Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71777 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yuli
"Organisasi merupakan salah satu sistem yang terdiri dari banyak subsistem. Salah satunya adalah faktor manusia yang menambah kedinamisan organisasi tersebut. Segala kedinamisan ini harus dapat ditangani oleh seorang manajer yang baik. Namun untuk dapat mempelajari suatu sistem dinamis dan kompleks dalam waktu cepat itu tidaklah mudah. Oleh karena itu dibuatlah permainan Executive Decision Plus, yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar bagi para peserta yang ingin mempelajari kedinamisan suatu sistem bisnis lengkap dengan faktor manusia didalamnya. Adapun permainan ini mengadapatasi dari permainan Executive Decision. Pada penelitian ini, pertama akan dicari tahu terlebih dahulu hubungan antara variabel sumber daya manusia dengan elemen bisnis yang lain, kemudian digambarkan dalam bentuk diagram kausal. Setelah itu permainan ini dibuat kedalam program Powersim Studio 2005 yang telah biasa digunakan dalam membuat suatu simulasi sistem dinamis. Adapun konsep yang digunakan dalam permainan ini antara lain, pemasaran, akuntansi, pengembangan organisasi, dan sistem dinamis.

Organization is a system that contains many subsystems. Human Resource Management is one of the subsystems that make the organization more complex and dynamics. All this complexity must be handling by a good manager. But, it is not easy to learn dynamic and complex system in a fast time. Therefore the Executive Decision Plus was made. Hope this game can help people who want to learn about the dynamic business systems. This game is adaptation from the beginning game Executive Decision. In this research, first the human variable must be identified and the correlation between these factors with other factors was drawn in the causal loop diagram. The causal loop will be transfer into stock and flow diagram in Powersim Studio 2005 program. Some concepts that used in this game such as, marketing, accounting, organization development, and of course the dynamic systems."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S48544
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosep Halim
"Memiliki pemahaman mengenai kedinamisan sistem dunia bisnis dan industd secara terintegrasi dan menyeluruh merupakan suatu hal yang vital di dalarn industri yang kompetitif dewasa ini. Penilainan simulasi bisnis dapat memberikan suatu lingkungan yang interaktitl memotivasi, dan bebas resiko untuk mempelajari dinamika sistem dunia bisnis dan industri serta untuk menguji keputusan berdasarkan teori yang telah dipelajari. Perancangan permainan simulasi pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Sistem Dinamik yang dapat mendukung proses berpikir menyeluruh dan terpadu.
Dua permainan simulasi yang digunakan sebagai dasar di dalam penelitian ini adalah Management and Economic Simulation Exercise (MESE) oleh korporasi Hewlett Packard (HP) dan Construction Contracts in A Competitive Market (C3M) oleh Khaled Nassar dari Universitas Bradley. Perancangan diawali dengan membuat diagram loop sebab akibat dari kedua permainan simulasi tersebut. Pada tahap kedua, dirancanglah suatu kasus dan diagram loop sebab akibat permainan simulasi bisnis yang baru, yang dinamakan Perrnainan Simulasi GeneShoes (PSG). Pada tahap ketiga, dirancanglah konsep perhitungan untuk PSG Pada tahap keempat dan terakhir, dirancanglah model Sistem Dinamik PSG beserta persamaannya dengan menggunakan program Powersim Constructor versi 2.51.
Hasil analisis yang dilakukan terhadap model PSG menunjukkan adanya kesesuaian antara konsep pemainan simulasi tersebut dengan hasil perilaku yang diharapkan. Agar proses penerapan PSG menjadi efektif, pedoman PSG bagi pemain dan administrator permainan juga disertakan di dalam penelitian ini.

Having integrated and comprehensive understanding of dynamic systems of business world and industries is vital in competitive industries nowadays. Business simulation game can give an interactive, motivating, risk-free environment to learn the dynamics of system in business world and industries as well as to test decisions based on theory which has been studied. Design of simulation game in this paper was conducted with System Dynamics approach that can support comprehensive and integrated thinking process.
