Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2724 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sidiarto Kusumoputro
Jakarta: UI-Press, 2010
611.81 SID f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Murdiyanti Prihatin Putri
"Sebagian besar lansia mengalami demensia dan penatalaksanaannya dapat dilakukan dengan cara farmakologi dan non farmakologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan senam otak dan art therapy terhadap fungsi kognitif lansia dengan demensia di PSTW Yogyakarta Unit Budi Luhur dan Unit Abiyoso Yogyakarta. Rancangan penelitian ini adalah Quasy Experimental Pre-Post Control Group Design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 82 orang yang terbagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Pengukuran fungsi kognitif lansia dengan demensia menggunakan Mini-Mental State Examination (MMSE). Pada kedua kelompok terjadi peningkatan fungsi kognitif namun pada kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan latihan senam otak dan art therapy dapat dilakukan pada lansia.

Most of elderly suffer from dementia.The management of dementia can be done through pharmacology and non pharmacology ways. This research was to identify the Influence of Brain Gym Exercise and Art Therapy on the Elderly's cognitive function with Dementia at PSTW Yogyakarta Unit Budi Luhur and Abiyoso Unit Yogyakarta. This research used a Quasy Experimental Pre-Post Control Group Design. The total of respondents in this research were 82 people who divided in to a control group and intervention group. The measurement of the Elderly's cognitive function was conducted on every Sunday using Mini-Mental State Examination (MMSE). Findings of the research was demonstrated that there is an improvement in the cognitive function for both group, even though, the intervention group is higher than the control group. Recommendation of this research is to implement the Brain Gym Exercise and Art Therapy for elderly not only for those who experience dementia but also for other elderly brain condition."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T33103
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Elsevier Publishing , 1968
615.78 ANT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bernard, Chester I.
Jakarta: LPPM, 1982
658.407 BAR bt (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Devin Aria Ferris
"Indonesia merupakan salah satu negara dengan keberagaman kepercayaan. Masing-masing kepercayaan ini memiliki corak berbeda-beda. Kelenteng adalah tempat peribadatan penganut Konfusianisme yang mencerminkan corak budaya Tiongkok. Terdapat kelenteng unik di Indonesia yang menjadikan dewa utamanya dewa Phan Ko. Topik dari penelitian ini tentang fungsi agamawi dan fungsi sosial yang ada di kelenteng Phan Ko. Rumusan masalah yang diteliti adalah fungsi agamawi yang diberikan kelenteng Phan Ko pada penganut Tridharma dan Non-Tridharma dan fungsi sosial kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kelenteng. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengambilan data dilakukan dengan mewawancarai informan untuk mendapatkan data yang akan diseleksi lalu dianalisis. Penelitian ini mendapatkan hasil tentang fungsi agamawi dan fungsi sosial kelenteng Phan Ko.

Indonesia is a country with a diversity of beliefs. Each of these beliefs has a different style. The pagoda is a place of worship for Confucian adherents that reflects Chinese cultural features. There is a unique pagoda in Indonesia where the main god is Phan Ko. The topic of this research is about the religious and social functions in the Phan Ko temple. The formulation of the problem studied is the religious function given by the Phan Ko temple to Tridharma and Non-Tridharma adherents and social functions to the people who live around the temple. This research uses descriptive qualitative method, data collection is done by interviewing informants to obtain data that will be selected and then analyzed. This study obtained results regarding the religious and social functions of the Phan Ko temple."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Suyatno
"

Latar belakang: Angka Skizofrenia di Jawa Tengah melebihi dari rata-rata di Indonesia yaitu sebesar 0,25%. Gejala skizofrenia digolongkan sebagai gejala positif dan negatif. Gejala positif yaitu halusinasi dan defisit fungsi kognitif. Selain fungsi kognitif, isolasi sosial juga dapat mempengaruhi motivasi. Motivasi merupakan perilaku untuk memperoleh kesenangan dan kepuasan setelah melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuannya. Hal ini akan berdampak juga pada fungsi sosial klien.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh latihan keterampilan sosial terhadap fungsi kognitif, motivasi, dan fungsi sosial pada klien dengan isolasi sosial; penelitian ini juga untuk mengetahui perbedaan fungsi kognitif, motivasi, dan fungsi sosial pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah kelompok intervensi diberikan LKS.
Metode: Penelitian kuantitatif dengan kuasi ekperimen menggunakan dua kelompok yaitu kelompok intervensi dan kontrol. Setiap kelompok terdiri atas 36 responden pada kelompok intervensi dan kontrol.
Hasil: Ada pengaruh latihan keterampilan sosial terhadap fungsi kognitif, motivasi, dan fungsi sosial pada klien dengan isolasi sosial; fungsi kognitif, motivasi, dan fungsi sosial meningkat secara signifikan pada kelompok intervensi; berdasarkan dari uji statistik menunjukkan motivasi mengalami peningkatan yang paling rendah.
Rekomendasi: Perawat spesialis memberikan latihan keterampilan sosial di rumah sakit sehingga perlu ditambahkan jumlah perawat spesialis di rumah sakit.

