Ditemukan 6853 dokumen yang sesuai dengan query
Jenkins, Glen L.
New York: McGraw-Hill, 1966
615.1 JEN c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
London: Routledge, 2001
615.4 PHA
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Nurma Yunita
"Pelayanan farmasi klinik merupakan pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien untuk mendukung penggunaan obat yang benar dan rasional, mengetahui tujuan akhir dari pengobatan, dan mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan pengobatan. Apotek non jaringan merupakah salah satu sarana yang digunakan untuk menyelenggarakan pelayanan farmasi klinik oleh apoteker, dimana apotek tidak berafiliasi dengan perusahaan dan memiliki kebijakan sendiri. Dalam beberapa bulan terakhir, pelayanan farmasi klinik di beberapa negara mengalami perubahan dalam praktiknya akibat adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan pelayanan farmasi klinik selama pandemi COVID-19 di apotek non jaringan Pulau Jawa dan Sumatera. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kualitatif dengan desain penelitian cross sectional. Teknik convenience sampling digunakan untuk mendapatkan 57 apotek. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner online yang diisi oleh apoteker penanggung jawab apotek. Hasil evaluasi dinyatakan dalam bentuk rata-rata skor (0 – 100) yang menunjukkan seberapa baik pelayanan farmasi klinik yang dilakukan oleh apotek non jaringan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan rata-rata pelaksanaan pelayanan sebelum dan selama pandemi dengan perolehan skor 68,05+18,00 menjadi 66,01+ 18,44. Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan bermakna pada pelayanan tersebut (p = 0,013). Hasil data kualitatif menggambarkan perubahan pada praktik pelayanan farmasi klinik yaitu adanya penerapan protokol kesehatan dan penggunaan telefarmasi.
Clinical pharmacy services provide direct care and responsible to patients to promote appropriate and rational medicine uses, to understand the treatment main goal, and to find out the medication error possibilities. Non-chain pharmacy is one of the facilities used to provide clinical pharmacy services by pharmacists, which is not affiliated with corporation and it has its own SOP. In recent months, clinical pharmacy services in several countries have experienced changes in practice due to the COVID-19 pandemic. This study aimed to analyse changes in clinical pharmacy services during the pandemic at non-chain pharmacies on Java and Sumatra Island. This quantitative-qualitative research had a cross-sectional design. Convenience sampling used to collect 57 pharmacies. Primary data was collected by using an online questionnaire that was filled out by the pharmacist. The evaluation results represented as an average score (0 – 100) which showed how well the clinical pharmacy services provided by non-chain pharmacies. The result showed a decrease in the implementation average of the services between before and during pandemic from 68,05+18,00 to 66,01+18,44. The statistical results showed a significant difference in the services (p = 0.013). The qualitative data also showed changes in practices, application of health protocols and use of telepharmacy."
Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
S70498
UI - Dokumentasi Universitas Indonesia Library
New York: McGraw-Hill, 1949
615.1 FUN
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Kabat, Hugh F.
"Buku yang berjudul "Clinical pharmacy handbook" ini ditulis oleh Hugh F. Kabat. Buku ini berisikan semua hal tentang farmasi, seperti komite farmasi dan terapi, obat-obatan, dan formulir profil pasien."
Philadelphia: Lea & Febiger, 1969
R 616.075 KAB c
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Gennaro, Alfonso R.
Easton: Mack Publishing, 1995
615.1 GEN r
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Ani Kurniawati
"
ABSTRAKPraktek kerja profesi di Apotek Hidup Baru Periode Bulan Oktober 2017 bertujuan untuk memahami tugas, dan tanggung jawab Apoteker dalam pengelolaan Apotek serta melakukan praktek pelayanan kefarmasian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika yang berlaku, memiliki wawasan pengetahuan keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan praktek kefarmasian di Apotek memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktek kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktek kefarmasian di Apotek. Praktek kerja profesi ini juga ditunjang dengan tugas khusus yaitu Pembuatan Leaflet dengan Tema Penyakit Mata Merah sebagai Media Edukasi di Apotek Hidup Baru. Tujuan dari tugas khusus ini adalah untuk memberikan pelayanan informasi kepada pengunjung Apotek melalui media edukasi berupa leaflet dengan tema penyakit mata merah serta mempermudah Apoteker dalam memberikan konseling atau edukasi kepada pasien menggunakan media edukasi
ABSTRACTInternship at Hidup Baru pharmacy month period October 2017 aims to understand the duties and responsibilities of pharmacists in pharmacy management, as well as to practice pharmaceutical services in accordance with applicable laws and ethics, have the insight knowledge skills and practical experience to undertake pharmaceutical practices in pharmacies, can also have the insight of pharmaceutical practice issues and learn strategies and activities that can be undertaken in the course of pharmaceutical practice development. In this internship also has a special assignment for Making Leaflets about Red Eyes Disease as one of Education Media in Hidup Baru Pharmacy. The aims of special assignment are to give information about red eyes disease for pharmacy visitors with leaflets as education media and either to facilitate the pharmacist in counseling or to give education to patients"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2018
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Galih Nurhadi
"Praktek kerja profesi di Apotek Prima Sehat dilaksanakan selama satu bulan pada bulan Februari tahun 2017. Tujuan dilaksanakannya praktek kerja profesi ini adalah agar calon Apoteker mampu memahami peranan, tugas dan tanggung jawab apoteker dalam praktek pelayanan kefarmasian di apotek meliputi pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai serta pelayanan farmasi klinis. Apotek Prima Sehat telah melakukan pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai sesuai dengan ketentuan perundangan dan etika farmasi yang berlaku yaitu berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek sedangkan pelayanan farmasi klinis yang belum dilakukan adalah Monitoring Efek Samping Obat.