Two simulation games that been used as basis in this paper are Management and Economic Simulation Exercise (MESE) by Hewlett Packard (HP) Corp. and Construction Contracts in A Competitive Market (C3M) by Khaled Nassar from Bradley University. The design is initiated by making causal loop diagram of both simulation game. In the second step, a case and causal loop diagram of a new business simulation game, called GeneShoes Simulation Game (GSG) are designed. In the third step, calculation concept of GSG is designed. ln the fourth and last step, System Dynamics model of GSG is designed along with its equations using Powersim Constructor 2.51.
Result of analyses that have been done to GSG model showed conformities between concepts of the simulation game and expected behaviour results. In order that application process of GSG can be effective, GSG manual for players and game administrator are also included in this paper.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50183
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Azzahra
"McDelivery Indonesia merupakan aplikasi layanan pesan-antar yang dimiliki oleh McDonald’s. Aplikasi McDelivery Indonesia memungkinkan pengguna untuk memesan menu yang diinginkan dan menerima pesanan dari outlet McDonald’s terdekat ke alamat tujuan. Namun, masih terdapat banyak keluhan pengguna yang berkaitan dengan tampilan maupun alur dari fitur-fitur yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi usability untuk menemukan masalah yang dirasakan pengguna, sehingga dapat merancang solusi berupa perancangan ulang desain antarmuka yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan serangkaian metode evaluasi usability kepada lima expert dan 11 pengguna. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dan competitive usability evaluation untuk expert, serta user interview, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, dan System Usability Scale (SUS) untuk pengguna. Setelah dilakukan evaluasi, ditemukan 335 masalah usability dan dihasilkan 88 solusi desain. Solusi desain ini dievaluasi kembali menggunakan UT dan SUS. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan pada hasil evaluasi setelah dilakukan perancangan ulang. Pada UT, terdapat peningkatan success rate pengguna saat melakukan tasks pada aplikasi, yaitu dari 95.96% menjadi 98.35%. Pada SUS, terjadi peningkatan nilai dari 54.2 menjadi 82.6. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan solusi desain mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Implikasi teoritis dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan baru terkait evaluasi usability dengan menggunakan pendekatan stage-based serta kombinasi metode heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interview, think aloud, first click testing, System Usability Scale (SUS), dan task analysis. Sementara itu, implikasi praktis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah usability pada aplikasi McDelivery Indonesia.

McDelivery Indonesia is a food delivery application owned by McDonald’s. This application provides service for the users to order their preferred menus and receive the order sent from the nearest McDonald’s outlet to the receiver’s address. However, the application still receives many complaints from users about interface and flow of its features. Therefore, it is necessary to do usability evaluation to discover user problems and provide a solution in form of user interface redesign that can improve user’s experience. This study used a series of usability evaluation methods for five experts and 11 users. The methods used are heuristic evaluation and competitive usability evaluation for experts, as well as user interviews, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, and the System Usability Scale (SUS) for users. After doing the evaluation, 335 usability problems were found and 88 design solutions were produced. The design solutions were then re-evaluated using UT & SUS. Overall, there was an increase in the evaluation results after the redesign. At UT, there was an increase in the user’s success rate when carrying out tasks in the application, from 95.96% to 98.35%. In SUS, there was an increase in scores from 54.2 to 82.6. These numbers indicate that the results of the design solution get a positive response from the users. The theoretical implication of this study is to add new insights regarding usability evaluation using a stage-based approach and a combination methods of heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interviews, think aloud, first click testing, the System Usability Scale (SUS), and task analysis. Meanwhile, the practical implication of this study is to find usability problems in the McDelivery Indonesia application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Emanuella Sutanto
