Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129595 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ika Nurfitriani Listyanti
"Memasuki masa perkuliahan menjadi transisi hidup yang rentan menimbulkan stres karena menuntut individu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan dan sosial yang sepenuhnya baru. Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa 39% mahasiswa UI mengalami distres psikologis yang tinggi, dan 10.6% melaporkan adanya masalah Adjustment to College World (ACW). Self-esteem merupakan prediktor yang krusial dari college adjustment. Mahasiswa dengan self-esteem rendah rentan mengalami distres psikologis. Salah satu teknik untuk meningkatkan self-esteem adalah melalui dukungan sosial. Oleh karena itu, dilakukan intervensi psikologis berupa Interpersonal Psychotherapy (IPT) untuk mengoptimalkan dukungan sosial dari hubungan interpersonal yang dimiliki.
Metode: Penelitian randomized controlled trial dilakukan menggunakan desain one-group pretest-posttest dan teknik accidental sampling. Intervensi dilakukan sebanyak enam pertemuan setiap satu minggu sekali dengan melibatkan empat partisipan yang memiliki self-esteem di bawah rata-rata menurut Rosenberg Self- Esteem Scale (RSES) distres psikologis tinggi menurut Hopkins Symptoms Checklist-25 (HSCL-25), dan masalah pada ranah adjustment to college world.
Hasil: Keempat partisipan mengalami peningkatan self-esteem berdasarkan alat ukur RSES dan penurunan distres psikologis berdasarkan alat ukur HSCL-25. Secara umum, keempat partisipan merasakan adanya pandangan yang lebih positif mengenai dirinya dan berkurangnya kecemasan terhadap penilaian orang lain.
Kesimpulan: IPT efektif untuk meningkatkan self-esteem dan mengurangi distres psikologis pada mahasiswa UI. Hasil refleksi dari partisipan menunjukkan adanya peningkatan keterbukaan dalam mengekspresikan perasaan. Teknik-teknik yang dianggap paling membantu adalah survei kualitas positif diri dan role play.

Attending college is a stressful life transition for many students as they have the demands to adapt with new educational and social environments. A preliminary study showed that 39% of undergraduate students at Universitas Indonesia was considered to have high level of psychological distress, and 10.6% of this population reported to experience Adjustment to College World (ACW) problems. Self-esteem was found to be a crucial predictor of college adjustment. Students with low self-esteem are predicted to have poor adjustment and also susceptible to psychological distress. One of the treatments to increase self-esteem is through social support enhancement. Therefore, Interpersonal Psychotherapy (IPT) is conducted to assist participants in establishing and maintaining supportive relationships as well as enhancing self-appreciation skills.
Methods: Randomized controlled trial was conducted using one-group pretestposttest design and accidental sampling to recruit participants. The treatment was conducted in 6 (six) weekly sessions to each of four undergraduate students with low self-esteem according to the Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), high level of psychological distress according to the Hopkins Symptoms Checklist-25 (HSCL-25), and some adjustment to college world problems.
Result: All participants reported improvements in self-esteem and reductions in psychological distress symptoms according to the RSES and HSCL-25. Overall, the four participants explained that the treatment had built more positive feelings about themselves and made them less anxious about people?s judgements.
Conclusion: IPT is considered effective to increase self-esteem and reduce psychological distress symptoms among undergraduate students at Universitas Indonesia. Participants reported some improvements in their self-disclosure and self-appreciation. Techniques that are considered helpful were positive qualities survey and role play."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30612
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Della
"Menjadi seorang mahasiswa memberikan tekanan tersendiri karena mahasiswa menghadapi tugas perkembangan maupun masalah-masalah lain yang harus diselesaikan dan seringkali tekanan ini memberikan distres psikologis bagi mahasiswa yang bersangkutan. Hal ini juga terjadi kepada mahasiswa UI dan berdasarkan penelitian sebelumnya, salah satu sumber distres psikologis pada mahasiswa UI adalah penyesuaian akademis. Meskipun mahasiswa telah dibekali berbagai macam keterampilan untuk menyesuaikan diri secara akademis, nyatanya keluhan mengenai penyesuaian akademis masih saja muncul. Hal ini menunjukkan bahwa ada masalah lain yang mendasari keluhan tersebut.
Berdasarkan beberapa penelitian maupun literatur, self esteem merupakan salah satu faktor yang berkaitan dengan kemampuan penyesuaian diri ini. Oleh karena itu, penting untuk membantu mahasiswa yang mengalami distres psikologis untuk meningkatkan self esteem yang dimilikinya. Metode intervensi yang digunakan untuk meningkatkan self esteem pada penelitian ini adalah metode cognitive behavior therapy. Partisipan yang terlibat sebanyak tiga orang dan ketiga partisipan tersebut mengikuti intervensi sampai sesi terakhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi ini efektif meningkatkan self esteem pada mahasiswa yang mengalami distres psikologis. Hal ini terlihat dari peningkatan skor self esteem dan penuruan skor distres psikologis serta refleksi partisipan yang menunjukkan adanya kemampuan dalam mendeteksi unhelpful thoughts yang muncul, penurunan emosi negatif yang dirasakan, dan perubahan perilaku dimana partisipan mengurangi perilaku menghindar.

