Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13216 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Puwono
Jakarta: Sagung Seto, 2009
028 PUW p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Djakarta: Gunung Agung, 1954
002 PEK (1);002 PEK (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kaelany H.D.
Jakarta: Midada Rahma Press, 2008
028 KAE j
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Trelease, Jim
"From the Publisher: For more than two decades, millions of parents and educators have turned to Jim Trelease's beloved classic to help countless children become avid readers through awakening their imaginations and improving their language skills. Now this new edition of The Read-Aloud Handbook imparts the benefits, rewards, and importance of reading aloud to children of a new generation. Supported by delightful anecdotes as well as the latest research, The Read- Aloud Handbook offers proven techniques and strategies-and the reasoning behind them-for helping children discover the pleasures of reading and setting them on the road to becoming lifelong readers."
Jakarta: Noura, 2017
372.452 TRE r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wulandari
"Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi buku anak di perpustakaan anak Rimba Baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan koleksi buku anak di dalam perpustakaan dan di luar perpustakaan, faktor yang mendorong pengguna dan manfaat dari pemanfaatan koleksi buku anak Rimba Baca. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan koleksi buku anak di Perpustakaan Anak Rimba Baca sudah cukup baik dilihat dari kegiatan peminjaman oleh pengguna yang meminjam lima buku per minggu untuk dibaca di rumah dan di dalam perpustakaan pengguna diberikan akses terbuka kesemua sumber dan media bagi anak. Faktor yang mendorong pengguna memanfaatkan koleksi buku anak adalah kebutuhan belajar anak, kelengkapan koleksi buku anak dan suasana perpustakaan yang nyaman. Koleksi tersebut dipakai dan bermanfaat bagi penggunanya, seperti memberikan pengguna referensi buku anak yang terbaru dan memberikan ide untuk kegiatan belajar bersama keluarga di rumah. Namun, Rimba Baca perlu meningkatkan judul dan jenis koleksi buku anak yang berbahasa Indonesia dan harus dapat mempertahankan kesan positif yang telah didapatnya selama ini.

This study discusses the use of childrens book collections by children and parents in the Rimba Baca childrens library. This research aims to identify the use of childrens book collections by children and parents both inside libraries and outside libraries, factors that encourage users and the impact of utilizing the Rimba Baca childrens book collection. This type of research is qualitative with a case study method. Data collection is done by observation and interviews. The results of this study are that the use of childrens book collections in the Rimba Baca Childrens Library is quite good in terms of lending activities by users who borrow five books per week to read at home and at in the library users are given open access to all sources and media for children. Factors that encourage users to use childrens book collections are childrens learning needs, the completeness of childrens book collections and a comfortable library atmosphere. The collection is used and useful for its users, such as giving users the latest childrens book references and providing ideas for learning activities with family at home. However, Rimba Baca needs to improve the title and type of collection of childrens books that speak Indonesian and must be able to maintain the positive impression that has been gained so far. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mirta Nuril Maghfiroh
"ABSTRAK
Kata Emosi Positif dalam Buku Cerita Anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5oleh, Mirta Nuril MaghfirohProgram studi Sastra Indonesia, 1406613290Makalah yang berjudul ldquo;Kata Emosi Positif dalam Buku Cerita Anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5 rdquo; mendeskripsikan kemunculan kosakata emosi asyik, gembira, senang, tenang, lega, dan puas yang masuk ke dalam medan makna senang dan kata emosi suka yang masuk ke dalam medan makna suka. Kata emosi positif yang masuk ke dalam medan makna senang dan suka merupakan kata emosi yang paling sederhana dan paling banyak frekuensi kemunculannya dalam buku cerita anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5.Penelitian pada makalah ini termasuk dalam penelitian bidang Semantik yang bertujuan untuk menjelaskan kolokasi makna kata emosi asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, dan suka. Data yang dihimpun merupakan kosakata emosi dari buku cerita anak Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash;5 yang dijadikan sebuah korpus dengan menggunakan software antconc. Kemudian, data tersebut dianalisis untuk menemukan kolokasi semantik kata emosi asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, dan suka.Kata kunci: cerita anak; kata emosi; kolokasi semantik; korpus.
ABSTRACT

