Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129278 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara guru menerapkan pendekatan ketramilan proses dalam pembejaran IPA di kelas awasl, aktivitas apa yang muncul dari siswa dalam pendekatan ketrampilan proses yang di lakukan guru, serta bagaimana sikap siswa siswa kelas sekolah dasar terhadap peleksanaan pendekatan ketrampilan proses dalam siswa dalam dalam pembelajaran IPA...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Science is a matter of both content and process. Hance, during teaching session these two aspects be developed simultaneously. In connection with this issue, inquiry approach is believed as relevant and effective strategy to be employed in both aspects (content and process) during teaching science session. However, this approach is not familiar among educational communities yet since they are still unable to formulate productive question. This due to their belief that productive question is needed to be applied only at the beginning of the approach. Earlier research conducted by the same researcher showed that the ability of elementary school - teacher in guiding student to deliver productive question was still very poor. So, this research aimed to enhance the ability by using inquiry approach. data analysis showed that the use of multimedia kit question word and example of productive question were still not able to improve their ability. Results showed that an increasing in the average number of productive question had proven as not increasing significantly. An improvement of strategy by applying inquiry approach in science-based teaching is recommende."
JUPENDI
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmayeti
"Science is the on of the main subjects in elementary schools. Studying science in elemetary schools focuses on the creature and universe."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11 : 2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPA di SD langkah pertama yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas guru dan calon guru IPA di SD, khususnya di lembaga pendidikan guru, salah satunya adalah di UT. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mendeskripsikan model implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan konsep dasar IPA pada mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Kedua untuk mendeskripsikan efektifitas implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan konsep dasar IPA dalam meningkatkan penguasaan konsep dasar IPA dan kemampuan membuat perencanaan pembelajaran pada mahasiswa S-1 PGSD pokjar Kabupaten Tuban. Ketiga untuk mendeskripsikan besar pengaruh implementasi pembelajaran integratif dalam kegiatan tutorial matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD dengan konsep dasar IPA terhadap prestasi belajar matakuliah Materi dan Pembelajaran IPA SD pada mahasiswa S-1 PGSD Pokjar Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang berupa: Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT), Satuan acara Tutorial (SAT), Rancangan Evaluasi (RE), dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Pengembangan perangkat mengacu pada four D model yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel (1974:6). perangkat pembelajaran membuat RPP dan hasil belajar mahasiswa. "
JPUT 15:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.Departemen Pendidikan Nasional 2002,
500 Ind i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Ahmad Zaky El Islami
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 24 Kabupaten Tangerang pada bulan Januari-Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, subyek dalam penelitian ini terdiri dari 77 siswa, dibagi menjadi 2 kelompok: yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kepercayaan diri dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kepercayaan diri siswa untuk kelompok eksperimen (rata-rata = 54,49 dan simpangan baku = 18,67) lebih rendah daripada kelompok kontrol (rata-rata = 57,63 dan simpangan baku sebesar 14,37). Setelah dilakukan uji Mann-Whitney (pada taraf signifikansi 95%) diperoleh nilai α sebesar 0,293 > 0,05. Maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kepercayan diri siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. "
Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
370 EDU 7:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The purpose of this research are: 1) to get the picture of student,s creativity in science activity by implementing contextual approach to kindergartens; 2) to get the picture of student's creativity in science activity by implementing conventional approach to kindergarten's know the different of kindergarten's student's; 3) to know the different of kindergarten's student's creativity between the students taught by implementing contextual approach and the other ones taught by implementing conventional approach in science activity. Data are analyzed with the descriptive and inferential statistics; The result of this research shows that 1) In the science activity, creativity, the creativity of kindergartens' students; taught by implementing contextual approach having a higher average point to the ones taught by implementing the conventional approach; 2) In contextual approach teaching , the number of students having higher point than the average point are higher to the ones having lower point than the average point. The same result is obtained in conventional approach teaching as well; 3) The number of students having higher point than the average point in contextual approach teaching are higher to the ones in conventional approach teaching."
JUPEKEB
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>