Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 203458 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Hanny Shintawati
"ABSTRAK
Sejalan dengan kenaikan standar ekonomi dan era kecanggihan teknologi dunia elektronik audio, pendengar radio tidak lagi menuntut pada radio yang sekedar 'asal bunyi', melainkan pada segi kualitas materi program dan audionya. Dalam abad teknologi digital audio saat ini, radio T rijaya dan sederet radio lain di jalur Frekuensi Modulasi (FM), saling bersaing menjaring target pendengar masing- masing. Melalui motto The Real Radio More Than Just Music, radio ini mengemas lagu-lagu enak didengar dan sajian acaraacara unggulan dalam bentuk Talk Show radio. Kemasan tai k show radio ini didukung oleh atribut Gaya Penyiar, Suasana yang ditampi1kan, Topik Perbincangan serta Musik, untuk menghasilkan acara informatif dengan gaya komunikatif. Proses penyampaian program acara radio Trijaya kepada pendengarnya merupakan keseluruhan pesan dalam proses."
1992
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Ayu Pratiwi
"Analisis Situasi
Saat ini sudah banyak tersedia informasi kesehatan di berbagai media, termasuk di radio. Sayangnya, informasi-informasi tersebut lebih ditujukan bagi mereka yang telah berusia dewasa. Padahal, kesehatan sangat penting baik bagi orang tua maupun orang muda (remaja). Oleh karena itu, penulis merasa dibutuhkan suatu program kesehatan yang ditujukan bagi anak muda.
Selain itu, dari hasil riset terhadap 100 pendengar radio anak muda yang dituju menunjukkan bahwa mayoritas dari mereka tertarik dan membutuhkan informasi kesehatan.
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak:
Mendapatkan informasi seputar kesehatan untuk anak muda.
Manfaat bagi pengelola:
Menunjukkan pada masyarakat bahwa radio tidak hanya berisi acara hiburan, tapi juga berisi informasi-informasi yang bermanfaat seperti informasi kesehatan.
Tujuan sosial:
Mengajak pendengar untuk mulai memerhatikan kesehatan sedini mungkin.
Tujuan ekonomi:
Mendatangkan keuntungan bagi pengelola radio melalui iklan dan sponsorship.
Prototipe yang Dikembangkan
Prototipe yang dikembangkan adalah program radio khusus kesehatan berbentuk talk show dengan segmentasi anak muda Jakarta dengan status sosial ekonomi ABC. Rencananya, program bernama “Sabar OZ” (Sehat Bareng OZ) ini akan disiarkan di OZ Radio Jakarta setiap Jumat, pukul 16.00-18.00 WIB. Acara ini dibagi ke beberapa sesi, yaitu bincang-bincang dengan narasumber ahli, bincang-bincang dengan selebriti, sesi tanya jawab (sekaligus kuis), dan informasi tips, mitos, serta fakta kesehatan.
Evaluasi
Media pre-test dilakukan dengan metode FGD dengan peserta sebanyak enam orang. FGD dilakukan setelah prototipe program selesai dibuat dengan instrumen media pre-test berupa panduan FGD. Sedangkan evalusi dikelompokan menjadi dua, yaitu: evaluasi produksi dan kualitas program serta evaluasi khalayak; dan evaluasi biaya.
Evaluasi produksi dan kualitas program serta evaluasi khalayak dilakukan dengan cara aktif dan pasif. Evaluasi aktif dilakukan dengan telesurvei yang diadakan pada bulan pertama penyiaran program (empat episode). Sedangkan evaluasi pasif dilakukan dengan memantau respon pendengar yang masuk baik melalui email maupun Twitter secara terus-menerus. Evaluasi biaya dilakukan setiap bulan dengan membandingkan biaya produksi program dengan pendapatan program “Sabar OZ” (Sehat Bareng OZ).
