Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151298 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratna Asmarani
"ABSTRAK
Disertasi ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa dalam tiga novel Toni Morrison, kebebasan eksistensial tokoh perempuan kulit hitam harus berhadapan dengan lecut balik eksternal dan internal. Disertasi ini mengkombinasikan filsafat eksistensial dan teori feminisme kulit hitam untuk membentuk dua konsep operasional. Konsep yang pertama adalah ?Lecut Balik Eksistensial Perempuan Kulit Hitam? yang digunakan untuk mengkritisi beroperasinya ideologi lecut balik eksistensial yang menghalangi kebebasan eksistensial tokoh perempuan kulit hitam. Konsep yang kedua adalah ?Eksistensialisme Perempuan Kulit Hitam? yang digunakan untuk mengkritisi resistensi tokoh perempuan kulit hitam terhadap lecut balik eksistensial yang mereka alami. Analisis menunjukkan bahwa tokoh utama perempuan kulit hitam yang sangat fokus pada kebebasan eksistensial yang bersifat individual mengalami penderitaan yang hebat akibat ideologi lecut balik eksistensial yang kuat yang beroperasi pada modus keberadaan fisik, kesadaran, dan sosial. Di sisi lain, tokoh perempuan kulit hitam pendamping yang mencoba untuk inklusif, sampai taraf tertentu, mampu mengelakkan ideologi lecut balik yang kuat sehingga mereka mampu bertahan dan berterima dalam komunitas kulit hitam.

ABSTRACT
The dissertation aims to show that in Toni Morrison?s three novels, the existential freedom of the black woman characters must face external and internal existential backlashes. The dissertation combines existential philosophy and black feminist theory to construct two operational concepts. The first concept is ?The Black Woman Existential Backlash? which is used to criticize the operation of the existential backlash ideology that hampers the existential freedom of the black woman characters. The second one is?The Black Woman Existentialism? which is used to criticize the resistance of the black woman characters towards the existential backlashes they experience. The analysis shows that the black woman main characters who strongly focus on individual existential freedom suffer terribly from the harsh existential backlash ideology which operates on their physical, consciousness, and social modes of existence. On the other hand, the black woman supporting characters who try to be inclusive are, to a certain extent, able to circumvent the harsh existential backlash ideology resulting in their survival and acceptance in the black community."
Depok: 2010
D00906
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Adityaningsih Utami
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pembentukan identitas beberapa tokoh dalam novel The
Bluest Eye karya Toni Morrison. Tokoh-tokoh tersebut adalah Pecola Breedlove,
Pauline, Cholly Breedlove, dan Three Whores (China, Poland, dan Miss Marie).
Keempat tokoh tersebut memiliki permasalahan masing-masing dalam memahami
dan membentuk identitas. Identitas kolektif yang mereka miliki, pengakuan dari
masyarakat, serta kemampuan mereka menentukan dan mempertahankan identitas
diri mempengaruhi proses pemahaman dan pembentukan identitas yang mereka
jalani. Hal ini memiliki persamaan dengan tiga poin yang terkandung dalam
konsep identitas Kwame Anthony Appiah. Penelitian ini menggunakan analisis
karakterisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemahaman dan
pembentukan identitas pada seseorang maupun kelompok tidak hanya dipengaruhi
oleh lingkungan sekitar tetapi juga melewati tiga poin atau tahapan dalam konsep
identitas Appiah

ABSTRACT
The focus of this research is to analyze on the formatting of identity of several
characters in The Bluest Eye by Toni Morrison. The characters analyzed Pecola
Breedlove, Pauline, Cholly Breedlove, and The Three Whores (China, Poland,
dan Miss Marie). These four characters have their difficulties in understanding
and forming of their own identities. The process of understanding and forming of
identity is influenced by the existence of collective identities, recognition from
community and society, along with their capability to decide and protect their
identities. These related to three points about identity that consist in the concept of
identity of Kwame Anthony Appiah. This research uses analysis of
characterization as the basic method. The result of this research proves that the
