Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 108612 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chuzaimah Dahlan Diem
Palembang: Universitas Sriwijaya, 2011
025.58 CHU p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Muryati
"Akademi Gizi adalah suatu akademi yang bersifat kedinasan. Secara struktural dan fungsional, Akademi Gizi berada dalam struktur organisasi Pusat Pendidikan dan La tihan Pegawai Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Pusdiklat Depkes). Akademi Gizi merupakan salah satu dari ke-13 sekolah atau lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Pusdiklat Depkes. Sebelum tahun 1966, Akademi Gizi dikenal dengan ber bagai nama, antara lain Sekolah Ahli Diit pada tahun 1955 dan Akademi Pendidikan Nutrisionis pada tahun 1957. Masa pendidikannya 3 tahun. Pendidikan selama 3 tahun ini merupakan kelanjutan dari. Sekolah Ahli Makanan yang pernah didirikan pada tahun 1950 dan berlangsung hingga tahun 1955. Waktu itu masa pendidikannya hanya 1_ tahun saja. Para lulusan Akademi Gizi diberi penghargaan berupa ijasah Sarjana Muda Gizi yang disamakan dengan Sarjana Muda bidang lain dari Perguruan Tinggi Negeri atas dasar Surat Keputusan Menteri PPK No.649/D/BKPT/D, tanggal 10 Desember 1959_"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15726
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soetitah Siwi Soedojo
"Perpustakaan memiliki berbagai masalah yang menarik sebagai bahan kajian. Masalah tersebut dapat berupa sarana atau jasa. Sa_lah satu sarana perpustakaan yang akan dikaji di dalam penelitian ini ialah katalog.
1. DASAR PEMIKIRAN
Keberhasilan misi sebuah perpustakaan biasanya diukur melalui pelayanannya. Suatu perpustakaan dapat memberikan pelayanan dengan baik bila didukung oleh sarana yang baik pula. Salah satu sarana yang amat penting dalam pelayanan perpustakaan adalah katalog. Melalui katalog pustakawan maupun pengguna dapat mengetahui koleksi perpustakaan dan mencari literatur yang diperlukannya. Bi_la katalog dipersiapkan dengan baik, pengguna akan dapat mengguna_kannya tanpa banyak kesulitan. Dengan kata lain, katalog haruslah bersifat komunikatif.
Untuk dapat menyajikan katalog yang berfungsi dengan baik, pustakawan telah mencurahkan tenaga, pikiran, maupun waktu yang ti_dak sedikit. Pedoman-pedoman pengkatalogan yang disusun oleh para ahli melalui pengalaman selama puluhan tahun biasanya juga digunakan. Namun semua jerih payah ini tidak selalu mencapai sasarannya. Masih banyak pengguna perpustakaan merasa kecewa, karena mereka menganggap bahwa katalog yang disajikan terlalu sulit dan tidak sesuai dengan kemampuan mereka. Jadi nyatalah dalam mempersiapkan katalog, selain sistem yang baik faktor keinginan pengguna juga harus diperhatikan.
Pusat Perpustakaan Pertanian dan Biologi atau disingkat PUSTAKA, adalah suatu perpustakaan bertaraf nasional yang telah berusia lebih dari satu abad. Perpustakaan ini merupakan sumber informasi utama dalam pertanian bagi para peneliti, dosen, mahasiswa, pelajar, pengusaha, dan masyarakat lain. Sebagai pusat sumber informasi dalam bidangnya, PUSTAKA perlu meningkat pelayananannya secara terus menerus. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan ialah dengan jalan memperbaiki sarananya, antara lain katalog. di PUSTAKA katalog memiliki peranan yang amat penting dalam pelayanan karena perpustakaan ini menggunakan sistem tertutup (closed access) bagi sebagian besar penggunanya. Di dalam sistem ini pengguna tidak dapat langsung mencari buku di rak, tetapi hanya dapat mencari informasi melalui katalog.
2. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:
(a) seberapa jauh sistem katalog yang ada sekarang ini sudah memenuhi fungsinya dengan baik, dilihat dari keberhasilan pengguna dalam penelusuran.
