Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132943 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tampubolon, Sisca
"Kedudukan perpustakaan perguruan tinggi sangat panting karena bertugas menghimpun, mengolah dan menyebarkan infor_masi, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan adalah jantung sebuah universitas. Pentingnya sebuah perpustakaan akan dapat dirasakan jika perpustakaan tersebut dapat dipergunakan oleh mahasiswa dengan secara maksimal. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan yang baik dalam menggunakan perpustakaan. Kemampuan ini dapat diperoleh melalui suatu program bimbingan yang disebut Program Pendidikan Pemakai, yang bertujuan memperbaiki kemampuan mahasiswa untuk menggunakan sumber-sumber dan pelayanan yang ada di perpustakaan secara efektif guna menemukan informasi yang diperlukan.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis membuat suatu penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa Unika Atma Jaya dalam menggunakan perpustakaan, sehingga dari sana akan terlihat apakah program orientasi perpustakaan yang telah dilaksanakan selama ini sudah mencukupi atau belum dalam memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk dapat menggunakan perpustakaan dengan baik dan efektif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mirza Imanudin Aziz
"Skripsi ini membahas tentang dampak program pendidikan pemakai (IT4U) terhadap pengetahuan mahasiswa fakultas kedokteran unika atma jaya angkatan 2008. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif berbentuk survey pendapat dengan pendekatan kuantitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkat pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya angkatan 2008 mengenai perpustakaan dan penggunaan sistem perpustakaan AtmaLib. Penelitian ini dilakukan kepada 135 orang responden dengan cara menyebarkan kuesioner sebelum dan 2,5 bulan sesudah pelaksanaan kegiatan Information Technology For You (IT4U).
Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa kegiatan ini mengakibatkan peningkatan pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya angkatan 2008 terhadap perpustakaan dan penggunaan sistem perpustakaan AtmaLib. Hal ini dilihat dari hasil analisis nilai responden mengenai perpustakaan dan penggunaan sistem AtmaLib sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan IT4U serta dari pengalaman responden setelah mengikuti kegiatan IT4U. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15317
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yasintha Soelasih
"Semakin berkembanganya dunia pendidikan yang pesat akhir-akhir ini, maka bagi dunia pendidikan yang sudah berdiri dan diterima di masyarakat hams dapat mempertahankan keberadaannya. Segitu juga untuk Unika Atma Jaya, yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta maka hams melakukan suatu strategi dimana supaya nama Atma Jaya tetap menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang favorit dimana masyarakat sehingga banyak peminat dan mahasiswanya. Kunci keberhasilan pendidikan tinggi terletak selain pada kemampuan keahlian, juga pada kualitas kemampuan ilmiah dosen dalam melakukan proses belajar mengajar. Peningkatan mutu atau kualitas pendidikan tinggi salah satunya dengan membantu dosen dan mahasiswa dalam mencapai ketangguhan kualitas proses belajar mengajar, itulah yang menjadi target-1ar1 seluriuh kegiatan. Hai -ini juga harus dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya. Hal ini berbeda. dengan data yang ada pada tabel 1.1. dimana ditunjukkan tingkat kelulusan yang rendah untuk angkatan 1997/1998 dan 199811999, maka peneliti tertarik untuk meneliti Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya. Penelitian difokuskan pada "Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Dan Sarana Prasarana Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya" dimana dijabarkan permasalahan yang ada dan tujuan penelitian sehingga terbentuk- model pada gambar 1.lyaitu model penelitian yang akan diteliti. Dengan rnenggunakan metode analisis deskriptf, analisis faktor, analisis regresi berganda, analisis korelasi bivariat dan analisis varians.
Dengan basil analisis data yang dijabarkan pada bab 1V dan pembahasan pada bab V sehingga dapat diambil kesimpulan pada penelitian ini yaitu dimana model yang terbentuk dapat digunakan dengan ditunjukkan dari variabel taken dan variabel teramati mempunyaii korelasi positif signifikan. Dalam studi ini atribut yang dipakai untuk mengukur kepuasan menyeluruh (VT) menghasilkan dua faktor independen. Dimana yang mempunyai korelasi yang signifikan hanya loyalitas dengan faktor kepuasan menyeluruh sedangkan untuk kebanggaan terhadap almamater dan rekomendasi tidak signifikan. Dari hasil penelitian ini maka disarankan bagi Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya untuk memperhatikan kreativitas dosen, penilaian dosen terhadap hasil karya mahasiswa dan kepuasan tangible."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
T20191
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira
"Skripsi ini berfokus kepada peran pustakawan, serta kendala yang dihadapi oleh pustakawan dalam renovasi gedung perpustakaan Unika Atma Jaya Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus serta menggunakan wawancara dan observasi sebagai teknik penelitian. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pustakawan hanya berperan sebagai pemberi masukan dan tidak berperan aktif dalam tahap-tahap renovasi gedung perpustakaan Unika Atma Jaya Jakarta. Kendala yang dihadapi adalah kendala komunikasi diantara pihak yang bersangkutan.