process of understanding and forming of identity is not only influenced by the
environment but also has to go through three points or phases in Appiah?s concept
of identity.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42567
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Diantri Seprina Putri
"Kapitalisme, terutama melalui media massa, telah membawa pengaruh besar bagi perubahan konstruksi citra blackness dalam pandangan masyarakat modern. Citra baru blackness sebagai sesuatu yang menawan dan eksotis direpresentasikan melalui penggunaan slogan Black is beautiful dalam pemasaran berbagai produk kapitalis. Namun di balik pesan positifnya, penggunaan slogan Black is beautiful dalam sistem kapitalisme secara implisit ikut membawa isu interseksionalitas yang direpresentasikan melalui proses komodifikasi terhadap tubuh perempuan berkulit hitam. Penelitian ini berfokus pada pembahasan analisis mengenai isu komodifikasi perempuan kulit hitam yang dialami oleh tokoh utama, Bride, dalam novel God Help The Child (2015) karya Toni Morrison. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membongkar kaitan antara komodifikasi perempuan kulit hitam dengan upaya objektifikasi terhadap ras dan gender dalam sistem white supremacist capitalist patriarchy. Data yang dikumpulkan dari teks dianalisis menggunakan konsep critical race theory dari Bell Hooks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara implisit, konsep dasar rasisme kembali dijalankan sebagai pondasi dari sistem kapitalisme. Konstruksi citra baru blackness menyiratkan bahwa standar kecantikan masyarakat kulit putih kembali diaplikasikan pada tubuh orang kulit hitam, terutama pada tubuh perempuan. Perbedaaan antara rasisme dan kapitalisme hanya terletak pada metode dan cara kerjanya. Lebih jauh, teks mengkritik sistem kapitalisme dengan menampilkan beberapa alternatif anti-kapitalisme sebagai upaya untuk mencegah dampak negatif dari sistem tersebut.

Capitalism, especially through the mass media, has a great impact in the construction of blackness in modern society.While previously undesired, blackness in the contemporary society is presented as exotic and enthralling. Black is beautiful is the new slogan in representing blackness. In spite of the positive message, however, underneath this marketing jargon is the commodification of black womans body. This article analyzes the commodification of the black woman through the narrative and characterization of the main character, Bride, in Toni Morrisons novel, God Help the Child. The purpose of the research is to unpack the intersection between the commodification of black women and race and gender construction within the white supremacist, capitalistic patriarchy. The representation of blackness in society affects the commodification methods imposed by capitalism on black women. Textual analysis is based on Bell Hooks critical race theory. The findings show that implicitly, racism is readopted in the contemporary capitalism. The new construction of blackness suggests the orientalist gaze of the White as a standard. Furthermore, this commodification is gendered, as it capitalizes especially on black women’s bodies. The difference between racism and capitalism can be seen from their ways to maintain whites standardization in society. Furthermore, the novel shows its critic towards capitalism by showing some anti-capitalism alternatives in the text."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T53755
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasnini Hasra
"Karya sastra feminis selalu mengangkat permasalahan kaum wanita dalam konteks budaya patriarki. Pada umumnya digambarkan hubungan antara kaum wanita dan laki-laki dalam masyarakat sangat tidak setara, karena posisi kaum wanita lebih termarjinalkan. Ketimpangan jender ini serinimenimbulkan konflik yang tidak bisa tidak harus disikapi dengan memandang posisi kedua belah pihak.
Permasalahan itu pula yang diangkat dalam kedua novel Tony Morrison berjudul Sala dan Tar Baby, yang memfokuskan pada masalah ketimpangan jender di kalangan masyarakat kulit hitam. Pengarang menggambarkan bahwa posisi laki-laki dan perempuan dalam konteks masyarakat kulit hitam yang patriarki memiliki hubungan yang tidak setara, dan salah satu penyebabnya adalah konstruksi sosial masyarakat yang turut meligitimasi nilai-nilai dan budaya patriarki tersebut.
