Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166281 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
cover
cover
Bianca C.Y. Mardikoesno
"Remaja sebagai individu yang sedang berada pada masa transisi menuju ke dewasa, dituntut untuk membentuk ?sense of identity' dan melihat dirinya berbeda dan terpisah dari individu lain. Pencapaian identitas diri pada masa ini penting untuk keberhasilan remaja dalam menjalankan perannya di tahap berikutnya, yaitu tahap isolation vs intimacy (Erikson, 1968). Namun keadaan krisis biasanya mengiringi proses pembentukan identitas diri remaja, dan bila tidak dapat terselesaikan akan menyebabkan remaja terus berada pada kebingungan identitas dan tidak dapat menjalankan perannya sebagai individu yang utuh.
Pembentukan identitas diri terjadi melalui pencapaian physical self sexual self vocational self social self dan phylosophic self (Erikson, 1963). Sejalan dengan kompleksnya tugas perkembangan yang harus dihadapi oleh remaja, keadaan ekonomi dan pendidikan yang rendah dapat menjadi faktor yang menyulitkan remaja dalam membentuk identitas dirinya. Hal ini sesuai dengan pendapat Marcia (1989) yang menyatakan bahwa keterbatasan ekonomi dan pendidikan menyulitkan remaja dalam mencapai identitas pada domain vocational. Pernyataan ini dikuatkan pandangan Erikson, yang mementingkan faktor pendidikan dan pekerjaan sebagai pembentuk identitas utama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gambaran diri remaja miskin yang putus sekolah tercapai dengan melihat pencapaian identitas diri melalui penghayatan dan pemahaman remaja akan dirinya pada 5 domain. Oleh karena itu teknik yang digunakan dalam pelaksaan penelitian adalah metode studi kasus melalui wawancara mendalam. Sample yang digunakan dalam penelitian adalah remaja akhir dengan batasan usia antara 18-20 tahun. Alasan penggunaan batasan usia ini karena pada masa remaja akhir diasumsikan sudah dapat berpikir abstrak dalam mengintegrasikan seluruh pengalamannya dan membentuk identitas dirinya.
Dari 4 orang subyek yang diwawancara, peneliti memperoleh hasil bahwa pencapaian identitas diri pada remaja miskin yang putus sekolah memiliki kecenderungan yang besar berada pada status diffusion, namun masih ada kemungkinan remaja berada pada status foreclosure. Fenomena ini terjadi karena subyek terbatas dalam dua faktor penting dalam 5 domain pencapaian identitas diri.
Melihat hasil yang diperoleh dari penelitian ini, peneliti berpendapat penerimaan diri pada remaja miskin yang putus sekolah cukup baik, dan mereka cukup realistis dalam menentukan tujuan hidupnya. Ketidakberhasilan remaja miskin dalam mencapai salah satu domain identitas diri lebih disebabkan keadaan ekonomi yang kurang menguntungkan dan minimnya keterampilan pekerjaan sehingga sulit bagi remaja miskin mendapat pilihan-pilihan. Hal lain yang cukup menarik dari penelitian ini adalah ditemukannya persamaan pada semua sample penelitian dalam memilih bidang pekerjaannya.
Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan melihat perbedaan identitas diri antara remaja miskin laki-laki dengan remaja miskin perempuan, dan mengapa remaja miskin cenderung memilih bidang pekerjaan yang sama."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1999
S2018
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F Sinta Mira W
"Perencanaan multi peran adalah hal yang penting terutama bagi remaja putri karena menjalani berbagai peran (seperti peran-peran rumah tangga dan pekerjaan) adalah yang yang sulit dan seringkali menyebabkan stress pada wanita yang kurang membuat perencanaan. Tantangan yang akan dihadapi ini bertambah saat wanita memilih bidang teknik yang merupakan bidang studi yang sifatnya maskulin atau lebih didominasi pria karena wanita harus lebih banyak melakukan pengorbanan dan penyesuaian. Perencanaan multi peran ioi menggunakan teori utama tentang ReaJisasi Multi Peran dan Perkembangan Skala Altitude Toward Multiple Role Planning (ATMRP) yang dikemukakan oleh Weitzman (1994, 1996). Dalam teori ini dijelaskan berbagai hal yang terkait dengan realisasi multi peran, salah satu bagiannya adalah perencanaan multi peran. Selain itu, salah hal yang cukup mempengaruhi dan membedakan perencanaan ini adalah faktor budaya. Penelitian ini juga akan mempertimbangkan faktor budaya sebagai salah satu hal yang membedakan perencanaan multi perao pada partisipan penelitian dengan berbagai penelitian yang telah dilakukan di negara-negara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan desain dominan-kurang dominan (Creswell, 1994). Metode dominan yang digunakan adalah wawancara sedangkan komponen kuantitatifmenggunakan skaT yang diperoJeh partisipan dari kuesioner skala ATMRP yang telah diadaptasi oleh peneliti menjadi skala Sikap Terhadap Perencanaan Multi Peran (STPMP). Uji coba skala STPMP dilakukan sebanyak dua kali pada partisipan dengan