Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 40320 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdul Aziz Said
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1982
S16708
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Untari Kusumowati
"Suatu Sistem Pengendalian Internal selalu terdiri dari unsur prosedur dan unsur personil pelaksananya. Karena itu, disamping penerapan berbagai prosedur yang memadai, efektivitas suatu Sistem Pengendalian Internal terutama ditentukan oleh para personil pelaksananya. Sistem Pengendalian Internal yang paling canggih sekalipun tidak akan dapat berfungsi dengan baik bila para personil yang terlibat dalam pelaksanaannya tidak memiliki kualitas yang memadai, baik dalam hal kesehatan fisik, kemampuan intelektual, maupun kondisi ruhaninya. Kondisi ruhani ini penting diperhatikan, karena kualitas ruhani yang buruk akan menyebabkan manusia yang bersangkutan tidak memiliki pertimbangan moral dalam perilakunya walaupun kesehatan fisik dan kemampuan intelektualnya memadai. Hal ini tentu saja akan memperlemah Sistem Pengendalian Internal yang diterapkan. Skripsi ini mencoba mendeskripsikan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia (terutama dari segi mental) dalam suatu Sistem Pengendalian Internal, serta mencoba memberikan sumbangan pemikiran mengenai alternatif cara peningkatan kualitas sumber daya tersebut. Untuk memberikan gambaran yang konkret, maka skripsi ini mengangkat penerapan Sistem Pengendalian Internal di Rumah Sakit Islam Jakarta Timur yang menyelenggarakan program pembinaan mental bagi para karyawannya sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas mereka. Berbagai data yang diperlukan untuk penulisan skripsi ini diperoleh penulis dengan cara melakukan wawancara dan angket dengan para personil yang terkait dengan masalah ini di Rumah Sakit Islam Jakarta Timur. Selain itu, penulis juga melakukan studi kepustakaan untuk mendapatkan landasan teoritis mengenai Sistem Pengendalian Internal dan peningkatan kualitas mental sumber daya manusia. Pada akhirnya, penulis mendapatkan bahwa program pembinaan mental bagi para karyawan sangat menunjang Rumah Sakit Islam Jakarta Timur dalam mencapai tujuannya, meskipun tentu saja masih diperlukan banyak perbaikan untuk mencapai hasil yang lebih baik."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1996
S19036
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Poerba, R. Yulie
Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veronika Lutfi Anindhita
"Laporan magang ini membahas pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X dalam melakukan pembayaran In House Transfer. Tujuan ditulisnya laporan magang ini adalah memberikan evaluasi terhadap implementasi pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X berdasarkan pada tiga prinsip Control Activities menurut COSO yaitu memilih dan membangun aktivitas pengendalian untuk mencegah risiko dalam upaya mencapai tujuan suatu entitas, memilih dan membangun aktivitas pengendalian atas teknologi dalam rangka mendukung upaya mencapai tujuan yang ditetapkan, serta menerapkan aktivitas pengendalian dengan mengevaluasi kebijakan yang telah ditetapkan. Dari hasil evaluasi, PT. X masih perlu meninjau kembali otorisasi akses masuk ke dalam sistem agar pengendalian internalnya dapat berjalan dengan lebih efektif. Bab terakhir dari laporan ini membahas refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dilakukan. Tujuannya adalah mengevaluasi pengalaman yang diperoleh selama magang.

