Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99383 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurdiana
"Karya proyek ini bertujuan mengetahui ketepatan silabus yang digunakan oleh STTIKOM IN SAN UNGGUL CILEGON untuk mata kuliah English Conversation I. Untuk mengetahui ketepatan silabus, saya melakukan evaluasi pada silabus itu dengan tiga cara, yaitu evaluasi silabus secara umum, secara horizontal, dan vertikal. Berdasarkan hasil evaluasi, saya mengajukan usulan perbaikan silabus mata kuliah English Conversation I ini.
Kesimpulan dari evaluasi silabus ini adalah silabus bukan merupakan cetak biru atau blue print untuk mata kuliah ini karena silabus dibuat berdasarkan buku referensi yang digunakan. Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan masukan kepada penyusun silabus dan pars dosen bahasa Inggris yang mengajar di STTIKOM."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T25309
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: [publisher not identified], 1979
378.92 UNI s I (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Hafitatul Aini
"Karya Proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris I untuk Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh. Penulis menggunakan langkah-langkah perancangan silabus yang dikemukakan oleh Jordan (1997). Dalam perancangan silabus ini, penulis terlebih dahulu melakukan analisis terhadap silabus lama mata kuliah Bahasa Inggris I dan kurikulum Jurusan Budidaya Pertanian. Tes diagnostik penulis berikan kepada mahasiswa semester dua yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan pembelajaran Bahasa Inggris I pada semester pertama yang selama ini dilakukan dengan menggunakan silabus yang lama. Survei selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner dan wawancara terhadap pimpinan fakultas, pengajar, ketua prodi, ketua jurusan, dan pemelajar di Jurusan Budidaya Pertanian. Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasa Inggris yang saat ini ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan kedepannya. Data yang diperoleh dari hasil survei tersebut, dianalisis guna merumuskan tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. jenis silabus yang digunakan adalah silabus berbasis keterampilan. Keterampilan yang akan digunakan adalah pada keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan hal utama yang harus dilakukan mahasiswa untuk kepentingan akademis mereka selama dalam masa perkuliahan. Silabus baru mata kuliah Bahasa Inggris I yang berbasis pada keterampilan membaca, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa, bermanfaat bagi pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris I di Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh.

This project is intended to design an English syllabus for Agriculture Faculty of Malikussaleh University. The writer used the steps recommended by Jordan (1997) in designing syllabus. In designing the syllabus, the writer first analyzed the English syllabus used for English I subject and the curriculum of Agriculture Faculty. A diagnostic test was administrated to the students of the second semester in order to find out the effectiveness of the teaching and learning of English I subject in the first semester, which has been conducted using the old syllabus. Further survey was done by distributing questionnaires and conducting an interview with the head of Faculty, the teachers, the head of program study, the head of department, and the students in Agriculture department. These were done to find information about the current condition of teaching and learning English and the expectation about teaching and learning English at the Faculty in the future. Data from the two surveys were then analyzed to formulate the goal of the subject, and the type of the syllabus. The type of the syllabus used is a skill based syllabus which would focus on reading skill. Being skillful in reading is necessary for student in relation to their academic needs during their study. The new skill based syllabus for English I subject hopefully can accommodate students? needs, beneficial for teaching and learning of English I subject in Agriculture Faculty of Malikussaleh University."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24427
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Dagmarbumi Batarisuri
"Karya proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris untuk Jurusan Hubungan Intemasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (HI UNPAD). Silabus dirancang dengan menggunakan lagkah-langkah yang dikemukakan oleh Yalden (1987). Langkah-langkah tersebut diawali dengan survei guna menganalisis tujuan mata kuliah, kebutuhan dan keterampilan awal pemelajar, serta kondisi lingkungan setempat. Informasi mengenai tujuan mata kuliah diperoleh melalui wawancara dengan Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ketua Jurusan Hubungan Intemasional, dan pengajar mata kuliah Bahasa Inggris. Informasi mengenai kebutuhan mahasiswa diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pengajar mata kuliah keahlian. Untuk memeroleh informasi mengenai keterampilan awal pemelajar, disebarkan kuesioner dan dilakukan tes diagnostik untuk mahasiswa semester I. Selain itu, observasi dilakukan guna memeroleh informasi mengenai situasi dalam kelas Bahasa Inggris dan keterampilan berbicara mahasiswa semester I. Data dianalisis guna merumuskan dxkripsi tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. Janis silabus yang digunakan merupakan integrasi silabus yang berdasar pada tugas, isi, dan topik. Tugas-tugas yang tercakupi dalam silabus berdasar pada kebutuhan mahasiswa, sedangkan isi terdiri dari keterampilan, kosakata, dan rata bahasa yang diperlukan dalam tugas-tugas tersebut. Topik ditentukan sesuai dengan isu yang relevan dengan kehidupan mahasiswa dan studi HI, Silabus yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa Inggris di Jurusan HI UNPAD dan untuk memenuhi kebutuhan bahasa Inggris pemelajar.

