Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59771 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aminudin
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S34400
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andardi Achadiputra
"Skripsi ini membahas mengenai pengelolaan retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum yang merupakan penelitian positivis dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori administrasi Pendapatan Daerah oleh M. Ikhsan dan Roy V. Salomo dan Nick Devas. Indikator dalam penelitian ini adalah Identifikasi, Penilaian, Penagihan/Pemungutan, Pembukuan, dan Penegakkan Hukum. Identifikasi subjek dan objek retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan umum dilakukan dengan terjun lapangan. Penetapan Retribusi berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2012.
Observasi dilakukan ke lokasi parkir di Samsat Serpong dan Rumah Makan H. Mamat untuk mengetahui bagaimana pelaksanan pemungutan retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum. Pembukuan dilakukan oleh Bendahara Penerimaan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan. Penegakan Hukum dilakukan oleh Petugas Lapangan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika bersama dengan satuan Polisi Pamong Praja.
Hasil penelitian yang didapatkan yaitu masih Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum belum dikelola dengan baik karena masih ditemukan beberapa permasalahan. Setelah penelitian ini dilakukan, menghasilkan rekomendasi agar lebih giat dalam mensosialisasikan produk hukum tentang perparkiran, lebih tegas dalam menindak pelanggaran, dan membuat marka parkir di lokasi parkir on street.

This thesis discusses about Organizer of On Street Parkir Charges. This Study is a positivist research by using descriptive research type. The Theory used is Theory of Local Revenue Administration by M. Ikhsan and Roy V. Salomo and a theory by Nick Devas. Indicator in this research is Identification, Assesment, Collection, Accountancy, and Maintenance of Law. Identification of On Street Parking Charges subject and object througt field research. The assesment of charges is based on Local Regulation Number 6, 2012.
Observations carried out to parking site at Samsat Serpong and H. Mamat Restaurant to know how the collection of on street parking charges. Accoutancy by Revenue Chamberlain. Maintenance of Law by Departement of Communication and Information’s field officer and Police of Pamong Praja. In term of organizer On Street Parking Charges founded few problems. The Problem is found from inteman of Departemen of Communication and Information and the external about the people’s paragidm that on street parking spot is belongs to public.
Result of this research is found a violation in organizer of On Street Parking. After research is completed, resulting in a recommendation to Departemen of Communication and Information is more often in term of socialiszation the Law about parking, more distinct in take action against violation, and draw the on street parking line.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S46042
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Medha Andika P.
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis latar belakang kebijakan kenaikan tarif retribusi parkir di tepi jalan umum rawan macet serta memaparkan proses formulasi kebijakan kenaikan tarif retribusi parkir di tepi jalan umum rawan macet di dalam peraturan daerah nomor 4 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data secara studi lapangan dan studi literatur dengan teknik analisis data secara kualitatif.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kebijakan kenaikan tarif retribusi parkir di tepi jalan umum rawan macet di latar belakangi agar meminimalisir jumlah kendaraan yang parkir di tepi jalan umum rawan macet, untuk merubah penggunaan transportasi dari menggunakan kendaraan pribadi menjadi menggunakan transportasi umum, dan memindahkan kendaraan yang parkir ke tepi jalan umum tidak rawan macet. Proses formulasi Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2012 melalui 6 tahap yaitu : Tahap Perencanaan, Tahap Penyusunan, Tahap Pembahasan, Tahap Evaluasi, Tahap Penetapan/Pengesahan, dan Tahap Pengundangan dan Penyebarluasan.

The purpose of this study is to analyze the background of policy rate increase parking fees on street parking with high visit ratio in Bogor and describe the process of policy formulation parking levy rate increase fees on-street parking with high visit ratio that stated in regulation No. 4 of 2012 on public service retribution. This study uses a qualitative approach with field studies, literature and observational studies as data collection method and qualitative data analysis technique.
