Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125797 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Perempatan Kebayoran Baru merupakan suatu perempatan yang memiliki karakteristik yang unik karena merupakan perempatan sebidang dengan adanya satu putaran. Perempatan ini memiliki frekuensi kedatangan yang tinggi terutama pada jam-jam sibuk karena letaknya yang berada di jalur perkantoran. Dengan frekuensi yang tinggi tersebut menyebabkan tempat ini rawan akan terjadinya kemacetan lalu lintas. Untuk itu perlu adanya suatu studi ilmiah dalam pengaturan lampu lintasnya sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas pada daerah tersebut. Pengaturan kembali periode menyala merah/hijau lampu lalu lintas dapat dilakukan secara coba-coba hingga diperoleh metode yang optimal. Metode ini akan memerlukan waktu pengujian yang lama serta biaya yang sangat mahal. Simulasi dengan menggunakan komputer terhadap sistem arus lalu lintas diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut di atas. Analisis terhadap tingkah laku sistem dengan berbagai nilai variabel yang berbeda dapat dilakukan dengan mudah. Selanjutnya hasil analisis terhadap simulator dapat dikonfirmasikan kembali pada sistem sebenarnya. Tugas akhir ini memandang permasalahan yang ada dari teknik permodelan sistem dan mencoba membuat simulasi komputer untuk menggambarkan sistem tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi pada sistem apabila dilakukan perubahan pada sistem sehingga diharapkan mampu meningkatkan performa sistem. Pembuatan model dan proses eksperimentasi sistem ini dilakukan dengan bantuan program simulasi Promodel versi 4.0. Berdasarkan model simulasi yang dibuat dan eksperimentasi yang dilakukan diketahui bahwa pengaturan lampu lalu lintas saat ini telah cukup baik untuk kondisi arus lalu lintas saat ini. Peningkatan performa sistem dapat dilakukan dengan menambah lamanya siklus lamlu lalu lintas secaa proportional."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asmadi Sutanto
"Perempatan Tanjung Barat merupakan suatu perempatan jatan yang memiliki keunikan k:arena merupa.kan perempatan yang selain memiliki sebidang tanah tempat bertemunya kendaraan dari empat arah juga memiliki rei kereta api tengah-tengahnya. Frekuensi kendaraan pada jam-jam sibuk yaitu pagi dan sore hari sangat tinggi dibandingkan dengan jam-jam biasa, begitu juga dengan trekuensi kedatangan kereta api pada jam-jam sibuk juga tinggi. Dengan frakuensi yang tinggi serta seringnya kereta lewat yaug berdampak tidak berlukunya lampu lalu lintas di perempatan ini membuat perempatan Tanjtmg Barnt sangat rawan akan kemacetan, Karena itu perlu diadakan suatu studi ilmiah untuk mencari aiternatif pemecahan kemacetan daernh ini.
Pada penelitian ini dilakukan simuiasi karena dengan simulasi ini perubahan perubahan Barat tidak ukan mempengaruhi sistem sesungguhnya, dengan demilian dapat dilihat karateristik sistem ketika dilakukan perubahan tanpa menggnnggu s:istem sebenarnya. Pengaturan tanpa menggunakan simulasi tapl dengan coba coba berdampak besamya biaya yaug dikeluarkan dan belum tentu dapat mengurangi kernacetan. Peneiitian ini menggunakan simulasi komputer (Prcrnodef 4.0} sebagai afat bantu dalam pembuatan model sistem perempatan Tanjung Barat kondisi sekarang dan juga dalam ek:perimentasi aJtematifpemecahannya. Penelitian dipusatkan pada keadaan lalu Hntas di jam sibuk pagi dan sore hari. ..."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S50159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuhendri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36443
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Wadono
"Industri jasa perhotelan yang semakin berkembang, memberikan banyak Kemacetan merupakan hal yang sangat menghambat aktifitas manusia dalam bekerja. Banyak waktu terbuang karena terhambat dalam kemacetan. Semanggi sebagai salah satu jalan utama di lbu Kota yang menghubungkan pusat kegiatan bisnis dan perekonomian negara sangat vital peranannya daiam menunjang aktititas pelaku bisnis dan ekonomi.
Pengaturan Ialu Iintas di Semanggi merupakan hal yang penting dalam mewujudkan Ialu lintas yang Iancar. Semanggi sebagai perempatan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan Iampu pengatur lalu Iintas. Namun tetap saja kemacetan terjadi terutama pada jam sibuk di sore hari.
Kemacetan ini terjadi pada jembatan semanggi disebabkan oleh kendaraan yang ingin berbelok pada kembangan Semanggi. Apabila kembangan Semanggi ini ditutup diharapkan akan meningkatkan keluaran dari sistem jembatan Semanggi ini. Untuk itu dilakukan simulasi penutupan kembangan Semanggi yang dapat menggambarkan karaktenstik penutupan tersebut.
