Ditemukan 38850 dokumen yang sesuai dengan query
Sila Wardono
2008
T39869
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Sylvia Hadiani Wijayanti
"Mesin pengisi otomatis ini merupakan purwarupa mesin pengisi industri yang meniru proses pengisian suatu wadah dengan sistem otomatis. Proses pengisian yang berlangsung adalah pengisian bola besi ke dalam wadah berupa kaleng. Mesin ini menggunakan kontrol berbasis Programmable Logic Controller (PLC) di mana PLC berfungsi sebagai pengendali jalannya sistem kerja mesin. Penghubung antara komputer, PLC, dan mesin menggunakan adapter USB ke RS 422. Sistem kerja dari mesin ini dimulai dari mengeluarkan wadah dari tempat penyimpanan stasion 1, menuju ke tempat pengisian stasion 2 yang merupakan stasion pengisian. Setelah selesai melakukan pengisian, wadah diberi tutup pada station 3 yang selanjutnya dipindahkan ke tempat akhir. Segala proses pergerakan wadah dari awal sampai akhir dapat dilakukan secara otomatis, tanpa harus digerakkan oleh manusia. Mesin ini diharapkan dapat membantu mahasiswa ATMI Cikarang dalam proses pembelajaran dan pemahaman tentang proses otomasi industri.
Automatic filling machine is a prototype of industrial filling machine that imitate filling process with automatic system. Filling process be held with fill a tin can with iron balls. This machine controlled by Programmable Logic Controller (PLC) where the PLC functionate as a major controller of work system. Communicator between computer, PLC, and machine used an USB to RS 422 adapter. Working system of this machine started with release a tin can from storage station 1, head to station 2 for fill the tin can with iron balls. When tin can filled with iron balls, tin can moved to station 3 to get lid, then head to end place for packaging. All movement of this machine can do without human assistance. This machine be expected help students of ATMI Cikarang who learn about industrial automation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65327
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Teguh Imanto
"Dalam proses perakitan shock absorber kendaraan bermotor terdapat proses pengisian oli, proses ini sangat penting karena berhubungan langsung dengan kualitas shock absorber yang diproduksi. Parameter yang sangat penting dalarn proses pengisian oli ini adalah volume. Pengaturan volume pada mesin pengisian oli dalam Tugas Akhir ini dilakukan melalui mekanisme pengaturan posisi oleh sebuah motor servo. Putaran dari motor servo dirubah menjadi gerakan tranlasi melalui ball screw dan dihubungkan dengan piston rod silinder hidrolis, sehingga ketika motor berputar piston silinder bergerak sepanjang silinder. Silinder hidrolis ini merupakan penakar volume oli yang akan dimasukkan ke dalam shock absorber. Supaya proses pengisian oli ke dalam shock absorber dapat terjadi diperlukan pengaturan arah aliran oli. Arah aliran oli diatur melalui pengaturankatup solenoid, katup pertama menghubungkan tangki penampung oli dan silinder sedangkan katup yang kedua menhubungkan silinder dan Benda keda atau shock absorber. Ketika katup pertama terbuka dan katup kedua tertutup maka oli akan bergerak ke dalam silinder dan seat katup pertama tertutup dan katup kedua terbuka maka oli dari dalam silinder akan bergerak ke dalam shock absorber. Pengaturan sekuensial pada mesin pengisian oli ini dilakukan oleh PLC dalam hal ini PLC sebagai pengatur pads open loop control, selain itu PLC juga sebagai positioning controller yang memberikan masukkan berupa pulsa yang merepresentasikan posisi ke servo amplifier. Sistem kontrol dengan umpan balik atau close loop control dalam rancangan mesin pengisian oli ini terdapat pada sitem pengaturan posisi antara servo amplifier dan motor servo."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40056
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mochamad Rusli
Malang: Universitas Brawijaya Press, 2017
511.313 MOC d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Titin Nur`Ani
"Coupled drives apparatus adalah suatu sistem multivariabel yang dirancang untuk menunjukkan pengendalian kecepatan motor dan tension material. Sistem ini, dengan penggerak yang saling berinteraksi, banyak digunakan dalam aplikasi industri. Coupled drives apparatus mempakan sistem dengan dua masukan dan dua keluaran. Masukannya berupa dua buah motor DC, sedangkan keluarannya berupa kecepatan dan rension. Dalam tesis ini, dilakukan perancangan pengendali optimal kuadratik dan pra kompensator dengan menggunakan model-model diskrit, yang didapat dari respon lingkar terbuka sistem (kecepatan dan tension). Pengujian hasil perancangan sistem pengendali dilakukan dengan simulasi menggunakan program Matlab - Simulink dan memberikan hasil yang baik.
Coupled drives apparatus is a multivariable system designed to demonstrate how to control motor speed and material tension. This system, with an interacting drives, is used in many industrial application. Coupled drives apparatus is a two input - two output (TITO) system. The inputs are two dc motors, and the outputs are speed and tension. In this thesis, we design this system with quadratic optimal controller and pre compensator based on discrete models, which get from open loop speed and tension response. The result from controller system design tested with simulation using Matlab - Simulink, and the result is good."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16166
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Adil Rionaldi
"
ABSTRAKGokart sebagai kendaraan mini lebih dikenal sebagai kendaraan untuk balapan. Gokart tidak memiliki suatu sistim penyerap goncangan pada struktur rangkanya. Sehingga beban yang terjadi akan diserap langsung oleh sasis itu sendiri, selanjutnya disalurkan ke ban depan dan belakang.
Pembahasan yang dilakukan pada tulisan ini adalah mengenai simulasi pembebanan yang terjadi pada as belakang gokart termaksud, dimana as belakang tersebut disimulasikan menerima beban yang berubah-ubah, yaitu pada kondisi diam, percepatan, perlambatan, tanjakan, turunan, belok kiri dan kanan serta beban akibat torsi dari mesin dan efek pengereman. Pada pembahasan ini dapat diketahui besarnya tegangan yang terjadi pada as belakang tersebut, titik-titik kritis serta translasi yang terjadi pada as belakang tersebut. Sehingga dapat diketahui pula batas-batas pembebanan yang aman bagi gokart tersebut.
"
2001
S37104
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kuo, Benjamin Chung-i, 1930-
Jakarta: Prenhallindo, 1998
629.8 KUO t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Parlindungan, Hapri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38472
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Suharto, 1944-
Jakarta: Djambatan, 1985
629.83 SUH t (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Ogata, Katsuhiko
Jakarta: Erlangga, 1985
629.8 OGA mt II (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library