Anggaran
Anggaran pembuatan program per episode: Rp 852.500,00
Total biaya produksi program selama tiga bulan (13 episode): Rp 11.082.500,00
Prakiraan pemasukan bersih dengan sponsor selama tiga bulan (13 episode): Rp 222.137.500,00
Prakiraan pemasukan bersih tanpa sponsor selama tiga bulan (13 episode): Rp 110.597.500,00
Anggaran media pre-test: Rp 505.000,00
Anggaran evaluasi: Rp 1.800.000,00

Situation Analysis
Nowadays, there are so many media that provide information about health, with no exceptions the radio. Unfortunately, the information are more intended for adult consumption. Whereas, health is really important both for adult and young people (teenagers). Therefore, the author thinks that there is a need for young people as much as it is to the adults.
Moreover, based on the research which was committed to 100 listeners of young people’s radio (OZ Radio Jakarta), the majorities of them are interested and have the need of getting information about health.
The Advantages and The Purposes of Prototype Development
The advantage for audience/listeners:
Attain information on health issues for young people.
The advantage for radio station:
Shows the society that radio is not only about entertainment, but also have concern in providing useful information such as information about health.
Social purpose:
To persuade the audience/listeners to give more attention and take a good care to their health since they are young.
Commercial purpose:
To bring in profit for radio station from adverts and sponsorship.
The Developed Prototype
The developed prototype is radio program about health that takes form talk show formatted, which is intended for young people (teenagers) in Jakarta with ABC social economic class. The program would be named “Sabar OZ” (Sehat Bareng OZ) and is planned to be airing at OZ Radio Jakarta every Friday at 4-6 pm. This program has some parts, which included chatting with expert, chatting with celebrity, question and answer session (including quiz), and tips, myth, and health facts.
Evaluation
The method applied for the pre-test media is FGD with six participants. FGD will be performed after the prototype made and an FGD instrument will be used as a guide. The evaluation divided in two categories, which are: production, quality program, and audience evaluation; and budget evaluation.
Production, quality program, and audience evaluation will be executed in two ways, which are active and passive. The method applied for active evaluation is telesurvei which will be executed in the first month of program airing (for episodes). Whereas, passive evaluation will be executed by monitoring audiences’ responses by email or Twitter continuously. Budget evaluation will be executed every month by comparing production expenditure and income of the program.
Budget
Program production budget per episode: 852.500 IDR
Total program production budget (13 episodes):11.082.500 IDR
Estimation of program income with sponsors (13 episodes): 222.137.500 IDR
Estimation of program income without sponsors (13 episodes): 110.597.500 IDR
Pre-test media budget: 505.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58764
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Melati Pertiwi Putri
"[ABSTRAK
Bagian 1: Analisis Situasi
Minat membaca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah karena minimnya sarana, informasi, serta koleksi buku. Di sisi lain, upaya mengapresiasi karya sastra Indonesia mulai berkembang baik. Namun, kebanyakan orang cenderung menganggap sastra itu berat. Padahal sastra banyak memberikan manfaat. Diperlukan adanya program khusus soal karya sastra Indonesia untuk segmen dewasa muda. Media yang digunakan adalah radio karena meski jangkauannya luas tetapi bisa membangun hubungan personal.
Hasil riset khalayak terhadap 55 pendengar radio menunjukkan mayoritas dari mereka merasa butuh dan tertarik dengan ide program bertema sastra. Hampir semua responden setuju jika program karya sastra Indonesia ini direalisasikan.
Bagian 2: Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak: Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengenal karya sastra Indonesia.
Manfaat bagi pengelola: Meningkatkan citra positif karena menghadirkan program yang mendidik masyarakat tentang sastra Indonesia.
Manfaat ekonomi: Pengelola mendapatkan pemasukan tambahan.
Tujuan sosial: Mengenalkan karya-karya sastrawan Indonesia.
Tujuan ekonomi: Menambah keuntungan lewat iklan dan sponsor.
Bagian 3: Prototipe yang Dikembangkan
Program bertema sastra ini mengusung format talkshow, dengan nama ?AKSARA? (Apresiasi Karya Sastra Indonesia). Program akan mengudara di KBR, setiap Sabtu, selama 1 jam, pukul 19.00-20.00 WIB. Program ini menghadirkan sastrawan, penyair, budayawan, atau kritikus sastra sebagai narasumber.
