Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11925 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hammer, Michael, 1948-2008
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996
658.406 3 HAM rt (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Petrozzo, Daniel P.
Bandung : ITB Press, 1997
658.406 3 PET r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hammer, Michael, 1948-2008
New York: Harper Business, A Division of Harper Collins Publishers, 1993
658.406 HAM r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Indramawan, auhtor
"Meningkatnya perkembangan industri telekomunikasi, termasuk didalamnya perusahaan penyedia menara telekomunikasi mengharuskan perusahaan menyelesaikan proyek pembangunan menara sesuai dengan yang diinginkan pelanggan. Metodologi Business Process Engineering (BPR) digunakan untuk mempersingkat waktu pengadaan dengan bantuan metode IDEF0, peta proses melalui wawancara dan Forum Group Discussion dengan enam orang pakar. Dengan metode Elimination, Simplify, Integration, Automation, penelitian ini menghasilkan As-Is dan To-Be proses pengadaan pada proyek pembangunan menara dan dapat mempersingkat waktu proses empat puluh enam persen.

Increased development of telecommunication industry, including telecommunication tower provider companies require them finishing construction of the tower in accordance with the customers demand. Business Process Reengineering methodology used to shorten the time of the procurement with the help of the IDEF0 method, mapping the process through interviews and forum group discussions with six experts. With Elimination, Simplify, Integration, Automation method, this research resulted in As-Is and To-Be processes in project procurement and construction of the tower can be shorten processing time up to fourty percent."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T38619
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrima Dola
"

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan proses pengolahan data menjadi reporting insight data yang akan digunakan perusahaan untuk melakukan monitoring terhadap risiko dan kondisi terkini perusahaan dengan menggunakan pendekatan Business Process Reengineering (BPR) untuk mempercepat waktu pengolahan data dan mengurangi aktivitas yang tidak bernilai tambah, sehingga karyawan terkait dapat lebih fokus pada aktivitas yang bernilai tambah. Tujuan penelitian ini sejalan dengan salah satu tujuan perusahaan untuk mencapai operational excellence, dimana perusahaan menjalankan operasional dengan efisien dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan 3 usulan skenario perbaikan proses. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa skenario 3 merupakan skenario yang mungkin diaplikasikan pada perusahaan karena menghasilkan efektifitas waktu yang paling tinggi yang didapat dengan kombinasi implementasi dashboard berbasis cloud dengan Ms. Power BI dengan memanfaatkan fitur on-premises data gateway dan proses yang berjalan secara otomatis dengan memanfaatkan implementasi RPA.


This research aims to design improvements to the data processing process into reporting insight data that will be used by companies to monitor the risks and current conditions of the company by using a Business Process Reengineering (BPR) approach to speed up data processing time and reduce non-value added activities, so that employees related activities can focus more on value-added activities. The aim of this research is in line with one of the company's goals to achieve operational excellence, where the company carries out operations efficiently and effectively. Based on the results of this research, 3 proposed process improvement scenarios were obtained. From the research results, it was found that scenario 3 is a scenario that may be applied to companies because it produces the highest time effectiveness obtained by combining the implementation of a cloud-based dashboard with Ms. Power BI utilizes on-premises data gateway features and processes that run automatically by utilizing RPA implementation.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jusmery Chandra
"Industri keramik terus mengalami peningkatan permintaan meskipun pada periode 1997-2002 merupakan masa krisis ekonomi di Indonesia, melihat peluang majunya industri keramik di Indonesia, maka banyak perusahaan keramik berlomba-lomba untuk meningkatkan produktivitasnya, salah satunya adalah Group Kemenangan Jaya dimana termasuk lima besar perusahaan keramik di Indonesia.
Untuk meningkatkan produktivitas, Group Kemenangan Jaya menilai perlu segera melakukan ekspansi perusahaan dan go public. Salah satu langkah yang diambil perusahaan untuk mencapai tujuannya adalah melakukan restrukturisasi organisasi.
Dalam penulisan karya akhir ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian atas restrukturisasi organisasi yang dilakukan KJ untuk periode 2003-2005, dengan memberikan gambaran bagaimana konsepsi awal dari restrukturisasi serta rencana implementasi proses restrukturisasi ini yang diinginkan oleh eksekutif perusahaan sebagai konsepsi ideal mengenai pengorganisasian group KJ, mendeskripsikan bagaimana proses restrukturisasi dijalankan serta bagaimana kendala-kendala internal diatasi oleh perusahaan, dan menganalisis persepsi manajer menengah keatas mengenai proses restrukturisasi yang telah dilakukan dan bagaimana evaluasi mereka mengenai desain organisasi yang diterapkan, serta melakukan evaluasi variabel penelitian yang terkait dan cars untuk memperbaikinya.
Tahap awal restrukturisasi organisasi tahun 2003, KJ diantaranya melakukan recruitment tenaga kerja dan pembenahan SDM. Tidak mudah melakukan hal tersebut, sehingga dalam tahun 2004 sering terjadi konflik antar direktorat. Pada tahun 2005 terjadi mutasi dan reposisi personil, yang diawali oleh complain dari agen atas produk yang dihasilkan oleh KJ yaitu masalah crashing (pecah rambut) sehingga tingkat penjualan menurun padahal tingkat produktivitas mulai meningkat.
Tujuan KJ untuk go public sampai scat ini belum tercapai, tetapi hal ini tidak dapat dikatakan restrukturisasi organisasi KJ gagal, karena kendala utama adalah faktor eksternal yaitu gangguan supply gas yang merupakan salah satu sumber energi utama dalam proses pembuatan keramik.
Berdasarkan hasil wawancara maupun perhitungan secara statistik tabel kuesioner yang dibagikan kepada para responden, disimpulkan bahwa restrukturisasi organisasi yang telah berjalan menumbuhkan motivasi kerja yang baik, tetapi terdapat conflict interest antar direktorat karena kurangnya komunikasi dan koordinasi pada level top management. Untuk itu perlu ditingkatkan variabel yang terkait yaitu kepercayaan pads organisasi, keamanan karier, serta yang paling panting adalah meningkatkan bimbingan atasan, hal ini ditujukan untuk para direktur KJ.