The result of this study showed that the background of increasing parking fees on street parking with high visit ratio is to minimize the number of vehicles parked in that street and also expected to change the use of private vehicles to public transport dan stimulate the vehicle to parked in regular street. The process of formulation of the Regional Regulation No. 4 of 2012 through 6 stages: Stage Planning, Preparation Phase, Phase Discussion, Evaluation Phase, Phase Determination / Validation, and Stage promulgation and dissemination.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S52820
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maufi Imaduddin Muhtadi
"Penelitian ini membahas tentang formulasi kebijakan kenaikan tarif retribusi
parkir di tepi jalan umum di Kota Madiun. Formulasi kebijakan tersebut terjadi
disebabkan oleh perkembangan ekonomi Kota Madiun dan dinamika yang terjadi
di masyarakat Kota Madiun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data secara studi
kepustakaan (library research) dan wawancara tidak terstruktur dengan teknik
analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kebijakan
kenaikan tarif retribusi parkir di tepi jalan umum dilatarbelakangi oleh dorongan
untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkatkan fasilitas dan
pelayanan parkir di tepi jalan umum kepada masyarakat, dan mengurangi
kepadatan lalu lintas Kota Madiun. Permasalahan yang timbul dari kebijakan
kenaikan tarif retribusi parkir di tepi jalan umum di Kota Madiun antara lain
adalah adanya protes dari masyarakat tentang kenaikan tarif dikarenakan sebagian
besar Juru Parkir tidak memberikan karcis resmi, masih terdapat lokasi parkir di
tepi jalan umum yang ilegal, dan kurangnya pelayanan serta sarana dan prasarana
parkir di tepi jalan umum yang diberikan oleh Pemerintah Kota Madiun

This study discusses the formulation of policy on the rate increase off-street
parking charges in Madiun City. That’s policy formulation occur caused by
development of the economic and a dinamycs that happen by people in Madiun
City. The approach used in this study is a qualitative approach to data collection
methods in the literature study and interviews are not structured in a qualitative
data analysis techniques. The results of this study stated that the policy rate
increase off-street parking charges motivated by the urge to raise revenue (PAD)
in Madiun City, to improve the facilities and off-street parking public service for
society, and to reduce the traffic line density in Madiun City. Problems arising
from the policy rate increace parking charge in Madiun include protests from the
public about the rate increase was due to a most of Parker not give the official
parking tiket, there are persistence of the illegal off-street parking zone, and a
lack of services and facilities provided by the Madiun City Government.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.S. Handayani Ningsih
Depok: Universitas Indonesia, 1993
S7522
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Afiatry Putrika
"ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian mengenai lumut epifit di dua lokasi berbeda di
Universitas Indonesia (UI). Penelitian bertujuan untuk membandingkan
keragaman lumut epifit di hutan kota dan tepi jalan utama kampus. Terdapat 12
plot berukuran 25 x 25 m2 yang tersebar di hutan kota, sedangkan pada tepi jalan
utama kampus tersebar 9 transek garis sepanjang 50 m. Pada setiap plot dan
transek diambil 5 individu pohon sebagai sampel pohon inang. Subplot berukuran
15 x 15 cm2 yang berjumlah 8 subplot ditempatkan pada pada setiap pangkal
batang sampel pohon inang (0--200 cm). Hasil yang diperoleh menunjukkan
bahwa terdapat 23 spesies lumut epifit yang terdiri atas 21 spesies di hutan kota
dan 14 spesies ditemukan di tepi jalan utama kampus. Kesamaan komunitas
lumut epifit antara hutan kota dan tepi jalan utama kampus termasuk kategori
tinggi (Indeks kesamaan Sorenson = 0,73). Octoblepharum albidum merupakan
spesies dominan di hutan kota, sedangkan Calymperes tenerum dominan pada tepi
jalan utama kampus. Keragaman lumut epifit pada kedua lokasi tersebut tidak
berbeda signifikan dan termasuk kategori rendah berdasarkan indeks keragaman
Shanon Wiener (H?< 2).