"McDelivery Indonesia merupakan aplikasi layanan pesan-antar yang dimiliki oleh McDonald’s. Aplikasi McDelivery Indonesia memungkinkan pengguna untuk memesan menu yang diinginkan dan menerima pesanan dari outlet McDonald’s terdekat ke alamat tujuan. Namun, masih terdapat banyak keluhan pengguna yang berkaitan dengan tampilan maupun alur dari fitur-fitur yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi usability untuk menemukan masalah yang dirasakan pengguna, sehingga dapat merancang solusi berupa perancangan ulang desain antarmuka yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan serangkaian metode evaluasi usability kepada lima expert dan 11 pengguna. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dan competitive usability evaluation untuk expert, serta user interview, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, dan System Usability Scale (SUS) untuk pengguna. Setelah dilakukan evaluasi, ditemukan 335 masalah usability dan dihasilkan 88 solusi desain. Solusi desain ini dievaluasi kembali menggunakan UT dan SUS. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan pada hasil evaluasi setelah dilakukan perancangan ulang. Pada UT, terdapat peningkatan success rate pengguna saat melakukan tasks pada aplikasi, yaitu dari 95.96% menjadi 98.35%. Pada SUS, terjadi peningkatan nilai dari 54.2 menjadi 82.6. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan solusi desain mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Implikasi teoritis dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan baru terkait evaluasi usability dengan menggunakan pendekatan stage-based serta kombinasi metode heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interview, think aloud, first click testing, System Usability Scale (SUS), dan task analysis. Sementara itu, implikasi praktis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah usability pada aplikasi McDelivery Indonesia.

McDelivery Indonesia is a food delivery application owned by McDonald’s. This application provides service for the users to order their preferred menus and receive the order sent from the nearest McDonald’s outlet to the receiver’s address. However, the application still receives many complaints from users about interface and flow of its features. Therefore, it is necessary to do usability evaluation to discover user problems and provide a solution in form of user interface redesign that can improve user’s experience. This study used a series of usability evaluation methods for five experts and 11 users. The methods used are heuristic evaluation and competitive usability evaluation for experts, as well as user interviews, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, and the System Usability Scale (SUS) for users. After doing the evaluation, 335 usability problems were found and 88 design solutions were produced. The design solutions were then re-evaluated using UT & SUS. Overall, there was an increase in the evaluation results after the redesign. At UT, there was an increase in the user’s success rate when carrying out tasks in the application, from 95.96% to 98.35%. In SUS, there was an increase in scores from 54.2 to 82.6. These numbers indicate that the results of the design solution get a positive response from the users. The theoretical implication of this study is to add new insights regarding usability evaluation using a stage-based approach and a combination methods of heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interviews, think aloud, first click testing, the System Usability Scale (SUS), and task analysis. Meanwhile, the practical implication of this study is to find usability problems in the McDelivery Indonesia application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aynun Nissa Setiawan
"McDelivery Indonesia merupakan aplikasi layanan pesan-antar yang dimiliki oleh McDonald’s. Aplikasi McDelivery Indonesia memungkinkan pengguna untuk memesan menu yang diinginkan dan menerima pesanan dari outlet McDonald’s terdekat ke alamat tujuan. Namun, masih terdapat banyak keluhan pengguna yang berkaitan dengan tampilan maupun alur dari fitur-fitur yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi usability untuk menemukan masalah yang dirasakan pengguna, sehingga dapat merancang solusi berupa perancangan ulang desain antarmuka yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan serangkaian metode evaluasi usability kepada lima expert dan 11 pengguna. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dan competitive usability evaluation untuk expert, serta user interview, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, dan System Usability Scale (SUS) untuk pengguna. Setelah dilakukan evaluasi, ditemukan 335 masalah usability dan dihasilkan 88 solusi desain. Solusi desain ini dievaluasi kembali menggunakan UT dan SUS. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan pada hasil evaluasi setelah dilakukan perancangan ulang. Pada UT, terdapat peningkatan success rate pengguna saat melakukan tasks pada aplikasi, yaitu dari 95.96% menjadi 98.35%. Pada SUS, terjadi peningkatan nilai dari 54.2 menjadi 82.6. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan solusi desain mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Implikasi teoritis dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan baru terkait evaluasi usability dengan menggunakan pendekatan stage-based serta kombinasi metode heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interview, think aloud, first click testing, System Usability Scale (SUS), dan task analysis. Sementara itu, implikasi praktis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah usability pada aplikasi McDelivery Indonesia.