Dilakukannya simulasi karena dengan simulasi ini perubahan-perubahan yang hendak diterapkan pada sistem jembatan Semanggi tidak akan mempengaruhi sistem sesungguhnya, dengan demikian dapat dilihat karateristik sistem ketika dilakukan perubahan tanpa mengganggu sistem sebenarnya.
Penelitian ini menggunakan simulasi komputer (Promodel 4.0) sebagai alat bantu untuk mengetahui karakteristik dari sistem Semanggi yang diamati. Penelitian dipusatkan pada keadaan laIu Iintas di jam sibuk khususnya pada sore hari. Data probabilitas kendaraan yang berbelok diambil pada saat lalu-Iintas tidak terlalu padat yang diasumsikan mewakili keadaan ketika jam padat. Hal ini dilakukan karena ketika lalu Iintas padat hasil pengukuran akan menunjukkan arus lalu lintas yang rendah sehingga tidak akan menyamai sistem yang sebenarnya.
Dalam penelitian ini akan dilihat efek dan penutupan kembangan Semanggi dan penutupan pintu to! pada beberapa tingkat kecepatan kendaraan. Lalu dilihat perubahan keluaran yang dihasilkan oleh sistem lalu lintas Semanggi ini.
Hasilnya menunjukkan bahwa penutupan kembangan Semanggi pada umumnya meningkatkan keiuaran yang dihasilkan oleh sistem. Beberapa ruas jalan tertentu jika ditutup akan meningkatkan kinerja sistem (misalnya skenario DC. AD, AD DC) tetapi ada pula ruas jalan jika ditutup akan menurunkan kinerja sistem (Skenario CB). Hal ini disebabkan karena selain kembangan ada pula hal Iain yang menyebabkan kemacetan seperli bis yang berhenti menunggu penumpang."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S49958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Novian Raidy
"Pengaturan lampu lalu lintas secara terdistribusi merupakan teknik pengaturan lampu lalu lintas yang tersinkronisasi antar sesama lampu lalu lintas dalam sebuah sistem lalu lintas dimana setiap persimpangan saling berhubungan dengan persimpangan tetangganya. Metode sinkronisasi yang digunakan dalam pengaturan lampu lalu lintas ini adalah metode sinkronisasi kuramoto, dimana penjabaran dan analisis algoritma telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Skripsi ini ingin mengembangkan sebuah simulasi dalam lingkungan tiga dimensi dengan menggunakan media simulasi open source Open Dynamics Engine yang mengrepresentasikan penerapan algoritma sinkronisasi kuramoto dalam kehidupan nyata.
Distributed traffic light control is a synchronize traffic light control between traffic light where for each crossroad system connect with it?s neighbours. Kuramoto synchronization was used as the method to synchronized between traffic light, which is analysis and conversion of the algorithm has been completed in the previous research. This research will develop a simulation in the three dimension environment using open source simulation media Open Dynamics Engine that will represents the application of the algorithm in the real life."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Riadi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Widi Pancono. author
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1990
S38140
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Max Darmawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S34399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Santoso Jokowaluyo
"Penjadwalan produksi adalah merupakan salah satu aktivitas yang terkait dengan proses produksi suatu barang dan/atau jasa. Suatu jadwal pekerjaan menunjukkan rencana untuk manufaktur pekerjaan tertentu. Jadwal ini merupakan masukkan telaah kerja ke dalam pengendalian produksi atau operasi dan menunjukkan metode serta waktu yang cukup detail bagi fungsi tersebut untuk dilaksanakan dengan memadai.
Karena penjadwalan merupakan proses yang kompleks, ketepatan penyusunannya menjadi sesuatu yang sangat penting. Metode-metode yang telah digunakan saat ini lebih banyak mempergunakan perhitungan-perhitungan berdasarkan data-data yang telah ada, tampa terlebih dahulu melakukan pengtesan sebelum diterapkan pada keadaan yang sebenarnya.
Pada skripsi ini akan diuraikan tentang penyusunan jadwal produksi dengan menggunakan simulasi. Simulator yang digunakan adalah PROMODEL yang merupakan alat simulasi yang khusus dikembangkan untuk para engineer dan manajer produksi untuk membantu desain dan operasi pada sistem manufaktur.
Di dalam skripsi ini dijelaskan pula mengenai langkah-Iangkah yang harus dilakukan sebelum melakukan suatu simulasi serta cara pembuatan suatu model yang akan disimulasikan.
Pada bagian analisa basil simulasi ditampilkan susunan jadwal produksi suatu jenis produk serta implementasi hasil simulasi tersebut pada perusahaan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S49917
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>