Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117031 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdian
"[Dalam pembangunan proyek EPC dimana memiliki tingkat risikonya cukup tinggi tidak terlepas dari keterlambatan waktu dan pembengkakan biaya proyek. Permasalahan yang terjadi pada PT.X dimana waktu proyek terlambat dan terjadi pembengkakan biaya. Oleh karena itu analisa berbasis risiko akan dilakukan pada proses pengadaan jasa, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan strategi pengelolaan risiko yang baik sehingga kinerja waktu dan biaya pada proyek EPC dapat dioptimalkan. Hasil penelitian menunjukkan faktor risiko yang berpengaruh terhadap kinerja waktu dan biaya paket pekerjaan subkontraktor tidak jelas, data spesifikasi & teknikal yang berubah - ubah, kompleksitas pekerjaan pada proyek, waktu proses tender terlalu singkat sehingga penawaran harga bersifat masih kasar, waktu proses tender formulir isian terlalu banyak sehingga memakan waktu, Bentuk kontrak kurang menarik bagi subkontraktor, kesalahan dalam strategi dan perencanaan paket pengadaan yang tidak memperhitungkan analisis pasar, subkontraktor kurang memahami vendor yang harus di tuju untuk pengadaan material, subkontraktor tidak akurat dalam estimasi biaya proyek, tingginya penawaran harga subkontraktor yang jauh di atas OE. Kata Kunci : Pengadaan Jasa, Proyek EPC, Faktor Risiko, Subkontraktor, Kinerja Waktu Dan Biaya;In the EPC project development which has a fairly high degree of risk can not be separated from the delay time and cost overruns of the project.Problems that occur in PT.X which time the project is late and cost overruns occur. Therefore, the analysis will be performed on a risk-based procurement process, this research is expected to generate good risk management strategies so that the performance time and cost of the EPC project can be optimized. The results showed the risk factors that affect the performance of the time and cost subcontractor work packages is not clear, the data specifications and technical change oftenly, the complexity of the work on the project, the tendering process time is too short so the bidding prices are still rough, tender form is too much so it takes a lot of time, contract type less attractive to subcontractors, errors in strategy and planning procurement package that does not account for market analysis, the subcontractor vendors to be less understanding in the heading for the procurement of materials, subcontractors are not accurate in the project cost estimate , the high bid price that is far above subcontractor OE, In the EPC project development which has a fairly high degree of risk can not be separated from the delay time and cost overruns of the project.Problems that occur in PT.X which time the project is late and cost overruns occur. Therefore, the analysis will be performed on a risk-based procurement process, this research is expected to generate good risk management strategies so that the performance time and cost of the EPC project can be optimized. The results showed the risk factors that affect the performance of the time and cost subcontractor work packages is not clear, the data specifications and technical change oftenly, the complexity of the work on the project, the tendering process time is too short so the bidding prices are still rough, tender form is too much so it takes a lot of time, contract type less attractive to subcontractors, errors in strategy and planning procurement package that does not account for market analysis, the subcontractor vendors to be less understanding in the heading for the procurement of materials, subcontractors are not accurate in the project cost estimate , the high bid price that is far above subcontractor OE]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44745
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Willy Hanugrah Gusti
"Proyek EPC pabrik merupakan suatu proyek yang kompleks karena tahap konstruksinya melibatkan pemasangan peralatan, yaitu pipa untuk menghasilkan produk dengan kapasitas tertentu dan pengujian terhadap peralatan tersebut. Oleh karena itu, banyak risiko yang mungkin terjadi. Analisis risiko dibutuhkan untuk menganalisis risiko dominan, serta menentukan penyebab, dampak, tindakan preventif, dan tindakan korektif untuk setiap risiko. Jenis penelitian ini adalah studi kasus proyek EPC pabrik yang dikerjakan oleh PT. X dengan metode penyebaran kuesioner dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif, uji normalitas, uji validitas dan realibilitas, uji homogenitas, dan analisis kualitatif risiko. Hasil yang diperoleh adalah 8 peristiwa risiko dominan dan risk register untuk setiap proses pekerjaan piping pada proyek EPC pabrik.