Background: Schizophrenia rates in Central Java exceed the average in Indonesia which is 0.25%. Symptoms of schizophrenia are classified as positive and negative symptoms. Positive symptoms are hallucinations and cognitive function deficits. Besides cognitive function, social isolation can also influence motivation. Motivation is a behavior to obtain pleasure and satisfaction after doing something according to his abilities. This will also have an impact on the client`s social functions.
Objective: to determine the effect of social skills training on cognitive functions, motivation, and social functions on clients with social isolation; this study was also to determine differences in cognitive function, motivation, and social function in the intervention group and the control group after the intervention group was given LKS.
Method: Quantitative research with quasi-experiment using two groups namely intervention and control groups. Each group consisted of 36 respondents in the intervention and control groups.
Results: There is the influence of social skills training on cognitive functions, motivation, and social functions on clients with social isolation; cognitive function, motivation, and social function increased significantly in the intervention group; based on the statistical test shows the motivation experienced the lowest increase.
Recommendation: Specialist nurses provide social skills training at the hospital so that the number of specialist nurses in the hospital needs to be added.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
T53320
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syadiidah
"Artikel jurnal ini berisi tentang pergeseran fungsi dan proses pewarisan pada kesenian tanjidor. Kesenian ini merupakan kesenian Betawi berupa pertunjukan musik tanpa vokal. Dahulu di Batavia, tanjidor selalu menjadi primadona dalam memeriahkan acara tahun baru, acara hajatan orang Betawi, juga perayaan hari besar Cina, seperti Cap Go Meh dan lainnya. Namun saat ini, pertunjukan tanjidor menjadi hal yang langka. Bahkan, dalam acara pernikahan orang Betawi, tanjidor merupakan pertunjukan yang jarang ada dan saat ini pertunjukan tersebut lebih sering ditanggap untuk acara yang bertemakan ikon Jakarta.
Berdasarkan penelitian, turunnya intensitas pertunjukan tanjidor disebabkan oleh bergesernya fungsi utamanya sebagai hiburan. Tidak adanya persepsi keislaman yang dekat dengan kehidupan masyarakat Betawi menjadi pemicu berkurangnya pertunjukan tanjidor di kalangan komunitasnya. Selain itu, pergeseran juga terjadi dalam proses pewarisannya. Proses pewarisan yang dilakukan oleh seniman Betawi mendapat hambatan karena sulitnya mereka untuk mentransfer keahliannya. Berbeda dengan seniman tanjidor non-Betawi yang memiliki cara khusus untuk memindahkan keahliannya kepada murid-muridnya. Hal ini akan berakibat adanya penyeberangan pewarisan tanjidor dari Betawi ke non-Betawi karena tanjidor terasa lebih hidup di tangan non-Betawi.
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan sebab dan dampak tergesernya fungsi tanjidor dalam masyarakat Betawi sehingga menyebabkan terjadinya pergeseran dalam proses pewarisan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode lapangan kualitatif dengan mengacu pada data di lapangan kemudian dianalisis dengan bantuan studi pustaka.