Positive Emotions in Children 39 s Story Book Bermain Bersama Tini Series 1 mdash 5by, Mirta Nuril MaghfirohProgram studi Sastra Indonesia, 1406613290This paper entitled Positive Emotions in Children 39 s Story Book Bermain Bersama Tini Seri 1 mdash 5 describes the emergence of asyik, gembira, senang, tenang, lega, and puas as positive emotional words that goes into the field of meaning of senang and followed by suka that goes into the field of meaning of suka. This group of positive emotion words that conclude into the field of meaning of senang and suka are most frequently used in children 39 s story books Bermain Bersama Tini Series 1 mdash 5.This research is included as semantic field in linguistics studies specifically to explain the collocation of the meaning of emotion words asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, and suka. The data collected from children 39 s story book Bermain Bersama Tini Series 1 mdash 5 which is made into a corpus using antconc software. After that, the corpus were analyzed to find the semantic collocation of emotion words asyik, gembira, senang, tenang, lega, puas, and suka.Keywords children rsquo s literature corpus emotion words semantics collocation."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Sriwulandari Martam
"Bermula dari kenyataan bahwa sampai saat ini stereotipe gender masih dijadikan kerangka dalam membedakan laki-laki dan perempuan. Ingin dilihat apakah buku bacaan anak, sebagai salah satu agen sosialisasi masih mengandung stereotipe gender. Perkembangan stereotipe gender akan dibahas dengan acuan teori skema gender. Obyek penelitian ini adalah 30 buah buku bacaan yang disukai anak usfa pra sekolah dan 30 buah buku bacaan yang disukai anak usia sekolah di Jakarta. Menggunakan accidental sarhpling. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi, dengan alat ukur berupa matriks kategori isi. Analisis isi dilakukan oleh dua orang pengkode untuk menguji reliabilitas hasil.
Hasil yang didapat diolah dengan metode analisis koresponden dan uji signifikansi perbedaan proporsi dari dap kategori isi. Hasil penelidan menunjukkan bahwa buku-buku bacaan anak usia pra sekolah dan usia sekolah di Jakarta masih mcngandung stcreodpe gender, laki-laki digambarkan memiliki stereodpe maskulin dan perempuan memiliki stcreodpe feminin. Namun ada sebagian kecil buku bacaan anak usia pra sekolah dan usia sekolah yang ddak mcngandung stereodpe gender tertentu. Saran untuk penelidan selanjutnya agar dilakukan penelidan yang sama dengan menggunakan sampel yang random dengan jenis bacaan yang lebih bervariasi. Buku bacaan yang dijadikan sampel penelidan ternyata merupakan saduran dan terjemahan dari cerita-cerita luar negeri, disarankan untuk melakukan penelidan serupa terhadap cerita anak-anak yang berasal dari Indonesia."
Depok: Universitas Indonesia, 1994
S2931
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurullita Akmalia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukan
oleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggota
aktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari -
April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus
pembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan dengan
perkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih buku
bacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan buku
bacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan oleh
anak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukai
dan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan judul
dan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalami
hambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan oleh
ketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anak
Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalam
menemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukan
bahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antara
perilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihat
dari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi.

ABSTRACT
This research discusses the book selection process carried out by children as
young as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with the
frequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in Public
Library Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to the
case study method. In this study discusses the selection process associated with
the development of children's books, the factors that affect children in selecting
books, as well as discuss the barriers experienced by children in the book
selection process. The results of this study are in the book selection process
conducted by third informant reading a book of their choosing based on what they
like and they need. In addition, the findings in this study children tend to choose
books based on titles and images contained on the cover of the book. Only one
informant who experience barriers to reading the book selection process caused by
inaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in Public
Library Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficult
for children in need. The results of this study also showed that in the book
selection process looks a match between the behavior of the informant with the
development stage of children at the age of which can be seen from the
development of cognitive, language, social, and emotional."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Nurul Zahra
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan wujud penanda referensial yang terdapat pada wacana tulis yang dibuat oleh anak usia 9 mdash;11 tahun dalam buku kumpulan cerita pendek Ramuan Rahasia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima sampel data yang bertema misteri. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam buku cerita karya anak Ramuan Rahasia terdapat pemakaian referensi endoforis anaforis dan kataforis, baik berupa referensi persona, referensi demonstrativa, dan referensi perbandingan. Melalui penelitian ini, tergambar penggunaan penanda referensial pada lima karya anak usia 9 mdash;11 tahun.

ABSTRACT
This research is aimed to describe type and form of referential signs that can be found in the discourse which written by 9 ndash 11 years old in short stories collection book, called Ramuan Rahasia. The source of data in this research are 5 samples of data which themed mystery. The result concludes that in short stories collection book called Ramuan Rahasia, the use of anaphoric and cataphoric reference of endophore whether in a form of persona reference, demonstrative reference, and comparative reference are being used. From this research, it is visualized the referential sign are being used on 5 opuses of 9 ndash 11 years old kids."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf;
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fathima Dzata Shabrina
"Skripsi ini membahas keunggulan-keunggulan yang dimiliki tiga buku anak seri Robin karya Sjoerd Kuyper yang berhasil memenangkan penghargaan Gouden dan Zilveren Griffel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode yang digunakan untuk menganalisis keunggulan ketiga buku dari segi kualitas kesusastraan, dengan mengkaji penokohan, alur, latar, humor, tema dan amanat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan tiga buku seri Robin tersebut sehingga buku-buku tersebut layak memenangkan penghargaan Gouden dan Zilferen Griffel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga buku seri Robin tersebut memenuhi kriteria sebagai buku anak yang baik sehingga layak dianugrahi penghargaan Gouden dan Zilveren Griffel.

This Thesis examines the literary quality of Sjoerd Kuyper’s Gouden and Zilveren Griffel awards winning children’s book series Robin. The research method is a qualitative descriptive interpretive. In particular it consisted of a content analysis of three books of Robin series. To be able to find the specific characteristics that made the books of this series win the Gouden and Zilveren Griffel award, aspects such as characters, plot, setting. humor and message are being examined. The outcomes of this research show that the Robin book series complies with all the criteria for good children’s books, thus making it a valid winner of the Gouden and Zilveren Griffel awards."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53603
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>