EPC industrial plant project is a complex project because it involves equipment installation, which is pipe to provide products with certain capacity and testing for the equipment itself on the construction phase. Hence, many risks are most likely to occur. Risk analysis is needed to analyze the dominant risks, and also to determine causes, impacts, preventive actions, and corrective actions for each risk. The type of this research is case study in EPC Industrial Plant project which handled by PT. X with questionnaire and in-depth interview. Then, the data provided would be analyze with descriptive analysis, normality test, validity and realibility test, homogenity test, and qualitative risk analysis. The results are 8 dominant risk events and risk register for piping work on EPC industrial plant project."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59630
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prayogo Hartono Surya
"ABSTRAK
Penerapan manajemen kualitas yang baik dan benar akan meminimalisir cacat pada hasil pekerjaan. Cacat ini akan menimbulkan pekerjaan perbaikan atau pekerjaan ulang, sehingga akan mempengaruhi besar waktu dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting manajemen mutu pada perusahaan-perusahaan beton pracetak di Indonesia dan mengetahui proses-proses dalam metode Six Sigma yang dapat diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan beton pracetak di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kinerja waktu produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses yang paling berpengaruh terhadap kinerja waktu adalah manajer produksi telah mengenali kompetensi tim produksi yang dibutuhkan sehingga proses perekrutan menjadi efektif.

ABSTRACT
A well and right application of quality management will minimize defects in the work. Defects will cause the repair work or re-employment, so as to affect the time and cost. This study aims to determine the existing condition of quality management in precast concrete companies in Indonesia and knowing the processes in the Six Sigma method that can be implemented in precast concrete companies in Indonesia and its impact on the performance of production time. The results showed that the process that affect time performance the most is the production manager has recognized the competence of the production team are needed so that the recruitment process to be effective."
2016
S64466
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satya Aditama Winarno
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alur komunikasi berbasis risiko pada proyek apartemen dengan fokus pada peningkatan kinerja waktu. Metode yang digunakan antara lain survei dan studi kasus, dengan pengumpulan data melalui pembuatan dan penyebaran kuesioner kepada para ahli, serta analisis hasil yang dilakukan oleh Perusahaan X. Temuan menunjukkan bahwa alur komunikasi yang diterapkan di PT.X terbukti valid. dan efektif. Namun ada beberapa faktor yang menghambat kelancaran arus komunikasi, seperti perencanaan dan penjadwalan pekerjaan yang tidak memadai, komunikasi yang tidak memadai karena metode dan teknologi yang tidak sesuai, sistem distribusi informasi yang tidak efisien, perencanaan anggaran proyek yang tidak memadai, kurangnya sumber daya, penjadwalan waktu dan sumber daya yang tidak lengkap, tidak tepat sasaran. keterampilan mendengar dan berbicara, kurangnya empati antar pihak, sarana dan prasarana yang belum memadai, kondisi emosi, dan kurangnya penguasaan teknik komunikasi. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan beberapa tindakan untuk meningkatkan alur komunikasi, antara lain memperbaiki perencanaan dan penjadwalan pekerjaan, menggunakan metode dan teknologi komunikasi yang sesuai dengan kondisi lapangan, memperbaiki sistem distribusi informasi, memastikan ketersediaan perencanaan anggaran proyek, meningkatkan sumber daya, menciptakan waktu dan waktu yang komprehensif. perencanaan sumber daya, peningkatan keterampilan mendengar dan berbicara, meningkatkan empati antar pihak, meningkatkan sarana dan prasarana, mengendalikan kondisi emosi, dan meningkatkan penguasaan teknik komunikasi. Dengan menerapkan rekomendasi tersebut diharapkan alur komunikasi pada proyek apartemen dapat berjalan lebih efektif dan efisien sehingga meningkatkan kinerja waktu proyek secara keseluruhan.