karakteristik yang sesuai dengan karakteristik partisipan penelitian. Kedua uji coba mendapatkan reliabilitas (Cronbach Alpha) masing-masing .3097 dan .5216. Dengan sebagian besar item tidak valid. Partisipan wawancara dipilih dari partisipan dengan skor lebih rendah. menengah/sedang, dan lebib tinggi dan rata-rata kelompok pada uji coba skala STPMP. Penelitian ini mendapatkan gambaran perencanaan multi peran dari lima orang partisipan (Na. H. N. F. dan D). Ke1ima partisipan ini memiliki keinginan untuk menjalankan kehidupan multi peran. yaitu memiliki karir/pekerjaan dan membina keluarga. Untuk menjalani bidang studi teknik yang didominasi laki-Iaki , kelima partisipan merasakan tantangan namun tidak menyurutkan keinginan mereka untuk bekerja. Tetapi. kelima responden juga melakukan kompromi untuk perencanaan mereka kelak. yaitu dengan memilih pekerjaan-pekerjaan yang tidak terlalu berat dan yang memungkinkan partisipan me1uangkan banyak waktu dan perhatian untuk keluarga (pekerjaan family friendly). Jadi partisipan memiliki sikap yang positif terhadap perlunya membuat perencanaan multi peran. hal ini dapat dilihat dari pengetahuan/kepastian. komitmen, kemandirian. keterlibatan, dan fleksibilitas terhadap perencanaanmulti peran mereka. Hasil uji coba skala STPMP yang berbeda dengan skala A TMRP ditinjau pene1iti dengan sudut pandang perbedaan budaya Timur dan Barat. Demikian juga dengan berbagai temuan dalam penelitian ini, seperti kemandirian dan ketakutan akan keberhasilan, juga diJihat peneliti dengan sudut pandang budaya Indonesia. Agar penelitian ini lebih baik. peneliti menyarankan untuk memperkaya referensi tentang remaja putri dalam kultur Indonesia. Selain itu. untuk memperkaya secara metodologis, peneliti menyarankan untuk menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan desain mixed methodology. Penelitian ini juga hendaknya dapat menjadi saran praktis bagi para pendidik untuk lebih memberi perhatian pada perencanaan multi peran remaja putri."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
S3244
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hidayat
"Tema penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti terhadap hasil penelitian sebelumnya oleh Molina (2006) yang menungkapkan bahwa interaksi sosial dengan teman sebaya pada remaja yang mengikuti program homeschooling ternyata kurang optimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memiliki asumsi awal bahwa jika interaksi sosial dengan teman sebaya kurang optimal, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini kemudian dilakukan untuk meneliti perbedaan kecerdasan emosional pada remaja yang mengikuti program homeschooling dengan remaja yang mengikuti sekolah formal biasa. Untuk mengetahui skor kecerdasan emosional dari kedua kelompok yang diteliti maka digunakanlah alat ukur Inventori Kecerdasan Emosional yang dikembangkan oleh Lanawati (1999).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan skor kecerdasan emosional yang signifikan antara remaja yang mengikuti program homeschooling dengan remaja yang mengikuti sekolah formal biasa. Perbedaan skor tersebut jika dilihat dari nilai rata-ratanya, maka diperoleh data bahwa skor kecerdasan emosional remaja yang mengikuti program homeschooling secara umum lebih rendah dibandingkan dengan yang mengikuti sekolah formal biasa. Selanjutnya melalui penelitian ini juga didapatkan hasil berupa tidak adanya perbedaan yang signifikan pada dimensi social skills diantara kedua kelompok yang diteliti.

This theme come from researcher interest to the result of previous research by Molina (2006) that social interaction in adolescent who followed homeschooling programme were not optimal. Based on it, researcher assume that if the social interaction were unoptimal and so the emotional intelligence. The research objective is to find out the difference of emotional intelligence between homeschooled adolescent and formal schooled adolescent. This reseach used Emotional Intelligence Inventory developed by Lanawati (1999) to score.
The result shows that there were significant differentiation between homeschooled adolescent and formal schooled adolescent. According to the average score, the homeschooled adolescent score is lower than formal schooled adolescent score. Another result is that there is no significant differentiation in social skill dimentions between the two groups.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ichwan Milono
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S2813
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara harga diri dan
gratitude pada remaja putus sekolah yang bekerja. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat ukur Rosenberg Self Esteem
Scale (RSES) yang diciptakan oleh Rosenberg pada tahun 1965 dan kemudian
sudah diterjemahkan serta divalidasi oleh Ariyani pada penelitiannya tahun 2004.
