Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120541 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mendy Andriana
"Penelitian ini mengambil judul: _Program Pendidikan pemakai untuk Siswa year 7 di The British International School, Tangerang. Masalah yang dimunculkan dalam penelitian ini ialah bahwa di The British International School sudah ada sebuah program orientasi untuk siswa namun materi yang tercakup di dalamnya masih belum lengkap. Hal ini dibuktikan dengan pengamatan oleh penulis yang menemukan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami informasi umum mengenai Secondary Library BIS dan juga belum memanfaatkan sumber-sumber informasi yang terdapat disana secara maksimal. Tujuan penelitian ialah memberi usulan program pendidikan pemakai untuk Secondary Library The British International School. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Wawancara dilakukan dengan empat orang staf Secondary Library BIS yang sudah mengetahui keadaan perpustakaan dengan baik. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi seharihari di Secondary Library BIS, kemampuan siswa dalam menggunakan perpustakaan serta kebijakan-kebijakan yang ada di sana sehingga dapat diketahui apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam usulan program pendidikan pemakai. Pengamatan juga dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan sehari-hari di Secondary Library BIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, dan bahwa program orientasi yang sudah ada di sana belum mencakup materi-materi penting yang seharusnya ada di sebuah program pendidikan pemakai. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum memanfaatkan perpustakaan dengan maksimal sehingga koleksi yang ada di SL BIS. Saran penelitian yaitu pustakawan harus lebih proaktif sehingga pemakaian perpustakaan bisa meningkat, harus mengadakan kerjasama dengan guru. Pustakawan juga diharapkan dapat memberikan program pendidikan pemakai yang lebih baik daripada yang sudah dijalankan sebelumnya di BIS. Penulis memberikan usulan program pendidikan pemakai yang bias diterapkan di Secondary Library BIS sesuai dengan hasil penelitian."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15295
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Aryani
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi library induction dalam menulis extended essay yang dilaksanakan setelah siswa year 12 di The British International School mengikuti library induction yang diberikan oleh manajer perpustakaan untuk selanjutnya ditanyakan kembali dalam kondisi dimana mereka sudah menyelesaikan extended essay mereka. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa membuat pertanyaan penelitian dalam menyiapkan extended essay, mengetahui bagaimana siswa menentukan kata kunci untuk penelusuran dalam menyiapkan extended essay, mengetahui apakah perpustakaan mempunyai sumber-sumber yang siswa perlukan dalam menyiapkan extended essay, mengetahui apa saja daftar situs yang digunakan oleh siswa sebagai sumber informasi dalam menyiapkan extended essay, dan mengetahui kemampuan menulis extended essay pasca library induction. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan cara memeriksa dokumen terkait, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini juga dikaitkan dengan model literasi informasi Empowering 8.

This undergraduate thesis covers the evaluation of library induction in writing an extended essay that is executed after year 12 students at The British International School follows the library induction was provided by the library manager then asked to return to in the conditions which they have completed their extended essay. This evaluation aims to determine how students make the research question in preparing the extended essay, to know how students learn to define keywords for searching in preparing the extended essay, to find out if the library has the resources that students need to prepare an extended essay, find out what are the list of sites used by students as a source of information in preparing an extended essay, and determine the ability to write an extended essay after library induction. This study was a qualitative research with case study method. The research data obtained by examining relevant documents, interviews, and observation. The results of this study was also associated with the information literacy model of Empowering 8."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43510
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Retno Widaty
"Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis perilaku pencarian informasi digital siswa asing year 12 di The British International School Jakarta. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku pencarian informasi digital siswa asing year 12 di BIS Jakarta dalam menyelesaikan extended essay, untuk mengetahui sumber dan saluran informasi digital yang paling sering digunakan, alasan yang mempengaruhi pemilihan sumber informasi digital tersebut, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang muncul berkaitan dengan pencarian informasi digital siswa asing tersebut.Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara berpedoman. Penentuan jumlah sampel berdasarkan pertimbangan informasi yang diperoleh mengenai jumlah populasi. Sampel dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber-sumber informasi digital yang sering digunakan oleh responden yaitu internet, khususnya web site. Alasan mereka menggunakan internet karena internet mudah digunakan, ketersediaan informasi yang melimpah, cepat dan mutakhir. Titik awal pencarian informasi responden di web site yaitu melalui search engine yang terdapat dalam www.google.com. Alasan mereka menggunakan search engine di www.google.com yaitu karena karena Google merupakan sumber yang bagus dan terpercaya, cepat dan tepat dalam menampilkan informasi yang dicari dan juga karena sederhana cara menggunakannya.Faktor eksternal yang menjadi hambatan dalam melakukan pencarian informasi yaitu koneksi internet yang lambat, banyak informasi yang ditemukan yang tidak relevan dengan informasi yang dicari, mahalnya harga sebuah informasi, link yang menjauhkan responden dari tempat informasi itu sendiri berada, penggunaan bahasa. Sementara faktor internal adalah kemampuan pencarian informasi yang dirasa kurang, kurangnya pemahaman responden mengenai sumber-sumber informasi digital yang dapat digunakan dalam mencari informasi, perubahan tujuan, lelah, frustasi, suasana hati yang sedang tidak baik.Model pencarian informasi digital siswa asing year 12 di BIS Jakarta yaitu dimulai dengan tahap mendefinisikan tugas, strategi-strategi pencarian informasi, lokasi dan akses, penggunaan informasi, sintesa dan evaluasi.Saran penelitian yaitu pustakawan atau staf perpustakaan perlu mengadakan pelatihan pencarian informasi dalam menggunakan sumber_sumber informasi, pustakawan ataupun staf perpustakaan di Secondary Resource Centre (SRC) perlu mendapat kesempatan dari pihak sekolah untuk turut terlibat dan bekerja sama dengan guru dalam kegiatan belajar mengajar dalam kaitannya dengan pengenalan dan pemanfaatan sumber-sumber informasi yang tersedia di SRC, dan perpustakaan perlu menambah sarana dan prasarana sumber informasi seperti buku, komputer, CD-ROM, kecepatan akses internet dan penambahan sumber-sumber informasi lainnya. Saran lain bagi pengelola web site yaitu perlu membuat kategorisasi subyek yang dapat memudahkan pencarian informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15679
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofi Suwaris
"Ada berbagai fungsi dan tujuan dari perpustakaan sekolah, salah satunya adalah untuk meningkatkan minat baca para siswa. Program Book Week merupakan suatu program yang bisa dilakukan oleh perpustakaan yang bertujuan untuk mengakrabkan anak dengan buku dan meningkatkan minat baca mereka. Penelitian mengenai Program Book Week di British International School bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan.dan minat para siswa terhadap program ini serta menunjukkan bagaimana program ini.mempengaruhi kegiatan membaca para siswanya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden, wawancara dengan para pustakawan serta dari pengamatan penulis sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa berminat terhadap berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam program Book Week. Aktivitas yang paling disukai secara berturut-turut adalah jumpa pengarang, aneka lomba, DEAR, Book Buddies, Readathon dan mendongeng. Aktivitas-aktivtas tersebut merangsang para siswa untuk membaca, terbukti dengan jawaban para siswa (60%) yang mengatakan bahwa mereka lebih banyak membaca ketika program Book Week berlangsung. Tanggapan para siswa terhadap keseluruhan program Book Week sangat postif, terbukti dengan jawaban para siswa yang sangat suka (35%) dan suka (31%) dengan acara Book Week. Program Book Week merupakan kegiatan yang menarik bagi anak-anak dan bisa dijadikan sebagai contoh program yang bisa dilakukan oleh perpustakaan-perpustakaan sekolah di Indonesia. Yang diperlukan hanyalah sedikit kreatifitas, antusiasme dan kerja keras dari para guru dan terutama pustakawan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15300
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naibaho, Kalarensi
"Sejak tahun 2007 perpustakaan Universitas Indonesia telah melaksanakan program literasi informasi untuk mahasiswa baru. Salah satu materi dalam program ini adalah pendidikan pemustaka"
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2015
020 VIS 17:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hanna Chaterina George
"Skripsi ini membahas kinerja modul sirkulasi OASIS di Perpustakaan Senior School, British International School. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 1994 - April 1995. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara keraa modul sirkulasi OASIS yaitu Borrowers, Overdue Notices, Circulation dan Stock-take, keuntungan dan kerugian sub-submodul tersebut, dan masalah serta pemecahannya.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, yaitu penulis terjun langsung dalam kegiatan sirkulasi perpustakaan yang menggunakan sub-submodul ini, serta dengan wawancara informal dengan staf perpustakaan setempat dan System Manager sekolah. Pembahasan cara keraa dan analisa keuntungan, kerugian, masalah serta pemecahannya dijelaskan.
Hasilnya menunjukkan bahwa modul sirkulasi OASIS menolong staf perpustakaan dalam mengawasi sirkulasi perpustakaan Senior School. Kegiatan sirkulasi perpustakaan dapat dilaksanakan dengan lebih cepat, tepat dan akurat. Namun demikian. di samping manfaat positif juga ditemui kekurangan pemanfaatannya. Keunggulan dan kerugian pemanfaatannya dijelaskan. Pembahasan tersebut mengungkapkan banyaknya keuntungan-keuntungan yang diperoleh jika dibandingkan dengan kerugian pemanfaatannya. Masalah yang dihadapi terjadi pada masalah tekhnis yaitu listrik padam dan kerusakan pada perangkat keras komputer. Langkah-langkah pemecahannya dijelaskan.
