Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7854 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Singapore: Page one publishing pte ltd, 2011
R 688.8 ART
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Roojen, Pepin van, compiler
"The CD contains the templates in various formats including EPS and PDF. Also included is a demos version of Illustrator?-Plug-Ins that provide professional package design possibilities. This volume ? ADVANCED PACKAGING ? contains 200 more complex designs.
"
Amsterdam: Pepin Press, 2010
658ROOA001
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Klimchuk, Marianne Rosner
Hokoben: John Wiley & Sons, 2006
658.5 KLI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adriani Eka Juniarti
"ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh visual packaging design terhadap food product quality, food product value dan brand preference serta pengaruh dari atribut kemasan terhadap sikap konsumen pada industri makanan khususnya es krim. Penelitian ini berbentuk experimental dengan menggunakan 300 partisipan, terbagi menjadi 12 kelompok yang akan menerima 12 stimulus berbeda. Data diperoleh melalui metode survei dengan kuesioner yang merupakan adaptasi dari penelitian yang sudah pernah diaplikasikan pada industri makanan Taiwan. Analisis data dilakukan melalui dari uji pendahuluan penelitian yang mencakup uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah instrumen penelitian dinyatakan sudah lolos uji, dilakukan analisis struktural menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM), ANOVA dan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visual packaging design memiliki pengaruh positif pada food product quality dan brand preference, food product quality memiliki pengaruh positif pada food product value dan food product value berpengaruh pada brand preference. Namun food product quality tidak berpengaruh positif pada brand preference. Desain visual kemasan yang berpengaruh positif pada sikap konsumen adalah warna dan desain.

ABSTRACT
The aim of this research is to analyze the influence of visual packaging design on food product quality, food product value and brand preference also the influence of packaging attribute on food industry specially ice cream. This research using experimental design that involve 300 participant, divided to 12 group that received 12 different stimulus. Samples with primary data obtained by survey, based on similar research which held on Taiwan. Data analysis procedure was done by preliminary studies involving validity and reliability test. After research instrument passed the reliability and validity test, structural analysis was done by Structural Equation Modeling (SEM), ANOVA dan independent t-test. The result of this research showed that visual packaging design has positive impact on food product quality and brand preference, food product quality has positive impact on food product value also food product value has positive impact on brand preference. But food product quality has not have positive impact on brand preference. Attributes that have positive impact on design visual packaging are color and design.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwiarto Mursyidan Farindarmawan
"Industri manufaktur saat ini menghadapi tantangan yang semakin kompleks, termasuk peningkatan permintaan produk dan persaingan global yang semakin ketat. Untuk tetap kompetitif dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas, adopsi teknologi menjadi keharusan. Salah satu inovasi penting adalah penerapan sistem pengemasan otomatis. Sistem ini memungkinkan proses pengemasan produk secara otomatis tanpa campur tangan manusia, yang secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan efisiensi pengemasan sekaligus menekan biaya produksi. Penelitian ini berfokus pada pengembangan subunit alat pemindah botol obat sebagai bagian dari sistem pengemasan otomatis. Tahapan penelitian meliputi studi literatur, penentuan spesifikasi motor stepper yang sesuai, dan perancangan subunit pemindah botol obat. Proses manufaktur rangka dan pengujian pembebanan dilakukan untuk memastikan kekuatan dan keandalan subunit yang dikembangkan. Analisis hasil manufaktur mengungkapkan defleksi maksimum dan faktor keamanan yang dicapai sesuai dengan standar ASME STS-1 tahun 2016 mengenai Steel Stacks. Evaluasi kesalahan dilakukan untuk memahami dan meminimalkan potensi kegagalan sistem. Akhirnya, penelitian ini menyajikan kesimpulan dari hasil uji coba dan menawarkan saran untuk pengembangan lebih lanjut.

