Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 142195 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arini
"CSCW (Computer Supported Cooperative Work) dan teknologi groupware mengizinkan individu-individu untuk berinteraksi satu sama lain yang terletak pada tempat yang sama maupun berbeda dengan menggunakan komputer (jaringan) melalui media suara, data dan gambar (video) yang dilakukan secara sinkron maupun asinkron. Cara ini dapat diimplementasikan untuk mendukung Cooperative learning dan working dalam bentuk komunikasi, sharing informasi dan diskusi antar pengajar/dosen dan pelajar/mahasiswa.
CSCW merupakan sebuah bentuk yang menggabungkan pemahaman bagaimana crang bekerjasama dalam grup menggunakan teknologi computer networking dalam kesatuan hardware, software, service dan teknik. Groupware adalah merupakan perancangan teknologi untuk memfasilitasi kerjasama grup.
Untuk mengimplementasikan CSCW dan teknologi groupware membutuhkan kebutuhan secara teknis dan non teknis guna mendukung kerja bersama tersebut, adapun kebutuhan secara teknis dipertimbangkan sebagai kebutuhan teknis untuk implementasi, sedangkan non teknis dipertimbangkan seperti faktor dan afek dari luar yang mempengaruhinya implementasi CSCW dan teknologi groupware itu sendiri.
Bentuk groupware secara sinkron yang mendukung sebuah coferecing dipilih dalam project ini guna mendukung Cooperative learning an working dengan 3 aspek aplikasinya yaitu untuk comnntnicatton, sharing information, dan decission support. Teknologi groupware tersebut adalah Openmeeting yaitu sebuah open source software yang mendukung conferencing system.
Melalui pengkajian yang mendalam pada too! ini, penulis menyimpulkan satu kelemahan Openmeeting dimana pengiriman informasi melalui email bersifat asinkron sehingga tidak diterima oleh user secara cepat. Untuk itu dikemukakan alternatif penyelesaian berupa tambahan service yaitu SMS Gateway dengan menggunakan Gammu. Perancangan dan implementasi Openmecting di tinjau dari 4 hal yaitu aspek aplikasi yang ingin diwujudkan. kebutuhan secara teknis, lapisan (layer) aplikasi dan korelasi groupware yang digunakan terhadap CSCW dan teknologi groupware. Evaluasi implementasi Openmecting dikaji menggunakan 3 penilaian yaitu evaluasi fitur, penggunaan dan manfaat yang diberikan pada 10 user.
Dari hasil evaluasi untuk penilaian secara fitur mendapatkan angka rata-Tara 4. penilaian terhadap penggunaan mendapatkan angka rata-ram 4, dan penilaian terhadap manfaat mendapat angka rata-rata 4,35. Angka-angkat tersebut menunjukkan bahwa implementasi Openmeeting memberikan hal positif dari segi fiturnya, penggunaannya dan manfaatnya.

The CSCW (Computer Supported Cooperative Work) and groupware technology allows people to interact each other through voice, data and video links in real time (as synchronously). Synchronous groupware brings together user which are geographically distributed or located at the same place via a network. This can be implemented for cooperative learning and working which can be used for communication, share information and decision support between lecturer and student.
Generally CSCW is a generic term which combines the understanding of how people work in groups using the enabling technologies of computer networking and associated hardware, software, services and techniques. Groupware is a technology designed to facilitate the work of groups.
The implementation of CSCW and groupware technology involves some technical and non-technical requirements to support the collaboration. Technical requirements consider the technical the implementation, whereas the non technical methods consider sonic external factors and impacts. Both of them influence the development of CSCW and groupware technology itself.
In this project, a synchronous groupware technology which support Conferencing has been chosen to support Cooperative learning and working by three application aspects, which are communication, sharing information and decision support. Groupware technology used in this thesis is Openmeeting, an opensource software which support conferencing system
Through depth evaluation on Openmeeting, it can be summarize that one weakness of this tool is the asynchronous information delivery through email. In order received to user. in this work an additional service using SM'.'IS Gateway used on Gammu has been added.
Considerable study on this tool, the writer has been acquired the weakness until constitute the writer to do the improvement in order to give the alternative solution about it. Additional service which the writer have done, that is SMS Gateway using Gammu.