Penerapan perangkat lunak OASIS untuk sirkulasi di perpustakaan Senior School sudah membantu staf dalam melakukan tugasnya dengan lebih baik, tetapi untuk meningkatkan pengawasan terhadap koleksi perpustakaannya, dapat dilakukan usaha_usaha berikut: (1).Melakukan siocktake dalam suatu jangka waktu tertentu di ke-tiga perpustakaan, sehingga staf dapat mengetahui kondisi koleksinya dan mengambil langkah_langkah tertentu bila diperlukan; (2).Pembuatan surat peringatan untuk pengembalian bahan perpustakaan yang telah lewat waktu tidak saja dilakukan terhadap siswa, tetapi juga dilakukan terhadap semua anggota perpustakaan,(3).Staf dapat mengingatkan anggota perpustakaan yang telah menandon bahan perpustakaan tertentu dengan membuat Reserve Notices."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15108
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wihadiyani Dwi Rahmah
"Pemerintah pusat menjadikan pendidikan sebagai prioritas nasional sehingga diberikannya bantuan berupa DAK Fisik Pendidikan untuk membenahi sarana prasarana pendidikan di daerah. Kabupaten Tangerang menjadi salah satu daerah yang mendapatkan bantuan dengan peningkatakan DAK Fisik Pendidikan SD secara signifikan setiap tahunnya. Namun dari anggaran tersebut kondisi sarana prasarana pendidikan SD masih rendah dan banyak sekolah yang kurang mampu belum mendapatkan bantuan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana efektivitas dalam penggunaan anggaran DAK Fisik Pendidikan SD yang dapat dilihat dalam proses pengelolaan yang mengacu pada teori efektivitas dan pengelolaan keuangan daerah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan post positivist dengan jenis penelitian deskriptif serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaannya masih kurang baik dan efektivitas yang kurang efektif. Kondisi sekolah yang masih rendah disebabkan jumlah sekolah yang sangat banyak menyebabkan kesusahan dalam realisasinya dan sekolah yang tidak mendapatkan bantuan anggaran disebabkan oleh tidak validnya data kondisi sekolah di dapodik sehingga tidak sinkron dengan perencanaan. Solusi utama dari penelitian ini adalah Dinas pendidikan harus melakukan pemetaan kebutuhan sarana prasarana terhadap semua sekolah dengan melibatkan tim teknis sehingga daerah mempunyai base data yang lengkap dan akurat.

The central government makes education a national priority so that the aid is given by Education Physical Special Allocation Fund to fix the facilities of the education infrastructure in the area. Tangerang Regency became one of the areas that get assistance with the improvement of DAK Physical education SD significantly annually. But from the budget, the condition of education infrastructure is still low and many schools are not able to get assistance. Therefore, this research aims to analyse how effectiveness in the use of budget DAK physical Education SD that can be seen in the management process that refers to the theory of effectiveness and management of regional finances. The research method used in this study is through post positivist approach with descriptive research and data collection techniques through in-depth interviews and literature studies. The results of this research show that the management is still less good and effectiveness is less effective. School conditions are still low due to the number of schools that very much cause distress in their realisations and schools that do not get the budget assistance caused by not validnya data of school conditions in the dapodic so as not in sync with the planning. The main solution of this research is the education Office should do mapping the needs of infrastructure to all schools by involving technical teams so that the region has a complete and accurate base data."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marlisa Endah Nur Habsari
"Pendidikan kewarganegaraan (Civic Education) menurut Cogan & Derricott (1998) harus diajarkan secara sadar melalui sekolah, karena demokrasi tidak muncul secara alamiah. Oleh karena itu, untuk membangun dan mempertahankan lembaga demokrasi, sekolah harus mendidik generasi muda (young citizen) prinsip-prinsip dan praktik demokrasi (Bahmuller & Patrick, 1999). Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat dipahami pendidikan kewarganegaraan (civic education) mempunyai peranan penting untuk mempersiapkan warganegara untuk mendukung dan mengembangkan sistem politik yang demokratis.
Tesis ini bertujuan melacak faktor determinan pembentuk karakter siswa dan mengevaluasi pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN) ketercapaian tujuan kurikulum untuk membentuk karakter siswa dan ketahanan individu di SMAN 2 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen untuk memahami konteks riil di lapangan. Informan yang diteliti adalah delapan (8) siswa kelas XI, guru PKN, wakil kepala sekolah, dan guru BK.
Hasil studi lapangan menunjukkan bahwa baik siswa dan guru menyadari pentingnya pelajaran PKN untuk memberi pemahaman bagaimana karakter warga negara yang baik dan mendorong kesadaran sikap akan ketahanan individu. Tes dan ujian sekolah sebagai tolok ukur pengetahuan siswa terhadap substansi PKN menunjukkan rata-rata hasil positif.
