Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 123453 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Universitas Terbuka (UT) was implementing the centralized distribution of learning material, it is not considered effisient. Therefore, the decentralized distribution system which required warehouses at certain regional offices will be proposed. The aims of this research are (1) investigating the decentralized learning material distribution model, (2) choosing the optimal location of warehouses to minimize the cost of learning material distribution, (3) choosing the rgional offices which will be served optimally by each warehouse, (4) comparing efficiency of the centralized and decentralized learning material distribution system. The distribution problem is modeled as a linear mixed integer programming problem. The model will be solved using Branch and Bound method. This study considers centralized learning material distribution system and two alternative of decentralized learning material distribution system, which are alternative 1 and alternative 2. It is found that in 2008 the cost of the alternative 2 is lower than the centralized learning distribution system. Besides, if the demand of learning material is increasing, the alternative 2 is still less costly than the other systems."
JUMASAT
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penggunaan bahan ajar berbasis online pada kegiatan tutorial online di Universitas Terbuka ternyata belum maksimal. Beberapa kendala yang terjadi adalah kurangnya teknologi informasi yang dimiliki oleh mahasiswa, mahalnya biaya akses, dan keterbatasaan waktu. Penelitian ini menganalisis pengaruh penerapan bahan ajar online yang terdapat pada tutorial online terhadap prestasi mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengambil mata kuliah Statistik Ekonomi 1 pada tahun akademik 2013.1 dan 2013.2 yang berjumlah 279 orang. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar online yang terdapat pada tutorial online memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi mahasiswa. Dengan demikian, intensitas penggunaan bahan ajar online harus lebih ditingkatkan."
370 JPUT 16:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jonathans, Brightly Avi
"Skripsi ini membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh unit Pusat Pelayanan Bahan Ajar di Universitas Terbuka untuk peningkatan kualitas pelayanan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa unit Pusat Pelayanan Bahan Ajar perlu menjaga kualitas pelayanan yang sudah dicapai terhadap para pelanggannya dengan upaya-upaya dan controlling yang sudah ada sekarang, sehingga peningkatan kualitas itu ditingkatkan secara terus menerus (continous quality improvement) dalam memenuhi kepuasan pelanggan yang diinginkan.

This Skripsi study concerning efforts done by unit Materials Learning Service Center in Open University for the improvement of service quality. This research is the qualitative research with descriptive design. The researcher result suggest that unit Material Learning Service Center is need to pay attention of the quality of service which have already reached to all their customers with the efforts and controlling too, so that improvement was improved continually (continous quality improvement) in fulfilling satisfaction of customers needs."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maman Rumanta
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan prototipe modul pada bahan ajar mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup, Universitas Terbuka. Penelitian ini menggunakan teknik evaluasi formatif, dengan mengembangkan satu prototipe modul bahan ajar berupa modul 2 tentang Manusia, Energi, dan Sumber Daya Alam, sebagai model dalam penulisan modul lainnya. Prototipe modul bahan ajar tersebut diuji coba dan direvisi secara bertahap, mulai dari evaluasi satu-satu dilanjutkan dengan evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi satu-satu, ditemukan adanya beberapa kekurangan, seperti gambar yang kurang jelas dengan keterangan masih menggunakan bahasa asing, tes formatif yang tidak sesuai dengan materi, serta beberapa istilah yang belum dijelaskan. Hasil evaluasi kelompok kecil menunjukkan materi pada prototipe modul bahan ajar tersebut terlalu banyak, kualitas gambar kurang memadai, dan ada beberapa materi yang perlu diperbaiki. Sedangkan hasil uji lapangan menunjukkan bahwa prototipe modul tersebut sudah cukup baik dan dapat dimengerti responden, namun masih ada saran penggunaan istil ah yang belum jel as. Disimpul kan bahwa setelah melakukan serangkaian evaluasi dan revisi diakhiri dengan uji lapangan, prototipe modul bahan ajar Pendidikan Lingkungan Hidup tersebut cukup baik untuk digunakan sebagai bahan ajar pendidikan jarak jauh, dengan beberapa catatan perbai kan khususnya penggunaan istilah.