This research aims to develop a risk-based communication flow in apartment projects with a focus on improving time performance. The methods employed include surveys and case studies, with data collected through the creation and distribution of questionnaires to experts, along with an analysis of results conducted by Company X. The findings indicate that the communication flow implemented at PT.X has proven to be valid and effective. However, several factors hinder the smooth communication flow, such as inadequate planning and scheduling of work, insufficient communication due to mismatched methods and technologies, inefficient information distribution systems, inadequate project budget planning, lack of resources, incomplete scheduling of time and resources, inappropriate listening and speaking skills, lack of empathy among parties, inadequate facilities and infrastructure, emotional conditions, and lack of mastery of communication techniques. Based on these findings, several actions are recommended to enhance communication flow, including improving planning and scheduling of work, using communication methods and technologies appropriate to field conditions, improving information distribution systems, ensuring project budget planning availability, increasing resources, creating comprehensive time and resource planning, enhancing listening and speaking skills, improving empathy among parties, upgrading facilities and infrastructure, controlling emotional conditions, and enhancing mastery of communication techniques. By implementing these recommendations, it is hoped that the communication flow in apartment projects can operate more effectively and efficiently, thereby improving overall project time performance."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Nugraha
"Tesis ini membahas kegiatan, risiko, dampak dari risiko terhadap kinerja waktu dan kinerja biaya proyek dan penanganan risiko tersebut pada proyek penyusunan rencana tata ruang dan wilayah kabupaten oleh konsultan perencana wilayah. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan studi kasus pada PT X selaku konsultan perencana wilayah.
Hasil penelitian adalah diperlukannya penanganan risiko yang terdapat pada setiap aktifitas proyek. Risiko tersebut antara lain durasi persetujuan DPRD, kesulitan pengadaan data, kesulitan pengadaan data BPS, durasi persetujuan owner, aktifitas tambahan di akhir proyek, aksesbilitas wilayah rendah, versi data yang berbeda-beda dan peta dasar yang tertunda.

This study focus on activities, risk, risk impact to time dan cost performance, and risk response in the urban and regional district planning by the urban and regional planning consultant. The research method is a descriptive case study on "X" consulting service as urban and regional planning consultant.
The research's results is risk in each project activities. Those risk are the duration of the legislative approval, difficulties in the data`s procurement, problem in Centers of Statistic data, owner duration approval, additional activities at the end phase of project, low accessibility, data vary, and base map pending/problem."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T25324
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Rizky Tansir
"Proyek pabrik yang dikerjakan oleh PT.A berfungsi untuk menghasilkan produk yang beragam, mulai ammonium, bahan peledak, dan pupuk. Namun proyek pabrik mengalami banyak kendala, salah satunya penyimpangan jadwal atau scheduling, yang dapat terjadi akibat risiko-risiko pada tahap purchasing yang terdapat pada jalur kritis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan risiko dominan serta komponen penyebab, dampak, tindakan pencegahan, dan tindakan koreksi dari risiko pada tahap purchasing. Pengolahan data penelitian yang dilakukan adalah uji statistik dan analisis risiko, yang terbagi atas analisis kualitatif dan penentuan penyebab, dampak, tindakan pencegahan, dan koreksi risiko pada tahap purchasing proyek pabrik pada PT.A yang divalidasi pakar. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah lima risiko dominan pada tahap purchasing. Risiko dominan tersebut adalah perubahan spesifikasi DED, mesin pabrik yang langka, ketidaksempurnaan klarifikasi, keterlambatan tender, dan keterlambatan pengiriman mesin.