Being a college student brings certain pressure because students are faced with developmental task and other problems that?s need to be dealt with and this can evoke psychological distress to the students. The same problem also happens to college students of University of Indonesia and based on latest research, one of the source of psychological distress among students of UI is academic adjustment. Although the students has already been thought the skill to help them adjust academically, but the complaint about the problem still persists. This suggests that there's other issue that underlie the complaint.
Based on researches and literatures, self esteem is considered as one of the factors that's related to academic adjustment. Therefore, it's important to help students increase their self esteem. The intervention method that's used to increase self esteem in this research is cognitive behavior therapy. There were three participants that were involved and they followed until the last session.
The result suggests that this intervention effectively increased self esteem for students with psychological distress. It can be seen from the increasing of self esteem's score, decreasing of psychological distress' score, and participant' reflection which indicates ability to detect unhelpful thoughts, decreasing of negative emotions, and changing of behavior in which participants reduce avoidance behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30989
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hutahaean, Bona S.H.
"Latar Belakang: Mahasiswa yang memiliki self-esteem tinggi cenderung lebih mampu melakukan penyesuaian diri sehingga memiliki prestasi akademis yang lebih baik. Mereka juga akan lebih mampu mengatasi permasalahan dalam dunia perkuliahan sehingga secara otomatis menurunkan level distres psikologis.
Metode: Penelitian dilakukan secara quasi experimental. Delapan mahasiswa Universitas Indonesia berusia antara 18-23 tahun yang memiliki tingkat self-esteem di bawah 29 berdasarkan alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale dan memiliki level distres psikologis di atas 1.75 berdasarkan alat ukur HSCL-25 menjadi subyek penelitian. Kepada mereka diberikan intervensi pelatihan peningkatan self-esteem selama dua hari berturut-turut yang terdiri dari 5 sesi utama. Pelatihan dilakukan selama ± 6 jam per harinya. Empat minggu setelah pelatihan hari kedua, dilakukan wawancara dan pengukuran pasca intervensi menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale dan HSCL-25.
Hasil: Berdasarkan pengukuran sebelum dan sesudah intervensi pelatihan, diketahui bahwa tujuh partisipan mengalami peningkatan self-esteem, satu partisipan mengalami penurunan self-esteem, tujuh partisipan mengalami penurunan level distres psikologis, dan satu partisipan mengalami peningkatan level distres psikologis.
Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa intervensi pelatihan dinilai berhasil dalam meningkatkan self-esteem dan menurunkan level distres psikologis mahasiswa Universitas Indonesia. Partisipan juga menyampaikan bahwa mereka memperoleh informasi baru mengenai self-esteem dan keterampilan baru berkomunikasi secara asertif dan berpikir positif.