"
Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Badan Penelitian dan Pengembangan, 2016
370 JPK 1:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Artikel ini menjelaskan kendala Toko Buku Online (TBO) Universitas Terbuka (UT) dalam melayani pembelian bahan ajar/modul. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Analsis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% mahasiswa Non Pendas di UPBJJ-UT Bandar Lampung tidak menggunakan layanan Toko Buku Online secara maksimal. Hanya 32% yang benar-benar meanfaatkan serta menikmati pelayanan yang memuaskan. Selebihnya hanya memanfaatkan sebagian dari layanan yang ada. Selain itu, masih banyak mahasiswa yang belum tahu cara memesan modul secara online, proses pemesanan tidak selalu lancar, sering terjadi kesulitan pada tahap pemesanan, dan tidak semua daerah tempat tinggal mahasiswa tersedia layanan internet serta tidak semua tempat dapat dijangkau dengan mudah oleh pos ataupun bank. Padahal untuk memperoleh modul mahasiswa hanya mempunyai satu jalur yaitu melalui Toko Buku Online yang harus diakses melalui internet. Toko Buku Online sebagai suatu layanan bagi mahasiswa untuk memperoleh modul masih dirasa menyulitkan bagi mahasiswa non pendas."
JPUT 13:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
M. Pandu Ristyono
"Universitas Terbuka selanjutnya disebut UT adalah sebuah perguruan tinggi yang menyelenggarakan sistem pendidikannya melalui sistem terbuka dan jarak jauh (PTJJ). Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka melainkan menggunakan media baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio, video, internet, siaran radio dan televisi. Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, frekuensi mengikuti ujian dan sebagainya. Btasan yang ada hanya setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMU atau sederajat)."
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2011
020 VIS 13:2 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Herwati Dwi Utami
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik literatur dan usia paro
hidup bahan ajar program studi Administrasi Negara FISIP UT, serta bagaimana
ketersediannya di perpustakaan UT.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini
adalah bahan ajar UT yang digunakan oleh Program Studi Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari tahun 2006 sampai 2011 berjumlah 40
bahan ajar dengan jumlah sitiran 2297 sitiran. Metode pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (a) mayoritas literatur yang disitir untuk
penulisan bahan ajar 88,1 % (1.896 sitiran) menggunakan buku, jurnal 41 sitiran
(1.9%), majalah 9 sitiran (0.4%), sumber dari internet 22 sitiran (1%),
tesis/disertasi/skripsi 7 sitiran (0,3%), sumber lain-lain 176 sitiran (8.2%), (b)
frekuensi penggunaan literatur berbahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan
dengan bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Dari 2297 sitiran, 1349 sitiran (
58,7%) berbahasa Indonesia , 942 sitiran (41%) berbahasa Inggris dan 6 sitiran
(0.3%) berbahasa lainnya, (c) tahun terbit literatur yang disitir sebagai acuan
untuk penulisan bahan ajar UT, tertua tahun 1900 dan termuda tahun 2009, (d)
pada penghitungan paro hidup (half life) untuk program studi Administrasi Negara
diperoleh angka 14 tahun, artinya bahwa separo dari literatur bahan ajar untuk
program studi Administrasi Negara yang disitir berusia 14 tahun atau lebih muda
dan 50 % sisanya berusia lebih dari 14 tahun. Literatur bahan ajar program studi
Administrasi Negara yang paro hidupnya melebihi 14 tahun dianggap telah usang,
(e) dari total 2007 sitiran dalam bentuk buku yang digunakan penulis bahan ajar,
yang tersedia di perpustakaan UT sebanyak 507 sitiran atau 25% .