(b) macam-macam titik pendekatan yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam penelusuran."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S15693
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Putri Hapsari
"Penelitian ini mengambil judul: Kepuasan Siswa Terhadap Koleksi dan Layanan Perpustakaan International School of Bogor. Masalah yang dimunculkan pada penelitian ini adalah: bagaimana kepuasan siswa mulai dari jenjang SD hingga SMP terhadap koleksi dan layanan perpustakaan ISB, apakah ada perbedaan kepuasan antara siswa tiap tingkatan terhadap koleksi dan layanan perpustakaan ISB. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei pendapat umum. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa grade l hingga grade 8 (SD - SMP) di ISB. Ha! ini dimaksudkan untuk melihat gambaran secara umum terhadap topik yang diteliti. Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 49 responden, serta didukung oleh wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa terhadap koleksi dan layanan Perpustakaan ISB adalah memuaskan. Namun, hasil tersebut tidak mutlak sehingga masih ada siswa yang tidak puas terhadap koleksi dan layanan perpustakaan. Dengan demikian perlu ditingkatkan kualitas koleksi balk dari segi kelengkapan, keterkaitan, ketepatan dan kemutakhiran. Serta layanan yang perlu ditingkatkan baik dari segi kecepatan, kemudahan, kelengkapan dan kemampuan pustakawan. Selain itu, terdapat perbedaan kepuasan yang dinyatakan siswa tingkat SD dan SMP pada setiap indikator. Dengan demikian perlu diperhatikan kebutuhan koleksi dan layanan dari setiap tingkatan siswa."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15217
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Peppy Marlianti
"Skripsi ini membicarakan masalah kebutuhan informasi yang berupa bahan pustaka dari pemakai perpustakaan khusus, yaitu Perpustakaan PPLH - ITB yang mempunyai kelompok pemakai khusus pula yaitu para peneliti PPLH - ITB. Kebutuhan informasi ditinjau dari informasi yang dibutuhkan oleh para peneliti untuk menunjang penelitian mereka.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis informasi yang seperti apa yang dibutuhkan/digunakan oleh para peneliti PPLH-ITB dalam menunjang penelitian yang sedang, akan, maupun telah dilakukannya, serta seberapa jauh Perpustakaan PPLH-ITB dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Hipotesa yang diajukan adalah bahwa Perpustakaan PPLH_ITB sudah dapat memenuhi kebutuhan para penelitinya. Untuk membuktikan hipotesa dipergunakan metode analisa sitasi dari 1aporan-1aporan hasil penelitian dan kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana kebutuhan informasi para peneliti, dipergunakan teknik kuesioner.
Didatam skripsi ini dibicarakan pula masalah informasi dan kebutuhan informasi, perkembangan masalah kajian atas kebutuhan pemakai informasi (information user needs), serta masalah informasi dalam bidang lingkungan hidup, termasuk sistim jaringan informasi internasional untuk lingkungan hidup yang telah berkembang yaitu Infoterra.
Hasil dari penelitian menunjukan bahtra Perpustakaan PPLH-ITB sudah memenuhi sebagian besar dari kebutuhan para panelitinya. Dari hasil kuesioner dapat diketahui bahwa laporan dan data-data dari hasil survey yang sudah ada merupakan number informasi yang sangat berguna bagi mereka, sedangkan text books merupakan bentuk yang juga sering dibutuhkan karena disanalah terkandung informasi yang barsifat metodologis dan konseptual. Untuk mangikuti perkembangan ilmu, para peneliti masih mengandalkan jurnal/majalah ilmiah sebagai sumbar informasi mutahir. Bentuk sumber informasi non-buku yang banyak digunakan adalah peta dan photo udara."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1985
S15411
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arlinah Imam Rahardjo
"Dalam rumusan pola pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dikatakan bahwa fungsi utama perguruan tinggi di Indonesia adalah mendukung dan memperkaya program pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi tempat ia bernaung. Disebutkan lebih lanjut bahwa agar fungsi tersebut dapat dipenuhi, maka tugas perpustakaan adalah melaksanakan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengna kebutuhan para pemakai perpustakaan yaitu mahasiswa atau penelitiserta pihak lainnya yang membutuhkan informasi, mengolah bahan pustakayang tersedia sehingga dengan mudah dapat dipergunakan oleh pemakai, menyelenggarakan peminjaman bahan pustaka dengan cara yang efisien, membantu para pemakai perpustakaan untuk mendapatkan dan memakai bahan pustaka yang diperlukannya baik dalam bentuk program bimbingan penggunaan perpustakaan yang bersifat resmi/kurikuler maupun secara perseorangan, Menyelenggarakan kerjasama antar perpustakaan dengan memanfaatan system jaringan informasi yang ada dalam rangka meluaskan cakupan koleksi dan pelayanan informasi masing-masing perpustakaan."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Pratiwi
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi dan strategi kerjasama di Perpustakaan Bank Merah Putih. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan persepsi pustakawan Perpustakaan Bank Merah Putih terhadap kerjasama perpustakaan, memahami strategi kerjasama, serta mengidentifikasi dan memahami kendala dalam kerjasama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Studi Kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kerjasama di Perpustakaan Bank Merah Putih adalah kerjasama satu arah, dimana anggota kerjasama aktif dalam permintaan e-journal namun tidak ada permintaan apapun dari pihak Perpustakaan Bank Merah Putih ke anggota kerjasama perpustakaan. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk Perpustakaan Bank Merah Putih, yaitu mengadakan pertemuan rutin, membuat katalog induk, serta mengadakan acara yang melibatkan seluruh pihak dalam kerjasama perpustakaan tersebut.