Bagian 4: Evaluasi
Media pre-test dilakukan dengan metode Focus Group Discussion (FGD) sebanyak 2 kali. Peserta FGD adalah 10 orang berusia 20-30 tahun. Pre-test dilakukan sebulan sebelum hari siaran program dan setelah prototipe program diproduksi.
Evaluasi akan dilaksanakan secara aktif dan pasif, setelah program disiarkan. Metodenya adalah kuesioner digital dan memantau respon pendengar via SMS, email, dan Twitter.
Bagian 5: Anggaran
Anggaran pembuatan prototipe: Rp 143.000,-
Anggaran pembuatan program per edisi: Rp 1.265.000,-
Total biaya produksi program selama tiga bulan (13 edisi):
Rp 16.445.000,-
Anggaran pre-test: Rp 1.925.000 dan Evaluasi per bulan: Rp 1.800.000;

ABSTRACT
Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience?s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000;Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience?s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000;Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience?s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000, Part 1: Situation Analysis
Indonesian literacy awareness is still low due to the lack of facilities, information, and book collections. On the one hand, the effort to appreciate Indonesian literature is growing immensely. On the other hand, many people tend to assume that literature is way too heavy, when actually it may give a very rewarding results to the ones study it. There is a growing need for a special program that discusses Indonesian literature targeting young adults segment. Radio became the media that the writer choose because it has the ability to reach a wide-scope of listeners, while still maintaining intimate-personal relationship with its designated listeners.
The result of audience’s research to the 55 radio listeners show that the majority of them need and excited to the idea of literature-themed programme. Most of them agree, incase this program of Indonesian literature to be created.
Part 2: The Advantages and the Purposes of Prototype Development
Benefits for the audience: Raising the public awareness on the importance of knowing Indonesian literature. Benefits for managers:Managing a positive image for the radio itself because it uses Indonesian literature as a tool to educate people. Economic benefits: Getting additional income. Social objectives: Introducing the works of Indonesian author. Economic objectives: Getting profits from advertisement and sponsorship.
Part 3: The Developed Prototype
This programme carries a talk show format, called "AKSARA" (Appreciation for Indonesian Literature). The program will air at KBR, every Saturday, for 1 hour, from 19:00 to 20:00 pm. This program presents a writer, a poet, a cultural observer, or literature critics as source persons.
Part 4: The Evaluation
A media pre-test will be conducted using Focus Group Discussion (FGD) method twice. The participants consist of 10 people aged 20-30 years. This pre-test will be done a month before the day of the broadcast program and after the program prototype is produced.
The evaluation will be carried out in both active and passive ways, right after the program is broadcast. A digital questionnaire will be used while monitoring the response of listeners via SMS, email, and Twitter simultaneously.
Part 5: Budget
Budget for prototype making : Rp 143.000 ,-
Budget for making programme per edition : Rp 1.265.000 ,- The total cost production for three months (13 editions): Rp 16.445.000 , -
Budget pre -test : Rp 1.925.000 and Evaluation each month: Rp1.800.000]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4760
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5353
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Dessy Wulandari
"BAGIAN 1
Analisis Situasi
Saat ini jumlah pengangguran di Indonesia didominasi oleh kaum muda. Penyebabnya, ketergantungan kaum muda untuk bekerja pada sektor pemerintahan. Kaum muda belum terdorong menjadi entrepreneur. Padahal, UKM di Indonesia dari tahun ke tahun berkembang dengan baik. Namun, jumlah pengusaha muda di Indonesia masih sedikit. Kaum muda belum terdorong menjadi entrepreneur salah satunya karena akses informasi. Selama ini, akses tersebut terdapat pada buku. Namun, kaum muda lebih banyak mengkonsumsi media elektronik, yaitu radio. Di Jakarta sendiri, belum ada radio dengan segmentasi anak muda yang membuat program wirausaha.