ABSTRACT
The object of this theses is to disclose the literature characteristics and the half
life time of the learning material in the Public Administration Study Programme
of Political and Social Science Faculty, Open University (FISIP UT), and the
avalaibility level in the UT Library.
The research is a descriptive research. The samples in this research are the
learning materials of the Public Administration Study Programme of FISIP UT
between 2006 and 2001 year, totally there are 40 learning material with 2,297
citation. The data collection was done by the documentation method.
The results concluded : (a) the greatest part of the literatures that were quoted for
the teaching substance (88.1% or 1,896 citations) used books and journals 41
citations (1.9%), 9 citation of magazines (0.4%), 7 citation of sources from
internet (1%), 7 citation from theses and dissertations (0.3%) and 176 citations
from other sources (8.2%). (b) the usage of literatures in Bahasa Indonesia are
more frequent than the English or other languages. In 2,297 citations, 149
citations are in Bahasa Indonesia (58.7%), 942 citations in English (41%) and 6
citations are in other languages (0.3%). (c) In matter of publication year of the
literatures which are citated as the references for the teaching substances, the
oldest is 1900 and the most recent is 2009. (d) In counting the half life for the
Public Administration, it resulted 14 years. It means that half life of the teaching
substance for the Public Administration citated are 14 years or earlier, and the
rest 50% of them are 14 years or more age. The literatures that have more than 14
years old are considered as obsolete. (e) between the total 2,007 citations in the
book form that are used by the teaching substance authors, 507 citations (or 25%)
of them are available in the UT Library."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
T34950
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan masih rendahnya mutu pendidikan dalam skala nasional, yang salah satunya diakibatkan lemahnya kemampuan guru dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalnya. Tuntutan terhadap profesionalitas guru di masa mendatang akan semakin berat sekaitan dengan pesatnya perkembangan masyarakat, IPTEKS, serta adanya persaingan global. Untuk menjamin adanya peningkatan kualitas pendidikan di masa mendatang, diperlukan upaya-upaya dalam mengoptimalkan proses pembinaan dan pengembangan profesi guru sekolah dasar melalui pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan dan komprehensif dengan akses yang lebih luas. Permasalahan pokok yang dijadikan fokus kajian dalam penelitian ini adalah "model dan bahan ajar Diklat yang bagaimana yang diasumsikan dapat meningkatkan kompetensi guru dengan akses yang lebih luas, berkualitas, dan guru tidak meninggalkan tugas utamanya?" Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan model Diklat guru sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran jarak jauh berbasis bahan ajar modular. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dan khusus pada penelitian lanjutan tahun 2014 ini dilakukan validasi model oleh pakar dari PPPPTK dan sasaran diklat (guru SD) di Kota Bandung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penilaian widyaiswara terhadap Model Diklat untuk meningkatkan penguasaan kompetensi guru dengan menggunakan pendekatan pembelajaran jarak jauh berbasis bahan ajar modular adalah tepat. Artinya Model Diklat yang telah dikembangkan oleh tim peneliti sudah tepat dilihat dari aspek ketepatan rumusan komponen model, substansi isi model, keterbacaan, dan kebahasaan. Demikian pula penilaian guru terhadap Model Modul atau Bahan Ajara Diklat untuk meningkatkan penguasaan kompetensi guru dengan menggunakan pendekatan pembelajaran jarak jauh berbasis bahan ajar modular adalah sangat baik. Guru memberikan penilaian dengan kategori sangat baik dilihat dari berbagai komponen bahan ajar, yang meliputi: cover dan kelengkapan lain, tinjauan mata diklat, pendahuluan, uraian materi, contoh dan ilustrasi, latihan, rangkuman, tes formatif, kunci jawaban tes formatif, daftar pustaka, dan kecukupan fisik bahan ajar, kecuali komponen glosarium karena komponen ini belum dilampirkan pada model bahan ajar yang direviu."
JURPEND 15:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008
415 PEN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>