This research focused on the librarian?s role as well as the constraints faced by librarians in renovation of library building at the Unika Atma Jaya library. This research is a qualitative research with a case study method and using interviews and observation as research techniques. The result of this research shows that the librarian would only serve as an adviser and do not play an active role in the stages of the renovation of the library building . The obstacles encountered was communication problems between concerned parties."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S61612
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lian Hateveana Dhita
"Perpustakaan Unika Atma Jaya sebagai pusat belajar dituntut mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Dalam rangka memenuhi tuntutan tersebut, evaluasi koleksi diperlukan untuk melihat sejauh mana mampu memenuhi kebutuhan penggunanya terutama dalam penyusunan tesis. Metode yang digunakan adalah analisis sitasi dilakukan pada tesis di 9 Program Magister dalam lingkungan Unika Atma Jaya kurun waktu 2016-2018. Dalam penelitian ditemukan bahwa pemanfaatan buku dan jurnal oleh mahasiswa Program. Magister berimbang hanya terpaut kecil sekali (0,22%) padahal idealnya dalam tesis magister pemanfaatan jurnal lebih tinggi daripada buku mengingat informasi yang termuat didalamnya lebih mutakhir. Meskipun ketersediaan jurnal di Perpustakaan Unika Atma Jaya untuk penyusunan tesis mahasiswa Program Magister cukup tinggi (78.35% ) namun keadaan tersebut masih kurang ideal dalam penggunaan jurnal. Dalam penelitian ini diajukan saran kepada perpustakaan menambah langganan jurnal yang sesuai dengan cakupan bidang studi yang ada sebagai prioritas pertama.

The Atma Jaya Catholic University Library as a learning center is demanded to be able to meet the needs of its users. In order to meet these demands, a collection evaluation is needed to see how far it is able to meet the needs of its users, especially in the preparation of theses. The method used is citation analysis on theses in 9 Masters Programs within Atma Jaya Catholic University within the 2016-2018 period. In the study it was found that the use of books and journals by students of the Masters Program was balanced with only a very small difference (0.22%) whereas ideally in a master's thesis the use of journals is higher than books considering the information contained in them is more up-to-date. Even though the availability of journals at the Atma Jaya Catholic University Library for the preparation of Masters Program student theses is quite high (78.35%), this situation is still not ideal in the use of journals. In this study, suggestions were made to the library to add journal subscriptions that are in accordance with the existing scope of study as the first priority."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia;, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam pergolakan dunia perguruan tinggi sering terdengar dan masih terkesan kuno yaitu "Perpustakaan merupakan jantungnya" universitas/perguruan tinggi. Kalau jantung dalam tubuh manusia memiliki peran vital dan penting dalam kehidupan, begitu pula dalam kehidupan perguruan tinggi. Tetapi yang terjadi di Indonesia Perguruan tinggi dapat berjalan eksis dan dapat bertahan tanpa kehadiran perpustakaan. Sehingga sebuah perguruan tinggi tanpa perpustakaan yang sehat dan bahkan tidak memiliki perpustakaan, berarti sitem operasionalnya dianggap sebagai sebuah robot yang berjalan. Perpustakaan yang sehat tentu harus menyebarkan informasi dan memompa zat-zat yang dibutuhkan berisi iImu pengetahuan ke seluruh tubuhnya melalui jaringan-jaringan yang tersedia (sivitas akademika) agar dapat bermanfaat bagi pertumbuhan serta aktifitas dalam menjalankan tugasnya. Dalam dunia perguruan tinggi perpustakaan berfungsi sebagai penunjang dalam rangka pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat."
020 JUPITER 13:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan sebuah sarana penunjang yang didirikan untuk mendukung kegiatan Civitas Akademik, di mana Perguruan Tinggi itu berada. Dalam buku pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi disebutkan bahwa, Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan unsur penunjang Perguruan Tinggi dalam kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itu Perpustakaan perlu mengadakan, menghimpun, mengolah, menyimpan dan melayankan koleksinya yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh Penggunanya. Mengingat begitu berarti dan pentingnya perpustakaan bagi Penggunanya, maka perlu diadakan suatu kegiatan yang memperlihatkan dan menjelaskan manfaat pentingnya Perpustakaan bagi seluruh sivitas akademikanya. Hal yang sering terjadi adalah bahwa kemampuan pemakai dalam memanfaatkan Perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Selain itu Perpustakaan diharapkan mampu untuk mendidik pemakai untuk tertib dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan semua koleksinya secara maksimal. Dengan demikian Perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila penggunanya dapat mengetahui dengan baik dan cepat di mana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan."
JUPITER 14:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Syafinas
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan, koleksi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta harapan pemustaka untuk kemajuan layanan Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei.