Design and Openmeeting implementation considered from 4 aspects, those are the desirable application. technical requirement, layer application and groupware correlation used in CSCW and groupware technology. The evaluations of Openmeeting implementation has been studied using 3 assessment, which are features evaluation, utilizate evaluation and benefit evaluation by l4 users.
The evaluation result show an average values 4 for features evaluation, the average value:, 4 for utilization evaluation and the average values 4,35 for benefit evaluation. These value shows that openmecting implementation give positive effect to this project Front the features utilizing and useful aspects."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24418
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Makalah ini mengusulkan suatu Virtual Tutor Agen (VTA) berbasis antarmuka yang mampu berinteraksi dengan multi pengguna (multi user) dalam proses Pembelajaran berbasis masalah (problem base learning) di Lingkungan virtual kolaboratif (virtual collaborative environments) dengan menggunakan teknologi MMOG (Massive Multiplayer Online Game). Disini dijelaskan mengenai dua hal utama, yaitu yang berkaitan dengan konseptual dan teknologi. Dalam masalah konseptual dijelaskan mengenai konsep yang berkaian dengan Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning), dimana proses belajar disajikan dalam konteksi antar muka di dalam lingkungan virtual kolaboratif, sedangkan dalam hal teknologi, dijelaskan mengenai teknologi MMOG, diantaranya penggunaan Teknologi multi agen, yang mana difokuskan pada penggunaan Virtual Tutor Agen (VTA) dan penerapan bahasa AIML (Artificial Intelligence Markup Languange)."
[s.l.]: [s.n.], 2012
JURTEL 17:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Umi Chotimah
"Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share dalam pembelajaran telaah kurikulum SMP dan SMA (TKSS) mahasiswa program studi PPKn FKIP Unsri...."
Palembang: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang, 2007
370 FORKE 27:1 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
I David Agung Satrio
"Pengolahan dan pertukaran informasi merupakan bagian yang penting dalam abad informasi saat ini. Pengolahan dan pertukaran informasi secara efektif dan terkoordinir dapat dilakukan dengan groupware. Groupware merupakan sistem informasi yang memungkinkan data aplikasi dipakai secara bersama-sama oleh tiap-tiap anggota suatu kelompok kerja dengan koordinasi yang baik. Groupware menggantikan sistem database terpadu yang muncul lebih awal.
Saat ini terdapat sistem informasi berbasis intranet yang merupakan pesaing sistem informasi groupware. Namun karena lemahnya sistem informasi berbasis intranet terutama Bari segi keamanan dan kemudahan dalam pembuatan aplikasi, maka sistem informasi groupware tetap yang menjadi pilihan riomor sate sistem informasi yang ada scat ini.
Groupware memiliki tiga fungsi utama yaitu : komunikasi, kolaborasi dan koordinasi. Ketiganya membentuk infrastruktur groupware. Salah satu infrastruktrur groupwt-we yang banyak digunakan yaitu Lotus Notes. Beberapa kelebihan Lotus Notes sebagai infrastniktur groupware antara lain : adanya domino server sebagai Web server, kemampuan melakukan replikasi data, dapat diprogram dan keamanan yang handal.
Dalam skripsi ini dibangun sebuah aplikasi groupware berbasis internet dengan mempergunakan Lotus Notes sebagai infrastruktrur groupware yang diberi judul "Belanja Melalui Internet". Aplikasi belanja melalui internet memperlihatkan ketiga fungsi utama sistem groupware yaitu : komunikasi dengan contohnya e-mail, kolaborasi dengan contohnya diskusi elektronik dan koordinasi dengan contohnya otomatisasi workflow. Aplikasi Belanja melalui internet tidak memperlihatkan seluruh kemampuan groupware sebagai sistem informasi namun cukup memberikan gambaran mengenai kelebihan groupware sebagai sistem informasi scat ini."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Smaldino, Sharon E.
