Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 102380 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tri Martini
"Evaluasi terhadap pelaksanaan Guided Reading ini dilaksanakan di SMA Santa Theresia, Jakarta Pusat, pada bulan September 1994 hingga Januari 1995. Tujuannya ialah untuk mendata pendapat siswa tentang Guided Reading, menggambarkan penilaian siswa terhadap Guided Reading, menggambarkan pola pemanfaatan pengetahuan dari Guided Reading dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan ketiga gambaran di atas, ditambah masukan dari wawancara dan pengamatan langsung dibuat kesimpulan sejauh mana keberha_silan pelaksanaan Guided Reading.
Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak kepada 150 siswa kelas II dan kelas III, didukung Pula dengan hasil wawancara dengan kepada perpustakaan dan pengamatan terhadap kegiatan Guided Reading dan keadaan perpustakaan. Hasilnya diolah dengan tabulasi frekuensi berjumlah 19 bush tabel, 4 di antaranya merupakan tabel silang. Setelah data tersaji dalam bentuk tabel, kemudian data dianalisa guna pengambilan kesimpulan dengan menggunakan rumus persentase dan parameter untuk penafsiran nilai persentase.
Hasil penelitian ini ukuran sebagian besar responden belum merasa yakin memasuki perpusta_kaan, walaupun menyatakan bahwa materi pengetahuan. Untuk materi tentang katalog, hampir setengah dari responden menyatakan bahwa katalog itu mudah digunakan, namun sebagian besar dari mereka lebih senang mencari buku langsung ke rak. Hampir semua responden berpendapat bahwa nomor klasifikasi tidak membantu mereka dalam menemukan buku di rak. Hampir semua responden menyatakan bahwa ensiklopedi dan kamus mudah digunakan. Namun untuk pema_kaian atlas sebagian besar responden menyatakan tidak tabu dan tidak pernah menggunakannya. Sebagian besar responden tidak terlalu suka metnbaca, dan sebagian besar responden juga menyatakan bahwa sikap mereka terhadap buku tidak banyak mengalami perubahan.
Untuk cara penyampaian Guided Reading hampir seluruh responden menyatakan cukup balk. Menurut responden media pengajaran selama ini belum memadai. Sebagian besar res_ponden memilih video untuk menambah vaniasi pengajaran.
Dapat dikatakan, bahwa pelaksanaan Guided Reading di SMA Santa Theresia sudah cukup balk dalam cara penyampaian dan waktu pelaksanaan, namun masih sangat kurang dalam hal materi dan media pengajaran. Materi terlalu teoritis, kurangnya praktek/ latihan, serta tidak didukung dengan media pengajaran dan alat peraga yang memadai, seperti audio visual dan koleksi atlas yang up to date, sehingga materi menjadi membosankan. Siswa hanya mengetahui dan mengerti namun belum memahami betul apa manfaat dari materi, yang diberikan, terutama materi tentang katalog, nomor klasifikasi, susunan buku dan atlas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15668
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paul Permadi
"Menyadari pentingnya perpustakaan sekolah sebagai alat penunjang program pendidikan dan pengajaran, maka sangat perlu diadakan penelitian pendahuluan untuk mengetahui sampai seberapa besar peranan perpustakaan sekolah. Sampai sekarang banyak terdengar pernyataan maupun komentar yang pada pokoknya merasakan perpustakaan sekolah sebagai sesuatu yang vital, sesuatu yang esensiel dan bahkan sesuatu yang harus ada. Namun bagaimana peranan itu secara nyata, bagaimana bentuk yang jelas belum ada yang bisa dijadikan pegangan. Penulis berkeyakinan, bahwa perpustakaan sekolah yang diusahakan secara baik akan menjadi alat yang effektif untuk mempertinggi hasil usaha sekolah, memberikan perbendaharaan yang luas kepada para siswa untuk menghadapi pendidikan dan pengajaran lebih lanjut_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1976
S15390
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lifanur Asri Rasad
"Setiap negara selalu bereita-cita dan berusaha untuk mencerdaskan bangsanya. Tingkat kecerdasan yang tinggi dari suatu bangsa lebih panting dari pada besarnya jumlah penduduk bangsa itu. Bangsa dengan kecerdasan yang ting_gi dapat bekerja lebih efektif dan efisien, sehingga prestasi dan kemajuan yang dapat dicapainya lebih tinggi dari pada bangsa dengan tingkat kecerdasan yang rendah. Kecerdasan itu dapat ditingkatkan dengan memberi pendidikan yang baik dan terarah. Oleh karena itu pendi_dikan dimasukkan kedalam kebutuhan pokok manusia disamping pangan, sandang, papan dan kesehatan. Bangsa Indo_nesia menyadari hal tersebut, sebagaimana tercermin di_dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat yang berbunyi, Kemudian dari pada itu untuk membentuk Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bang_sa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Rahayu K