Background: Undergraduate student with high self-esteem level tends to have a good adjustment to college world, therefore they can achieve greater academic performance. They will also have the ability to deal with college problems and automatically decreasing their psychological distress level.
Method: Quasi experimental research was conducted. Eight Universitas Indonesia?s undergraduate students aged 18-23 years who had self-esteem level below 29 as measured by Rosenberg Self-Esteem Scale and had psychological distress level above 1.75 as measured by HSCL-25 became the subject of this research. They were involved in self-esteem building training intervention within two days in a row (@ approximately 6 hours), consisted of 5 main sessions. Four weeks after the second day of training, the level of self-esteem and psychological distress were measured using Rosenberg Self-Esteem Scale and HSCL-25.
Result: The measurements before and after the training intervention found that seven participants had an increase in self-esteem level, one participant had a decrease in self-esteem level, seven participants had decreased psychological distress level, and one participant had increased psychological distress level.
Conclusion: This study proves that the training intervention is effective in increasing the level of self-esteem and decreasing the level of psychological distress for Universitas Indonesia?s undergraduate students. Participants also commented that they acquired new knowledge regarding selfesteem and new skills to communicate assertively and think positively.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30962
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ayuningdyah Sekararum
"Masa perkuliahan merupakan masa-masa yang penuh tuntutan.Mahasiswa harus menghadapi tugas perkembangan maupun masalah-masalah lain yang harus diselesaikan dan seringkali tekanan ini menimbulkan distres psikologis bagi para mahasiswa. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui bahwa salah satu sumber distres psikologis yang banyak dialami oleh mahasiswa UI adalah permasalahan dalam hubungan interpersonal. Penelitian memang menunjukkan bahwa tuntutan mahasiswa untuk menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain memiliki pengaruh lebih besar terhadap kesehatan mental dibandingkan dengan pengaruh dari tuntutan akademik. Mahasiswa yang memiliki hubungan interpersonal yang suportif akan jauh lebih sehat mental dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak memilikinya. Dengan demikian, penting bagi mahasiswa, termasuk mahasiswa UIuntuk memiliki keterampilan sosial yang baik agar dapat membina hubungan sosial yang optimal. Meskipun sejauh ini UI telah melaksanakan beberapa program serupa pelatihan untuk membekali mahasiswa dalam proses penyesuaian diri mereka di lingkungan perkuliahan, keluhan mengenai permasalahan ini masih tetap muncul. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu program intervensi untuk membantu mahasiswa dengan keterampilan sosial yang kurang baik. Metode intervensi yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada penelitian ini adalah Interpersonal Psychotherapy. Partisipan yang terlibat sebanyak dua orang dan keduanya mengikuti intervensi sampai sesi terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi ini efektif meningkatkan keterampilan sosial pada mahasiswa yang mengalami distres psikologis. Ini terlihat dari peningkatan skor keterampilan sosial dan penurunan skor distress psikologis serta refleksi partisipan yang menunjukkan kemampuan untuk dapat nyaman dalam interaksi sosial, berkurangnya emosi negative dan perubahan perilaku saat terlibat dalam interaksi sosial.

Being a college student brings certain pressure. Students must encounter developmental task along with various other problems to be solved which can evoke psychological distress to the students. This also happens to the students of University of Indonesia in which in previous researches it has been established that one of the sources of these psychological distresses is problems on interpersonal relationship. Research had shown that the social pressure to bond with fellow students has a profound and greater effect to the mental health compared to academic pressure. Students who have supportive interpersonal relationship is proven to have significantly better mental health compared to those who lack or unable to foster it. Therefore, it is important for them to develop adequate social skills in order to maintain satisfactory level of social relationship. Although the University of Indonesia has a range of programs similar to trainings designed to help students to adjust to the college environment, a number of complaints regarding this problem still occurs. Based on this ground, there is a need for an intervention program to help students who encountered these social skills problems. The intervention method used to increase the social skills in this research is Interpersonal Psychotherapy. This program involved two participants who were able to go through until the last intervention session. The result suggests that this intervention effectively increased the social skills of participating students with psychological distress. This end result can be measured quantitatively based on the increase of social skills score and the reduction of psychological distress score. It is also reflected from the participant that they show the ability to interact with their surrounding more comfortably along with reduced negative emotion and the change of their behavior to a more positive side."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30583
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sangitan, Emmanuela Kirana
"Tingkat distres psikologis mahasiswa Universitas Indonesia (UI) termasuk tinggi, sebesar 39%. Sebanyak 9,1% mahasiswa melaporkan masalah Social-Psychological Relations (SPR) menjadi masalah terberatnya. Masalah ini berkaitan dengan rendahnya keterampilan sosial. Keterampilan sosial yang rendah menjadi prediktor terhadap kemunculan distres psikologis. Keterampilan ini melibatkan persepsi dan evaluasi individu terhadap suatu situasi sosial, seperti merasa tidak mampu menjalin hubungan dengan baik, evaluasi negatif terhadap diri sendiri tanpa bukti, dan takut akan penilaian negatif dari orang lain. Salah satu intervensi yang efektif adalah Cognitive Behavior Therapy (CBT). CBT bertujuan untuk merestrukturisasi kognitif agar muncul respon yang lebih adaptif. Metode Penelitian randomized control trial ini dilakukan dengan one group before-andafter study design dan convenience sampling di UI Depok. Intervensi dengan CBT dilakukan sebanyak 6 sesi. Hasil Kedua partisipan mengalami peningkatan keterampilan sosial dan penurunan distres psikologis, diketahui dari perbaikan skor Social Skills Inventory (SSI), Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25), dan evaluasi kualitatif. Kesimpulan CBT efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial dan menurunkan distres psikologis pada mahasiswa UI. Teknik yang dianggap membantu adalah penentuan tujuan, thought diary, pencarian bukti, pembuatan thought card, behavior experiment, dan teknik bernapas.