The aim of this project work is to design a proposed syllabus for English course in International Relations Department Universitas Padjadjaran. The syllabus was designed using the stages proposed by Yalden (1987). The stages start with a survey to gather information on the course aims, student needs, language skills on entry and local condition_ Information on the course aims was gathered through interviews with the Dean Assistant I of Faculty of Social and Political Sciences, Head of International Relations Department and English lecturers. Information on student needs was gathered by distributing questionnaires to core subjects lecturers. To gather information on the language skills on entry, a questionnaire and a diagnostic test were given to freshman year students. Observation was also done to gather information on class situation and student speaking skills. The data was analyzed to set a description of purpose and select a type of syllabus. The type of syllabus selected integrates task-based, content-based, and topic-based syllabus. Tasks selected are based on student needs, and content consists of skills, vocabularies and structures needed in completing the tasks. Topics are chosen according to issues which are relevant to students life and International Relations study. The proposed syllabus design is expected to achieve the aims of the course and to fulfill the student needs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24405
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Felix O. Soebagio
Depok: Universitas Indonesia, 1995
346.07 FEL t I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Joko Nugroho
"
ABSTRAK
Koleksi bahan rujukan merupakan salah satu koleksi perpustakaan perguruan tinggi yang disediakan untuk melancarkan arus informasi dan memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika dalam menunjang kurikulum pendidikan.
Bahan rujukan Indonesiana merupakan buku-buku rujukan yang terbit dan memuat ioformasi tentang Indonesia, baik yang berbahasa asing maupun Indonesia.
Penelitian yang dilakukan di FSUI ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bahan rujukan Indonesiana oleh dalam penelusuran literatur. Selain itu untuk mengetahui juga kebijakan pengembangan koleksi bahan rujukan di FSUI sebagai penunjang mata kuliah wajib yang diikuti oleh sivi tas akademika sebagai pemakai layanan dan koleksi perpustakaan.
Hasil penelitian tentang pengetahuan mahasiswa mengenai bahan rujukan Indonesiana, baik istilah maupun jenisnya, mencerminkan bahwa pendidik an pemakai yang diselenggarakan perpustakaan hasilnya kurang optimal begitu juga, pemahaman pemakai pada penggunaan sarana bibliografi sebagai sarana penelusuran.
Sebagian besar pemakai memanfaatkan bahan rujukan Indonesiana untuk menunjang mata kuliah wajib yang diikuti membuktikan bahwa bahan tersebut bermanfaat untuk menunjang mata kuliah wajib, walaupun umumnya tidak terdapat dalam daftar bacaan (silabus) mata kuliah. Hal tersebut juga terbukti dari tingkat keberhasilan pemakai dalam penelusuran literatur dengan memanfaatkan bahan rujukan Indonesiana yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemakai yang tidak memanfaatkannya.
Koleksi bahan rujukan Indonesiana yang telah tersedia di perpustakaan kurang dapat memenuhi kebutuhan pemakai, sehingga pihak perpustakaan soyogyanya melakukan evaluasi kebijakan pengembangan koleksi untuk memperbaharui dan menyediakan layanan dan koleksi yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di perguruan tinggi yang bersangkutan.
"
1997
S15449
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taylor, Grant
New York: McGraw-Hill, 1967
428 Tay e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jerry Indrawan
"Indonesia saat ini menghadapi ancaman yang multidimensional, dari yang kecil sampai besar, menyangkut seluruh aspek kehidupan negara, mulai dari ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan, dan keamanan. Sifat ancaman yang ada sekarang sudah memiliki perspektif keamanan manusia (human security), bukan lagi keamanan (state security) negara saja. Untuk itu, diperlukan sebuah upaya yang menyeluruh yang mampu menghadapi Ancaman, Gangguan, Hambatan, Tantangan (AGHT) seperti demikian. Bela negara dapat menjadi jawaban untuk permasalahan demikian karena bela negara sendiri dapat diartikan sebagai kewajiban dan tanggung jawab warga negara untuk mempertahankan eksistensi dan kedaulatan negara. Bela negara akan optimal jika didiseminasikan melalui pendidikan formal. Dalam hal ini, pendidikan formal yang dimaksud berada di tingkat pendidikan tinggi. Tulisan ini mengusulkan agar bela negara dapat diselenggarakan di tingkat pendidikan tinggi dalam bentuk mata kuliah wajib universitas, dan diselenggarakan dengan nama Pendidikan Bela Negara. Pendidikan Bela Negara ini bukanlah pendidikan militer atau wajib militer, tetapi pendidikan yang disesuaikan dengan iklim dan nuansa pendidikan tingkat tinggi."
Bogor: Universitas Pertahanan, 2018
355 JDSD 8:3 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Suwito
"Modul - I
Pengenalan Statika Struktur
PENJELASAN
I. Tujuan lnstruksional Umum
Setelah menyelesaikan mata kuliah statika struktur mahasiswa mampu mengaplikasikan hukum kesetimbangan statika pada bermacam konstruksi, khususnya konstruksi statis tertentu dengan macam pembebanan yang berbeda.
II. Tujuan Instruksional Khusus
a. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan statika struktur sebagai salah satu ilmu dasar khusus dengan ilmu-ilmu dasar khusus yang lain serta kaitannya dengan ilmu-ilmu lainnya pada jurusan teknik mesin.
b. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar statika struktur/Hukum Newton."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP 1998 - 1999 6
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>