Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 140506 dokumen yang sesuai dengan query
cover
I. Darma J.
"Keterlambatan studi akibat panjangnya proses penyelesaian skripsi masih kerap ditemukan. Keterlambatan ini mungkin disebabkan rendahnya kemampuan mahasiswa dalam melakukan self-management. Self-management dapat dilakukan dengan mengikuti sebuah payung penelitian untuk mengatasi hambatan yang ditemui bila melakukan skripsi individual. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara mereka yang melakukan skripsi secara individual dengan mereka yang melakukan skripsi dalam sebuah payung pada aspek selfmanagement serta pencapaian mereka pada skripsi.
Dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner lapor diri yang mengukur self-mcmagement seorang mahasiswa dalam mengerjakan skripsi, peneliti melakukan analisa perbedaan skor pada kedua kelompok (payung penelitian dan skripsi individual) dengan menggunakan Alann-li'hitney Test pada aplikasi SPSS. Dengan metode yang sama peneliti juga melihat perbedaan pada pencapaian dalam skripsi (melalui nilai, waktu yang dibutuhkan, kepuasan terhadap skripsi, dan kecepatan menyelesaikan) pada kelompok untuk melihat apakah perbedaan dalam self-management dapat menjelaskan perbedaan prestasi dalam skripsi.
Hasil dari penelitian ini gagal menunjukkan adanya perbedaan selfmanagement serta hasil pencapaian dalam penyelesaian skripsi pada dua kelompok. Oleh karena itu keterlambatan dalam penyelesaian skripsi sulit untuk dijelaskan dalam kerangka self-management. Kendati demikian, aplikasi selfmanagement dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan kesempatan pada diri kita untuk mengenali dan menguasai diri lebih baik untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3421
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Arlinkasari
"Pada beberapa fakultas di Universitas Indonesia, salah satu prasyarat penyusunan skripsi adalah dengan telah mengikuti seluruh rangkaian tugas akademik seperti kerja praktik. Pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ditemukan bahwa kerja praktik dilaksanakan dalam satu semester yang sama dengan waktu untuk memulai penyusunan skripsi bagi mahasiswanya, yakni di semester 8. Penyusunan skripsi dan pelaksanaan kerja praktik dalam satu waktu yang bersaman bukanlah hal mudah untuk dijalani mahasiswa, terlebih jika keduanya harus dikerjakan di luar Pulau Jawa, tempat dimana mereka biasa tinggal dan menjalani aktivitas keseharian. Dalam O'Keefe dan Berger (1999), aspek-aspek dalam selfmanagement seperti afeksi, tingkah laku, dan kognisi diarahkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Afeksi, tingkah laku, dan kognisi saling berinteraksi dan saling mempengaruhi pada aktivitas kerja praktik dan skripsi yang dijalani oleh mahasiswa. Peneliti menggali lebih dalam bagaimana mahasiswa yang menyusun skripsi sambil kerja praktik di luar Pulau Jawa melakukan self-management agar mereka dapat mencapai tujuannya. Penelitian dilakukan terhadap dua mahasiswa FKM UI melalui pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam. Pikiran bahwa skripsi dan kerja praktik sebagai dua hal yang penting merupakan pemicu utama yang mempengaruhi perasaan dan perilaku di dalam interaksi ABC sehingga mendorong mahasiswa untuk melakukan self management agar dapat menyelesaikan keduanya dengan baik.