Internship at Prima Sehat Pharmacy was held at February 2017. This internship was intended to make Apothecary student understand roles and responsibilities of Pharmacist in Pharmacy, understand managerial activities of pharmaceutical products medical devices and single use medical tools and also giving pharmaceutical care. Moreover managerial activities pharmceutical product, medical devices and single use medical tools in Prima Sehat Pharmacy are appropriate with regulation of Minister of Health No. 73 Year 2016 about Standarization of Pharmaceutical Care in Pharmacy. Clinical pharmacy activitis in Prima Sehat that are not done is monitoring of drugs side effect."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Noni Deseanopy
"
ABSTRAKPraktik kerja profesi di Apotek Hidup Baru Periode Bulan September Tahun 2017 bertujuan untuk memahami tugas dan tanggung jawab apoteker dalam pengelolaan apotek, melakukan praktik pelayanan kefarmasian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika yang berlaku, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman praktis untuk melakukan praktek kefarmasian di apotek, serta agar memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktek kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktek kefarmasian di Apotek. Praktik kerja profesi di Hidup Baru dilakukan selama empat minggu dengan tugas khusus yaitu Standar Prosedur Operasional tentang Pemantauan Terapi Obat di Apotek. Tujuan dari tugas khusus ini agar apotek memiliki standarisasi pelayanan farmasi klinik berupa pemantauan terapi obat sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pelayanan resep serta sebagai acuan dalam mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin terjadi pada regimen obat yang diberikan kepada pasien sehingga menjamin obat yang diberikan kepada pasien tepat dan aman
ABSTRACTInternship at Hidup Baru Pharmacy month periode September 2017 aims to understand the duties and responsibilities of pharmacists in the management of pharmacies, undertake the practice of pharmaceutical services in accordance with applicable laws and ethics, have the insight, knowledge, skills and practical experience to undertake pharmaceutical practices in pharmacies, as well as to have a reality of pharmaceutical practice issues as well as to learn strategies and activities that can be done in order to develop pharmaceutical practices in pharmacies. Internship at Hidup Baru Pharmacy was conducted for four weeks with the special assignment of Standard Operational Procedures for Monitoring Drug Therapy at Pharmacies. The purpose of this special assignment are pharmacies have standardized clinical pharmaceutical services in the form of monitoring of drug therapy to improve the efficiency and effectiveness of the prescription service and as a reference in reducing the level of errors and omissions that may occur in drug regimens which given to patients and ensuring the drug which given to patient right and safe."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nadhila Adani Koppa
"Praktik kerja profesi di Apotek Atrika Periode Bulan Februari Tahun 2018 bertujuan untuk memahami tugas dan tanggung jawab apoteker dalam pengelolaan apotek, serta melakukan praktik pelayanan kefarmasian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan etika yang berlaku, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman praktis untuk melakukan praktik kefarmasian di apotek, memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktik kefarmasian. Praktik kerja profesi ini dilaksanakan selama empat minggu dengan tugas khusus yaitu ldquo;Rancangan Pendirian Klinik Pratama dengan Kapitasi 10.000 Pasien dan Waktu Pelayanan 12 Jam rdquo;. Tujuan dari tugas khusus ini adalah agar calon apoteker dapat membuat rancangan klinik pratama yang bekerjasama dengan BPJS yang layak dan dapat diimplementasikan.
Internship at Atrika Pharmacy Period February 2018 Internship at Atrika Pharmacy Period February 2018 aims to understand the duties and responsibilities of pharmacists in pharmacy management, as well as to practice pharmaceutical services in accordance with applicable laws and ethics, have the insight, knowledge, skills and practical experience to undertake pharmaceutical practices in pharmacies, can also have the insight of pharmaceutical practice issues and learn strategies and activities that can be undertaken in the course of pharmaceutical practice development. This internship at was conducted for four weeks with special assignment Design of Pratama Clinic Establishment with a Capitation of 10.000 Patients and 12 Hours of Service Time . The purpose of this special assignment is that the prospective pharmacist is able to design an establishment of pratama clinic in cooperation with BPJS that is suitable and implementable. Keyword : Internship, apothecary, Atrika, pharmacy, clinicGeneral assignment : xi 43 pages, 12 appendicesSpecial assignment : ii 22 pagesBibliography of general assignment : 11 1990 - 2016 Bibliography of special assignment : 8 2011 ndash; 2015 "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2018
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library