Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125007 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1996
S2416
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
DePorter, Bobbi
Bandung: Kaifa, 2015
370.152 3 DEP q
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Scott, Gini Graham
"With phones ringing off the hook, constantly changing to-do lists, and increasingly complicated schedules, having a good memory has become more important than ever."
New York: American Management Association, 2007
e20443629
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Foer, Joshua
New York: Penguin Books, 2011
153.14 FOE m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Foer, Joshua
New York: Penguin Books, 2011
153.14 FOE m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Novytya Ariyanti
"ABSTRAK
Skripsi ini mengenai bagaimana connectionism dapat digunakan untuk menjelaskan variasi model budaya para santri Pondok Pesantren Al-Idrus Lebak, Banten dalam proses belajar mereka untuk memahami teks kitab kuning. Belajar teks kitab kuning yang bertuliskan huruf gundul, akan menimbulkan kemungkinan perbedaan pemahaman antara santri dengan ustad melalui trial and error. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dengan teknik participant observation dan indepth interview. Deskripsi awal, menyebut bahwa terdapat tahapan proses belajar santri untuk pencapaian kata ?paham? mengenai teks kitab kuning, serta dalam proses belajar santri menggunakan mnemonic devices atau alat bantu pengingat. Kemudian, alat bantu pengingat ini semakin dirangsang oleh lingkungan struktur ekstrapersonal. Struktur ekstrapersonal tersebut mendiktekan terjadinya variasi model budaya.

ABSTRAK
This thesis is about how connectionism can be used to explain the variations of cultural model of students in Islamic Boarding School Al-Idrus Lebak, Banten in their learning process to understand the kitab kuning text. Learning thekitab kuning which is writtenS without diacritics will possibly cause differences in understanding between the students and the teacher, through ?trial and error?. This thesis uses qualitative method through data collecting technique by participant observation and indepth interview. The first explanation tells us that there are some stages in the learning process of the students to ?understand? the kitab kuning. Also, the students used mnemonic devices in the learning process. Then, thedevices arestimulated constantly by extrapersonal structure of environment. The extrapersonal structure dictates the variations of cultural models.
"
2016
S65028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thenny Gunawan
"Mnemonik merupakan teknik yang digunakan dalam memudahkan mengingat atau menghafal suatu hal. Konsep ini telah banyak diterapkan dalam berbagai bidang, terutama pendidikan. Akan tetapi, saat ini konsep mnemonik juga banyak diterapkan dalam arsitektur untuk menstimulasi ingatan tertentu melalui karakteristik khusus. Konsep mnemonik dapat berpotensi membantu aktivitas lansia demensia dalam berhuni terutama ADL (Activities of Daily Living) sebagai terapi lingkungan dalam membentuk memori navigasi. Demensia sendiri merupakan sindrom progresif akibat penurunan fungsi otak yang umum menyerang lansia di atas 60 tahun. Meski masih dalam tahap yang masih ringan, penderita demensia telah menunjukkan gejala gangguan visuospasial. Gejala ini ditandai dengan disorientasi lingkungan, gangguan kontras dan konstruksi, agnosia visual, hingga gangguan representasi visual, sehingga berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari lansia demensia bahkan di dalam hunian. Oleh karena itu, skripsi ini akan membahas konsep mnemonik yang diterapkan pada pengalaman visual pada hunian yang dementia-friendly. Berdasarkan kajian yang dilakukan, pembentukan ruang mnemonik pada hunian lansia demensia membutuhkan karakteristik tertentu yang ditentukan oleh vividness pada elemen ruang sebagai landmark dan repetisi landmark dalam membentuk alur aktivitas. Pengamatan dilakukan pada dua aplikasi virtual hunian dementia-friendly sebagai studi kasus - Dementia-Friendly Home (Australia) dan 360° Virtual Reality Dementia-Friendly HDB Home Design (Singapura). Berdasarkan pengamatan tersebut, didapat bahwa ruang toilet, kamar tidur, ruang makan, dan dapur memiliki landmark vividness terbanyak sebagai indikasi diterapkannya konsep mnemonik yang cukup kuat. Selain itu, ditemukan bahwa landmarking dapat membentuk pola alur yang berbeda untuk membangkitkan memori navigasi, misalnya pola cabang dan pola satu arah.