Abstract
Research on epiphytic bryophytes has been conducted in two different
sites located in Universitas Indonesia (UI). Those sites were urban forest and
vegetation on main street margin of the campus. This study was carried out to
compare diversity of the bryophyte at both sites. Twelve plots of 25 x 25 m2 were
establish at the forest, while nine of 50 m line transect were made at the street
margin. Five trees of each plot or line transect were sampled. Eight sub plots of
15 x 15 cm2 were placed on each trunk base (0--200 cm) of the tree sampels. The
results obtained 23 species of epiphytic bryophytes, 21 species occured in the
forest and 14 species were found at street margin. The similarity of bryophyte
community between the forest and street margin based on Sorenson Similarity
were high (0.73). Octoblepharum albidum was the dominant species at the forest,
while Calymperes tenerum was dominant at the street margin. The diversity of
epiphyte bryophyte at both sites were categorized low based on Shannon Wiener
index (H?< 2), however there was not significantly different between those place."
2012
T30873
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Barus, Lita Sari
"Visi Kota Jakarta sebagai kota bisnis (service city) adalah peningkatan pelayanan. Salah satu misinya adalah pelayanan parkir. Upaya tersebut perlu didukung oleh masyarakat agar terjadi proses partisipasi opini publik (umpan balik) bagi perbaikan pelayanan parkir. Untuk dapat melibatkan masyarakat dalam sistem pengelolaan perparkiran, maka perlu diketahui opini masyarakat melalui pilihan kebijakan yang diharapkannya.
Pendekatan yang dilakukan adalah dengan studi literatur dan penjajakan terhadap opini para stakeholder, analisis karakteristik lokasi parkir, analisis karakteristik pengguna jasa parkir, analisis harapan pengguna jasa parkir, analisis data diskrit, analisis utilitas dan pembentukan model multinomial logic.
Penelitian dilakukan secara bertahap, setiap tahapan menghasilkan suatu temuan. Tahapan analisis opini para stakeholder menghasilkan temuan terhadap variabelvariabel yang perlu diperhatikan dan hubungan antar variabel tersebut, sehingga dapat dibentuk struktur pertanyaan dalam kuesioner. Tahapan observasi visual menghasilkan keputusan dalam penentuan titik awal surveyor mencari responden, dan pengecekan ulang terhadap kondisi karakteristik lokasi.
Tahapan analisis data deskriptif menghasilkan gambaran saat ini mengenai karakteristik kondisi parkir, kondisi PJP, harapan PJP, dan preferensi terhadap kebijakan parkir yang ditawarkan. Tahapan pembentukan model menghasilkan suatu perkiraan permintaan pelayanan parkir publik pada masa depan melalui identifikasi tipologi dan faktor-faktor yang mempengaruhi probabilitas pilihan yang diminati PJP sesuai dengan analisis utilitasnya.
Strategi jitu dalam upaya peningkatan pelayanan parkir atas dasar permintaan PJP adalah dengan memberi perhatian pada tipologi dan faktor-faktor yang terkait dengan tipologi yang sesuai. Perhatian yang diberikan dapat bersifat positif, maupun negatif. Strategi jitu dalam pelaksanaannya perlu didukung oleh kebijakan-kebijakan parkir. Oleh karena kebijakan yang dihasilkan mengacu pada permintaan masyarakat, maka kebijakan yang dihasilkan akan dapat diterima oleh masyarakat. Kebijakan-kebijakan yang dapat diterima diharapkan dapat mendatangkan dukungan masyarakat dalam proses implementasinya.

Estimation of Future Demand for Public Services to Determine Parking Policies (Case Study: Jakarta City)Jakarta City as a service city has a vision to improve its services. One of its missions is parking service. The mission has to be supported by community, so public opinion (as a feed back) process will be involved in improving parking service. To involve the community in parking management system, it is important to explore public opinion through their own choice.
The method of this study is literature study and stakeholders opinion survey, parking location analysis, customer characteristic analysis, customers preference, descret data analysis, utility analysis and to find logit multinomial model.
This study has been conducted done phase by phase. Every phase have a result. Stakeholder analysis phase find some variables and the relationship among variables. The analysis will construct the structure of the question in the questionnaire. Visual observation result is a decision in determining first location for surveyor to find the respondent. This phase is useful to verify the location characteristic condition.
