant. This research is using quantitative approach by collecting data through questionnaires. Psychological well-being was measured by instrument named Ryff’s Psychological Well Being Scale, which is adopted from previous research by a research team of psychological well-being in 2012. Job satisfaction was measured by instrument named Job Satisfaction Survey (Spector, 1994). The participants of this research are 141 civil servants from nine government offices in Yogyakarta.
The main result of this study show that psychological well-being positively correlated significantly with job satisfaction (r= 0.283; p = 0.001, significant at L.o.S 0.05). Intepretation from the result is, higher psychological well-being, the higher job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52460
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dianti Ekawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan struktural terhadap kepuasan kerja dengan pemberdayaan psikologis sebagai variabel antara. Penelitian ini dilakukan di RSU Bhakti Asih dengan mengambil sampel perawat instalasi rawat inap dan instalasi rawat khusus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Untuk mengetahui adanya peran pemberdayaan psikologis sebagai variabel antara, peneliti menggunakan metode causal step dari Baron & Kenny. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pemberdayaan struktural terhadap kepuasan kerja, dan pemberdayaan psikologis terbukti sebagai variabel antara atau mediasi dari pemberdayaan struktural terhadap kepuasan kerja.

This research aims to determine the effect of structural empowerment on job satisfaction with psychological empowerment as an mediating variable. The research was conducted at the RSU Bhakti Asih by taking a sample installation of inpatient nursing care and special installations. The research approach used is a quantitative approach to the design of explanative. The technique of collecting data through questionnaires to the respondents and data analysis techniques using regression analysis. To find out the role of psychological empowerment as an mediating variable, researchers used a method of causal step of Baron & Kenny. The results suggest that there are positive and significant effect of structural empowerment on job satisfaction and psychological empowerment proved an mediating variable of structural empowerment on job satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Annisa Febrina
"Transisi dari bekerja dari kantor ke telecommuting atau WFH selama pandemi COVID-19 memiliki dampak yang unik bagi pekerja, antara lain bagaimana pekerja memanfaatkan pengaturan kerja, work-to-home spill over, dan perbedaan tingkat kepuasan yang berdampak pada Kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepuasan kerja memediasi hubungan antara pengaturan kerja yang fleksibel dan pengaruh cognitive work-to-home terhadap Kinerja. Peserta terdiri dari pekerja organisasi yang melakukan pengaturan kerja fleksibel dan telecommuting (N = 250). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja secara signifikan memediasi hubungan antara pengaturan kerja yang fleksibel, limpahan kognitif kerja-ke-rumah dan kinerja dalam pengaturan telecommuting. Hasil penelitian ini memberikan referensi bagi perusahaan dan manajemen SDM mengenai pentingnya mendorong faktor internal dan eksternal bagi individu untuk mencapai kinerja yang efektif dalam pengaturan telecommuting, terutama di masa pandemi ini.

The transition from working from the office to telecommuting or WFH during the COVID-19 pandemic has a unique impact on workers, including how workers utilize work arrangements, the work-to-home spill over, and differences in satisfaction levels that have an impact on performance. This study aims to determine whether job satisfaction mediates the relationship between flexible work arrangements and cognitive work-to-home spillover on performance. Participants consisted of organizational workers performing flexible work arrangements and telecommuting (N = 250). The results showed that job satisfaction significantly mediates the relationship between flexible work arrangements, cognitive work-to-home spillover and performance in telecommuting settings. The results provide a reference for companies and HR management regarding the importance of encouraging internal and external factors for individuals to achieve effective performance in telecommuting settings, especially during this pandemic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsu Rizal
"ABSTRAK
Studi ini meneliti pengaruh faktor-faktor budaya perusahaan dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PAM JAYA. Landasari teoritis yang dipergunakan bertolak dari asumsi Dotter dan Hesket bahwa variabel penting yang mempengaruhi kemajuan dan produktivitas perusahaan bukan hanya pada faktor manajemen, fungsi-fungsi penyelesaian tugas atau struktur organisasi, tetapi juga pada aspek kultural.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan 2 (dua) Cara : Pertama, pengumpulan data primer melalui penyebaran angket berstruktur terhadap sejumlah sampel karyawan PAM JAYA yang ditarik secara stratified random sampling propotional.
Kedua, pengumpulan data sekunder berupa laporan keuangan, serta data lainnya yang relevan serta wawancara mendalam terhadap responden kunci khususnya untuk menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan kondisi perusahaan.
Dari hasil analisis diskriminan, terdapat 5 (lima) variabel yang mempunyai kontribusi dan pengaruh yang cukup signfikan terhadap kepuasan kerja yaitu : pemahaman yang rendah tentang sistem kerja dan jenjang karier, ioyalitas yang tinggi dari karyawan terhadap perusahaan, pemahaman yang tinggi akan pentingnya prestasi dan kerja keras, pemahaman yang tinggi dari karyawan tentang nilai dan norma yang dijunjung tinggi oleh perusahaan dan pemahaman yang rendah dari karyawan mengenai filosofi perusahaan. Ini berarti, kelompok karyawan yang tinggi kepuasan kerjanya, disatu pihak mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan, mempunyai pemahaman yang cukup tinggi akan pentingnya prestasi dan kerja keras serta mempunyai pemahaman yang tinggi terhadap nilai--nilai dan norma-norma yang dijunjung tinggi oleh perusahaan. Di lain pihak, mereka yang merasa puas ini ternyata mempunyai pemahaman yang rendah baik terhadap sistem kerja dan jenjang Miler ataupun terhadap filosofi perusahaan. Dari gambaran di atas dapat dikatakan bahwa filosofi perusahaan serta sistem kerja dan jenjang karier belum tersosialisasikan atau belum jelas.
Daftar Pustaka : 35 buku + 2 artikel + 8 peraturan + 2 lain-lain.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Shafa Ashrina
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada efek moderasi dari grit dalam hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja pada karyawan milenial. Sebanyak 300 karyawan, berusia 20-39 tahun, berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat pengukur Skala Kepuasan Kerja Umum, Skala Kinerja Peran dan Skala Grit-S digunakan untuk mengukur kepuasan kerja, kinerja dan ketabahan.
Hasil analisis statistik uji moderasi menggunakan PROCESS HAYES versi 3.3 model 1 menunjukkan bahwa grit tidak memoderasi hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja. Ini diduga disebabkan Kepuasan kerja milenial lebih banyak ditentukan oleh faktor lingkungan dan pengawasan yang bagus.
Pemenuhan ini akan mengarah pada kepuasan kerja berhubungan langsung dengan tingkat kinerja, terlepas dari apakah gritnya dimiliki oleh individu yang tinggi atau tidak yang artinya variabel grit belum berperan dalam memperkuat hubungan antara kepuasan kerja dan kinerja karyawan.

This study aims to see whether there is a moderating effect of grit in the relationship between job satisfaction and performance in millennial employees. A total of 300 employees, aged 20-39 years, participated in this study. Measuring tools for General Job Satisfaction Scale, Role Performance Scale and Grit-S Scale are used to measure job satisfaction, performance and grit.
The results of the statistical analysis of the moderation test using PROCESS HAYES version 3.3 model 1 shows that grit does not moderate the relationship between job satisfaction and performance. This is thought to be due to millennial job satisfaction determined more by environmental factors and good supervision.
This fulfillment will lead to job satisfaction which is directly related to the level of performance, regardless of whether the grit is owned by high individuals or not, which means that the grit variable has not played a role in strengthening the relationship between job satisfaction and employee performance.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>