Penulis juga menggambarkan bagaimana tokoh wanita menyikapi ketimpangan tersebut melalui dua aspek yang berbeda, yakni penerimaan dan penolakan. Pada akhirnya terlihat bahwa kedua sikap tersebut menimbulkan implikasi yang juga berbeda terhadap para tokoh wanita di kedua novel, sehingga posisi yang termarjinalkan dan permasalahan akibat ketimpangan jender tersebut bisa diperbaiki.
Secara keseluruhan, penulis menyiratkan beberapa aspek yang harus dilakukan kaum wanita agar bisa mengatasi permasalahan tersebut dan tidak terlalu terinternaiisasi oleh konsep-konsep patriarki, diantaranya melalui faktor pendidikan, dan upaya peningkatan kemampuan dan wawasan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10860
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Morrison, Tony
New York: Plume Book , 1988
813.54 MOR b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sumbayak, Desri Maria
"ABSTRAK
Novel Song of Solomon karya Toni Morrison dan novel Mama Day karya Gloria Naylor merupakan dua karya besar penulis wanita kulit hitam. Dengan menggunakan unsur mitos dan aspek supranatural dalam menggerakkan alur cerita, Morrison dan Naylor mengangkat satu tema pencarian "dunia baru" melalui masing-masing tokoh utamanya. "Duna baru" yang merupakan sebuah idealisme dan obsesi orang kulit hitam untuk menemukan identitas rasnya disampaikan dengan sangat rill oleh Morrison dan Naylor. "Dunia baru" tersebut dikonstruksikan sebagai sebuah kota Shalimar dan pulau Willow Springs dengan ciri-ciri budaya lama orang kulit hitam sebagai pembentuknya.
Persoalan pencarian "dunia baru" yang berkaitan erat dengan konstruksi ras ditelaah dengan menggunakan satu pendekatan sosio-historis yang akan memaparkan persoalan dibalik pencarian "dunia baru". Song of Solomon dan Mama Day mengungkapkan bahwa permasalahan orang kulit hitam muncul tidak hanya ketika mereka berinteraksi dengan orang kulit putih sebagai pembeda, namun permasalah rumit yang muncul kemudian adalah ketika orang kulit hitam berinteraksi dengan sesama orang kulit hitam sendiri. Pada saat yang sama, Song of Solomon dan Mama Day mengungkap konflik internal ras kulit hitam sebagai manifestasi dari kaburnya identitas ras kulit hitam.
"Dunia baru" yang diposisikan di Selatan tersebut memapahkan konsep Utara yang selama ini disebut sebagai Promised Land. Idealisme ini akhirnya menyodorkan sebuah konstruksi sejarah baru orang kulit hitam, yang mengungkapkan kemampuan orang kulit hitam untuk bebas dari perbudakan. Konstruksi sejarah baru ini sebagai satu usaha untuk menepis sejarah orang kulit hitam yang selama ini dibentuk melalui kacamata orang kulit hitam yang selalu dihubungkan dengan perbudakan dan ketidakberdayaan orang kulit hitam.
"Duna baru" hanya merupakan sebuah alat untuk sementara lari dari konflik dilematis orang kulit hitam. Pencarian "dunia baru" tidak menjawab permasalahan orang kulit hitam untuk menemukan identitas rasnya. Morrison dan Naylor memaparkan posisi orang kulit hitam yang masih tetap tinggal dalam konflik dilematis yang sangat kuat dengan menunjukkan kegagalan kedua tokoh bertahan di "dunia baru" yang mereka cari.