This internship report discusses the internal control implemented by PT. X in doing In House Transfer payment. The objective of this report is to give an evaluation towards the implementation of internal control by PT. X based on three control activities principles by COSO (2013), which are choose and establish control activities to mitigate the occurance of the risk while trying to achieve the entitiys objectives, choose and establish control activities towards technology to support the effort of achieving objectives, and implement the control activities by doing a review towards policies that has been develop. The result of the evaluation shows that PT. X should review about authorization of entry access to company system so that the internal control would be more effective. The last part of this internship report discusses about self reflection of internship experience. The objective of this self reflection is to evaluate the experiences that gained during the internship program."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Wirasanti
"Rumah Sakit X Jakarta sebagai rumah sakit umum swasta harus mampu menghemat biaya untuk meningkatkan profitnya agar dapat bertahan dan berkembang. Oleh karena itu, Rumah Sakit X Jakarta memiliki Sub Unit Cost Control agar dapat menghemat pengeluaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran peranan dan fungsi sub unit Cost Control Rumah Sakit X Jakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam dan telaah dokumen, dengan triangulasi pada metode dan sumber untuk memperoleh data yang spesifik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran dan fungsi petugas Cost Control adalah secara teknis melakukan pencatatan dan pelaporan terhadap penyimpangan antara aktual dengan standar biaya yang ditetapkan dari barang persediaan dan aset tetap (fixed asset), serta melakukan penghitungan satuan biaya seluruh pelayanan. Namun, software fixed asset belum dapat diterapkan, dan sistem informasinya tidak terintegrasi, sehingga informasi yang tersedia kurang akurat untuk melakukan pengendalian. Dengan demikian, petugas Cost Control sebaiknya lebih meningkatkan koordinasi dengan unit pengguna dan bagian pemeliharaan untuk mengup-date informasi mengenai fixed asset, sehingga peran dan fungsi pengendalian biaya terutama terkait fixed asset menjadi optimal.

Rumah Sakit X Jakarta, as a private hospital has to contain cost to enhance profitability in order to survive and grow. Hence, Rumah Sakit X Jakarta has Sub Unit Cost Control to contain its cost effectively. This research aims to perceive the role and function implementation description of Sub Unit Cost Control in Rumah Sakit X Jakarta. The research design is descriptive qualitative with indepth interview and document study. It uses method and source triangulation to gain specific data.
The research shows that the role and function implementation of Cost Control officer is technically focus on recording and reporting the deviation between actual and standard cost performance of stock inventory and fixed asset, also in computing unit cost for all services. However, the fixed asset software is inapplicable yet, and information system has not integrated, that information available for controlling are less accurate. Therefore, Cost Control Officer ought to increase coordination with user and Maintenance Department for up-dating fixed asset information, so that, role and function of controlling cost, especially for fixed asset can be optimal."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S5785
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Boy Subirosa Sabarguna
Jakarta: Sagung Seto, 2008
362.1 BOY p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Thomas Peter Budisusetija
"Pembiayaan rumah sakit di Indonesia menghadapi masalah keterbatasan dana, sebagai akibat dari perkembangan dan perubahan lingkungan yang cepat. Upaya mengatasi masalah ini diarahkan dengan mengembangkan manajemen keuangan, dan salah satu proses terpenting dalam manajemen keuangan adalah perencanaan anggaran. Sesuai dengan tujuan dan fungsi suatu anggaran, yang akan menjadi sarana menunjang upaya mencapai efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan sumber daya berupa uang.
Penelitian diselenggarakan untuk memberi masukan pada manajemen mengenai masalah - masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan proses perencanaan anggaran. Penelitian ini merupakan penelitian operasional, sebagai suatu cara untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapai (problem solving).
Berdasar data yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan metoda Delphi, didapatkan bahwa masalah yang dihadapai dalam proses perencanaan anggaran terutama adalah masalah organisasi dan sumber daya manusia sebagai pelaksana. Masalah lain terkait dengan kondisi dasar RSKD sebagai rumah sakit pemerintah yang dikelola Yayasan, sehingga rumah sakit masih menggunakan berbagai sistem yang digunakan rumah sakit pemerintah.
Alternatif pemecahan masalah yang dapat diajukan dalam kondisi demikian, akan merupakan alternatif yang bersifat sebagai langkah antara, dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan seluruh jajaran didalam proses. Dengan harapan bahwa dengan menggunakan pola partisipasi didalam proses akan dapat diciptakan suatu kondisi dimana anggaran dilihat sebagai suatu hal yang penting bagi organisasi. Sehingga pada saat rumah sakit menyelenggarakan pembenahan sistem - sistem lain yang terkait akan dapat dikembangkan sistem yang menunjang kebutuhan rumah sakit secara keseluruhan.