Hasil penelitian ini persepsi pemustaka terhadap layanan adalah baik dengan skor 2,83. Persepsi pemustaka terhadap koleksi adalah baik dengan skor 2,77. Persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah baik dengan skor 2,84. Persepsi pemustaka terhadap sarana dan prasarana adalah baik dengan skor 2,78. Rentang untuk kategori baik adalah 2,6-3,3. Harapan pemustaka adalah sebanyak 17,1% mengaharapkan untuk memperbaiki sarana internet agar server yang digunakan tidak mudah down, 16,2% mengharapakan untuk memperluas ruang baca, dan 8,6% mengharapkan untuk memperbanyak koleksi.

This thesis is studying about users perception to Universitas Katolik Atma Jaya library service. The purpose of this study is to understand user perception about the service, collection, librarians, facilities and infrastructure, and user expectation for Universitas Katolik Atma Jaya library service progress. The research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research is user perception about the service is good with a score of 2,83. User perception about the collection is good with a score of 2,77. User perception about the librarians is good with a score of 2,84. Range for good category is 2,6-3,3. User perception about the facilities and infrastuructue is god with a score 2,78. The user expectation is 17,1% expecting the internet can more better, 16,2% expecting to expand the reading room, and 8,6% expecting to expand the collection.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sintha Ratnawati
"Penelitian ini berlujuan mengukur dan mempelajari kualitas jasa yang dilihat dari besar dan arah perbedaan antara harapan dan persepsi pengguna terhadap pelayanan perpustakaan. Kerangka teoritis yang dituturkan di sini mengadaptasi Model Kesenjangan Kualitas Jasa. Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner dan dilengkapi dengan wawancara terhadap 276 mahasiswa.
Hasilnya menunjukkan kualitas jasa perpustakaan setempat tidak buruk, meskipun masih di bawah harapan pengguna. Dari identifikasi dimensi diketahui adanya lima dimensi yang menjadi dasar penilaian kualitas jasa, yaitu assurance, empati, responsiveness, reliabilitas, dan tangibles. Kelima dimensi tersebut mempunyai interkorelasi dalam pencapaian kualitas jasa. Masing-masing dimensi mempunyai derajat kepentingan dan menunjukkan tingkat kesenjangan yang berbeda. Reliabilitas dan tangibles merupakan dua dimensi yang dianggap paling penting namun kesenjangannya cenderung tinggi. Dalam hal reliabilitas, kekurangan tersebut mencakup keterbatasan koleksi, ketidakakuratan katalog terpasang, serta tidak terciptanya suasana tenang seperti yang terjadi di perpustakaan pada umumnya. Mengenai tangibles, tanggapan responden banyak berkaitan dengan sarana komputer yang terbatas serta sempitnya ruang baca yang tidak mampu menampung pengguna. Dalam hal assurance, responden melihat pengetahuan, keramahan, dan kernampuan petugas cukup memadai, sementara gangguan keramahan mengurangi kemantapan responden menggunakan jasa perpustakaan. Perhatian dan bantuan secara teknis, yang menjadi bagian dari dimensi empati, dipandang cukup baik. Walaupun demikian, perpustakaan diharapkan lebih memperhatikan kepentingan pengguna dalam mengembangkan jasa. Memaklumi adanya keterbatasan sumber daya, responden menilai petugas memberikan pelayanan dengan cukup cepat. Dilihat lebih jauh, kesenjangan itu terjadi akibat pihak perpustakaan kurang rnengetahui aspirasi pengguna serta komunikasi yang tidak terjalin dengan baik di antara keduanya. Penilaian dari sudut pandang pengguna akan membantu pengelola perpustakaan menentukan prioritas pembenahan pelayanan guna memberikan jasa yang sesuai dengan keperluan pengguna.

Identification of Dimension and Evaluation of Service Quality at Atma Jaya Catholic University Library - Jakarta The objective of this empirical research is to measure and study service quality based on magnitude and direction of the discrepancy between users' expectation and perception of library services. This conceptual framework adopts Gaps Model of Service Quality; Data were collected using questionnaire and interviews toward 276 students.
The findings indicate that service quality of the library is adequate, although it is lower than users' expectation. Identification of dimensions reveals five dimensions of service quality: assurance, empathy, responsiveness, reliability, and tangibles relevant to the library services. There is inter-correlation between five dimensions of service quality. Each dimension has different importance level and gap score. Reliability and tangibles are the most important dimensions while their gap magnitude are high. The gap in the reliability dimension came from lack of collections, inaccuracy of online catalogue, and unavailability of noiseless environment in the reading room commonly offered in the library. As to the tangibles, limited computer facilities, and overcrowded reading room, contribute to the high gap score. Meanwhile in the assurance dimension, library users appraise knowledge, ability and courtesy of library staff, whereas security vulnerability decrease respondents' confidence in using library services. Technical assistance and attention, which are compose empathy dimension, are appraised positively, although users still expect the library pay more attention to their need when designing service offered to them. Recognizing of library's limited resources, respondents justify that library staffs provide an adequate quick service. Further research's insight showed that discrepancy between users' expectation and perception of library services is caused by ineffective communication and lack of understanding of users' aspiration. Library user assessment will facilitate the library give right priority to the service improvement appropriate to the users' requirement."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10844
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>