Industry of ceramic was increase in 1997-2002, although that period is crisis economic in Indonesia. Many company try to increase their productivity for fulfill demand, one of them is Kemenangan Jaya Group which is the big five ceramic company in Indonesia.
In order to increase the productivity, Kemenangan Jaya Group does some expansion and organizational restructuring. In this thesis, I am interested in researching organizational restructuring of Kemenangan Jaya Group in 2003-2005 and to describe the concept of the organizational restructuring, the implementation of restructuring, and company's problem from internal and external.
In 2003, Kemenangan Jaya Group recruits some personnel and reevaluates human resources. In 2004, conflict interest between directorates is increase. In 2005, company does some mutation and reposition. The big problem is deficiency of gas supply which is the most important material to product ceramic. Productivity decrease and can not full fill demand.
The result of the organizational restructuring is increase motivation of work, but increase conflict interest in directorate, this problem because of less of communication in top manager, so we need to increase the communicating in directorates and using Metering & Regulating Station (MRS) to overcome the deficiency of gas supply."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18563
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This Infoline underscores the cyclical nature of the economy. It explores methods for easing the pain of layoffs, providing stability to those staying with your organization, and healing your company as it moves forward."
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press, American Society for Training and Development Press], 1990
e20435652
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Ariany
"Perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis tidak lepas dari globalisasi kegiatan ekonomi yang mengharuskan setiap pengelola bisnis berwawasan global dan mampu berkompetisi secara global. Di samping itu perkembangan teknologi terjadi begitu cepat sehingga mengharuskan para pengelola bisnis mampu mengadakan penyesuaian-penyesuaian secara cepat tanpa ikatan birokrasi yang panjang agar dapat memanfaatkan peluang-peluang baru yang diciptakan oleh teknologi baru. Untuk menghadapi perubahan-perubahan ini maka diperlukan transformasi manajemen, restrukturisasi perusahaan, dan sebagainya.
Dalam rangka menghadapi perubahan tersebut PT. INTI (Persero) yang bergerak di bidang infokom berupaya melakukan kegiatan restrukturisasi perusahaan, yang meliputi restrukturisasi bisnis, organisasi, manajemen, maupun keuangan. Restrukturisasi bisnis sebagai salah satu bagian dari restrukturisasi perusahaan perlu dilakukan dengan pertimbangan karena lingkungan usaha telekomunikasi dan multi-media interaktif bersifat sangat dinamis atau berubah sangat cepat, sehingga menuntut perusahaan untuk dapat mengkombinasikan fleksibilitas dan daya saing yang tinggi.
Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang dihadapi adalah apakah keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari restrukturisasi bisnis yang dilakukan, upaya-upaya apakah yang dilakukan oleh PT. INTI (Persero) dalam rangka restrukturisasi bisnis, dan bisnis apakah yang perlu dilanjutkan dan bisnis apakah yang harus dihentikan agar perusahaan dapat meraih keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari restrukturisasi bisnis yang dilakukan, upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka restrukturisasi bisnis, dan mengembangkan analisis tentang pengaruh restrukturisasi bisnis terhadap peningkatan kinerja perusahaan serta Iebih memfokuskan diri pada bisnis yang lebih menguntungkan. Untuk menjawab permasalahan, metode yang digunakan adalah dengan analisis SWOT, analisis portofolio, dan Analytic Hierarchy Process.
Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa dengan melakukan restrukturisasi bisnis, PT. INTI (Persero) dapat lebih memfokuskan diri pada bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan dapat menghasilkan keuntungan, serta menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis, sehingga rnampu meningkatkan kinerja dan memiliki daya saing. Restrukturisasi bisnis dilakukan dengan pemilihan bidang usaha, pemilihan dan arah pengembangan teknologi, serta berusaha membuat skenario kegiatan usaha. Bisnis yang dijalankan oleh PT. INTI (Persero) pada saat ini dapat dilanjutkan karena memiliki keunggulan yang cukup meskipun masih terdapat ancaman dan bahaya untuk jangka panjang, sehingga perlu dilakukan alih teknologi, pengembangan kompetensi karyawan, dan memperkuat consumer marketing. Apalagi pada tahun 2004 ini, paradigma bisnis PT. INTI (Persero) berubah dari manufaktur ke jasa. Untuk mendukung hal tersebut, strategi yang ditempuh perusahaan untuk mencapai sasaran usaha adalah mengintensifkan usaha untuk meningkatkan penjualan pada bidang telekomunikasi dan IT (information Technology), memposisikan diri sebagai bagian dari value chain perusahaan multi nasional berdasarkan kekuatan jasa engineering yang dimiliki, melakukan perubahan yang mendasar pada orientasi bisnis yang semula sebagai pabrikan peralatan menjadi penyedia jasa engineering, dan mempersiapkan SAM dengan kompetensi baru yang dibutuhkan guna mendukung pengembangan perusahaan secara keseluruhan.