The focus of this thesis is about perception and strategy of library cooperation in the Library of Bank Merah Putih. The purpose of this research is to explain the perception of librarians in Bank Merah Putih’s Library about library cooperation, to understanding the strategy of library cooperation, as well as to identifying and understanding the problems in library cooperation. This research uses qualitative research with case study as the method and used interview, observation, and document analysis.
The result of this research reveals that cooperation in the Library of Bank Merah Putih is one-way cooperation, in which members of the library cooperation actively in demand for e-journal but there is no request from Library of Bank Merah Putih to the members of library cooperation. This research give some suggests for Bank Merah Putih’s Library, which organize regular meetings, union catalog, and organize the events that involve all parties in the library cooperation.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46814
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasser Ihsan
"Skripsi ini membahas pandangan pemustaka dari beberapa lokasi layanan perpustakaan keliling kantor perpustakaan dan arsip Jakarta timur. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan supaya kedepannya bisa dikembangkan kembali layanan yang sudah diberikan kepada pemustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi partisipan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam pelayanan yang diberikan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur diperlukan pengembangan lebih lanjut sesuai dengan permasalahan yang ada. Termasuk pada layanan koleksi, sikap pustakawan, pendaftaran kartu anggota, fasilitas yang ada, jadwal kunjungan, penentuan pos layanan dam promosi layanan.

This thesis discusses about the view of users from some locations bookmobile services office library and archives east Jakarta. This study aims to provide a view of the future could be developed in order to return the services already provided to user. The research is a qualitative study using participant observation method.
Results of this study stated that the services provided by the Office of East Jakarta Library and Archives needed further development in accordance with the existing problems. Including the collection service, the attitude of librarians, registration of membership cards, available facilities, schedule of visits, the determination of the postal services promotional services dam.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susilorini Soemartono
"ABSTRAK
Dalam masyarakat kita, perpustakaan belum mempunyai tempat yang semestinya. Masih banyak yang beranggapan bah_wa perpustakaan hanyalah tempat menyimpan buku, majalah dan sebagainya. Sebenarnya bahan-bahan yang disimpan di per-pustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan, kebudayaan dan kemanusiaan, yang dapat kita manfaatkan.
Menurut Benge 1 perpustakaan tidak hanya menyim_pan hasil karya ilmu pengetahuan, kebudayaan dan kemanusia_an, tetapi juga sebagai jembatan komunikasi yang memegang peranan dalam penyebaran informasi.
Sementara itu Para ahli terus bekerja menyelidiki dan meneliti berbagai bidang pengetahuan. Akibatnya ilmu pengetahuan menjadi makin berkembang, dan penemuan-penemu_an baru makin banyak. Para ahli berusaha untuk menyebar_luaskan hasil penemuannya dalam bentuk tulisan. Keadaan ini mengakibatkan jumlah terbitan makin banyak.
Mengingat peranan perpustakaan dalam menyimpan dan menyebarluaskan informasi, maka perkembangan ilmu pengeta_huan sedapat mungkin harus diikuti oleh perpustakaan. De_ngan demikian perpustakaan dapat menyediakan informasi yang diperlukan pembaca. Sebagai akibatnya berkembanglah _

"
Lengkap +
1985
S15729
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wiwik Akta Piantri
"Skripsi ini mengenai analisis layanan perpustakaan BPS. Pelayanan dianalisis menggunakan metode dimensi kualitas layanan (SERVQUAL) yaitu: penampilan (tangibles), kehandalan (realibility), ketanggapan (responsiveness), kepastian (assurance) dan empati (emphaty). Hasil penelitian ini adalah perpustakaan BPS sudah memiliki kualitas pelayanan yang baik pada penampilan fisik, jaminan dalam penggunaan fasilitas dan layanan serta empati, tetapi kemampuan petugas dalam merespon pengguna dan keandalan petugas masih kurang baik. Penulis menyarankan agar petugas perpustakaan diberi bekal pengetahuan, keterampilan, pengalaman, kemauan dan sikap petugas dalam menghasilkan layanan sebaik mungkin sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna demi terciptanya layanan yang berkualitas.

This thesis is about the library service of BPS. The library service is analyzed using the method of service quality (SERVQUAL) in the scope of tangibles, realibility, responsiveness, assurance and emphaty. Results of this study are the library of BPS already has a good service quality on its dimensions on the tangibles, assurance in the use of facilities, services and the emphaty for the staff. The ability of staff to respond to the user and the reliability of the staff are still poor. The author suggess that the BPS library staff are given the gain necessary knowledge, skills, experience, willingness and attitude to produce the best quality service to meet the needs of users in order the staff to produce services in best quality."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S564
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>