Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170908 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap profesi keperawatan dan motivasi belajar mahasiswa Fakullas Ilmu Kepcrawatan Universitas Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif eksploratif dengan jumlah sampel 55 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untuk memperoleh frekuensi dau presentasenya. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa mayoritas
responden (64%) memilih FIK karena minat pribadi. Hasil penelitian ini adalah Iebih dari setengah responden (56%) memiiiki persepsi tinggi terhadap profesi keperawatan dan sebagian besar responden (67%) memiliki motivasi belajar rendah. Institusi pendidikan diharapkan sebaiknya lebih mengembangkan variasi metode pembelajaran yang lebih inovatif sehingga Iebih memacu semangat belajar mahasiswa."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5793
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Keperawatan yang merupakan suatu profesi diharapkan dapat berpartisipasi dalam Sistem Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Citra keperawatan selama ini dianggap cenderung rendah oleh masyarakat. Perbaikan persepsi masyarakat tentang perawat dan keperawatan dapat ditingkatkan dengan cara peningkatan pengetahuan dan profesionalisme perawat. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk Mengidentifikasi sejauh mana perbandingan persepsi mahasiswa regular FIK UI 2006 tentang profesi keperawatan sebelum kuliah dan setelah mengikuli perkuliahan. Desain penelitian ini adalah diskriptif kooperatif, dimana sampel atau populasi penelitian ini adalah mahasiswa regular 2006 yang berjumlah 114 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2008. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan uji kuisioner pada kelompok di luar area penelitian, tetapi dengan kondisi dan situasi yang sama dengan area yang akan diteliti. Jumlah sampel yang diuji 30 orang. Hasil dari penelitian didapatkan dari responden sebanyak 114 orang, menunjukkan bahwa sebelum kuliah ada terdapat 43 orang yang mempunyai persepsi negatif tentang profesi keperawatan atau sekitar 37,7 % dan terdapat 71 orang yang mempunyai persepsi positif tentang profesi keperawatan atau sekitar 62,3 %. Sedangkan setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa yang mempunyai persepsi negatif sebanyak 47 orang atau sekitar 41,23 % dan yang mempunyai persepsi positif sebanyak 67 orang atau sekitar 58,77 % dengan p value 0,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara sebelum dengan sesudah kuliah di FIK UI tentang profesi keperawatan. Dari hasil penelitian tersebut penulis menyarankan agar diadakannya penelitian pada area yang lebih besar dan pada pelajar SMU sebelum mereka terpapar dengan perkuliahan sehingga didapatkan hasil yang lebih baik, dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang tugas dan peran keperawatan sccara professional."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5903
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Evina Sari
"Penelitian ini menggunakan desain deskriptif yang bertujuan mengidentifikasi gambaran motivasi belajar dan faktor pendukung motivasi belajar mahasiswa S1 Reguler dan Eksekutif angkatan 2011 Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Teknik sampel yang digunakan purposive sampling. Sampel penelitian 25 mahasiswa S1 reguler dan 25 mahasiswa S1 eksekutif angkatan 2011 Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Hasil penelitian adalah mahasiswa S1 Reguler angkatan 2011 motivasi belajar tinggi (52%) dan mahasiswa S1 Eksekutif angkatan 2011 motivasi belajar rendah (52%). Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu meneliti faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar.

This study was using a descriptive design that aims to identify description of the motivation learning and factors supporting student motivation learning S1 Regular and Executive Force 2011 Program Excellence Nursing at Esa Unggul University. The method of this study used purposive sampling. The samples S1 twenty five regular and twenty five executive class S1 2011 Esa University Nursing Program Excellence. The results are S1 2011 Regular force motivation high (52%) and the Executive Force 2011 S1 low motivation (52%). The suggestions for further research that examines the factors that affect the intrinsic and extrinsic motivation to learn."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42572
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Olahraga merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Kurang berolahraga merupakan faktor resiko berbagai macam penyakit kronik yang dapat menyebabkan kematian. Seseorang yang jarang berolahraga akan lebih mudah terkena penyakit jantung dan stroke dari pada orang yang rajin berolahraga (Smeltzer, 1996).
Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tingkat motivasi mahasiswa FIK UI program reguler untuk melakukan olahraga. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia., Depok dengan jumlah responden 160 orang yang dibagi berdasarkan stratifikasi angkatannya, Pengambilan responden dilakukan secara .systematic random sampling dengan menggunakan daftar nama mahasiswa FIK UI program reguler. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana dengan alat pengambilan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan metode statistik univariat yaitu mean, median, modus, dan proporsi untuk menganalisis variabel tingkat motivasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat motivasi mahasiswa FIK UI program reguler adalah tinggi (52%) Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa FIK UI program reguler terhadap olahraga menjadi dasar atau pengaruh utama dalam tingginya motivasi lmtuk melakukan olahraga. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diperlukan penyediaan fasilitas-fasilitas olahraga yang memadai bagi mahasiswa sebagai sarana apresiasi motivasi olahraga yang tinggi. Sehingga dapat membentuk mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan yang sehat fisik dan mental."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5566
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian yang bertujuan mengidentifikasi persepsi Mahasiswa Strata satu Reguler FIK UI terhadap penggunaan herbal dalam keperawatan dilakukan terhadap 100 mahasiswa dengan menggunakan desain deskriptif sederhana. Hasil temuan didapatkan hampir semua (94%) mahasiswa menyatakan penggunaan herbal dalam keperawatan dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan sebagian besar (91%) setuju bahwa penggunaan herbal dapat mendukung pemberian asuhan keperawatan yang komprehensif. Tingginya harapan mahasiswa terhadap pengadaan mata ajar tentang penggunaan herbal dalam keperawatan (95%) serta regulasi yang jelas (98%) agar herbal dapat diterapkan secara luas dalam keperawatan (93%) menunjukkan bahwa mahasiswa telah menyadari penggunaan herbal merupakan ranah keperawatan. Kesadaran tersebut didukung oleh tingginya motivasi mahasiswa untuk mempelajari dan menggunakan (91%), Serta merlerapkan herbal dalam keperawatan (88%).

Research which have purpose to identify the FIK UI student’s perception toward the use of herbs in a nursing conducted on 100 respondents by using simple descriptive design. The findings obtained almost of students (94%) stated that the using of herbs in nursing can improve the quality of nursing services and 91% agree that the use of herbs can support the delivery of comprehensive nursing care. The high expectation of students toward the procurement of specific subject about the use of herbs in nursing (95%) as well as a clear regulation of herbs (98%) can be widely applied in nursing (93%) indicated that students were aware ofthe use of herbs is the part of nursing. Awareness is also supported by the high motivation of students to learn and use (91%), and applying herbs in nursing (88%).
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
TA5953
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Silvia Septi
"Ada asumsi yang mengatakan bahwa mahasiswa yang memilih fakultas yang saat ini menjadi tempat belajarnya sebagai pilihan pertama pada SPMB berarti motivasi belajar mahasiswa tersebut juga tinggi, yang dibuktikan dengan prestasi yang tinggi. Sebaliknya mahasiswa yang memilih fakultas yang saat ini menjadi tempat belajarnya sebagai pilihan kedua pada SPMB berani motivasi belajamya rendah yang dibuktikan dengan prestasi yang rendah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002) Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian adalah apakah ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa FIK UI reguler 2007 dengan pilihan pertama dan kedua pada SPMB. Penelitian ini dilakukan dilingkugan FIK UI dengan responden 54 orang dengan kriteria mahasiswa reguler 2007 yang mengikuti SPMB. Desain penelitian yang digunakan deskriptif komparatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian ini bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa reguler 2007 FIK UI dengan pilihan pertarna dan kedua pada SPMB. Artinya penelitian ini direkomendasikan agar penelitian selanjutnya meneliti lebih banyak sampel dan meninjau faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi seperti faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2008
TA5647
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Kemampuan menyelesaikan masalah dengan menggunakan koping yang tepat akan
mempengaruhi mahasiswa baru dalam menghadapi proses belajar mengajar yang pada
akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan unluk
mendapatkan gambaran tentang mekanisme koping yang digunakan oleh mahasiswa
baru reguler 2006 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam menghadapi
stres tahun pertama kuliah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
sederhana dengan responden 69 orang mahasiswa reguler 2006. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner untuk mengkaji stres, stresor, dan mekanisme koping. Data
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan
disribusi frekuensi dan prosentase dari variabel yang diteliti. Hasil yang diperoleh
menunjukkan bahwa 58% mahasiswa menggunakan koping konstruktif dan 42%
menggunakan koping destruktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi
pertimbangan bagi pembimbing akademik, khususnya pembimbing akademik
mahasiswa baru agar dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi sehingga
proses belajar mengajar tetap berjalan dengan Iancar."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5578
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Luki Dian Purnamasari
"Motivasi dipengaruhi oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik. Salah satu faktor intrinsik adalah pengetahuan, Pengetahuan yang baik tentang bahaya osteoporosis, dapat memperkuat motivasi untuk melakukan upaya pencegahan osteoporosis sedini mungkin, terlebih pada mahasiswi kesehatan yang telah terpapar dengan ilmu kesehatan sehari-harinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh antara lamanya telah terpapar ilmu kesehatan dengan motivasi mencegah osteoporosis pada mahasiswi tingkat akhir dengan mahasiswi tingkat awal S-1 reguler FIK-UI. Penelitian ini dilakukan di FIK-UI dengan mengambil responden mahasiswi reguler angkatan 2005 dan 2008 sebanyak 97 orang dengan metode simple random sampling.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan distribusi frekuensi dan uji Chi Square untuk menganalisis hubungan antar variabel.
