Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10776 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arzal
"This article analyzes some important aspeccts in designing essay writing syllabus as one of the most commanly used from of academic writing at tertiary level of education. Since this article deals with the design of essay writing syllabus for Indonesia undergraduate students of English, the major issues involved are from cultural, structural and linguistic perspective. The analysis of this study designed endeavours to addres to the se problems and attempts to make an improvemnet from the existing writing subject for similar purposes. Therefore, this article proposes the brief proposes the brief outlines of some issues relevant to the design of essay writing syllabus including the approach, process, materials and evalution."
Palembang: Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang, 2007
370 FORKE 27:1 (2007)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gallo, Joseph D.
London : HBJ, 1991
411 GAL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Srinivasan, S.
Singapore: S.S. Mubarok and Brothers , 1992
428.6 SRI e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
New York: Thomas Y. Crowell, 1958
808.4 ART
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wang, Meng
Shenyang: Liaoning Renmin Chubanshe, 2002
SIN 895.140 8 WAN wa
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wang, Meng
Shengyang: Liaoning Renmin Chubanshe , 2002
SIN 895.140 9 WAN z
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Chellin
"Electronic learning (e-learning) merupakan cara pengajaran baru dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu contoh e-learning yaitu penggunaan internet sebagai sarana pengujian kemampuan pelajar dan mahasiswa berupa ujian dengan metode pilihan ganda dan esai. Agar ujian esai dinilai secara otomatis, di Indonesia, sedang dikembangkan sistem penilaian esai otomatis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan sistem LSA (Latent Semantic Analysis). Pada tulisan ini akan dipaparkan mengenai salah satu fitur sistem penilaian esai otomatis yaitu dalam pendeteksian kata frase pada kalimat yang terdapat pada esai. Terdapat empat jenis frase yang akan diidentifikasi. Keempat jenis frase yang dapat diidentifikasi yaitu frase direktif, frase nondirektif, frase ajektival, dan frase nominal. Selain itu, akan menunjukkan perbedaan nilai dan waktu dari esai tanpa pengidentifikasian frase dan dengan pengidentifikasian frase. Keakurasian pendeteksian frase dalam pengujian sebesar 90 %.

Electronic learning (e-learning) is a new teaching method in educational that using IT. One of the e-learning models is using internet as student capability’s research tool that is exam with multiple choice and essay choices. For automatic grading purpose, in Indonesia, is developing automatic essay grader system using LSA (Latent Semantic Analysis) system. This paper will explain about one of automatic essay grader system features which is phrase detection in a sentences on essay. There are four kinds of phrase, they are directive phrase, nondirective phrase, adjective phrase, and nominal phrase.Other than that, this paper will show the score and time differences from essay with phrase identification or without phrase identification. The accuration of this phrase identification on testing is about 90%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56802
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helmi Arrazy
"SIMPLE-O atau Sistem Penilaian Esai Otomatis merupakan sebuah proyek yang dikembangkan oleh Departemen Teknik Elektro, Universitas Indonesia sejak tahun 2007. Penelitian ini membahas penerapan algoritma winnowing dan algoritma ASCII-Based Hashing pada pengembangan SIMPLE-O untuk ujian bahasa Jepang. Sistem dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Beberapa penelitian sebelumnya pernah menggunakan algoritma winnowing untuk mengembangkan SIMPLE-O. Namun yang membedakannya pada penelitian ini adanya penggantian algoritma hashing yang biasa digunakan, yaitu dari Rolling Hash menjadi algoritma ASCII-Based Hashing. Algoritma hashing tersebut termasuk kedalam algoritma LSH (Locality-sensitive hashing). Proses penilaian membutuhkan dua data input, yaitu jawaban mahasiswa (peserta ujian) dan kunci jawaban dosen. Kedua data input yang masih dalam bahasa Jepang akan diromanisasi menjadi teks romaji (huruf latin), setelah itu akan diproses oleh algoritma winnowing dan algoritma hashing untuk menghasilkan fingerprint. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mencoba mendapatkan akurasi sistem yang paling tinggi. Dari hasil penelitian, didapatkan rata-rata akurasi nilai total sistem sebesar 87.10% jika parameter winnowing untuk setiap data input diseragamkan (n = 2 dan w = 2). Akurasi tersebut mengalami peningkatkan sebesar 0.24% dari hasil penelitian sebelumnya yang bernilai 86.86%. Namun jika parameter winnowing disesuaikan menggunakan nilai kombinasi yang paling terbaik, maka rata-rata akurasi nilai total sistem yang didapatkan adalah 92.74%. Akurasi tersebebut mengalami peningkatan sebesar 1.82% dari hasil penelitian sebelumnya yang bernilai 90.92%. Untuk akurasi total per mahasiswa dapat mencapai 99.95%, dan akurasi pernomor untuk tiap sampel mahasiswa berkisar dari 69.55% hingga 100%.