Untuk variabel kedua, alat ukur gratitude yang digunakan adalah The Gratitude
Questionnaire-Six Item Form (GQ-6) yang diciptakan oleh McCullough, Emmons,
dan Tsang pada tahun 2002 untuk melihat kualitas atau kondisi bersyukur dalam
kehidupan sehari-hari. Data penelitian diolah dengan menggunakan teknik
statistika deskriptif, Pearson Product-Moment Correlation, Independent Sample
T-Test, dan One-Way Analysis of Variance (ANOVA). Partisipan dalam penelitian
ini berjumlah 68 orang remaja putus sekolah yang bekerja dengan rentang usia
11-22 tahun dan belum menikah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak
terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan gratitude pada remaja
putus sekolah yang bekerja., This research was conducted to find the correlation between self esteem
and gratitude in school drop out adolescents who worked. This research used a
quantitative approach using a measuring instrument Rosenberg Self Esteem Scale
(RSES) developed by Rosenberg in 1965 and then it was translated and validated
by Ariyani on her research in 2004. For the second variable, measuring
instruments of gratitude used was The Gratitude Questionnaire-Six Item Form
(GQ-6) which was created by McCullough, Emmons, and Tsang in 2002 to see
the quality or condition of grateful in everyday life. Data were analyzed by using
the techniques of descriptive statistics, Pearson Product-Moment Correlation,
Independent Sample T-Test, and One-Way Analysis of Variance (ANOVA).
Participants in this research were 68 school drop out adolescents who worked
with the age range of 11-22 years old and unmarried. The results of this research
showed that there were not significant correlation between self-esteem and
gratitude in school drop out adolescents who later worked.]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yufiarti
"Penelitian ini berawal dari pemikiran tentang evaluasi perkembangan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling yang pada umumnya dilakukan secara global. Siswa sebagai subyek yang diberikan bimbingan itu sendiri jarang diteliti secara lebih mendalam. Seperti dikemukakan oleh Rochman Natawidjadja (1985), pribadi siswa sangat memegang peranan penting dalam keberhasilan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Sebenarnya tujuan Bimbingan di sekolah pada umumnya adalah memberikan bantuan kepada siswa agar dapat berkembang seoptimal mungkin. Namun sangat disayangkan masih saja terdapat siswa yang belum merasa yakin, atau bersikap lain terhadap bimbingan yang mereka terima, dan bahkan ada yang kurang berniat untuk memanfaatkannya. Hal ini terjadi tidak hanya pada siswa yang berprestasi melainkan juga pada siswa yang prestasinya masih di bawah kemampuan yang sebenarnya (underachiever). Siswa underachiever ini merupakan siswa yang bermasalah yang seharusnya mereka sangat membutuhkan layanan bimbingan.
Tujuan penelitian dipusatkan untuk melihat perbedaan keyakinan,sikap dan intensi menggunakan layanan bimbingan di sekolah antara siswa yang berprestasi dengan siswa yang berprestasi di bawah kemampuan (underachiever).
Seteiah dibahas kajian teori mengenai konsep Bimbingan dan Konseling di Sekolah meliputi tujuan,macam layanan, kegiatan-kegiatan pokok, dan personil bimbingan, juga dibahas mengenai konsep siswa underachiever serta hubungan antara konsep keyakinan, sikap dan intensi yang dikaitkan dengan Bimbingan di Sekolah. Maka diajukan 6 hipotesis. Hipotesis ini dibuktikan pada 202 siswa SMAN 5 di Kota Madya Bandar Lampung. Dengan menggunakan perhitungan analisis varians dan korelasi tunggal, hasil penelitian adalah sebagai berikut.
1. Hipotesis 1 yang berbunyi, "ada perbedaan signifikan keyakinan siswa tentang bimbingan di sekolah antara siswa yang berprestasi dengan yang berprestasi di bawah kemampuan", ditolak atau tidak terbukti.
2. Hipotesis 2 yang mengatakan, "ada perbedaan yang signifikan sikap siswa terhadap bimbingan di sekolah antara siswa yang berprestasi dengan yang berprestasi di bawah kemampuan", ditolak atau tidak terbukti.
3. Hipotesis 3 yang berbunyi, "ada perbedaan yang signifikan intensi menggunakan bimbingan di sekolah, antara siswa yang berprestasi dengan yang berprestasi di bawah kemampuan", diterima atau terbukti.
4. Hipotesis 4 yang berbunyi, "terdapat hubungan yang signifikan antara keyakinan dengan sikap siswa terhadap bimbingan di sekolah?, diterima atau terbukti.
5. Hipotesis 5 yang berbunyi, "terdapat hubungan yang signifikan antara keyakinan siswa tentang bimbingan di sekolah dengan intensi menggunakan layanan bimbingan," diterima atau terbukti.
6. Hipotesis 6 yang berbunyi, "terdapat hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap bimbingan dengan intensi menggunakan layanan bimbingan, " diterima atau terbukti.
Setelah hasil penelitian didiskusikan, tesis ini ditutup dengan saran-saran praktis bagi pengembangan program Bimbingan dan Konseling maupun kepada peneliti lain yang berminat meneruskan penelitian sejenis ini. Penemuan terpenting dari hasil penelitian ini adalah kebanyakan siswa yakin akan kegunaan pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Tetapi rupanya praktek pelayanan tersebut menimbulkan sikap ragu-ragu pada siswa, dan terlebih parah lagi memperkecil intensi siswa yang berprestasi rendah untuk menggunakan layanan Bimbingan dan Konseling tersebut, tidak terbatas pada underachiever saja."
Depok: Universitas Indonesia, 1991
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>