Hasil penelitian ini menyimpulkan ada pengaruh yang cukup signifikan antara telah lamanya terpapar ilmu kesehatan dengan motivasi mencegah osteoporosis pada mahasiswi keperawatan (p value= 0,002 < α= 0,05).
Peneliti menyarankan pada penelitian berikutnya dibahas pula mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi masing-masing kelompok dalam melakukan upaya pencegahan osteoporosis.

Motivation has been influenced by internal and external factors. The internal factor for instant the deepness of health insight. The good insight about the osteoporosis dangerous, will be force his motivation to prevent osteoporosis in the early age, especially among the students of Nursing Faculty, who has been studied the health science daily.
The objective of this research is to identify the impact of the length of health study on prevent osteoporosis motivation among regular students 2005 as a last grade and 2008 as a first grade of Nursing Faculty University of Indonesia. Respondent are regular women students in Nursing Faculty University of Indonesia with 97 persons by using simple random sampling.
Research design uses descriptive correlation and Chi-square test to analyze correlation between two variables.
The result of this research has proven that the length of the health study has a positive impact to their motivation on prevent osteoporosis significantly (p value= 0,002 < α= 0,05).
Researcher suggests for the future research to emphasis on factors whose influence the motivation of each group to prevent osteoporosis.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5812
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lisa Permatasari
"Harga diri merupakan penilaian pribadi individu terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisis seberapa jauh perilaku memenuhi ideal dirinya. Harga diri dipengaruhi oleh persepsi diri sendiri dan orang lain serta pengalaman terkait keberhasilan atau kegagalan. Diterima di Universitas Indonesia yang merupakan universitas yang diminati di Indonesia dapat dianggap pencapaian yang positif yang dapat meningkatkan harga diri remaja. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran harga diri mahasiswa S1 reguler dan mahasiswa profesi 2011 di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Data pada penelitian ini berjumlah 132 mahasiswa yang terdiri dari 72 mahasiswa reguler dan 60 mahasiswa profesi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling.
Hasil analisis univariat menunjukkan harga diri positif dimiliki oleh 47,2% mahasiswa reguler dan 66,7% mahasiswa profesi. Rekomendasi penelitian ini adalah perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi harga diri mahasiswa keperawatan. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan program yang sesuai untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang profesi perawat.

Self-esteem is an individual's personal assessment of the results achieved by analyzing how far behavior meet ideal self. Self-esteem can be influenced by self perception, other perception, and the experience of successful. Accepted in University of Indonesia as a public and well known university in Indonesia can be seen as a positive achievement that can increase self-esteem of teenager. The aim of this descriptive study was to identify the academic and the profession student self-esteem 2011. Data were collected from a quota sampling from 132 students which consist of 72 academic students and 60 profession students.
The results showed that 47,2% of academic students had positive self-esteem, while 66,7% of profession students had positive self-esteem. Some recommendations were proposed that a future study should be conducted to identify some factors that affecting the nursing student self-esteem. The results of this study could be beneficial to improve the nurse curriculum that increase the knowledge and the awareness of the nursing students regarding the nursing profession.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43468
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Widiatmi
"Saat ini metode pembelajaran yang efektif sangat diperlukan. Metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik akan meningkatkan prestasi belajar dan memudahkan pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perbedaan prestasi belajar pada mahasiswa yang berupa kepribadian introvert dan ekstrovert yang nantinya diharapkan dapat mendukung untuk mendapatkan metode pembelajaran yang sesuai dengan mahasiswa yang mempunyai tipe kepribadian yang berbeda.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif komparatif, dengan jumlah sampel 97 mahasiswa reguler Sl yang diperoleh melalui metode simple random sampling. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna terhadap prestasi belajar pada mahasiswa introvert dan ekstrovert ( p=0,019).
Hasil ini menunjukkan bahwa tipe kepribadian mempengaruhi terhadap keberhasilan proses belajar sehingga diperlukan metode alternatif untuk meningkatkan keefektifan pcncapaian preslasi belajar mahasiswa dan tujuan pembelajaran yang lebih optimal."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2007
TA5293
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>