McDelivery Indonesia is a food delivery application owned by McDonald’s. This application provides service for the users to order their preferred menus and receive the order sent from the nearest McDonald’s outlet to the receiver’s address. However, the application still receives many complaints from users about interface and flow of its features. Therefore, it is necessary to do usability evaluation to discover user problems and provide a solution in form of user interface redesign that can improve user’s experience. This study used a series of usability evaluation methods for five experts and 11 users. The methods used are heuristic evaluation and competitive usability evaluation for experts, as well as user interviews, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, and the System Usability Scale (SUS) for users. After doing the evaluation, 335 usability problems were found and 88 design solutions were produced. The design solutions were then re-evaluated using UT & SUS. Overall, there was an increase in the evaluation results after the redesign. At UT, there was an increase in the user’s success rate when carrying out tasks in the application, from 95.96% to 98.35%. In SUS, there was an increase in scores from 54.2 to 82.6. These numbers indicate that the results of the design solution get a positive response from the users. The theoretical implication of this study is to add new insights regarding usability evaluation using a stage-based approach and a combination methods of heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interviews, think aloud, first click testing, the System Usability Scale (SUS), and task analysis. Meanwhile, the practical implication of this study is to find usability problems in the McDelivery Indonesia application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Hasan
"Negara Indonesia merupakan negara yang banyak sekali memiliki potensi bencana alam, salah satunya adalah bencana tanah longsor. Oleh karena itu keberadaan tim Basarnas Special Group (BSG) berfungsi untuk tanggap cepat ketika terjadi bencana tanah longsor, namun penggunaan teknologi pada proses evakuasi masih tergolong minim, salah satu teknologi yang berpotensi dapat membantu adalah Automated Guided Vehicle (AGV), pada penelitian kali ini berfokus pada perancangan antarmuka menggunakan Design Thinking untuk AGV yang ditujukan untuk membantu proses evakuasi tanah longsor. Dari hasil prototipe antarmuka penelitian menunjukkan dari kuesioner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ) bahwa skor keseluruhan 5.65, dilakukan juga konversi nilai kedalam skala System Usability Scale (SUS) sehingga mendapatkan skor 77.6 sehingga masuk dalam kategori Good.

Indonesia is a country that has a lot of potential for natural disasters, one of which is landslides. Therefore, the existence of the Basarnas Special Group (BSG) team functions to respond quickly when a landslide occurs, but the use of technology in the evacuation process is still relatively minimal, one technology that has the potential to help is the Automated Guided Vehicle (AGV), in this study focuses on interface design using Design Thinking method for AGV which is intended to assist the landslide evacuation process. From the results of the research interface prototype, it is shown from the Computer System Usability Questionnaire (CSUQ) that the overall score is 5.65, converting the value into the System Usability Scale (SUS) scale so that it gets a score of 77.6 so it is in a Good category."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhsan Ramadhansyah
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38421
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wisnel
"Putaran pertama dari fly over Sudirman di Jalan K H Mas Mansyur Jakarta Barat seringkali mengalami kemacetan, terutama terjadi pada jam 17.00 hingga jam 13.00 pada hari kerja. Hal ini terjadi karena sistem pelayan putaran tersebur dibiarkan tanpa diatur oleh pihak yang berwenang, sehingga pengaturan diambil alih oleh ?polisi swasta" yang mengatur untuk mendapatkan balasan berupa uang.Kondisi seperti ini membuat pelayanan tidak berjalan lancar (macet).
Para pengemudi sering tidak disiplin untuk antri di jalur antrian putaran sehingga terjadi perebutan jalur pelayanan. Kondisi seringkali pula membuat pelayanan menjadi tersendat-sendat dan pelayanan ganda ini cenderung berjalan lambat dari yang seharusnya pada kondisi Iancar. Tak jauh dari putaran pertama tadi terdapat pula putaran Iain yang tidak sepadat putaran yang pertama.Pemanfaatannya tampak tidak optimal.