The manufacturing industry is currently facing increasingly complex challenges, including rising product demand and intense global competition. To stay competitive and enhance efficiency and productivity, adopting cutting-edge technology is essential. One crucial innovation is the implementation of automated packaging systems. These systems enable product packaging processes to be conducted automatically without human intervention, significantly increasing packaging speed, precision, and efficiency while reducing production costs. This study focuses on the development of a medicine bottle transfer subunit as part of an automated packaging system. The research stages include a literature review, determination of suitable stepper motor specifications, and the design of the medicine bottle transfer subunit. The manufacturing process and load testing were conducted to ensure the strength and reliability of the developed subunit. Manufacturing analysis revealed the maximum deflection and safety factors achieved according to the ASME STS-1 2016 standard regarding Steel Stacks. Error evaluation was performed to understand and minimize potential system failures. Finally, this research presents conclusions from the trials and offers suggestions for further development."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rengkung, Stephanie
"Packaging pada era ini tidak lagi hanya digunakan sebagai wadah namun juga digunakan sebagai salah satu sarana pemasaran perusahaan. Dalam penelitian ini penulis mencoba menganalisa pengaruh packaging pada keputusan konsumen dalam membeli produk Yogurt. Produk Yogurt sendiri diprediksi akan mengalami ekspansi pasar di Indonesia. Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian yaitu penelitian awal dan penelitian utama. Penelitian awal berguna untuk mengerucutkan enam level yang ada dalam faktor skema warna dan font menjadi dua pilihan terbaik yang nantinya akan dikombinasikan dengan faktor shape pada penelitian utama.
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian awal adalah metode Eye tracking dan Retrospective Think Aloud.
Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa font jenis "fineliner" dan "bodoni", dan skema warna "analogue" dan "tetradic" adalah yang terbaik dan akan dikombinasikan dalam penelitian utama dengan faktor shape. Metode Conjoint Analysis akan digunakan pada penelitian utama. Hasil penelitian utama menunjukkan preferensi rakyat Indonesia untuk packaging produk Yogurt adalah packaging dengan jenis font "fineliner", jenis shape Rounded dan jenis skema warna "analogue".

In this era, Packaging are no longer only used as a container but also used as a means of marketing in companies. In this study the authors tried to analyze the effect of packaging on consumer willingness to buy with a case study in Yogurt products. Yogurt is predicted to experience expansion in the Indonesian market. This study is divided into two parts, the initial research and primary research. Initial studies are useful for pursing six levels in the color scheme and font factors into two best options that will be combined with the shape factor of primary research.
Research methods will be used in the initial study was the Eye tracking method and Retrospective Think Aloud.
Preliminary results showed that "fineliner" and "bodoni" font type, and "analogue" and "tetradic" color schemes are the best and will be combined in the main study with shape factor. Conjoint Analysis methods will be used in the main study. The main results of the study showed a preference for the people of Indonesia for Yogurt product packaging is packaging with "fineliner" font type, Rounded shape and "analogue" color scheme
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35611
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novindra Ades Wiantre
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas pembuatan aplikasi desain kemasan shampoo berdasarkan nilai estetika visual dengan memperhatikan sisi afektif dari konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering tipe II. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat sembilan kelompok kansei words pria dan delapan kelompok kansei words wanita yang mewakili persepsi afektif konsumen. Keluaran akhir dari penelitian ini adalah terbentuknya aplikasi yang membantu desainer dalam membuat desain kemasan shampoo dan usulan desain baru untuk kemasan shampoo yang memenuhi masing-masing kelompok kansei words.

ABSTRACT
The focus of this study is to create application for designing shampoo packaging based on aesthetic value by considering consumer affective perception. The method used in this study is Kansei Engineering type II. From the results of this research, there are five groups of kansei words representing affective perceptions of consumers, nine components for male and eight components for female. Final output of this research is application that help designer in making shampoo packaging design and the new design for packaging shampoo that meets each group kansei words.
"
2015
S59442
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Klimchuk, Marianne Rosner
"Now in full-color throughout, the second edition of Packaging Design offers fully up-to-date coverage of the entire packaging design process, including the business of packaging design, design principles, the creative process, and pre-production and production issues. New chapters cover topics related to branding, business strategies, social responsibility, and sustainability. All new case studies and examples illustrate every phase of the process, making this the single most important guide for designers on how to create successful packaging designs that serve as the marketing vehicle for con."
Hoboken, NJ : John Wiley & Sons, 2012
658.564 KLI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Angelia Fathir Hafitri
"ABSTRACT
Kemasan memiliki fungsi penting bagi suatu produk yang memberikan pengalaman kepada konsumen sehingga akan mempengaruhi purchase decision konsumen terhadap produk tersebut. Material kemasan yang paling banyak digunakan adalah plastik yang sulit terurai sehingga mengakibatkan tumpukan sampah di darat maupun di laut, salah satu sampah yang paling banyak ditemukan di pantai adalah botol plastik yang membutuhkan 350 tahun untuk terurai secara alami. Oleh karena itu dibutuhkan material kemasan yang sustain atau berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penelitian ini berfokus pada kemasan botol plastik yaitu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), agar menjadi preferensi konsumen maka kemasan sustain dikombinasikan dengan desain seperti warna dan ukuran label. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering, Kano Model dan Conjoint Analysis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, desain grafis dan material sustainability memiliki pengaruh terhadap decision purchasing konsumen.