Jakarta: Kencana, 2011
371.33 SMA i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meilia Agatha Priska Sinabariba
"

Pertumbuhan penggunaan internet mendorong proses digitalisasi dan peningkatan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Perkembangan ini menghadirkan berbagai inovasi dan pengembangan di berbagai sektor, salah satunya adalah pendidikan. Hasil inovasi teknologi informasi di bidang pendidikan memberikan stimulus pengadopsian e-learning sebagai jawaban untuk metode pembelajaran berbasis jarak jauh. Berdasarkan survei yang sudah dilakukan sebelumnya, ditemukan bahwa sebanyak 65% dari fakultas ternama di dunia telah menggunakan sumber daya pembelajaran dalam bentuk open source dalam proses pembelajaran mereka. Kehadiran e-learning pada lembaga pendidikan tinggi memiliki potensi yang besar, khususnya pada peserta didik. E-learning merupakan metode pembelajaran yang banyak memberikan solusi pada kendala-kendala yang terjadi pada rumpun Sains dan Teknologi atau biasa disebut dengan SAINTEK. Pengenalan dan pengembangan e-learning pada institusi pendidikan tinggi banyak membahas mengenai bagaimana proses pendidikan harus dilakukan dan hal-hal apa saja yang mendukung prosesnya. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui faktor apa yang berpengaruh untuk meningkatkan manfaat yang dirasakan dalam penggunaan sistem e-learning. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa rumpun sains dan teknologi dari Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan model Evaluating E-learning System dan diolah menggunakan Metode PLS-SEM. Faktor yang diperoleh dari penelitian kemudian dikembangkan menggunakan relational matrix untuk dapat memberikan rekomendasi pengembangan sistem e-learning kepada stakeholder terkait.


The growth in the use of the internet is driving the process of digitization and increasing the development of Information and Communication Technology. This development presents various innovations and developments in various sectors, one of which is education. The results of information technology innovation in education provide a stimulus for the adoption of e-learning as an answer to distance-based learning methods. Based on a recent survey, it was found that as many as 65% of the worlds leading faculties have used learning resources in the form of open source in their learning process. The presence of e-learning in higher education institutions has great potential, especially for students. E-learning is a learning method that provides many solutions to the constraints that occur in the Science and Technology academic cluster. The introduction and development of e-learning in higher education institutions discuss a lot about how the education process should be carried out and what things support the process. This research was conducted to find out what factors influence to increase the perceived benefits in the use of e-learning systems. The respondents of this study were students of the science and technology group from the University of Indonesia. This study uses the Evaluating E-learning System model and calculation method using the PLS-SEM Method. Factors obtained from the study were then developed using a relational matrix to be able to provide recommendations for the development of e-learning systems to relevant stakeholders.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The goal of this study is to identify factors that influence lecturer's intention to adopt e-learning technology..."
MOJUEKB
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
I Putu Wisnuadi Prabawa B.
"Karena Pandemi COVID-19, dunia pendidikan telah berubah secara dinamis. Siswa dan Guru terpaksa menghadapi kegiatan pembelajaran jarak jauh atau sekarang disebut pembelajaran online karena kehadiran atau pembelajaran tatap muka tidak memungkinkan. Banyak universitas, perguruan tinggi, bahkan sekolah, termasuk Universitat Duisburg-Essen dan Universitas Indonesia terpaksa melakukan pembelajaran online. Media atau perangkat lunak yang kini populer di masyarakat untuk pembelajaran online disebut sebagai synchronous groupware. Groupware sinkron sekarang memainkan peran besar dalam pendidikan. Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang kegunaan synchronous groupware bagi masyarakat.