ABSTRACT
Both Song of Solomon and Mama Day are masterpieces written by two black women writers, Toni Morrison and Gloria Naylor. They use mythical and supernatural aspects to develop the plot and present an issue of quest for a "new world" through respective character. "New world" as the Blacks' idealism and obsession is presented as a real fact. The "new world" is constructed as Shalimar town and Willow Springs Island. Both are characterized by the old culture of the Blacks.
The quest for the "new world" relating to the race categorization is analyzed by using the social-historical approach. The approach is employed to find out the problems behind the quest. Morrison and Naylor express that the Blacks' problems arise not only because of the interaction between the Whites, but also because of the interaction among the Blacks themselves which brings about more complicated problems. At the same time Song of Solomon and Mama Day present internal conflicts of the Blacks as the manifestation of their unclear identity.
"New world" positioned in South of America and rejects the existing concept of the North as the Promised Land. The idealism depicts a new history of the Black. It shows the ability of the Blacks to get freed from slavery. The construction functions as an effort to repute the Blacks' history which has been formed through the Whites' perspective before. It always relates to the Blacks' disability and slavery.
The "new world" is one of the means through which the Blacks can escape from their dilemmatic problem. The quest for "new world" can't answer the question of authentic identity. This thesis also concludes the writer's tone, which expresses dilemmatic conflicts of Blacks through the failure of the main character, to survive the "new world"."
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trinia Murizka
"ABSTRAK
Black female empowerment merupakan sebuah bentuk pergerakan yang bersinggungan dengan permasalahan ras dan identitas gender. Beyonc mdash;artis perempuan kulit hitam yang dikenal merangkul identitas rasnya mdash;memproduksi lagu ldquo;Forward rdquo; dan ldquo;Freedom rdquo;. Dua lagu bermuatan politis dalam albumnya, Lemonade, dirilis pada tahun 2016. ldquo;Forward rdquo; berfokus pada kasus kebrutalan polisi terhadap warga negara berkulit hitam yang marak terjadi sejak tahun 2014, sedangkan ldquo;Freedom rdquo; berfokus pada pemberdayaan perempuan kulit hitam untuk bergerak melawan penindasan terhadap mereka. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap motif Black female empowerment dengan menganalisis lirik dan video musik untuk menemukan mitos di balik gerakan tersebut dengan menggunakan teori semiotik Roland Barthes. Temuan-temuan dalam analisis lagu ldquo;Forward rdquo; menunjukkan bagaimana orang kulit hitam, terutama perempuan kulit hitam, dianggap tidak berdaya. Diskusi antara semua orang dari berbagai ras untuk menemukan solusi untuk menghentikan diskriminasi ras sangat dibutuhkan. Adapun temuan-temuan dalam analisis lagu ldquo;Freedom rdquo; menunjukkan bahwa kesempatan bagi perempuan kulit hitam untuk maju berbicara merupakan hal yang dapat diperoleh sekarang, dan mereka akan didukung oleh sesama perempuan kulit hitam.

ABSTRACT
The Black female empowerment is a form of movement that is intersecting both race and gender identities. Beyonc ndash;a Black female artist known for embracing her black identity ndash;produced ldquo;Forward rdquo; and ldquo;Freedom rdquo;, two politically-charged songs in her 2016 album, Lemonade. ldquo;Forward rdquo; focuses on the police brutality against Black people that have been increasing since 2014, whereas ldquo;Freedom rdquo; focuses on empowering Black women to fight back against the oppression against them. Using Roland Barthes rsquo; semiotic theory, this thesis analyses the Black female empowerment motifs by analyzing its lyrics and music videos in order to find the myth behind the movement. The findings in ldquo;Forward rdquo; show how Black people, especially Black women, are deemed ldquo;voiceless rdquo; and a discussion between all people to find solution to end the racial discrimination is urgently needed. While the findings in ldquo;Freedom rdquo; suggest that the opportunity for Black women to speak up is now obtainable, and they will be supported by their fellow Black women.