Budgetary Process Evaluation in "Dharmais" Cancer Hospital, JakartaHospital growth and its quick changing environment has caused the emergence of financial problem due to fund shortage. Financial management methods were used to help these hospitals in dealing with the problem and one of the most important step in financial management is the Budgetary process. This process will help any organizations in achieving efficient and effective use of resources.
This research were designed to evaluate current method of preparing a budget in "Dharmais" Cancer Hospital, and the result will help the management in choosing alternative step in developing the process. As the objective of a Budget for every organizations are to use limited resources efficiently and effectively.
Results shows that Dharmais Cancer Hospital, are facing organizational and man power problem in the budget preparation process, as well as other problems that are related to the hospital's basic conditions.
With these results, the alternative would serve as a side step in the overall development of a better budgetary process. This alternative was choosers after considering the limitation encountered in the hospital, and to give an opportunity for the management to develop all the needed supporting system in the budgetary process. While at the same time create a condition, where all parties concerned will have the same perception as to the importance of a budget to the organization.
"
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chairunnisa
"

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis desain dan penerapan pengendalian internal pada siklus pembelian PT X serta memberikan rekomendasi cara-cara optimalisasi pengendalian internal. Penelitian ini dilakukan dipicu oleh banyaknya kasus pencurian dan penyalahgunaan aset di PT X dari 2015-2017 yang menunjukkan kelemahan pengendalian internal terutama pada siklus pembelian. Analisis atas desain dan penerapan pengendalian dilakukan dengan mengacu pada kerangka kerja pengendalian internal yang dikeluarkan oleh COSO tahun 2013 dan komponen yang dinilai yaitu control environment, control activity dan monitoring activity. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder berupa peraturan perusahaan yang kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode content analysis. Dari hasil penelitian ini, masih ditemukan kelemahan baik dari sisi desain maupun penerapan pada masing-masing komponen pengendalian internal COSO pada PT X. Pada komponen control environment, kelemahan disebabkan oleh penerapan yang kurang memadai pada sub komponen tone at the top, code of ethics, pembagian dan pemisahan tugas, evaluasi kompetensi dan tindak lanjut perbaikan, manajemen sumber daya manusia, sistem penilaian kinerja dan peninjauan atas tekanan. Pada komponen control activity, kelemahan disebabkan karena aktivitas pengendalian belum dipilih berdasarkan hasil penilaian risiko, belum dilakukan evaluasi atas pengendalian yang diterapkan, belum adanya pertimbangan penerapan pengendalian pada level aktivitas yang sesuai serta peninjauan berkala atas kesesuaian aktivitas pengendalian dengan lingkungan bisnis organisasi. Pada komponen monitoring activity, kelemahan disebabkan proses evaluasi yang kurang memadai, belum adanya kebijakan yang mengharuskan evaluasi pengendalian internal ketika terjadi perubahan struktur organisasi serta pemantauan pelaksanaan tindakan perbaikan yang masing kurang memadai. Atas kelemahan tersebut, PT X diharapkan mempertimbangkan melaksanakan rekomendasi cara-cara perbaikan pengendalian internal pada siklus pembelian.


The purpose of this research is to analyze the design and implementation of internal control at PT X’s purchasing cycle and to give recommendations in ways to optimize its internal control. This research is based on the fact that there are a lot of theft and asset misappropriation cases at PT X from 2015 to 2017 which is a signal of weak internal control in purchasing cycle. The analysis is done based on the internal control framework issued by COSO on 2013 and the components that being analyzed in this study are control environment, control activity and monitoring activity component. The data used in this research namely primary data that is gathered from interview and observation also secondary data that taken from company regulations. This data will be analyzed by using content analysis method. From this research, it shows that there are a lot of internal control weaknesses at PT X’s purchasing cycle based on COSO Internal Control Framework. On control environment component, the weaknesses source from lack of tone at the top and code of ethics, lack of segregation of duties, deficiencies in evaluating competence and address shortcomings, inadequacy in human source management, incapability in doing performance measurement and considering excessive pressures. On control activity component, the weaknesses source from the control activity has not chosen based on the risk assessment result, evaluation on mix of control activity types has not been done properly, consideration on what level control activities are applied has not been done fairly and reassessing policies and procedures has not been done routinely. On monitoring activity, weaknesses come from the ongoing and separate evaluations that has not been done sufficiently, absence in policy that considering the evaluation of company procedure when corporate structure is changing and lastly is the monitoring actions has not been done adequately. From all this weaknesses, PT X can reconsider to do the recommendation to optimize its internal control in purchasing cycle.