Due to the COVID-19 Pandemic, the education world has dynamically changed. Students and Teachers are forced to face far distance learning activities or now called online learning because the presence of face-to-face learning is not possible. Many universities, colleges, and even schools, including Universitat Duisburg-Essen and Universitas Indonesia, are forced to do online learning. The media or software, that is now popular in society for online learning, is called synchronous groupware. Synchronous groupware is now playing a big role in education. This research will deliver a deep understanding of the usefulness of synchronous groupware for society"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stephanus Dario Kohar
"PT Shippindo Teknologi Logistik atau Shipper merupakan perusahaan penyedia layanan logistik yang menyediakan layanan penyewaan gudang. Sebagai sebuah perusahaan yang memiliki lini bisnis pergudangan, Shipper perlu memiliki visibilitas terhadap informasi penggunaan gudang untuk menjadi landasan dalam melakukan perbaikan dan evaluasi proses bisnis pada lini bisnis pergudangan. Permasalahan yang terjadi di Shipper adalah tidak efisien dan optimalnya proses bisnis saat ini untuk mendapatkan informasi penggunaan gudang yang memakan estimasi waktu 7 hari. Untuk menjawab permasalahan yang dihadapi, alat visualisasi data yang memberikan informasi penggunaan gudang dengan cepat dan akurat telah dikembangkan yakni dashboard. Dashboard yang dihasilkan bertujuan untuk menjadi sumber informasi yang kredibel, cepat, dan mudah dipahami oleh pemangku kepentingan yakni tim produk dalam menjalankan tanggung jawabnya yakni melakukan evaluasi dan perbaikan proses bisnis terkhusus pada lini bisnis pergudangan. Dashboard dikembangkan dengan menggunakan Metabase dengan memanfaatkan tabel-tabel data dari tabel basis gudang, basis barang, dan basis penyimpanan. Informasi yang mampu diberikan melalui dashboard yang telah berhasil dikembangkan secara umum mencakup informasi-informasi seperti ketersediaan lokasi di gudang beserta trennya, persentase penggunaan gudang, serta kategori kepadatan lokasi di dalam gudang. Berdasarkan hasil evaluasi, dashboard yang telah dikembangkan dapat memberikan informasi dengan cepat dan mudah dipahami kepada tim produk yang menangani lini bisnis pergudangan.

PT Shippindo Teknologi Logistik or Shipper is a logistics service provider company that provides warehouse rental services. As a company that has a warehousing business line, Shipper needs to have visibility into warehouse utilization information to become the basis for making improvements and evaluating business processes in the warehousing business line. The problem that occurs at Shipper is the inefficiency and optimization of the current business process to obtain warehouse utilization information which takes an estimated time of 7 days. To answer the problems faced, a data visualization tool that provides warehouse utilization information quickly and accurately has been developed, namely a dashboard. The resulting dashboard aims to be a source of information that is credible, fast, and easy to understand by stakeholders, namely the product team in carrying out its responsibilities, namely evaluating and improving business processes, especially in the warehousing business line. The dashboard was developed using Metabase by utilizing data tables from the warehouse base table, item base, and storage base. The information that can be provided through the dashboard that has been successfully developed generally includes information such as the availability of locations in the warehouse and its trends, the percentage of warehouse utilization, and the location density category in the warehouse. Based on the evaluation results, the dashboard that has been developed can provide information quickly and easily understood to the product team handling the warehousing business line."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Arinno
"Dalam membuat suatu sistem yang handal, diperlukan suatu perencanaan dan perancangan yang matang. Kerjasama tim yang baik sangat diperlukan di dalam proses tersebut. Sering kali mobilitas yang tinggi dari setiap anggota tim menghambat proses interaksi dan komunikasi. Hal tersebut dapat diatasi dengan suatu aplikasi yang berbasis CSCW (Computer Supported Collaborative Work). Dalam perancangan suatu sistem, diperlukan notasi-notasi yang tepat yang dapat menggambarkan sistem tersebut dari berbagai sudut pandang. Suatu fasilitas penggambaran notasi-notasi diperlukan agar setiap orang dari berbagai latar belakang pendidikan yang berkecimpung dalam perancangan sistem tersebut dapat mengerti dengan mudah. Salah satu standar permodelan yang banyak digunakan saat ini adalah standarisasi UML (Unified Modelling Language). Aplikasi Passenger merupakan aplikasi CSCW yang memfasilitasi proses permodelan. Pada pengembangan pertama, aplikasi Passenger ini hanya dibuat untuk mendukung permodelan berbasis structured analysis design. Pada perkembangan selanjutnya, fasilitas-fasilitas notasi yang disediakan bertambah lengkap sesuai dengan tuntutan dari perkembangan teknologi permodelan. Dalam skripsi ini, aplikasi Passenger dikembangkan sehingga mendukung penggambaran digram dengan notasi-notasi UML tanpa menghilangkan fasilitas-fasilitas yang telah ada. Pada pengujian aplikasi Passenger setelah pengembangan, notasi-notasi collaboration diagram dan sequence diagram dapat digambarkan dengan baik. Secara keseluruhan, collaboration diagram dan sequence diagram dapat dibuat sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Berdasarkan pengukuran performa, tidak ada paket yang hilang pada saat pengiriman dan kecepatan pengiriman paket rata-rata adalah 0.117 MB/detik."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40175
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>