Dapat disimpulkan bahwa analisis teoritis yang didukung dengan studi lapangan di SMAN 2 Tangerang Selatan menunjukkan bahwa PKN ini mampu memberikan pengetahuan siswa tentang karakter ideal warga negara serta mendorong pemahaman siswa memiliki ketahanan individu melalui cara pandang dan sikap terhadap negara dan ATHG yang dihadapi Indonesia.

According to Cogan & Derricott (1998), Citizenship or Civic Education must be intentionally taught through school because democracy does not emerge naturally. Therefore, to build and sustain democratic institutions, schools should educate young people (young citizens) the principles and practices of democracy (Bahmuller & Patrick, 1999). Based on these opinions, it can be emphasized that citizenship or civic education has an important role to prepare citizens to support and develop a democratic political system.
This thesis aims to track the determinant factors of students? character formation and to evaluate civic education lesson (Pendidikan Kewarganegaraan/PKN) outcome in accordance to curriculum objectives that attempt to build character and self-resilience of the students at SMAN 2 Tangerang Selatan. The methodology of this thesis is using a qualitative approach with a case study its research method. Data retrieval techniques using in-depth interviews, observation, and documents study to understand the real context in the field. Informants of this research comprised eight (8) students of class XI, PKN teachers, vice-principals, and Education Counselling (Bimbingan Konseling/BK) teachers.
The results of field studies revealed that both students and teachers aware of the importance of PKN lesson that gives an understanding on how should the character of good citizens and encouraging an awareness to the attitudes of self-resilience. Tests and exams are indicators to measure level of students' comprehension on PKN materials and the result showed a positive correlation between test results and students? knowledge on character and self-resilience.
It can be concluded that the theoretical analysis supported by a case study in SMAN 2 Tangerang, indicates PKN as being able to provide students with knowledge to the ideal character of the citizens and to encourage student comprehension on a self-resilience perspective and attitude towards the state and ATHG facing Indonesia.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Banowati
"ABSTRAK
Alih kode merupakan fenomena menarik yang sering terjadi pada masyarakat dwibahasa. Pergantian dari satu bahasa atau ragam bahasa ke bahasa atau ragam bahasa lain mempengaruhi keadaan atau dilakukan sesuai dengan keperluan para penuturnya. Peristiwa alih kode dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya banyak terjadi di antara masyarakat terpelajar di kota-kota besar seperti Jakarta, dan khususnya di lingkungan sekolah internasional di mana dipergunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
Penelitian mengenai pemakaian alih kode di Indonesia menjadi sangat menarik karena beragamnya bahasa yang digunakan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli bahasa menyimpulkan bahwa kemampuan beralih kode pada para siswa sekolah di metropolitan sebagian besar diperoleh dari pendidikan formal di sekolah. Oleh karena itu maka penulisan ini dilakukan dengan melakukan penelitian pada siswa-siswa di Gandhi Memorial International School, sebagai sekolah internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
Tujuan penulisan ini dilakukan untuk mengetahui fungsi-fungsi alih kode dalam percakapan yang dilakukan oleh siswa-siswa Ghandi Memorial International School. Melalui penulisan skripsi ini diharapkan diperoleh suatu pemahaman di bidang sosiolinguistik sebagai bahan penelitian lanjutan mengenai fungsi-fungsi alih kode pada masyarakat dwibahasa di Indonesia.

"
1990
S13981
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ditta Irma Arimurti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan gizi pada siswa sekolah dasar setelah mendapatkan intervensi dengan menggunakan komik. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimental sebenarnya dengan metode acak sederhana. Penelitian dilakukan kepada 75 siswa dengan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dependen dan ANOVA.
Hasil penelitian menunjukkan adanya rata-rata skor pengetahuan yang lebih tinggi saat post-test dibandingkan dengan pre-test pada kelompok perlakuan komik. Selain itu, terdapat rata-rata skor pengetahuan yang lebih tinggi pada kelompok komik dibandingkan dengan kelompok buku dan kelompok komik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Maka dari itu, komik dianggap sebagai media yang lebih efektif dalam menyampaikan pesan gizi seimbang bagi anak SD.

The purpose of this study is to determine the change in nutritional knowledge of elementary school students after receiving a nutrition education by using comic. This study uses true experimental method and simple random sampling. Study conducted to 75 students using questionnaire before and after intervention. Statistical test used are paired t-test and ANOVA.
The result shows that the average scores increased significantly between before and after intervention on comic group. Furthermore, the average score on comic group is higher than those of book group and control group at post-tests. Therefore, comic is recommended as media to deliver nutritional knowledge for elementary school students.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>