Factory plant project construct by PT.A serves to produce many products like, ammonium, explosives and fertilizers. But the plant project has many obstacles, one of them is time overruns, which can occur as a result of risks at the stage of purchasing that are on the critical path of the project. The objective of this study is to find the dominant risk as well as the component causes, effects, precautions, and corrective actions of the risks involved in purchasing stage. Research method conducted statistical tests and risk analysis, which consists of qualitative analysis and determination of the causes, effects, precautions, and corrective measures of risk at this stage of the project purchasing the factory in PT.A expert validated. The results found in this study are five dominant risk in purchasing stage. There are change of DED specification, rare machinary, unperfect clarification, late bidding, & late machine delivery."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60048
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aryartha Soepardi
"Proses pengadaan peralatan dan material di dalam proyek EPC dapat mencapai 60% dari waktu keseluruhan proyek. Salah satu masalah yang sering timbul adalah peralatan dan material yang belum/tidak sesuai dengan PO/spesifikasi proyek dikirim ke Site. Hal ini menimbulkan adanya pekerjaan ulang atau pekerjaan tambahan. Adanya tambahan waktu penyelesaian masalah ini dapat menjadi salah satu penyebab keterlambatan penyelesaian proyek. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya keterlambatan penyelesaian proyek adalah dengan mendeteksi dan mengendalikan risiko pada tahap pengadaan peralatan dan material.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merekomendasikan pengembangan perencanaan pengadaan peralatan dan material dengan menerapkan Equipment Criticality Rating pada tahap pengadaan sebagai alternatif tindakan pencegahan dan perbaikan untuk faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ketidaksesuaian peralatan dan material terhadap spesifikasi proyek.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan strategi penelitian berupa analisa arsip, survei, studi kasus serta validasi pakar. Instrument penelitian ini adalah interview para pakar profesional dan kuesioner pada profesional yang telah lama bekerja dalam proyek EPC fasilitas oil & gas. Risk analysis digunakan untuk mengetahui tingkat risiko dan analytical hierarchy process digunakan untuk menentukan keputusan alternatif penanganan faktor penyebab ketidaksesuaian.
Hasil penelitian ini akan diperoleh pengembangan proses perencanaan pengadaan peralatan dan material dengan peningkatan inspection level pada saat fabrikasi dapat menurunkan terjadinya pengiriman peralatan dan material yang tidak atau belum sesuai spesifikasi sehingga mendukung meningkatkan kinerja waktu.

The procurement process of equipment and materials in the EPC project are able to reach 60% to the overall project time. Problems that often arises are equipment and materials which not yet or is not conform to the PO or Project Specification are sent to the site. This condition results an additional work or rework. The additional time to resolve this problem could be one of the causes of project completion delays. One of the way to prevent project completion delays is to detect and control risks at the procurement stage.
The purpose of this study is to recommend the improvement procurement planning for the equipment and materials by implementing Equipment Critical Rating at the procurement stage as an alternative preventive and corrective action for the factors which cause equipment and material unconformity to project specifications.
The research method is quantitative descriptive method with a research strategy in the literature review, surveys, case studies and expert validation. The instrument of this research is interviewing experts and questionnaires to professionals who have worked in the EPC project for oil & gas facilities.
The results of this study are the improvement procurement planning process of equipment and materials by increasing inspection levels at fabrication or manufacturing stage able to reduce delivery of non-conform equipment and materials to specifications and so it supports improving project time performance.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T51968
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robert Himawan Hamiseno
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor keterbatasan
tenaga ahli dalam seleksi umum pengadaan jasa konsultansi di Ditjen Bina Marga
yang berpengaruh terhadap penyimpangan kinerja waktu pelaksanaan seleksi serta
mengetahui seberapa besar tingkat pengaruhnya. Hasil penelitian ini adalah
faktor-faktor keterbatasan tenaga ahli yang berpengaruh terhadap kinerja waktu
seleksi adalah tenaga ahli yang diusulkan tidak dapat dinilai karena masih
terkontrak di paket lain, tenaga ahli tidak memiliki/melampirkan SKA, SKA
tenaga ahli tidak sah karena sudah kadaluarsa, SKA tenaga ahli tidak sesuai KAK,
tenaga ahli tidak memiliki/melampirkan referensi pengalaman kerja.