Changes that happened in business world do not get out of economic activity globalization obliging each; every organizer of business with vision of global and competition can globally. despite fully of technology happened so quickly so that oblige organizers of business can perform an adjustment quickly without long bureaucracy tying so that can exploit new opportunity which created by new technology. To facing this change hence needed by management transformation, company restructuring, and etcetera.
For the agenda of facing the change of PT. INTI (Persero) which active in infocom cope activity of company restructuring, covering business restructuring, organizational, management, and finance. Business restructuring as one part of the company restructuring require to be conducted with consideration because environment effort and telecommunications of multi-media interactive have the character of very dynamic or change very, so that claim company to be able to combine high competitiveness and flexibility.
Pursuant to- above description, hence problem faced by what is obtained advantages of business restructuring, what efforts must be conducted by PT. INTI (Persero) for the agenda of business restructuring, and what effort is needed for business restructuring and which business must be discontinued company to can reach for advantage. Intention of this research is to know obtained advantages of business restructuring, efforts performed within business restructuring, and develop analysis concerning influence of business restructuring to improve company's performance and also more focusing at more profiting business. To answer those problems, used by method with analysis of SWOT, portfolio analyze, and Analytic Hierarchy Process.
From analysis result are known that from conducted business restructuring, PT. INTI ( Persero) earn more focusing at business matching with requirement of customer and can yield advantage, and also determine correct strategy for company to develop business, so that can improve and performance competitiveness. Business restructuring conducted with election of area of this effort, direction and election development of technology, and also try to make business activity scenario. Business run by PT. INTI { Persero} in this time can be continued by owning enough excellence though still there are danger and threat in the long term, so that require to be done to displace technology, development of employees interest, and strengthen marketing. More than anything else in 2004, business paradigm of PT. INTI ( Persero) change from manufacture to services. To support the mentioned, gone through company's strategy to reach effort target to intensify effort to improve sales at telecommunications area and of IT (Information Technology), positioning focusing as part of chain value of multinational company pursuant to strength of service of engineering had, making a change the base at business orientation which initially as equipments manufacturer become server of service of engineering, and draw up human resources with new competences which required to support development of company as a whole.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
T14121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
DePamphilis, Donald M.
Amsterdam: Academic Press, 2015
658.16 DEP m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Afifi Rahmah Muluk
"Topik atau judul dari Proyek Mahasiswa ini adalah Rekayasa Ulang Proses Bisnis Kegiatan Akademik Program Studi S1 Fakultas Ilmu Komputer UI. Fasilkom UI, sebagai salah satu bagian dari institusi pendidikan tinggi di Indonesia, memiliki langkah-langkah kerja atau proses bisnis yang dibuat untuk mencapai apa yang menjadi visi, misi, dan tujuannya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan persaingan yang semakin ketat, maka proses bisnis yang telah dibuat dan dijalankan selama ini menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, proses bisnis yang ada tersebut perlu dilakukan perancangan ulang atau rekayasa ulang proses bisnis (Business Process Reengineering) sehingga menjadi lebih efektif dan efisien dalam pencapaian visi, misi, serta tujuan Fasilkom UI itu sendiri.
Pada Proyek Mahasiswa ini, rekayasa ulang proses bisnis dilakukan pada proses bisnis yang ada di Fasilkom UI yang menyangkut bidang akademik. Analisa rekayasa ulang proses bisnis ini dibagi atas dua bagian besar yaitu berdasarkan analisa terhadap resiko atau kontrol dan analisa terhadap kecepatan. Diharapkan, proses bisnis yang dihasilkan dari rekayasa ulang merupakan proses bisnis yang memiliki resiko yang lebih sedikit namun memiliki kecepatan waktu proses yang baik dan cepat. Sehingga dengan rekayasa ulang proses bisnis, menjadikan proses bisnis yang ada di Fasilkom UI menjadi lebih efektif dan efisien dalam pencapaian visi, misi, serta tujuannya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>