Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90820 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Munawar Hadi
"
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang berkomponen teknologi telekomunikasi dan komputer telah diaplikasi ke dalam banyak bidang kehidupan manusia. Salah satunya adalah penerapan teknologi tersebut dalam kegiatan temu kembali informasi. Perpustakaan sebagai lembaga pengolah informasi juga menerapkan teknologi informasi dalam bentuk layanan penelusuran terpasang pangkalan data seperti yang dilakukan oleh Pusat informasi Kompas.
Skripsi ini mendeskripsikan pendapat pernakai atau pelanggan pangkalan data Kompas yang beralamat di Jakar_ta dan mencoba mendapatkan gambaran penelusuran yang dilakukan oleh pemakai. Diharapkan hasil penelitian ini dari dapat dimanfaatkan untuk masukan evaluasi layanan dan sistem penelusuran pangkalan data Kompas.
"
1997
S15312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Romodon Bekti H.
"
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendata pendapat mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia (FSUI) program S1 mengenai Program Pendidikan Pemakai Perpustakaan (PPP) yang dilakukan Perpustakaan FSUI setiap tahun ajaran baru dimulai. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FSUI program S1 yang sudah mengikuti PPP, dimulai dari mahasiswa angkatan 1992 sampai 1995. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu pertama melalui wawancara dengan Kepala Perpustakaan FSUI mengenai sejarah dilakukannya PPP ini disertai alasan dan tujuannya. Kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa-mahasiswa FSUI program SI yang telah mengikuti PPP tersebut. Cara ketiga adalah dengan studi literatur. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase dan penafsiran data. Dari analisis yang dilakukan sesuai dengan pendapat mahasiswa diperoleh kesimpulan bahwa PPP yang diberikan telah cukup dalam hal memberikan pengetahuan, materi yang disampaikan, dan formatyang dilaksanakan. Namun, ada beberapa masukan dari pendapat mahasiswa-mahasiswa tersebut bahwa sebaiknya ada program praktek Iangsung di perpustakaan, perbaikan dalam media yang digunakan dan Cara penyampaian program tersebut.
"
1997
S15555
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nia K. Pratiwi
"Penelitian mengenai pemanfaatan Internet oleh karyawan dienam Deputi yang terdapat di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Jakarta dari tanggal 19 Maret sampai 14 April 1996. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan pemakai tentang Internet sebagai sarana komunikasi dan sumber informasi dan sejauh mana pemanfaatan Internet oleh pemakainya di Iingkungan tersebut. Pada penelitian deskriptif ini, pengumpulan data lapangan dilakukan melalui kuesioner. Cara penyususan kesioner , pembentukan dan pemilihan kerangka sampel dijelaskan. Hasilnya adalah dari 84 kuesioner yang disebarkan, diperoleh 77 tanggapan (atau 91.67%). Hanya sebagin kecil (5%) dari responden yang baru memanfaatkan Internet dalam waktu kurang dalam tiga bulan. Namun pengetahuan mengenai fasilitas-fasilitas dalam Internet sangat beraneka ragam, sehingga kemampuan menggunakannya pun bervariasi dan pemakaian yang lebih..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15326
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Dhiani
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh tingkat kepuasan pemakai terhadap pelayanan Perpustakaan Umum DKI Jakarta Pusat, yang mencakup penggunaan katalog, pelayanan referens dan penelusuran buku di rak. Lebih lanjut kemudian adalah mengungkapkan permasalahan yang dihadapi dan memberikan saran/gagasan yang berhubungan dengan peningkatan kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 90 orang, dengan perincian untuk penggunaan katalog 30 orang, pelayanan referens 30 orang dan penelusuran buku di rak 3 orang. Penyebaran kuesioner dilakukan dari tanggal 13-31 Desember 1991. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar responden merasa puas terhadap pelayanan perpustakaan. Untuk penggunaan katalog dengan pengaran dan/atau judul buku yang diketahui tingkat kepuasan pemakai mencapai 71,4% dan untuk subjek yang diketahui tingkat kepuasan pemakai adalah 73,7%. Untuk penelusuran buku di rak kepuasan pemakai ada pada tingkat 93.3%, dan untuk pelayanan referens tingkat kepuasan pemakai adalah 86,7%. Selain hal tersebut diatas, penelitian ini juga mengungkap kan bahwa banyak dari koleksi perpustakaan sudah tidak layak untuk dijadikan modal yang bisa menunjang jasa pelayanan perpustakaan. Baik dari informasinya yang tidak aktual lagi, maupun dari segi fisik buku-buku."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyawati
"Skripsi ini mengenai pelaksanaan layanan anak di Perpustakaan Umurn Kotamadya Jakarta Timur (PUJT), dengan data utama berasal dari pendapat anak-anak pemakai layanan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat anak-anak terhadap kegiatan layanan anak di PUJT, yang terdiri dari layanan peminjaman buku, bimbingan menibaca, layanan rujukan, mendongeng dan pertunjukan boneka serta layanan mainan, juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan tersebut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap anak-anak pemakai layanan, Kepala Perpustakaan dan staf di bagian layanan anak, sedangkan observasi dilakukan terhadap kegiatan layanan anak di PUJT.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan layanan anak d PUTT sudah dilaksanakan dengan cukup baik, misalnya dalam hal jumlah jenis layanan yang diadakan untuk anak-anak, koleksi anak, ruangan dan perabot. Layanan peminjaman buku dan layanan mendongeng dan pertunjukan boneka sudah dilaksanakan dengan baik, sedangkan dalam hal layanan bimbingan membaca sebagian besar responden ternyata tidak pernah bertanya kepada pustakawan, di sisi lain pustakawan juga bersikap pasif dan tidak pernah membantu responden tanpa ditanya atau dimintai tolong terlebih dahulu. Layanan rujukan dan mainan dari segi koleksi dan ruangan sudah cukup baik, tetapi ternyata masih kurang dimanfaatkan oleh anak-anak.
Hambatan-hambatan yang dihadapi perpustakaan dalam melaksanakan kegiatan layanan anak adalah: minat baca anak yang masih kurang, kurangnya dana untuk promosi, lokasi perpustakaan yang kurang strategis, kurangnya pengetahuan staf di bagian layanan anak mengenai layanan perpustakaan untuk anak, kurangnya bacaan anak tentang Indonesia, karangan pengarang Indonesia maupun majalah anak di pasaran serta kurangnya pemanfaatan layanan rujukan oleh anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1997
S15402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Sri Nuryanti
"Pertengahan abad ke-20, dunia komunikasi mulai mengalami rangkaian perubahan mendasar. Hal ini terutama disebabkan oleh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang dalam beberapa segi telah mendekati titik puncak. Komputer misalnya, hampir sampai pada puncak miniaturisasi dan efisiensi. Kehadiran komputer sebagai hasil teknologi canggih dan modern, memang sangat dibutuhkan saat ini. Dengan 'kepintarannya' tak satu pun bidang kehidupan yang menolak kehadirannya. Demikian pula halnya dalam bidang perpustakaan. Adanya ledakan informasi secara besar-besaran berimplikasi pada kebutuhan akan akses yang lebih cepat terhadap lebih banyak informasi. Pemakaian sistem yang berdasarkan komputer di perpustakaan dan unit informasi dewasa ini termasuk biasa dan bukan lagi merupakan masalah yang kontroversial. Komputer sebagai bagian dari teknologi informasi memegang peranan panting dalam kegiatan informasi. Informasi mengandalkan diri pada komputer baik langsung maupun tidak langsung. Bahkan jaringan terpadu informasi terpasang kini sudah mulai merupakan kenyataan. Perkembangan teknologi komputer dan..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15247
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S6265
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ashry Noviana Fajry
"Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct oleh pengguna Perpustakaan FEUI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR, dan Elsevier Science Direct, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data terpasang, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, kendala apa saja yang dihadapi dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang tersebut, mengetahui pangkalan data terpasang yang paling banyak dan yang paling sedikit dimanfaatkan oleh pengguna, dan yang terakhir mengetahui pendapat pengguna mengenai fasilitas dan sosialisasi yang dilakukan perpustakaan FEUI dalam mendukung pemanfaatan pangkalan data terpasang di FEUI. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct di FEUI masih rendah karena hanya 62,5% responden yang pernah menggunakan pangkalan data terpasang tersebut. Mahasiswa FEUI umumnya memanfaatkan pangkalan data dengan tujuan untuk mencari informasi untuk mengerjakan tugas kuliah. Responden menyatakan setuju dengan kelebihan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu kemutakhiran koleksi, kemampuan mengakses informasi lain, kemudahan dan kecepatan akses, ketersediaan informasi dan kemampuan menelusur artikel full text. Responden menyatakan setuju dengan kekurangan/kelemahan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu ketergantungan pada perangkat teknologi; ketidanyamanan saat membaca artikel di komputer; dibutuhkan keterampilan dalam menggunakan komputer untuk membaca koleksi elektronik. Sedangkan kekurangan pangkalan data terpasang akan kualitas teks, grafik dan tulisan hasil alih media tercetak ke elektronik yang terkadang rendah ditemukan hasil yang berimbang antara responden yang menyatakan setuju, netral dan tidak setuju. Kendala yang sering dihadapi responden yaitu kesulitan saat melakukan pencarian (search). Pangkalan data terpasang yang sering digunakan adalah JSTOR sedangkan yang paling jarang digunakan adalah Elsevier Science Direct. Pengguna berpendapat fasilitas komputer dan tempat untuk mengakses pangkalan data terpasang di lingkungan FEUI sudah cukup baik, sedangkan koneksi internet masih belum baik. Menurut pendapat pengguna, sosialisasi yang dilakukan perpustakaan untuk mensosialisasikan pangkalan data terpasang masih kurang. Pengguna juga berpendapat perlu ditambah pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis yang dilanggan. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15166
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rezcky Ramadhan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang oleh mahasiswa FKM UI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang oleh mahasiswa FKM UI, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, dan mengetahui apakah fasilitas dan sosialisi sudah cukup untuk mendukung mahasiswa dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan walupun tingkat kesadaran akan keberadaan fasilitas ini cukup tinggi (82% responden) namun tingkat pemanfaatannya masih rendah yaitu hanya 62,7% responden. Sebagaian besar responden menyatakan memanfaatkan pangkalan data terpasang sebagai referensi untuk mengerjakan tugas kuliah seperti: penulisan makalah harian, UTS, dan UAS. Hasil penelitian ini juga menyarankan bahwa fakultas dan perpustakaan harus memaksimalkan fasilitas yang mendukung peningkatan pemanfaatan pangkalan data terpasang.

ABSTRACT
This study discusses the use of online database by students in FKM UI. The objectives of this study are to see the description of the use of online database by FKM UI students, identify the advantages and disadvantages for the students when they use it, and ascertain whether the facility and its socialization is sufficient to support the students in using the online database. This is a quantitative research with descriptive design. This study uses questionnaire as a method to collect the data. The result of this study shows that even though the awareness level of the existence of this facility is quite high (82%), the level of the use is still low at only 62.7% of the respondents. Most of the respondents said that they use the online database as a reference to perform the assignments such as: writing the daily papers, mid-tests, and final exams. In addition, the result also suggests that the faculty and its library should provide the supporting facilities that able to increase the use of online database."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S513
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Romanus Beni
"This article describes the functions of librarian as an intermediary on the online searching. An intermediary roles emerge as an implications of growth of information technology and spread out over the world, particularly on the online searching. Extended implications of this development has changed the user's behavior to seek information. The librarian should anticipate those shifting users behavior. Some theories, opinion, and argument from experts in online searching and librarians reviewed in this article and found that two functions of the librarian as an intermediary are as a user and as a searcher of online database. This article also describes the qualifications of the librarian as an intermediary namely self-confident, thinking logically, communicative, capability to sell information, understand the searching subject, patient and having effort to share the information to the users. "
1998
JIIP-1-1-Sept1998-55
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>