Descriptive data analysis phase describe about parking condition characteristic, customer characteristic, customer preference about the offering policies. Model finding phase result will lead us to estimate the future demand in public parking policies through its typology and some factor that influence the probability of their choice, that shown by its utility analysis.
The needed strategy that can improve parking service base on customer demand is focusing on its typology and its factors in every typology. The attention can be positive or negative. The implementation of this strategy has to be supported by parking policies. Due to the policies result base on customer demand, so the policies result will be accepted by people. Hopefully, the accepted policies can create people support in its implementation.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
T11861
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choesnah Idarti
"Kota dan masalah perkotaan merupakan obyek penelitian yang dinamis. Ini disebabkan masalah-masalah perkotaan dan pemecahan-pemecahan yang diajukan sebagai jawabannya akan terus berubah dan berkembang. Mengingat kota-kota adalah tempat-tempat dengan sekumpulan orang yang tinggal di dalamnya tidak seragam, maka masalah yang timbul di satu kota tidak akan sama pemecahannya dengan.pemecahan masalah yang serupa di kota yang lain.
Beberapa pusat kota di sekitar Jakarta saat ini mengalami perkembangan fisik dan sosial yang berlangsung dengan cepat. Perubahan ini merupakan akibat timbulnya masalah-masalah perkotaan yang semakin beragam. Penelitian ini tidak akan membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, namun mengenai dampak yang timbul akibat perubahan fisik kota terhadap pola ruang sosial kota. Sebagai batasan masalah, penulis mengamati fenomena koridor sirkulasi kota yang terjadi akibat perubahan infrastruktur, yaitu jalan melalui tinjauan ruang kota.
Obyek pengamatan berada di Kotamadya Depok yaitu koridor jalan Margonda Raya. Alasan pemilihan lokasi berdasarkan konteks lingkungan yang potensial. Kotamadya Depok adalah wilayah penyangga Jakarta yang masyarakatnya merupakan komunitas yang unik, yaitu penduduk asal dan penduduk pendatang. Penduduk asal memiliki karakter unik akibat kebudayaan yang terbentuk melalui proses yang panjang2, sedangkan penduduk pendatang hadir karena daya tarik Depok sebagai kota tempat tinggal cukup besar. Selain itu, hadirnya institusi pendidikan tinggi turut memberikan karakter tersendiri pada kotamadya Depok. Jalan Margonda Raya dipilih berdasarkan posisinya yaitu koridor penerima arus mobilitas dari ibu kota negara, Jakarta. Karena itu, pola ruang sosial pada koridor jalan Margonda Raya signifikan karena akibat posisinya sebagai gerbang mobilitas penduduk yang bertinggal di Kotamadya Depok."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP 1999 36
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Moch. Maftuchul Huda
"Lalu lintas jalan merupakan sumber utama kebisingan yang mengganggu pendengaran sebagian besar masyarakat perkotaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kebisingan jalan raya dengan pola komunikasi keluarga yang tinggal di pemukiman tepi jalan raya kecamatan Kota Kediri. Desain penelitian ini descriptive correlational dengan pendekatan Cross Sectional Jumlah Sampel 200 responden yang tinggal di pernukiman tepi jalan raya lebih 1 tahun, tinggal di rumah lebih 8 jam/sehari, tidak tuli akibat penyakit atau trauma acustic, dapat baca tulis dan dapat membedakan komunikasi verbal dengan nonverbal. Teknik sampling; two stages cluster sampling. lnstrumen untuk mengidentifikasi pola komunikasi dan lama tinggal berupa kuesioner; untuk mengidentifikasi intensitas kebisingan: sound level meter untuk mengidentifikasi jarak: walking measure dan roll meter, untuk menggambarkan penghalang kebisingan: observasi langsung. Hasil penelitian menggambarkan: 70% responden berpola komunikasi nonverbal; 55,5% intensitas bising hiruk pikuk; 50% jarak pemukiman dekat; 54% baru bermukim. Hasil analisis bivariat dengan chi square ditemukan ada hubungan signivicance antara intensitas kebisingan, jarak, penghalang dan lama tinggal dengan pola komunikasi keluarga. Hasil uji regresi logistik ganda juga menunjukkan hubungan signifikan, antara ke empat variabel independen dengan pola komunikasi keluarga. Variabel paling dominan berhubungan adalah penghalang kebisingan, dengan peluang sebesar 33,139 kali untuk teljadi pola komunikasi vebal dibanding dengan tidak ada penghalang atau ada penghalang tetapi tidak sesuai standar setelah dikontrol dengan 3 variabel lainnya. Implikasi penelitian: asnhan keperawatan komunitas hendaknya juga memperhatikan faktor kebisingan jalan raya yang telah terbukti berhubungan dengan perubahan pola komunikasi. Hendaknya seluruh departemen dan dinas terkait menjalin kemitraan dengan masyarakat dan kelompok profesi untuk memperhatikan pembangunan yang berwawasan kesehatan lingkungan.