Berdasarkan kondisi yang diamati tersebut maka dapat di analisa faktor-faktor yang dapat dihilangkan sehingga dibuat suatu alternatif sistem pelayanan putaran sebagai usulan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi. Untuk dapat mengetahui karakter dari sistem yang baru tersebut maka dapat digunakan program simulasi komputer yang sangat membantu untuk mendapatkan gambaran tersebut, apakah sistem yang baru tersebut layak atau tidak untuk di wujudkan dalam kenyataan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36538
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ignatius Adrian
"Micromixing adalah proses mencampur cairan pada skala gerakan fluida dan gerakan molekul yang paling kecil [1]. Perilaku fluida berbeda pada skala mikro dibandingkan dengan skala makroskopik. Hal ini disebabkan oleh tegangan permukaan, dissipasi energi, dan resistansi fluidik yang mulai mendominasi sistem. Penggunaan micromixing telah meningkat secara stabil di berbagai bidang seperti diagnostik biomedis, kontrol keamanan pangan, perlindungan lingkungan, dan pencegahan epidemi hewan. Micromixing dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu aktif dan pasif [2]. Mixer pasif mengandalkan energi pemompaan, sedangkan mixer aktif mengandalkan sumber daya eksternal. Jenis-jenis khas mixer pasif meliputi T- atau Y-shaped, laminasi paralel, sekuensial, pemfokusan peningkatan mixer, dan droplet micromixers.
CFD, singkatan dari Computational Fluid Dynamics, adalah perangkat lunak yang memungkinkan simulasi pergerakan fluida, transportasi panas, dan fenomena lain seperti fisika. CFD dibangun berdasarkan prinsip diskritisasi, dengan membagi domain fluida menjadi elemen-elemen kecil dan kemudian menyelesaikan persamaan secara numerik. CFD sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pra-pemrosesan, perhitungan, dan pasca-pemrosesan. CFD juga dapat digunakan untuk mensimulasikan fenomena fluida di lingkungan mikro (Termiz, 2020)[7].
PDMS sering digunakan untuk membuat micromixer, dipilih karena propertinya seperti biokompatibilitas, hidrofobisitas, dan fleksibilitas.
Skripsi ini berfokus pada pembuatan sebuah mikromikser menggunakan metode PDMS dan ikatan plasma untuk membuat mikromikser, serta menggunakan CFD untuk mensimulasikan kondisi serupa dengan mikromikser yang dibuat. Hasil dari eksperimen dan simulasi akan dipelajari lebih lanjut.

Micromixing is mixing at the smallest scale of fluid motion and molecular motion [1]. The behaviour of fluid is different on the micro scale compared to the macroscopic scale. This is caused by surface tension, energy dissipation, and fluidic resistance that starts to dominate the system. The use of micromixing have been steadily increasing in various fields, such as biomedical diagnostics, food safety control, environmental protection, and animal epidemic prevention. Micromixing can be classified into two categories, active and passive [2]. Passive mixers rely on on pumping energy, and active mixers rely on an external power source. The typical types of a passive mixer are T- or Y-shaped, parallel lamination, sequential, focusing enhanced mixers, and droplet micromixers.
CFD, short for Computational Fluid Dynamics, is a software that allows the simulation of fluid movement, heat transport, and other phenomena such as physics. CFD is built on the principle of discretization, by dividing the fluid domain into smaller elements and then solving the equations numerically. CFD itself is divided into three sections, pre-processing, calculation, and post-processing. CFD can also be used to simulate fluid phenomenon in a micro environment (Termiz, 2020)[7].
PDMS is often used to create a micromixer, chosen for its properties such as biocompatibility, hydrophobicity, and flexibility.
This paper focuses on fabricating a micromixer using the method of PDMS and plasma bonding to fabricate a micromixer, and using CFD to simulate a similar condition to the fabricated micromixer. The results from the experiment and the simulation will then be studied.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Nyoman Dimas Adhiperdhana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>