BAGIAN 2
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat bagi khalayak pendengar: Sebagai salah satu sumber ide dan insiprasi bagi kaum remaja untuk mengembangkan kreativitasnya dalam berwirausaha Manfaat bagi stasiun radio: Menambah varian program di radio Mustang FM.
Tujuan Sosial: Membantu memotivasi peningkatan jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.
Tujuan Ekonomi: Dapat menarik pengiklan dengan menawarkan program yang menarik dengan segmen pasar yang terbidik dengan baik.
BAGIAN 3
Prototipe yang Dikembangkan
Program ini bernama “Business is Me” dan berformat talk show. Program ini akan menghadirkan entrepreneur yang sudah sukses di sebuah bidang usaha, dan rencananya disiarkan setiap hari senin, pukul 17.00-18.00. Target pendengar program ini adalah remaja dan dewasa muda usia 15-26 tahun di Jabodetabek dengan SES A,B,C.
BAGIAN 4
Evaluasi
Pre test dilakukan dengan metode FGD. Para peserta akan dibagi ke dalam dua kelompok yang terdiri dari enam orang. Pre test akan dilakukan setelah prototipe program “Business is Me” selesai dibuat, dengan instrumen FGD sebagai panduan. Evaluasi akan dilakukan setelah empat episode pemutaran program. Evaluasi dilakukan melalui metode penyebaran kuesioner (bagi khalayak) serta melihat respon dari berbagai channel Mustang FM (email, twitter, website, facebook).
BAGIAN 5
Anggaran
Jumlah Anggaran Pembuatan Program: Rp. 550.000
Jumlah Biaya Produksi 13 Episode: Rp 7.150.000
Prakiraan pendapatan per episode (tanpa sponsor): Rp. 133.250.000
Jumlah Anggaran Pre test: Rp. 1.375.000
Jumlah Anggaran Evaluasi: Rp. 1.500.000

PART I
Situation Analysis
Currently the unemployment rate in Indonesia is dominated by young people due to dependency to work in the government sector. Young people are not pushed into entrepreneurs Whereas, the existence of Micro, Small and Medium Enterprises are now developing. However, the number of young entrepreneurs in Indonesia is still lack. Young people are encouraged to become entrepreneur is not one of them because of access to information. During this time, there is access to books. However, more young people consume electronic media, especially radio. In Jakarta, there is no segmentation radio with young people who make entrepreneurship program.
PART 2
The Advantages and The Purposes of Prototype Development
Advantage for listener: As one of idea and inspiration source for youth to develop their creativity in entrepreneurship.
Advantage for radio station: To enlarge various program at Mustang
Social Objective: To encourage and to emphasize government program in order to motivate the development of Micro, Small and Medium Enterprises in Indonesia.
Economic Objective: To captivate advertiser with interesting program, well set target market.
PART 3
Develop Prototype
The progam is “Business is Me” It is a talk show. Successful entrepreneur will appear in this program that will be broadcasted every Monday, 5 PM-6 PM. Target audience is teenager and adults, 15-26 year old living in Jabodetabek, SES A,B,C.
PART 4
Evaluation
Pre test will be conducted with FGD. Participants will be devided into two groups contains with 6 persons. Pre test will be held after the Business is Me prototype has done, with FDG as guide. Evaluation will be conducted after 4 episodes broadcasted. Evaluation will use questioner and observase response from many channel of Mustang FM (email, twitter, website, facebook).