"Masalah Pendidikan pemakai : studi kasus di Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-lzhar, dianalisis dengan mengingat bahwa pendidikan pemakai merupakan dasar dalam membangun kemampuan siswa melakukan penelurusan informasi yang efektif dan efisien. Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan pemakai harus dirancang secara tepat dengan memperhatikan metode, media dan materi yang akan diberikan.Tujuan penulisan skripsi ini adalah menggambarkan pentingnya pendidikan pemakai bagi siswa untuk menunjang kemampuan mereka dalam penelusuran informasi yang efektif dan efisien serta mengkaji pelaksanaan pendidikan pemakai yang dilaksanakan Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-lzhar.Ruang lingkup penelitian ditetapkan mulai bulan Januari hingga Februari 2002 dengan mempertimbangkan pelaksanaan pendidikan pemakai selalui dilakukan pada awal tahun ajaran baru.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus . Metode ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya faktor-faktor tertentu yang memberikan ciri khas pada tingkah laku sosial yang kompleks dari unit, memahami relasi dari unit tersebut dan pengaruh dari faktor-faktor sosial. Sebagai pelengkap dalam pengumpulan data dilakukan studi kepustakaan, observasi dan wawancara dari narasumber yang ada di Perpustakaan SMP/SMU Islam Al-Izhar.Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah berupa kesimpulan perlunya kesadaran dari pihak Perguruan tentang pentingnya pendidikan pemakai bagi para siswa dan dukungan dari unit-unit sekolah dalam menunjang peningkatan kualitas dari pendidikan pemakai. Perpustakaan juga harus meningkatkan metode, media, dan materi yang diberikan dalam pendidikan pemakai agar dalam pelaksanaan di kemudian hari menjadi lebih berkualitas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S15360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arlinah Imam Rahardjo
"Dalam rumusan pola pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dikatakan bahwa fungsi utama perguruan tinggi di Indonesia adalah mendukung dan memperkaya program pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi tempat ia bernaung. Disebutkan lebih lanjut bahwa agar fungsi tersebut dapat dipenuhi, maka tugas perpustakaan adalah melaksanakan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengna kebutuhan para pemakai perpustakaan yaitu mahasiswa atau penelitiserta pihak lainnya yang membutuhkan informasi, mengolah bahan pustakayang tersedia sehingga dengan mudah dapat dipergunakan oleh pemakai, menyelenggarakan peminjaman bahan pustaka dengan cara yang efisien, membantu para pemakai perpustakaan untuk mendapatkan dan memakai bahan pustaka yang diperlukannya baik dalam bentuk program bimbingan penggunaan perpustakaan yang bersifat resmi/kurikuler maupun secara perseorangan, Menyelenggarakan kerjasama antar perpustakaan dengan memanfaatan system jaringan informasi yang ada dalam rangka meluaskan cakupan koleksi dan pelayanan informasi masing-masing perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Nur
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa Program Studi Ilmu Politik angkatan 2005 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) mengenai pelatihan penelusuran informasi yang dilaksanakan di Miriam Budiardjo Resource Center dan untuk mengetahui hasil/output yang didapat oleh mahasiswa setelah mengikuti pelatihan penelusuran informasi tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005 yang telah mengikuti pelatihan penelusuran informasi dan Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT) yang berjumlah 33 orang, dan keseluruhannya digunakan menjadi sampel atau disebut sebagai penelitian populasi dengan sampel total (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu pertama melalui wawancara dengan Kepala Miriam Budiardjo Resource Center FISIP UI mengenai sejarah dilakukannya pelatihan penelusuran informasi disertai alasan dan tujuannya. Kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005. Ketiga adalah dengan studi literatur. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase dan penafsiran data. Dari analisis yang dilakukan sesuai dengan pendapat mahasiswa diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan penelusuran informasi yang diberikan telah cukup dalam hal memberikan pengetahuan, materi yang disampaikan, metode yang digunakan dan hasil yang didapat oleh para peserta antara lain kemampuan menelusur mereka meningkat, tugas-tugas kuliah mereka terbantu, dan terpenuhinya kebutuhan informasi mereka. Namun, ada beberapa masukan dari pendapat mahasiswa-mahasiswa tersebut bahwa promosi pelatihan penelusuran informasi harus ditingkatkan, penyampaian materi dibuat lebih menarik lagi, dan diberikan buku/hand out materi pelatihan penelusuran informasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S14910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zul Herman
"Dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dengan pesat. Perkembangan yang pesat itu telah mengakibatkan membanjirnya terbitan literatur ilmiah dan teknis yang pada gilirannya menyebabkan timbulnya ledakan informasi. Sekarang tidak lagi mudah bagi seseorang untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan kebutuhannya secara tepat dan cepat. Kesukaran itu semakin meningkat dari hari ke hari. Sebagai jawaban terhadap ledakan informasi itu, diciptakan berbagai sarana pengawasan literatur yang le_bih modern dan lebih kompleks serta mampu menampung sebanyak mungkin informasi dan data. Saat ini sudah dikenal berbagai alat bibliografi bentuk baue, berbagai ragam literatur sekunder, literatur tersier sampai pada pangkalan data yang menggunakan sistem komputer. Akan tetapi, masih saja ada literatur yang tidak dapat dijangkau oleh pengawasan seperti itu sehingga tidak ditemukan ketika di-telusur_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1983
S15878
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Dyah Angreni
"ABSTRAK
Topik skripsi ini adalah mengenai pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegor dan juga untuk mengetahui buku-buku yang paling sering dipinjam. Jumlah koleksi umum yang ada berjumlah 21.825 judul. Sampel yang diambil berjumlah 384 judul dengan probabilitas 95% dan batas galast 5 0/00. Besar interval sample adalah 57 dan unsur pertama sebesar 10 maka nomor selanjutnya adalah merupakan bilangan kelipatan 57, sehingga urutan yang didapat adalah 10, 67, 124, 181, dan seterusnya sampai sample berjumlah 384. Slip peminjaman yang diperiksa hanyalah slip peminjaman pada periode tahun 1990 sampai tahun 1994. Dari hasil penelitian diketahui bahwa koleksi terbesar didominasi oleh 3 kelas yaitu kelas Ilmu-ilmu Sosial (300), kelas Ilmu-ilmu Terapan (600) dan kelas Ilmu-ilmu murni, jumlah buku-buku yang dipinjam selama kurun waktu 5 tahun sebesar 63,97% dengan jumlah peminjam sebanyak 1.196 dari 245 judul yang pernah dipinjam. BUku-buku yang paling sering dipinjam berasal dari kelas Ilmu-ilmu Sosial (300). Koleksi buku terbesar adalah buku-buku yang bertahun terbit antara tahun 1985 sampai tahun 1989.

"
1996
S15136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munawar Hadi
"
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang berkomponen teknologi telekomunikasi dan komputer telah diaplikasi ke dalam banyak bidang kehidupan manusia. Salah satunya adalah penerapan teknologi tersebut dalam kegiatan temu kembali informasi. Perpustakaan sebagai lembaga pengolah informasi juga menerapkan teknologi informasi dalam bentuk layanan penelusuran terpasang pangkalan data seperti yang dilakukan oleh Pusat informasi Kompas.
Skripsi ini mendeskripsikan pendapat pernakai atau pelanggan pangkalan data Kompas yang beralamat di Jakar_ta dan mencoba mendapatkan gambaran penelusuran yang dilakukan oleh pemakai. Diharapkan hasil penelitian ini dari dapat dimanfaatkan untuk masukan evaluasi layanan dan sistem penelusuran pangkalan data Kompas.
"
1997
S15312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lily Irawati Roesma
"Majalah ilmiah memegang peranan yang amat penting sebagai sumber informasi, karena dalam majalah dimuat laporan-laporan penelitian dan karangan-karangan mengenai perkembangan terbaru dalam dunia ilmu pengetahun. Informasi yang tercntum pada majalah lebih baru dari informasi yang tercantum pada buku. Banyak informasi di dalam majalah yang tidakpernah diterbitkan dalam bentuk buku, karena hanya terdiri dari beberapa ribu kata saja. Pencatatan yang tetap mengenai kemanjaun ilmiah biasanya dimuat dalam majalah. Artikel majalah tidak hanya mutakhir, tetapi keuntungannya yang lain adalah singkat, tepat dan menyeluruhdalam penyajiannya. Komunikasi melalui majalah lebih cepat sampai pada sasarannya, karena menerbitkan majalah lebih cepat dari pada buku. Pentingnya majalah ini juga terlihat pada kebijaksanaan di berbagai perpustakaanyang memanfaatkan sebahagian besar dari anggaran belanjanya untuk melanggan majalah. Jumlah majalah yang ada di dalam suatu perpustakaan merupakan gambaran yang paling tepat tentang nilai dari seluruh koleksinya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1975
S15484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>