This journal article contains about the shift of functions and processes inheritance on tanjidor art. This art is art Betawi in the form of musical performances without vocals. Formerly in Batavia, tanjidor has always been a prima donna in enlivening the new year event, Betawi celebration events, as well as Chinese celebrations of the day, such as Cap Go Meh and more. But nowadays, tanjidor show becomes thing which is rare. In fact, in the marriage of the Betawi people, tanjidor is a show that rarely exists and is currently a show it is more often considered for an icon themed event Jakarta.
Based on research, the decrease in the intensity of the show tanjidor is caused by shifting its main function as entertainment. The absence of a perception of Islam that is close to the life of the community Betawi became the trigger for the reduction of tanjidor performances in the circle community. In addition, shifts also occur in the process inheritance. Inheritance process done by Betawi artist get inhibited because of their difficulty to transfer his expertise. In contrast to non Betawi tanjidor artists who have a special way to transfer his skills to his students. This result in a crossing of tanjidor inheritance from Betawi to non Betawi because the tanjidor feels more alive in the hands of non Betawi.
This article aims to explain the cause and the impact of displacement tanjidor function in Betawi society causing a shift in the inheritance process. The research method done is a qualitative field method with reference to the data in the field then analyzed with the help of literature study."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T49299
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Nurfitria
"[ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang perubahan fungsi shemagh sebagai kain pelindung atau penutup kepala atau tubuh yang bermula dipakai oleh petani, suku Badui, dan rakyat desa di Palestina yang berpindah ke kota, dan menyebar ke kota-kota Palestina. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan, mencatat, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk teks naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat, dan gagasan yang dikumpulkan oleh penulis dari beberapa sumber sesuai dengan teknik atau cara pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari sejumlah buku, literatur, jurnal ilmiah, laman internet dan wawancara untuk mendapatkan data yang menjadi landasan dalam penelitian ini. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh informasi mengenai perubahan fungsi shemagh dan bagaimana shemagh dapat tersebar di dunia Internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shemagh digunakan sebagai simbol solidaritas perlawanan rakyat Palestina terhadap penjajah Inggris dan Zionisme. Pemimpin Palestina Yasser Arafat menggunakan shemagh sebagai pelindung kepala sehari-hari sebagai simbol atau ciri khas Palestina dan juga sebagai simbol solidaritas. Kemunculan Arafat dengan menggunakan shemagh dalam acara-acara penting yang diliput oleh media, mengundang banyak pertanyaan mengapa shemagh selalu digunakan. Berbagai negara dengan kondisi geografis yang berbeda mulai tertarik dengan penggunaan shemagh. Selain sebagai pelindung kepala, negara-negara bermusim dingin seperti Eropa, shemagh digunakan sebagai syal atau scarf. Shemagh di negara-negara Arab seperti Arab Saudi digunakan sebagai tanda kedewasaan seorang pria, acara-acara formal, atau sebagai tanda seseorang yang penting dalam kepemerintahan dengan egal sebagai mahkotanya. Kemudian shemagh menjadi terkenal di dunia Barat dan menjadikannya sebagai mode fesyen.
;
ABSTRACT
This study focuses on the changes of shemagh functions as a protector of the head and body that originated used by farmers, bedouin, and the Palestinian villagers. They moved into the cities, causes shemagh spread out. In the writing of this study, the author uses a qualitative research approach and descriptive research, which is a research that describes, records, analyzes, and interprets data presented in the form of narrative text, words, expressions, opinions and ideas collected by the author from several sources in accordance with techniques or method of data collection. At this phase the author uses literary research, phase by reading and studying a number of books, literature, scientific journals, the internet website and interview to get a theoretical framework which form the basis for this study. The results of the descriptive analysis obtained information about the changes of shemagh functions and how shemagh can spread internationally. The results show that shemagh used as a symbol of solidarity with the Palestinian people's resistance against the British and the Zionism. Palestinian leader, Yasser Arafat, used shemagh as protective headgear and he always wearing shemagh everyday as a symbol and characteristic of Palestine and also a symbol of solidarity of the Palestinian. The appearance of Arafat using shemagh in important events covered by the media, are open to question why shemagh always used. Various countries with different geographical conditions became interested in the use of shemagh. Besides as protective headgear, many people in the seasonal cold countries like Europe use shemagh as a scarf. In Arab countries like Saudi Arabia use it as a sign of maturity of a man, formal occasions, or as a sign of someone who is important in governance with egal as crown. Then, shemagh have been knowing in the Western and make it as a fashion.
,
ABSTRACT
This study focuses on the changes of shemagh functions as a protector of the head and body that originated used by farmers, bedouin, and the Palestinian villagers. They moved into the cities, causes shemagh spread out. In the writing of this study, the author uses a qualitative research approach and descriptive research, which is a research that describes, records, analyzes, and interprets data presented in the form of narrative text, words, expressions, opinions and ideas collected by the author from several sources in accordance with techniques or method of data collection. At this phase the author uses literary research, phase by reading and studying a number of books, literature, scientific journals, the internet website and interview to get a theoretical framework which form the basis for this study. The results of the descriptive analysis obtained information about the changes of shemagh functions and how shemagh can spread internationally. The results show that shemagh used as a symbol of solidarity with the Palestinian people's resistance against the British and the Zionism. Palestinian leader, Yasser Arafat, used shemagh as protective headgear and he always wearing shemagh everyday as a symbol and characteristic of Palestine and also a symbol of solidarity of the Palestinian. The appearance of Arafat using shemagh in important events covered by the media, are open to question why shemagh always used. Various countries with different geographical conditions became interested in the use of shemagh. Besides as protective headgear, many people in the seasonal cold countries like Europe use shemagh as a scarf. In Arab countries like Saudi Arabia use it as a sign of maturity of a man, formal occasions, or as a sign of someone who is important in governance with egal as crown. Then, shemagh have been knowing in the Western and make it as a fashion.
]"
2015
S61464
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiara Safitri
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana fungsi dan sumber resiliensi remaja pasca perceraian orang tua. Perceraian orang tua merupakan salah satu peristiwa yang signifikan dalam hidup seorang remaja. Peristiwa tersebut dapat memengaruhi kesejahteraan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana fungsi dan sumber resiliensi yang dimiliki remaja serta bagaimana fungsi dan sumber resiliensi yang remaja miliki dilihat dari perkembangan kognitif mereka. Pemahaman tentang fungsi dan sumber resiliensi ini dapat membantu dalam merancang intervensi yang relevan untuk meningkatkan fungsi dan sumber resiliensi pada remaja pasca perceraian orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap 3 orang remaja dan 3 orang dewasa awal yang memiliki riwayat perceraian orang tua ketika berusia 11–15 tahun. Penelitian ini berlangsung sejak bulan September 2022—Juni 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua informan dalam penelitian ini memiliki semua fungsi dan sumber resiliensi karena disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu latar belakang informan seperti jenis kelamin, usia, saudara kandung yang mereka miliki, serta kedekatan hubungan mereka dengan orang terdekatnya. Selain itu, fungsi dan sumber resiliensi remaja pasca perceraian orang tuanya juga dapat dilihat dari perkembangan kognitif yang mereka alami, diketahui dari caranya berpikir secara abstrak, logis, dan idealis.