PART 5
Budget
Total budget: 550.000 IDR
Total production budget: 7.150.000 IDR
Income per episode prediction (without sponsor): 133.250.000 IDR
Total pre test budget: 1.375.000 IDR
Total evaluation budget: 1.500.000 IDR
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58599
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Rianto
"Efek media merupakan satu bagian terpenting dari konsep komunikasi massa. Membicarakan media massa sebagai salah satu bentuk komunikasi Massa tidaklah menarik bila tidak mengulas tentang efek, walaupun konsep efek itu sendiri merupakan persoalan yang paling banyak menimbulkan ketidak sepakatan Sebut saja Defleur dengan teori stimulus respons yang dikembangkannya. Menurut Defleur efek merupakan reaksi terhadap stimulisi (rangsangan) tertentu, sehingga orang dapat menduga adanya hubungan erat antara isi pernyataan dengan reaksi audiens. Dengan kata lain, media massa mempunyai pengaruh yang kuat dan langsung pada khalayaknya. Tidak demikian halnya dengan Katz dan Lazarsfeld. Menurut mereka efek media sandatiah terbatas, dan khalayak tidak secara langsung mendapat pengaruh dart media massa, akan tetapi melalui pemuka pendapat. Tidak jauh berbeda dengan model komunikasi massa yang diajukan Schramm, bahwa isi media mempunyai efek terkuat jika di filterkan' mela lui individu-individu dan kelompok-kelompok. Skripsi dengan judul Pengaruh Pengenaan Acara Musik di Radio Prambors terhadap Frekuensi pembelian kaset pada Khalayaknya ini, tidak lain melihat seberapa jauh sebenar hya pengaruh radio terhadap khalayaknya, khususnya dalam membeli kaset. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dimana informasi dan data tentang responden diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan sifat penelitiannya deskriptis analitis, yang ditujukan untuk menguji hipotesa dan mengadakan interpretasi yang lebih dalam tentang hubungan hubungan antara variabel. Populasi dari penelitian ini adalah remaja berusia 15 5 tahun, yang terdaftar pada radio Prambors, dengan sampel berjumlah 100 orang yang tersebar di jabotabek sebagaimana adanya pendengar Radio Prambors. Teknik penarikan pengambilan sampel sampel yang digunakan secara adalah acak/rendom yang sistematis dimana setiap unsur populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Selanjutnya, analisa yang dilakukan untuk melihat bagaimana hubungan antar variabel, digunakan analisa korelasional yaitu untuk melihat kuat lemahnya hubungan antar variabel dean digunakan rumus Statistik d Sommers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa radio Prambors dengan acara-acara musiknya, ternyata tidak mempunyai efek langsung terhadap frekwensi pembelian kaset seseorang. Namun demikian radio ini menempati posisi paling atas dibanding media lainnya dalam memberikan informasi tentang adanya lagu-lagu terbaru yang sedang beredar. Disamping juga pengaruhnya yang dapat menimbulkan minat dalam membeli kaset."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia , 1994
S4125
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthia Dewi
"Perkembangan masyarakat yang semakin modern, membuat masyarakat semakin kritis dan secara tidak langsung menuntut keberadaan suatu media massa untuk lebih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pengguna media. Radio, sebagai salah satu media komunikasi massa turut mengalami kondisi tersebut. Keunggulan radio yang portable, dan tidak memerlukan persyaratan khusus, , membuat radio memiliki khalayak pendengar yang luas, heterogen dan anonim, dan dengan berbagai ciri demografis, psikografis, gaya hidup, minat dan orientasi yang berbeda. Persaingan antar stasiun radio sebagai akibat perkembangan bisnis media massa di Indonesia menuntut stasiun radio mengembangkan siarannya melalui spesialisasi khalayak. Khalayak yang terspesialisasi ini dianggap memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang tidak terlalu beragam. Sehingga pada akhirnya stasiun radio tersebut dapat menyusun dan menyajikan program sesuai dengan target khalayaknya. Radio Trijaya adalah salah satu stasiun radio swasta yang memiliki spesialisasi khalayak, yaitu profesional muda. mereka ini