The Black female empowerment is a form of movement that is intersecting both race and gender identities. Beyonc ndash a Black female artist known for embracing her black identity ndash produced ldquo Forward rdquo and ldquo Freedom rdquo , two politically charged songs in her 2016 album, Lemonade. ldquo Forward rdquo focuses on the police brutality against Black people that have been increasing since 2014, whereas ldquo Freedom rdquo focuses on empowering Black women to fight back against the oppression against them. Using Roland Barthes rsquo semiotic theory, this thesis analyses the Black female empowerment motifs by analyzing its lyrics and music videos in order to find the myth behind the movement. The findings in ldquo Forward rdquo show how Black people, especially Black women, are deemed ldquo voiceless rdquo and a discussion between all people to find solution to end the racial discrimination is urgently needed. While the findings in ldquo Freedom rdquo suggest that the opportunity for Black women to speak up is now obtainable, and they will be supported by their fellow Black women. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roma Kyo Kae Saniro
"Tesis ini membahas subjektivitas perempuan dalam tiga novel Wattpad Indonesia, yaitu She is The Boss (2017), Invalidite (2017), dan Sin (2016) dengan menggunakan kerangka konseptual Simone de Beauvoir. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan struktural berupa analisis narator dan telaah karakteristik tokoh. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan narator eksternal membantu pengungkapan karakter tokoh perempuan yang ditampilkan seakan tampak berdaya untuk membentuk subjektivitas perempuan. Namun, relasi kuasa yang dipengaruhi oleh tokoh laki-laki dan peran gender tokoh perempuan serta laki-laki melahirkan ambiguitas subjektivitas perempuan. Dengan kata lain, subjektivitas perempuan tiga novel Wattpad Indonesia hanyalah sebuah kesemuan. Dapat dikatakan bahwa ketiga novel ini mendukung sistem patriarkal yang ada di masyrakat. Popularitas dan kisahan novel pun menjadikan novel ini disebut sebagai sastra populer yang bertujuan untuk menghibur dengan tema yang ringan berkaitan dengan hubungan cinta laki-laki dan perempuan yang mendapatkan masalah dan berhasil menyelesaikannya. Hal ini pun menunjukkan sastra populer di Indonesia masih menunjukkan kepatuhan terhadap patriarkal. Begitu pula total pembacaan yang banyak menunjukkan bahwa selera masyarakat terhadap novel seperti ini bermakna bahwa sistem patriarkal terus-menerus dilanggengkan.

This thesis discusses the subjectivity of women in three Wattpad Indonesia's novels, namely She is The Boss (2017), Invalidite (2017), and Sin (2016) using the conceptual framework of Simone de Beauvoir. The method used is a qualitative research method with a structural approach in the form of a narrator analysis and an analysis of character characteristics. The results revealed that the use of an external narrator helps reveal the character of the female character who is displayed as if it seems empowered to shape the subjectivity of women. However, the power relations influenced by male figures and the gender roles of female and male characters give birth to the ambiguity of female subjectivity. In other words, the female subjectivity of three Wattpad Indonesia's novels is just an art. It can be said that these three novels support the patriarchal system that exists in society. The popularity and narratives of novels also make this novel known as popular literature which aims to entertain with light themes related to the love relationship between men and women who get into problems and succeed in solving them. This also shows that popular literature in Indonesia still shows adherence to patriarchy. Likewise, the total number of readings shows that people's appetite for novels like this means that the patriarchal system is constantly being perpetuated."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Adlan Syah
"Skripsi ini membahas tentang cara bagaimana memilih wanita untuk dijadikan pasangan hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah kriteria Serat Nitimani yang bisa di representasikan dalam tiga lakon wayang karya Sekar Budaya Nusantara.

This script explain about how to chose woman as spouse. The method that being used is library research. The result of this research is criteria of Serat Nitimani, that can be represented in three puppets lakon created by Sekar Budaya Nusantara."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52526
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>