ABSTRACT
Packaging has an important function for a product that provides experience to consumers, that will affect consumer purchase decision of the product. The most widely used packaging material is a plastic that is difficult to decompose resulting in pile of waste, one of the most abundant trash is plastic bottle that takes 350 years to decompose naturally. Therefore, sustainable or environmentally friendly packaging materials are required. This research focuses on the packaging of plastic bottles namely Air Minum Dalam Kemasan AMDK . In order to be a consumer preference the sustain packaging have to combined with designs such as color and label size. The method used in this research is Kansei Engineering, Kano Model and Conjoint Analysis. Based on the research that has been done, graphic design and sustainability materials have an influence on consumer purchasing decision."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iwa Misbah
"Daya tank visual menekankan pada efektivitas kepuasan dan kesukaan anak terhadap atribut kemasan seperti warna, bentuk, informasi, ilustrasi, dan label. Peran strategis yang dimainkan kemasan tidak hanya mampu merebut hati konsumen sebagai obyek pasar, tetapi berdampak pada kepentingan produsen dalam memaknai kemasan sebagai unsur utama meraih ekuitas merek Studi karya akhir im menggunakan desain riset deskriptif dan pendekatan yang dilakukan melalui metode kuantitatif. Untuk mendapatkan data penelitian, penulis menggunakan metode kuesioner. Partisipan terdiri dari 119 anak Madrasah Pembangunan UIN Syarief Hidayatullah, jalan Ibnu Taimiya 4 Ciputat - Jakarta dan Sekolah Islam Ruhama, jalan Tarumanegara, Pondok Cabe - Tangerang. Penelitian mi melibatkan responden dan siswa SD kelas dua sampai kelas enam sekolah dasar (SD). Untuk menjamin kepercayaan data pada penelitian mi maka digunakan pendekatan model kepuasan Kano yang terdiri dan: attractive qualiy, one-dimensional, must-be, indferent, reverse, dan questionable. Model mi diuji menggunakan uji t dua sampel berpasangan. Sedangkan untuk mengukur demografi menggunakan analisis Chi-square. Temuan penting dari penelitian mi adalah anak-anak cenderung mempunyai kesukaan yang tinggi terhadap pengaruh atribut visual kemasan. Misalnya warna dianggap sebagai must be, artinya anak merasa kecewajika kemasan minuman tidak menampilkan warna yang sesuai dengan warna aiaminya. Namun, anak tidak akan meningkat kepuasannya bila warna kemasan sesuai dengan rasa yang dikandungnya. Dengan demikian, alangkah baiknya tetap memberikan aksentuasi warna yang sesuai rasa serta membuat kemasan yang colourfull untuk meningkatkan kesenangan (delighting) anak. Menyangkut bentuk dan ilustrasi, temyata karakter kartun, mainan, buah, binatang, dan antropomorfik telah meningkatkan kesenangan
anak karena dianggap memenuhi kepuasan emosionalnya. Dampak emosional mi bisa berupa
rasa senang, gembira dan bersemangat. Indikator daya tank emosional sangat erat terkait
dengan citra visual dari kemasan. Misalnya, tampilan bentuk kartun atau ilustrasi gambar
anak yang sedang tersenyum membuat anak memaknai ilustrasi tersebut sebagai kemasan
yang lucu dan ceria. Adapun faktor-faktor yang hams menjadi pertimbangan untuk
menciptakan visual kemasan yang menarik diantaranya; menampilkan warna sesuai dengan
karakteristik produk, menciptakan bentuk yang menjadi idola anak, menghadirkan nuansa
ilustratif berupa gambar, foto, lukisan, atau kombinasi dari elemen tersebut untuk
mendapatkan nilai visual yang estetik path kemasan anak.
Temuan menarik lainnya, temyata analisis mengenai daya tank visual kemasan tidak
bisa secana sederhana diniiai hanya dengan kategori must be atau attactive saja. Tetapi perlu
menciptakan nilai-nilai unik lainnya yang sesuai dengan tuntutan jaman. Perkembangan pasar
dan teknologi menuntut para pemasar dan produsen minuman untuk selalu mencermati
perubahan (change) sikap, perilaku dan tren anak dalam memenuhi kepuasannya. Oleh karena
itu, dalam menentukan atribut kemasanpun hams senantiasa mengikuti perkembangan yang
teijadi dari waktu ke waktu. Tidak mengherankan bahwa anak yang mempunyai kepuasan
dengan terpenuhinya atribut must be pada saatnya nanti akan berubah menjadi attractive atau
malah one dimensional. Alur sildus hidup mi merupakan hal yang sangat menarik dalam
mengikuti perubahan kesukaan anak terhadap kemasan baik fungsional maupun visual.
Mengingat pada titik puncak ekstrim tertentu dari kepuasan anak ditengarai akan mengalami
penurunan yang signifikan. Penting untuk diperhatikan bahwa perubahan siklus hidup mi
sangat mempengarulii pergerakan kesukaan anak secara tidak terduga, yang akan
menyebabkan strategi untuk pengembangan produk mengalami kesalahan bahkan kegagalan
yang sangat fatal. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam perjalanan sikius hidup produk,"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T23058
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>