sekelompok khalayak profesional, berusia muda antara 25 - 40 tahun, berasal dari kelas sosial menengah atas dan bergaya hidup kosmopolitan dengan tingkat intelektualitas yang tinggi. Profesional muda dengan ciri dan karakteristiknya menuntut radio Trijaya untuk dapat menjalankan fungsinya sebagai media komunikasi massa, yaitu sebagai sarana kontrol sosial, pendidikan, penerangan, kebudayaan, persuasi, dan hiburan. Khalayak profesional muda ini menuntut stasiun radio yang lebih dari sekedar media hiburan biasa, melainkan teman dialog yang pas, dalam pengertian memberikan informasi-informasi aktual yang bermanfaat dan menghibur. Diharapkan tuntutan tersebut dapat dipenuhi dalam setiap program siaran yang ditampilkan. Penelitian ini berusaha untuk melihat pendapat responden tentang program acara di radio Trijaya. Penelitian ini dibatasi pada pendapat khalayak pendengar profesional muda dan non-profesional muda mengenai 7 program unggulan di akhir pekan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei atas sekelompok sampel yang ditentukan secara sengaja, berdasarkan ciri-ciri dan karakteristik sebelumnya. Peneliti pendapatnya melalui Pertanyaan tersebut khalayak yang telah ditentukan menentukan pertanyaan meliputi 100 responden untuk ditanyai berstruktur pendapat dalam kuesioner. khalayak mengenai 4 unsur penting dalam suatu program acara, yaitu penyiar, materi acara, musik, dan cara penyajian. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan pendapat responden profesional muda dan responden non profesional muda, yang sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan selera masing-masing khalayak. Meskipun demikian secara umum mereka memberikan pendapat yang positif. Dari 4 unsur pendukung program acara yang diukur dalam penelitian ini, unsur topik/materi acara mendapat penilaian positif. Topik/materi acara yang disajikan dinilai cukup sesuai dengan suasana akhir pekan, cukup menghibur dan cukup bermanfaat. Beberapa topik/materi acara yang merupakan program acara impor, menampilkan penyiar berkebangsaan asing, dan menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pengantar dinilai kurang sesuai dengan suasana akhir pekan. Penyiar berkebangsaan asing dinilai belum dapat menyesuaikan diri dengan khalayak pendengar. Sedangkan penggunaan bahasa asing dinilai menimbulkan suasana hari-hari kerja dan kesan serius. Memang pada kenyataannya, bahasa asing digunakan dalam urusan bisnis/pekerjaan seharihari. Tiga unsur pendukung lainnya, gaya penyiar, musik , dan cacara penyajian belum mendapat penilaian positif. Ketiga unsur ini dinilai belum memenuhi kriteria yang diharapkan khalayak pendengar di akhir pekan, belum dapat menimbulkan suasana santai dan menghibur."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4137
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Oktina Dyah Emilda Sundari
"[ABSTRAK
Analisis Situasi
Creative entrepreneur adalah seseorang yang menanam modal melalui
bakatnya sendiri atau orang lain, yang jika dikelola dengan baik akan
menghasilkan manfaat bagi lingkungan dan ekonomi. Creative
entrepreneur merupakan langkah untuk mewujudkan ekonomi kreatif
Indonesia. Beberapa tahun belakangan, konsep creative entrepreneur
diminati oleh kalangan anak muda, tak terkecuali mahasiswa
Universitas Indonesia
Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe
Manfaat program ini antara lain memberikan informasi lengkap dan
memperkenalkan mahasiswa UI tentang creative entrepreneur.
Program ini bertujuan untuk memicu semangat kewirausahaan, melalui
bakat yang dimilikinya.
Prototipe yang Dikembangkan
Program radio yang diajukan adalah program yang khusus membahas
creative entrepreneur dengan sasaran khusus mahasiswa UI dan
sasaran umum anak muda Indonesia, dengan usia 18-35 tahun.
Program tersebut disajikan dalam format talk show dengan
mengundang narasumber, sesuai topik per pekannya. Topik-topik yang
ditawarkan tiap pekannya, berpedoman pada subsektor industri kreatif
Pekan Produk Kreatif Indonesia 2011 dan riset khalayak.
Evaluasi
-Pre test dilakukan dengan kuesioner online untuk mendapatkan
masukan agar program bisa lebih baik dan sesuai kebutuhan khalayak.