 

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Rifa Suri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah yang dilakukan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia X apakah sudah sesuai dengan ketentuan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008. Sistem pengendalian internal perlu diterapkan dengan baik guna memberikan kelayakan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efisien dan efektif, pengamanan aset negara, ketaatan pada peraturan perundang-undangan, dan keandalan pelaporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode evaluasi data yakni identifikasi subjek, kriteria evaluasi, menentukan keseluruhan evaluasi, menarik kesimpulan, dan memberikan rekomendasi. Adapun instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan analisis dokumentasi yang dimiliki oleh KJRI X. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa seluruh unsur SPI telah ada namun masih perlu dilakukan perbaikan dalam beberapa aspek untuk meminimalisir adanya risiko salah saji pada laporan keuangan, ketidakwajaran nominal penawaran harga, ketidakakuratan hasil report dari sistem aplikasi, maupun ketidakmampuan pegawai dalam menjalankan wewenang atas tugas dan fungsinya.

This study aims to evaluate the implementation of Government Internal Control System carried out by the Consulate General of the Republic of Indonesia X and whether it is following the provisions of the Government Internal Control System regulated in Government Regulation No. 60 of 2008. The internal control system needs to be appropriately implemented to provide adequate feasibility for achieving organizational goals through efficient and effective activities, safeguarding state assets, compliance with laws and regulations, and reliability of financial reporting. This research is qualitative research with data evaluation methods, namely subject identification, evaluation criteria, the overall evaluation, concluding, and recommendations. The research instruments are in the form of observations, interviews, and analysis of documentation owned by the Consulate General of the Republic of Indonesia X. The result of this research is known that all elements of Government Internal Control System already exist but need to be improved in several aspects to minimize the risk of misstatement in financial statements, the unfairness of nominal quotes, inaccuracies in report results from the application system, as well as the inability of employees to carry out their authority over their duties and functions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf Zidane
"Laporan magang ini mengevaluasi pengendalian internal dalam proses penghapusan persediaan bahan baku di PT X yang bergerak pada industry FMCG di Indonesia. Sebagai korporasi besar, pengendalian internal yang efektif dan kuat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kinerja dan daya saingnya. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kesesuaian antara praktek pengendalian internal dalam prosedur penghapusan persediaan bahan baku di PT X saat ini dengan teori pengendalian internal yang relevan dan lingkup pembahasan akan berfokus pada komponen Control Activities. Evaluasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa pengendalian internal dalam prosedur penghapusan persediaan bahan baku di PT X telah cukup memadai walaupun masih memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan yang ditemukan berakar dari celah integrasi sistem dan kesenjangan pengetahuan pengguna. Berdasarkan hasil evalusi, telah dirumuskan beberapa rekomendasi yang dapat diterapkan PT X untuk meningkatkan efektivitas dan menutup kelemahan pengendalian internal dalam prosedur penghapusan persediaan bahan bakunya.

This internship report evaluates internal control in the process of writing off raw material inventory at PT X which is engaged in the FMCG industry in Indonesia. As a large corporation, effective and strong internal control is one of the keys to maintaining its performance and competitiveness. The evaluation is carried out by comparing the suitability of internal control practices in the current procedure for writing off raw material inventories at PT X with relevant internal control theories and the scope of the discussion will focus on the Control Activities component. The evaluation that has been carried out shows that the internal control in the procedure for writing off raw material inventory at PT X is quite adequate, although it still has some weaknesses. The weaknesses found are rooted in system integration gaps and user knowledge gaps. Based on the evaluation results, several recommendations have been formulated that can be implemented by PT X to increase effectiveness and cover internal control weaknesses in the procedure for writing off raw material inventories."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>