SIMPLE-O or Automated Essay Grading System is a project developed by the Department of Electrical Engineering, University of Indonesia since 2007. This research discusses the implementation of the winnowing algorithm and the ASCII-Based Hashing algorithm in the development of SIMPLE-O for the Japanese language exam. The system was developed using the Python programming language. Several previous research have used the winnowing algorithm to develop SIMPLE-O. But what distinguishes it in this research is the replacement of the hashing algorithm that is commonly used, namely from Rolling Hash to ASCII-Based Hashing algorithm. ASCII-Based Hashing is one of the LSH (Locality-sensitive hashing) algorithm. The grading process requires two input data, namely the examinee's answers and lecturers' answer keys. The two-input data that are still in Japanese will be romanized into romaji text (Latin letters), after that it will be processed by the winnowing algorithm and hashing algorithm to generate fingerprints. The purpose of this research is to try to get the highest system accuracy. From the research results. The average accuracy of the total system value is 87.10% if the winnowing parameters for each input data are equated (n = 2 and w = 2). The accuracy increased by 0.24% from the results of previous research which were worth 86.86%. However, if the winnowing parameter is adjusted using the best combination value, then the average accuracy of the total system value obtained is 92.74%. The accuracy has increased by 1.82% from the results of previous research which were worth 90.92%. The total accuracy of each student can reach 99.95%, and the accuracy of each number for each student sample ranges from 69.55% to 100%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Rosma Pramodhawardhani
"ABSTRAK
Pembelajaran kolaboratif merupakan suatu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pengajaran menulis. Pembelajaran ini terjadi ketika pembelajar bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran bersama Barkley, Cross, Major, 2005 . Dengan menerapkan pembelajaran kolaboratif dalam kegiatan menulis, setiap anggota dapat saling berdiskusi dan bertukar wawasan. Oleh karena itu, pembelajaran kolaboratif ini bermanfaat dalam penguasaan konten, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah, dan meningkatkan kemampuan intrapersonal Johnson Johnson, 1999 . Namun demikian, tidak semua mahasiswa senang jika kegiatan menulis yang biasanya dilakukan secara individual, dikerjakan secara berkelompok. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran kolaboratif pada performa menulis esai dan melihat korelasi antara performa menulis esai dan sikap belajar mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel dari penelitian ini ialah mahasiswa tingkat satu fakultas X yang berjumlah 48 mahasiswa, yaitu 23 mahasiswa kelas kontrol dan 25 mahasiswa kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kolaboratif efektif dalam meningkatkan performa menulis mahasiswa terutama pada bagian thesis statement dan essay development. Terlebih lagi, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada korelasi antara sikap pemelajar terhadap metode kolaboratif dan performa menulis. Pemelajar dapat memperoleh manfaat dari metode ini secara optimal.

ABSTRACT
Collaborative learning is an approach that can be applied in teaching writing. This approach occurs when learners work together to achieve shared learning goals Barkley, Cross, Major, 2005 . In this case, each member of the group can discuss and exchange knowledge. Hence, collaborative learning is beneficial for learners in content mastery, development of critical thinking, problem solving skills, and improved interpersonal skills Johnson Johnson, 1999 . Nevertheless, not all learners are interested in working in groups especially in a writing course whose tasks are usually done individually. Therefore, this study aimed to measure the effectiveness of collaborative learning toward learner rsquo s writing performance and find out the correlation between learner rsquo s writing performance and their attitude toward the approach. This research is a quantitative and qualitative reasearch. The samples of the study are 48 freshmen of faculty X and they are divided into two groups. Twenty three learners were in the control class and twenty five learners were in the experimental class. The results show that collaborative learning can improve learners 39 writing performance especially in writing the thesis statement and essay development quality. Moreover, the results also found that there was a significant correlation between the learners rsquo attitude towards collaborative methods and their writing performance. "
2017
T48171
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>