-Evaluasi dilakukan dengan metode penyebaran kuesioner online
kepada pendengar program Be Creativepreneur!.
-Evaluasi dari pendengar juga dilakukan melalui analisis pesan yang
masuk melalui e-mail, SMS, maupun media sosial. Dari evaluasi ini
akan terlihat pula seberapa besar respon dan interaksi pendengar
terhadap program Be Creativepreneur!
Anggaran
Anggaran Biaya Produksi Prototipe = Rp 265.000,00
Anggaran Biaya Produksi Program per episode = Rp 145.000,00
Anggaran Biaya Produksi per episode khusus kompetisi = Rp 715.000,00
Total biaya produksi = Rp 3.595.000,00
Perkiraan Pendapatan = Rp 500.000
Rencana Anggaran Evaluasi = Rp 150.000,00

ABSTRACT
Situation Analysis
Creative entrepreneur is when a person invests through his own or
other people?s skills, which will be useful for environment and
economy if managed well. Creative entrepreneur is a step to realize
Indonesia?s creative economy. For the past few years, the concept of
creative entrepreneur interests youth, with no exception of
Universitas Indonesia
The Advantages and The Purposes of Prototype Development
The benefits of this program are giving full information and
introducing UI students about creative entrepreneur.
This program aims on triggering the spirit of entrepreneurship
through the skills that are owned.
The Developed Prototype
Radio program that is proposed is the particular program that
discusses creative entrepreneur with UI students as the certain target
and Indonesian youth aged 18-35 as the general target. The
program is presented in a format of talk show by inviting
interviewee, according to weekly topic. The topics that are offered
every week are based on subsector creative industry, Pekan Produk
Kreatif Indonesia 2011 and public research.
The Evaluation
-Pretest is done with online questionnaire to get suggestion so the
program can be better and fit the public needs.
-Evaluation is done by spreading online questionnaire method to the
listeners of program Be Creativepreneur!
-Evaluation is also done by analyzing messages in e-mail, SMS, and
social media. Through this evaluation, it will be clear how much
response and listeners interaction to the program Be
Creativepreneurs!
Budget
Prototype Production Cost Budget= Rp 265.000,00
Program Production Cost Budget each episode = Rp 145.000,00
Program Production Cost Budget each competition episode = Rp
715.000,00
Total Production Cost = Rp 3.595.000,00
Estimated Income = Rp 500.000
Evaluation Budget Plan = Rp 150.000,00, Situation Analysis
Creative entrepreneur is when a person invests through his own or
other people’s skills, which will be useful for environment and
economy if managed well. Creative entrepreneur is a step to realize
Indonesia’s creative economy. For the past few years, the concept of
creative entrepreneur interests youth, with no exception of
Universitas Indonesia
The Advantages and The Purposes of Prototype Development
The benefits of this program are giving full information and
introducing UI students about creative entrepreneur.
This program aims on triggering the spirit of entrepreneurship
through the skills that are owned.
The Developed Prototype
Radio program that is proposed is the particular program that
discusses creative entrepreneur with UI students as the certain target
and Indonesian youth aged 18-35 as the general target. The
program is presented in a format of talk show by inviting
interviewee, according to weekly topic. The topics that are offered
every week are based on subsector creative industry, Pekan Produk
Kreatif Indonesia 2011 and public research.
The Evaluation
-Pretest is done with online questionnaire to get suggestion so the
program can be better and fit the public needs.
-Evaluation is done by spreading online questionnaire method to the
listeners of program Be Creativepreneur!
-Evaluation is also done by analyzing messages in e-mail, SMS, and
social media. Through this evaluation, it will be clear how much
response and listeners interaction to the program Be
Creativepreneurs!
Budget
Prototype Production Cost Budget= Rp 265.000,00
Program Production Cost Budget each episode = Rp 145.000,00
Program Production Cost Budget each competition episode = Rp
715.000,00
Total Production Cost = Rp 3.595.000,00
Estimated Income = Rp 500.000
Evaluation Budget Plan = Rp 150.000,00]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>