Ditemukan 117042 dokumen yang sesuai dengan query
Nia Mariyana Prihartiningsih
"Motor arus searah penguat terpisah memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan motor arus searah jenis lainnya. Beberapa diantaranya adalah torsi awal yang cukup besar dan kisaran kecepatan yang cukup luas. Motor jenis ini memiliki suplai tegangan arus searah yang terpisah antara rangkaian medan stator dengan rangkaian jangkar rotornya.
Pada skripsi ini, besarnya suplai tegangan baik pada rangkaian medan stator maupun rangkaian jangkar rotornya dijaga tetap. Untuk mengubah tegangan arus searah tetap menjadi tegangan arus searah berubah digunakan rangkaian chopper. Jenis rangkaian chopper yang digunakan sebagai masukan motor arus searah penguat terpisah adalah rangkaian chopper penurun tegangan arus searah. Rangkaian chopper penurun tegangan arus searah terdiri dari saklar terkontrol GTO dan free-wheeling diode. Rangkaian ini dihubungkan secara seri dengan rangkaian jangkar rotor motor arus searah penguat terpisah.
Metode pengaturan siklus kerja yang digunakan pada rangkaian ini adalah metode system frekuensi tetap. Pada skripsi ini, pemodelan dan simulasi rangkaian chopper penurun tegangan arus searah sebagai masukan motor arus searah penguat terpisah menggunakan fasilitas simulink yang terdapat pada perangkat lunak MATLAB versi 7.6.0.324 (R2008a).
Separately excited DC motor has some benefits than other DC motor's types. For example: it has high starting torque and wide variety of speed. Separately excited DC motor has separately source voltage between stator field circuit and rotor armature circuit. On this thesis, the value of source voltage on stator field circuit and rotor armature circuit are kept constant. To vary fixed-voltage DC source voltage to variable-voltage DC source uses chopper circuit. The type of chopper circuit that used as input voltage of separately excited DC motor is step-down DC chopper. Chopper circuit consists of controllable switch GTO and free-wheeling diode. This circuit is series-connected with rotor armature circuit of separately excited DC motor. The method that used to control the duty cycle of this chopper is constant-frequency system method. On this thesis, modeling and simulation of step-down chopper-fed separately excited dc motor use simulink on MATLAB version 7.6.0.324 (R2008a)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51440
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Taufiq Chilwan
"Salah satu metode pengendalian kecepatan motor arus searah penguat terpisah adalah mengatur tegangan termina1nya_ Besarnya tegangan terminal yang mencatu motor ams searah sangat dipengamhi oleh besarnya kecepatan yang diinginkan dan beban luar yang diberikan pada motor. Variabel cepat lambatnya kecepatan dan besar kecilnya beban merupakan Salah satu variabel linguistik yang tidak pasti. Oleh karena itu pengendali logika fuzzy yang menggunakan variabel linguistik diajukan untuk digunakan sebagai pengendali untuk mengendalikan keccpatan pada motor arus searah dengan memperhatikan besar arus rating motor.
Perancangan sistem pengendali logika fuzzy meliputi _metode fuuiflkasi, basis- pengetahuan faturanyn metocle intzorenailoan clofuziiikasi. Selain ditiahas teori dasar logika fuzzy dan penurunan model motor arus searah penguat terpisah_Pengaturan kecepatan dilakukan dengan membuat 2 loop tertutup untuk rnengatur kecepatan cla.n anis sehingga nilai ams tidak melebihi arus rating motor. Perancangan pengendali menggunakan pengendali fuzzy sebagai pengendali utama untuk mengatur kecepatan dan pengendali PI untuk mengatur arus. Metode ini digunakan untuk memudahkan perancangan sistem pengendali. Percobaan dilakukan secara simulasi menggunakan software Matlab release 5.3 dengan fasilitas Simulink dan Fuzzy Logic Toolbox yang terdapat didalamnya.