In some faculties of University of Indonesia found one of pre-conditions before writing theses is already have conducting an internship and its report. In Public Health Faculty of Indonesia University, found that time for internship is conducted at the same time for theses writing. Writing theses and conducting an internship at the same time are not easy things to do for students. Moreover if those activities proceed out of Java Island, place where students living and do their daily activities. In O'Keefe and Berger (1999,) aspects of self management like affection, behavior and cognition are directed to reach student's purpose. Affection, behavior and cognition have some interactions and affecting each other on student's activities, both writing theses and internship. By self management students can organize their action priority, time and role in order to manage their activities well. Reseacher were want to know more about student who writing theses and conducting an internship in context of their self management to reach their purposes. This research participated by two undegraduate students of public health faculty of Indonesia University and used qualitative approach with depth interview methode. Cognition about theses and internship as important things affects their affection and behavior in ABC interaction, which drives students to do self management to accomplish both activites as good as they could."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
658.3 ARL s
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Takwin
"Big cities are characterized by their dense population, limited space, and high mobility. Past research has shown that the citizens of DKI Jakarta feel quite unhappy. Therefore it is necessary to improve the happiness (subjective well-being) level of DKI Jakarta?s population. Subjective well-being relates to how an individual self-manages his/her activities. Individuals with good subjective well-being tend to engage in activities of high productive values. This research aims to understand the role of self-management in the subjective well-being of the population of DKI Jakarta. 638 citizens of DKI Jakarta (males = 329, females = 309; mean age = 36) participated in the study. Data was collected through five sets of questionnaires, i.e., the satisfaction with life scale (SWLS), the positive affect and negative affect schedule scale (PANAS), The domains of life satisfaction scale, self-management questionnaire, and the demograhic questionnaire. Analysis of data using multiple regression confirmed that self-management is positively associated with life satisfaction (R = 0.391, p = 0.05) and positive affects (R = 0.108, p = 0.05).

Kota besar ditandai dengan populasinya yang padat, ruang terbatas, dan mobilitas tinggi. Riset terdahulu menunjukkan bahwa warga DKI Jakarta merasa cukup bahagia. Oleh karena itu perlu untuk meningkatkan kebahagiaan (subjective well-being) warga DKI Jakarta. Subjective well-being berkaitan dengan bagaimana individu mengelola dirinya dalam menjalankan berbagai kegiatan. Individu dengan subjective well-being yang baik cenderung untuk terlibat dalam aktivitas bernilai produktif tinggi. Riset ini bertujuan untuk memahami peran manajemen-diri dalam subjective wellbeing warga DKI Jakarta. Sejumlah 638 warga DKI Jakarta (laki-laki = 329, perempuan = 309; usia rata-rata = 36) berpartisipasi dalam studi ini. Data dikumpulkan melalui lima set kuesioner, yaitu skala kepuasan hidup (SWLS), skala afek positif dan negatif skala (PANAS), skala ranah kepuasan, kuesioner manajemen-diri, dan kuesioner demografi. Analisis data menggunakan regresi berganda mengkonfirmasi bahwa manajemen-diri secara positif berhubungan dengan kepuasan hidup (R = 0,391, p = 0,05) dan afek positif (R = 0,108, p = 0,05)."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Natasha Anindita
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3440
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hertuida Clara
"Blood glucose controlling and preventing complications of Diabetes Mellitus can only be achieved through every day implementation of self-management behaviors that include meals (diet) planning, physical exercise, (medication) therapy, blood glucose monitoring, and foot care. In reality, self-management behaviors are ot done routinely every day. One factor that can be a predictor is self-efficacy. The purpose of this research is to identify the relationship between self-efficacy and self-management behaviors of people with type 2 Diabetes Mellitus.
Method: A cross-sectional research design was used in this study, and 112 persons with type 2 Diabetes Mellitus were recruited. The questionaire used in this study is The Diabetes Management Self Efficacy Scale (DMSES), Summary Diabetes Self Care Activity (SDSCA), and Diabetes Knowledge (DKN) Scale.
Result: The results show the significant relationship between self-efficacy and self-management behaviors (p value < 0.001). People with type 2 Diabetes Mellitus with high self-efficacy can increase their self-management behavior.