ABSTRACT
The aim of this research is to find factors of experts’ constraint in consultant
procurement which have an impact on time performance and to discover how big
is the influence. The result if this research is that expert’s constraint factors in
consultant procurement are: proposed experts can not be evaluated because they
have been contracted in other package, experts do not have certificate of expertise,
their certificate of expertise have been expired, their certificate is not match with
the criteria in the Term of Reference and experts do not have the job references."
2008
T40736
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Hadi Putra
"Perusahaan-perusahaan EPC di Indonesia saat ini dalam membenahi kondisi kesehatannya melakukan beberapa terobosan yang dapat ditempuh untuk menyehatkan usahanya. Salah satunya adalah dengan melakukan restrukturisasi atau perubahan organisasi pengadaan perusahaan, yang berdampak kepada perubahan perilaku organisasi pengadaan tersebut, dan dengan dilakukan restrukturisasi, akan mempengaruhi kinerja waktu proyek yang dikerjakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor perubahan organisasi pengadaan yang dominan mempengaruhi kinerja waktu, dan mengetahui rekomendasi tindakan pencegahan dan koreksi yang dilakukan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus pada proyek Y, karena proyek ini merupakan proyek yang dikerjakan setelah perusahaan mengalami perubahan organisasi pengadaan.dan saat ini masih berlangsung. Analisa data diolah dengan pendekatan statistik non parametris dan pendekatan AHP, kemudian untuk dapat menentukan rekomendasi tindakan pencegahan dan koreksi digunakan metode delphi.
Hasil dari penelitian ini adalah; ada enam faktor dari perubahan organisasi pengadaan yang dominan terhadap kinerja waktu, yaitu: Terjadi kesalahan pembelian material karena strategi & struktur organisasi yang baru belum diterapkan secara maksimal; Terjadi kesalahan monitoring fabrikasi material karena strategi & struktur organisasi yang baru belum diterapkan secara maksimal; Terjadi ketidaksesuaian pendataan material di gudang karena kurangnya kapabilitas personil; Terjadi keterlambatan pembelian material karena kurangnya kapabilitas personil; Terjadi keterlambatan fabrikasi material karena prosedur kerja yang ada kurang jelas; dan Terjadi kesalahan monitoring fabrikasi material karena kurangnya kapabilitas personil. Akan tetapi dari hasil analisa level pengaruh, faktor-faktor dominan tersebut memiliki level pengaruh yang tidak terlalu besar, sehingga masih bisa teratasi.

To straighten up the condition of health, EPC companies in Indonesia is doing some inovation. For this time one of the inovation is doing restructured or changing the procurement of organization company which effect to behaviour of that organization and doing the recontruction will influence project performance time.
This research aim to identify change factors of procurement organization which influence time of performance, and knows recommendation of preventive and correction action.
Approach of research that used is case study method project of Y, because this project is doing after company has changing the procurement organization, and it is still continue until now. Data analysis processed with approach of statistic non parametris and approach of AHP, and then to be able to determine recommendation of preventive and correction action used by Delphi method.
The result of this research are; there are six factor of change dominant procurement organization to time performance, that is: Happened mistake of purchasing of material because strategy & new organization chart not yet been applied maximally; Happened mistake of monitoring of fabrication material because strategy & new organization chart not yet been applied maximally; Happened missed of material data in bond because lack of personnel capability; Happened delay of purchasing of material because lack of personnel capability; Happened delay of material fabrication because less clear existing working procedure; and Happened mistake of monitoring of fabrication material because lack of personnel capability. However from result analyse influence level, the dominant factors have influence level which do not too big, so that still solve the problem.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50565
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Asyiah
"Supervisor dapat dikatakan sebagai the man in the middle. Supervisor diharapkan mampu menjembatani pihak manajemen dengan tenaga kerja produtif. Pekerjaan supervisor berkaitan erat dengan masalah produktifitas tenaga kerja dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kesuksesan suatu proyek. Kompetensi yang dibutuhkan tidak hanya soft skill saja tetapi juga hard skill. Pada penelitian ini, hard skill dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kompetensi umum, kompetensi inti dan kompetensi khusus.
Berdasarkan hasil analisis korelasi dan regresi diperoleh critical hard skill competence supervisor yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja waktu yaitu kompetensi yang termasuk kelompok kompetensi inti yaitu: (1) Menguasai spesifikasi teknis dan spesifikasi khusus (X8) dan (2) melaksanakan pengukuran berdasarkan prosedur pengukuran volume dan perhitungan pembayaran hasil pekerjaan (X40).

Supervisor called as the man in the middle. Supervisors are expected to bridge the management and the productive labor. Supervisor's jobs are strongly associated with labor productivity and have a significant influence for successful project. Competence is not only soft skill competencies, but also hard skills competence.
This research classifies hard skill competence into three groups: general competencies, core competencies and specialized competencies. Correlation and regression analysis result showed critical hard skills competence of supervisors that have a significant effect on the time performance are core competencies: (1) Have a good knowledge to the technical and special specifications (X8) and (2) carry out measurements based on volume measurement and calculation procedure of payment of work (X40).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43624
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>