Simulasi yang dilakukan rneliputi percobaan loop terbuka, percobaan loop tertutup, dan percobaan pengeudalian kecepatan motor dengan menggunakan pengendali hizzy. Unjuk kerja pengendali fuzzy dibandingkan dengan unjuk kerja sistem tanpa pengendali dan dengan pengendali P1 yang sudah ada. Pengujian unjuk kerja pengendali fuzzy juga dilakukan dengan melakukan uji coba kestabilan dinamis dengan memberikan beban variabel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39935
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Bambang Febriyanto Saputra
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39859
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fanny Oktoriadi
"
ABSTRAKMotor arus searah penguat terpisah dapat dioperasikan di empat kuadran, berdasarkan moda kerja motor dan moda kerja pengereman regeneratif di dua arah putaran. Pengendalian tegangan catu motor di empat kuadran menggunakan penyearah jembatan tiristor tiga fasa anti parallel, yang tegangan keluarnya divariasikan dengan pengendalian sudut penyalaan tiristor.
Untuk memperbaiki unjuk kerja kecepatan motor digunakan umpan balik kecepatan dan untuk membatasi arus jangkar, baik saat pengasutan maupun saat peralihan akibat pembebanan, digunakan umpan balik arus jangkar. Kedua sinyal umpan balik akan dibandingkan dengan sinyal acuannya Sinyal kesalahan yang merupakan selisih sinyal acuan dan sinyal umpan balik dikendalikan agar diperaleh tanggapan sistem yang diinginkan.
Pada skripsi ini, pengendali kecepatan dan arus jangkar berupa pengendati PI (Proporsionat - Integral), yang digunakan untuk memperbaiki kesatahan keadaan tunak dan untuk memperoleh tanggapan sistem yang cepat dan stabil. Pemodl/an dan simulasi sistem kendali empat kuadran motor arus searah penguat terpisah ini menggunakan fasilitas Simulink pada program Matlab 5.3,
"
2001
S39099
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S38171
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Eddy Prastiyo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39774
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Catur Janhari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39806
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rahadian Dewantoro
"Berkembangnya teknologi kecerdasan buatan merupakan suatu hal yang berimbas pula kepada teknologi sistem kendali. Proses automatisasi industri bahkan alat-alat rumah tangga telah banyak yang menggunakannya Salah satu teknologi yang digunal-can dalam sistem kendali adalah logika fuzzy. Logika fuzzy merupakan suatu bentuk logika yang merepresentasikan cara rnanusia berpikir yang tidak pasti, penuh keraguan. Dalam peranoangan sistem kendaii dengan logika fuzzy, yang perlu dilakukan adalah mernbuat suatu sistem berdasarkan pengalaman operator selama mengoperasikan alat yang dikendalikannya. Hal ini tentu Sangat memudahkan desain suatu sistem dan outputnya akan lebih baik daripada sistem dengan pengendali klasik. Pada skripsi ini akan dibahas unjuk kerja pengendali logika firny dengan pengendali PI dengan penerapannya pada pengendalian kecepatan putar motor arus searah penguatan ter-pisah.
Motor arus scarab banyak digunakan dalam sistem kendali misalnya sebagai penggerak elevator, lift, dan tangan robot. Koniigurasi motor arus searah pada skripsi ini rnenggunakan koniigurasi tluks variabel untuk merepresentasikan kerja yang sesungguhnya dari motor arus scarab. Teknik pengendalian membutuhkan 2 parameter yang harus dikendalllcan secara bersamaan yaitu keoepatan dan arus karcna pada proses start, arus jangkar motor saugat tinggi, sehingga harus dirancang sistem kendaii yang juga rnampu mcngendaiikan arus jangicar tersebut Pada skripsi ini dapat diaualisa bagaimana pengendali PI dan logika iirzzy mampu menangani masalah tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39742
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sumanto
Yogjakarta: Andi, 1991
621.313 SUM m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Sitorus, P. Andeas
"Mesin Arus Search Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor aruas searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotornya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Pengaturan kecepatan pada MASTS dengan magnet permanen MASTS-MP) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tanpa umpan batik, dimana pengaturan kecepatan hanya dftentukan oleh nilai catu daya suplainya saja, dan dengan umpan balik dimana pengafuran kecepatannya selain dengan mengatur nilai cata dayanya juga dapat dilakukan dengan variasi duty-cycle dari modulasi Iebar pulsa (Pulse Width Modulatiom PWM. Pengaturan kecepatan MASTIS-MP dengan umpan batik terbagi dua, yakni umpan balik kecepatan yang bertujuan agar motor berputar sesuai dengan kecepatan rejérensf dan umpan balfk aras stator yang bertujuan agar arus pada saat motor bekerja tidak melebihi arus referensinya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40138
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library