Conclusion: Therefore, nurses need to improve self-efficacy of people with type 2 Diabetes Mellitus by providing education about the management of Diabetes Mellitus, as well as supporting and motivating them."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
T41885
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Harez Porma
Depok: Universitas Indonesia, 1989
S2724
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tasya Salsabila Zahra
"Mahasiswa dapat mengalami stres ketika mengerjakan skripsi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi stres adalah keyakinan atau efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan tingkat stres mahasiswa skripsi di salah satu perguruan tinggi di Depok. Metode penelitian dilakukan dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah sampel 146 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah General Self-efficacy (GSE) dan DASS 42. Analisis uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai p = 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan antara efikasi diri dengan tingkat stres mahasiswa skripsi di salah satu perguruan tinggi di Depok. Semakin tinggi efikasi diri, maka semakin rendah tingkat stres, begitu pula sebaliknya. Mahasiswa skripsi diharapkan memiliki daftar tujuan yang diinginkan dan strategi koping yang baik, sehingga terus termotivasi untuk mencapai sesuatu dan dapat meminimalisir stres saat mengerjakan skripsi.

Students can experience stress when working on a thesis. One of the factors that can affect stress is belief or self-efficacy. This study aims to determine the relationship between self-efficacy and stress levels of thesis students in a university in Depok. The research method was carried out with a cross sectional design. The sampling technique used stratified random sampling with a sample of 146 students. The instruments used were General Self-efficacy (GSE) and DASS 42. Statistical test analysis using chi-square test. The results showed that the value of p = 0,000 <0,05, which means that there is a relationship between self-efficacy and stress levels of thesis students in a university in Depok. The higher the self-efficacy, the lower the stress level, and vice versa. Thesis students are expected to have a list of desired goals and good coping strategies, so that they are continuously motivated to achieve something and can minimize stress when working on a thesis."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Gita Miranti
"Penelitian ini membahas tentang self-management pada orang tua tunggal wanita yang bekerja. Albrecht (1967) menyatakan bahwa orang tua tunggal wanita yang bekerja memiliki beban yang paling berat dibandingkan hanya menjadi ibu, ataupun ibu yang bekerja tetapi memiliki pasangan. Hal ini disebabkan karena banyak hal, antara lain adalah tidak adanya bantuan pasangan dalam pengambilan keputusan, tekanan ekonomi, dan hilangnya sosok ayah dalam mengurus anak.
Selain itu studi yang dilakukan oleh Burden (dalam Martin & Colbert, 1997) menyatakan bahwa orang tua tunggal wanita memiliki tingkatan stres yang paling tinggi dalam menangani berbagai tanggung jawab atas rumah tangga dan pekerjaan. Setelah mereka menjadi orang tua tunggal, para ibu yang bekerja menghadapi tantangan untuk dapat menyeimbangkan keluarga dan pekerjaan (Williams, Stacey, & Wahlstrom, 2006).
Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana orang tua tunggal wanita yang bekerja mengontrol afeksi, kognisi dan tingkah lakunya dalam menjalani berbagai macam peran yang mereka miliki dan bagaimana mereka mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Menurut O'Keefe dan Berger (1999) self-management adalah kemampuan pada diri seseorang untuk dapat mengendalikan afeksi, tingkah laku dan kognisi yang mengarahkan seseorang kepada tujuan yang hendak dicapai agar dapat memenuhi keinginan orang itu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus intrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-management dapat membantu orang tua tunggal wanita yang bekerja dalam menjalani berbagai macam peran yang mereka miliki dan membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu meraih keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga.

This study explains about self-management on working single mother. Albrecht (1967) stated that working single mothers are carrying double the load of other working mothers and mothers who have spouse. It is caused by many factors such as no existence of spouse to share the decision making, economic pressure, and the loss of father figure in rearing the children.
Besides that, in a study of working parents, single female parents had the highest level of stress in handling multiple responsibilities of job and home (Burden in Martin & Colbert, 1997). Not only that, after they become single mothers, they are challenged to balance family and work life (Williams, Stacey, & Wahlstrom, 2006).
The purpose of the research is to observe how working single mothers control their affect, cognition, and behavior with many roles they have and how they overcome the issues of becoming a working single mother. O'Keefe and Berger(1999) defined self-management as the ability to take charge of our affect (A), behavior (B), and cognition (C) in order to accomplish our goals.