The traffic of street constitute a main source of noisy threatening to auditory almost the city ofcommunity. This research to know the noise street intencity relation to the family pattern communication as stay at house on edge street in the Kecamatan Kota Kediri. Research desain used by the descriptive correlational with the approach of Cross Sectional. The sample covered consisted of 200 respondents as the stay at the house edge Street > 1 years, the stay at home > 8 ours/day, no deaf impact from the disease or the trauma acustic, be able to read and write, to know different about verbal and nonverbal communication. The Instrument for identification the pattern communication and keep pr live applied included questioners, the sound level meter for identification noise intensity, the walking measure and the roll meter for the distance between, the direct inspection for noise barrier description. Results of the research have description: 70% respondent by nonverbal pattern communication; 55,5% for the hard noisy intensity; 50% for the distance between near house; 54% for the new stay. The bivariate analysis by Chi Square have found were the significance relationshho between: noise intensity, distance between, barrier, and lceepjor live by the pattern family communication. Test by The double logistic regression have shown significance to, between the jour independent variables with pattem family communication. The most dominant variable that relationship was barrier intensity, by the opportunity about 33.139 times for have happened pattern verbal communication compared to no the barrier or are the barrier but unstandard hav be controlled by 3 varibles else. Research implication, nursing care community be desirable that pay attention the street noise intensity factor have been evidence relationship with the change pattern communication. Be desirable that all departement and the appropriate department to built networking with communigf and profession group for pay attention to building that be have a conception environmental health."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T17747
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Permasalahan yang dikemukakan pada penelitian ini adalah
perbedaan waktu tempuh pada Jalan Utama Menuju Jakarta di Kota Depok.
Jalan tersebut adalah jalan Cinere Raya, Jalan Margonda Raya, dan Jalan
Raya Bogor. Waktu tempuh yang menjadi variabel terikat diperoleh dengan
melakukan observasi perjalanan pada jalan tersebut dengan objek observasi
adalah kendaraan pribadi. Waktu observasi adalah pukul 6.30 pagi, panjang
jalan yang diteliti adalah seragam dengan panjang segmen 3 km. Variabel
bebas yang diteliti adalah volume kendaraan, kapasitas jalan, perbandingan
kendaraan pribadi dan kendaraan umum, jumlah lajur, lebar jalan,
penggunaan tanah, serta jumlah nodal pada jalan. Hasil yang diperoleh
bahwa waktu tempuh pada ketiga jalan tersebut berbeda-beda. Waktu
tempuh pada ketiga jalan utama secara berurutan dari yang paling lama
adalah Jalan Cinere Raya diikuti oleh Jalan Raya Bogor, kemudian Jalan
Margonda Raya. Jalan dengan waktu tempuh yang lama berada pada jalan
yang sempit, volume kendaraan yang tinggi, berada pada penggunaan tanah
pemukiman, jumlah kendaraan umum yang banyak, dan jumlah nodal yang
banyak."
Universitas Indonesia, 2006
S34046
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>