Mnemonics is a technique used in making it easier to remember or memorize something. This concept has been widely applied in various fields, especially education. However, nowadays the concept of mnemonics is also widely applied in architecture to stimulate certain memories through special characteristics. The concept of mnemonics can potentially help the activities of the elderly dementia in inhabiting especially ADL (Activities of Daily Living) as an environmental therapy in forming navigation memory. Dementia itself is a progressive syndrome due to decreased brain function which commonly affects the elderly over 60 years old. Although still in a mild stage, people with dementia have shown symptoms of visuospatial disorders. This symptom is characterized by environmental disorientation, contrast and construction disorders, visual agnosia, to visual representation disorders, so it has the potential to interfere with the daily activities of dementia elderly even in the dwelling. Therefore, this thesis will discuss mnemonic concepts applied to visual experiences in dementia-friendly dwellings. Based on the studies carried out, the formation of mnemonic space in the elderly dementia residence requires certain characteristics determined by the vividness of the space elements as landmarks and the repetition of landmarks in forming the flow of activity. Observations were made on two dementia-friendly residential virtual applications as a case study - Dementia-Friendly Home (Australia) and 360° Virtual Reality Dementia-Friendly HDB Home Design (Singapore). Based on these observations, it was found that the toilet room, bedroom, dining room, and kitchen have the most vividness landmarks as an indication of the application of a fairly strong mnemonic concept. In addition, it was found that landmarking can form different flow patterns to evoke navigation memory, e.g. branch patterns and one-way patterns."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
M. Yusran Darmawan
"Selama ini studi tentang pembantaian massal pada mereka yang dituduh sebagai anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) sudah banyak dilakukan. Misalnya Anderson (1977), Cribb (1990), Crouch (1973), Lev (1966), Robinson (1995), Sulistiyo (2000), dan Suryawan (2007). Namun masih langka ditemukan studi yang melihat bagaimana peristiwa tersebut masih membekas di ingatan korban kekerasan tersebut. Kebanyakan studi tersebut melihat peristiwa dan aktor politik yang saling berkontestasi, tanpa melihat bagaimana masyarakat memaknai kejadian tersebut. Peristiwa pembantaian massal tersebut telah membangkitkan trauma dan rasa perih yang berkepanjangan. Meskipun pemerintah Indonesia setiap tahun menggelar ritual untuk memperingati peristiwa tersebut, namun ritual itu seakan membangkitkan kembali berbagai ingatan perih atas kejadian masa silam. Penelitian ini tidak diniatkan sebagai penelitian sejarah yang ketat dengan penelusuran arsip dan dokumentasi masa silam. Penelitian ini adalah penelitian antropologi yang mensyaratkan studi lapangan serta upaya penggalian fakta-fakta empirik. Penelitian ini hendak memahami bagaimana ingatan-ingatan atas satu peristiwa sejarah dibingkai dan diartikulasikan secara kultural oleh subyek dan komunitas. Penekanan pada aspek kultural akan dilakukan melalui etnografi. Penelitian ini akan lebih sensitif pada jaringan makna yang ditemukan melalui upaya menyelami realitas permukaan secara lebih mendalam. Jaringan makna itu bisa dikenali dengan cara mengetahui pengalaman-pengalaman subyek serta mengetahui bagaimana mereka menyusun strategi dan negosiasi atas berbagai situasi pasca kejadian tersebut.

There have been major studies about Partai Komunis Indonesia (Indonesia Communist Party) and its rebellions. Most of them were paying attention on either the massacre or the actors involved in one of the most unforgettable episode ever happening in Indonesia. Such studies can be found in many researchers? work, namely Anderson (1977), Cribb (1990), Crouch (1973), Lev (1966), Robinson (1995), Sulistiyo (2000), and Suryawan (2007). While they focused on the massacre, numbers of victims, and other statistical facts, I am trying to identify how the mass murder created traumatic and painful memories in every victim's head and how they interpret them. For many years, PKI tragedy have awaken everlasting trauma for Indonesian, especially the victim's themselves. Tough the government held ritual ceremonies yearly, yet it recalled only the memories about what happened in long time past. This project is not intended to be a tight history research through archives and historical documentations. Instead, it is an anthropological research demands on field studies and empirical fact searching. During my research, I am not going to find out how PKI rebelled, as an oral historical researcher did. I intend to see how memories of a historical event captured and uttered culturally by subject and communities. Focused on cultural aspect, I took ethnography as my research method. By doing so, meaning can be recognized, not only from subject's experiences, but also how they arranged strategy and dealt with situations after the massacre. Ethnography helps me understanding both on how historical events influenced human activities and why memories remain or be forgotten."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25230
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>