This research uses qualitative approach with intrinsic case-study. The result of this research indicates that self-management helps working single mother to overcome the issues and to achieve what they want, regarding their role as working single mother, which is work and family balance."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham Purnomo
"Pengangguran dan pekembangan sistem persaingan organisasi menunjukkan sistem daya saing baru pada level dunia kerja. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang siap untuk berubah menunjukkan dibutuhkannya individu dengan kesiapan untuk berani memberikan keputusan dan memimpin, setidaknya dimulai dari diri sendiri. Hal ini menunjukkan pentingnya kepemimpinan dan kesiapan diri pada mahasiswa sebagai salah satu calon sumber daya manusia dalam dunia kerja. Penelitian ini dilakukan untuk melihat self-leadership melalui creative self-efficacy CSE mahasiswa. Creative self-efficacy yang didefinisikan sebagai keyakinan individu atas kemampuan dirinya untuk melakukan suatu tugas spesifik dalam menciptakan hal yang baru, orisinil, dan solusi yang sesuai Abbot 2010. Dalam creative self-efficacy terdapat dua dimensi penyusunnya, yaitu creative thinking self-efficacy CTSE dan creative performance self-efficacy CPSE. Self-Leadership didefinisikan sebagai proses dimana individu mengontrol perilaku mereka sendiri, mempengaruhi dan mengarahkan diri mereka melalui penggunaan strategi perilaku dan kognitif. Strategi tersebut disusun oleh dimensi behaviour-focused strategies, natural reward strategies, dan constructive thought pattern strategies. Pengukuran terhadap CSE diukur melalui Revised Model of CTSE II and CPSE II Inventories yang dikembangkan oleh Abbot 2010, sementara self-leadership diukur melalui Revised Self-Leadership Questionnaire yang dikembangkan oleh Houghton dan Neck 2002. Penelitian ini dilakukan dengan sampel partisipan yang berada di lingkungan Universitas Indonesia N=146. Analisis statistik pearson correlation menunjukkan hubungan yang positif secara signifikan terdapat pada creative thinking self-efficacy dan self-leadership r = 0,394, p = 0,000, signifikan pada LoS 0,01 dan creative performance self-efficacy dan self-leadership r = 0,561, p = 0,000, signifikan pada LoS 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa creative self-efficacy yang semakin baik atau tinggi mahasiswa, maka semakin baik atau tinggi juga self-leadership nya. Selain itu, hasil penelitian korelasi terhadap creative self-efficacy dan dimensi self-leadership menunjukkan bahwa constructive pattern though strategies memiliki hubungan terkuat dibandingkan dimensi lainnya.

Unemployment and development of an organization 39s competitive system show a new competitiveness system at the world level of work. The need for ready to change human resources demonstrates the need for an individual with the readiness to dare to make decisions and lead, at least starting with oneself. This shows the importance of leadership and readiness of the students as one of the candidates of human resources in the world of work. This research is conducted to see self leadership through student self efficacy CSE. Creative self efficacy is defined as the individual 39 s belief in his or her ability to perform a specific task in creating the novel, original, and appropriate solutions of Abbot 2010. In creative self efficacy there are two dimensions of the compilers, namely creative thinking self efficacy CTSE and creative performance self efficacy CPSE. Self Leadership is defined as the process by which individuals control their own behavior, influence and direct themselves through the use of behavioral and cognitive strategies. The strategy is structured by the dimensions of behaviour focused strategies, natural reward strategies, and constructive thought patterns strategies. Measurements of CSE were measured through the Revised Model of CTSE II and CPSE II Inventories developed by Abbot 2010, while self leadership was measured through the Revised Self Leadership Questionnaire developed by Houghton and Neck 2002. This research was conducted with sample of participants who were in University of Indonesia N 146. Pearson correlation statistic analysis showed a positive correlation significantly in creative thinking self efficacy and self leadership r 0,394, p 0,000, significant at LoS 0,01 and creative performance self efficacy and self leadership r 0,561, p 0,000, significant at LoS 0.01. This shows that the creative self efficacy of the better or higher the student, the better or higher also his self leadership. In addition, the results of a correlation study on creative self efficacy and the self leadership dimension show that constructive patterns though strategies have the strongest relationship compared to other dimensions. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>