This study discusses the functions and sources of adolescent resilience after parental divorce. Parental divorce is one of the significant events in an adolescent’s life. These events can affect the adolescent’s well-being and development. This study aims to describe how the functions and sources of resilience that adolescents have and how the functions and sources of resilience that adolescents have, are seen from their cognitive development. This understanding of functions and sources of resilience can help in designing relevant interventions to improve the functions and sources of adolescent resilience after parental divorce. This study uses a qualitative approach by conducting in-depth interviews and observations of 3 adolescents and 3 early adults who had a history of parental divorce at the age of 11–15 years old. This study took place from September 2022—June 2023. The results showed that not all informants in this study had all functions and sources of resilience because it was caused by several factors, such as their background, i.e. gender, age, siblings, and the closeness of their relationships with their closest ones. In addition, the functions and sources of adolescent resilience after parental divorce can also be seen from the cognitive development they experience, known from the way they think abstractly, logically, and idealistically. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galindayu Cindya Waluya Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik pengunjung dan fungsi sosial dari tiga taman kota di Kota Jakarta Timur yang masing-masing memiliki karakteristik lokasi yang berbeda-beda. Digunakannya spatial comparison analysis untuk melihat perbedaan karakteristik lokasi taman, statistic deskriptif untuk melihat karakteristik pengunjung, dan analisis deskriptif untuk melihat fungsi social taman kota. Hasil penelitian menunjukkan, Taman Dukuh dan Taman Mahoni dengan site luas kecil dan sarana yang minim.memiliki karakteristik pengunjung yang berasal dari jarak yang dekat, frekuensi kunjungan sering dan durasi kunjungan sebentar. Sedangkan, Taman Cempaka dengan site luas yang besar dan sarana yang lengkap memiliki karakteristik pengunjung yang berasal dari jarak yang jauh, frekeunsi kunjungan jarang, dan durasi kunjungan lama. Adapun ketiga taman kota memiliki fungsi sosial yang berbeda-beda berdasarkan aktivitas sosialnya. Taman Dukuh dan Taman Mahoni memiliki aktivitas sosial sedikit. Sedangkan Taman Cempaka memiliki aktivitas sosial yang banyak. Namun, lokasi Taman Mahoni yang strategis dan berada di kawasan perdagangan membuat taman ini memiliki fungsi sosial yang tinggi karena dijadikan sebagai tempat singgah pengunjung.

This study aims to find out the visitor characteristics and social functions of three urban parks in East Jakarta City, each of which has different location characteristics. Spatial comparison analysis is used to see the differences in the characteristics of park locations, descriptive statistics to see the characteristics of visitors, and descriptive analysis to see the social function of urban parks. The results showed that Taman Dukuh and Taman Mahoni with small site area and minimal facilities had the characteristics of visitors coming from a short distance, the frequency of frequent visits and the short duration of visits. Meanwhile, Cempaka Park with a large area site and complete facilities has the characteristics of visitors who come from long distances, the frequency of visits is infrequent, and the duration of visits is long. The three city parks have different social functions based on their social activities. Taman Dukuh and Taman Mahoni have few social activities. Meanwhile, Cempaka Park has many social activities. However, the strategic location of Mahogany Park and being in a trading area makes this park have a high social function because it is used as a place for visitors to stop."
Depok: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>