The psychological distress level of undergraduate students in Universitas Indonesia was considered high, with index of 39%. A number of 9.1% undergraduate students reported to experienced Social Psychological Relations problem as the main issue. This problem related to the low social skills. Low expertise in social skills was predicted as the main cause of psychological distress. This skills involving individual perception and evaluation to a certain social situations, such as self-perceived to be incompetent to build a good relationship, negative self-evaluation without proper evidence, and fear of negative evaluation from others. One of the effective intervention techniques to deal with this problem is Cognitive Behavior Therapy (CBT). The aim of CBT is cognitive restructuring, in order to create more adaptive responses. Method Randomized control trial was conducted with one group before-and-after study and also convenience sampling in Universitas Indonesia. The intervention was conducted in 6 sessions. Result Both participants reported that the social skills increased and the psychological distress reduced indicated by the improvement score in Social Skills Inventory (SSI), Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25), and also qualitative evaluation. Conclusion CBT is an effective intervention to increase social skills and reduce psychological distress among undergraduate students at Universitas Indonesia. Techniques that are considered helpful were goal-setting thought diary, evidences seeking, thought card, behavior experiment, and breathing technique."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30888
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Belinda Gustina
"Tuntutan dari berbagai aspek dapat menyebabkan tekanan psikologis pada tahun pertama kuliah siswa. Dalam menghadapi tuntutan tersebut, mahasiswa tahun pertama dapat melakukan evaluasi ulang sendiri apakah mereka cukup kompeten atau tidak untuk menghadapi tantangan yang kemudian selanjutnya dibahas sebagai konsep harga diri. Beberapa penelitian sebelumnya telah melihat hubungan antara harga diri dan tekanan psikologis di beberapa negara. Di dalam peneliti studi menyelidiki peran harga diri dalam memprediksi tekanan psikologis di mahasiswa tahun pertama khususnya dalam konteks Universitas Indonesia. Peserta ini studi terdiri dari 277 perguruan tinggi tahun pertama yang rata-rata berusia 18 tahun. Variabel Self-esteem diukur menggunakan Rosenberg Self-esteem Scale dan psikologis distress diukur menggunakan Self-Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga diri memprediksi tekanan psikologis pada mahasiswa tahun pertama di mana peningkatan harga diri menyebabkan penurunan tingkat gangguan psikologis. Ini Studi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan intervensi pada mahasiswa tahun pertama terkait dengan tingkat tekanan psikologis mereka yang tinggi.

Demands from various aspects can cause psychological stress in the first year of college students. In facing these demands, first year students can re-evaluate whether they are competent enough or not to face challenges which are then discussed as the concept of self-esteem. Several previous studies have looked at the relationship between self-esteem and psychological distress in several countries. In this study researchers investigated the role of self-esteem in predicting psychological distress in first-year students, particularly in the context of the University of Indonesia. Participants in this study consisted of 277 first-year colleges whose average age was 18 years. Self-esteem variables were measured using the Rosenberg Self-esteem Scale and psychological distress measured using the Self-Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20). The results of this study indicate that self-esteem predicts psychological distress in first-year students where increased self-esteem leads to lower levels of psychological disorders. This The study can be used as a consideration for intervention in first-year students related to their high levels of psychological stress."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanita Nur Azmi
"Distres merupakan permasalahan psikologis yang umum dialami pada mahasiswa. Self-esteem dan college adjustment adalah faktor yang berkaitan dengan distres pada mahasiswa di tahun pertama perkuliahan. Untuk itu, penelitian ini ingin melihat peran self-esteem dan college adjustment sebagai prediktor distres pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia. Partisipan penelitian ini merupakan 255 mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia angkatan 2019. Distres diukur menggunakan Self Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20). Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) digunakan untuk mengukur self-esteem dan Student Adaptation to College Questionner (SACQ) untuk mengukur college adjustment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa self-esteem dan college adjustment dapat memprediksi distres mahasiswa tahun pertama. Selain itu, hasil penelitian ini secara spesifik juga menunjukkan bahwa prediktor terkuat bagi distres adalah dimensi personal-emotional adjustment. Untuk penelitian yang akan datang, peneliti menyarankan untuk memerhatikan waktu pengambilan data, menambahkan variabel demografis, serta metode pengujian reliabilitas dan validitas yang digunakan.

ABSTRACT
Distres is a psychological problem commonly experienced by first-year college students. Self-esteem and college adjustment are known as several factors that related to distress. This study examines the role of self-esteem and college adjustment as predictors of distress among first-year college students. The participants of this study were 255 first-year college students at University of Indonesia. Distres was measured using Self Reporting Questionnaire 20 (SRQ-20). Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) to measure self-esteem, and Student Adaptation to College Questionners (SACQ) to measure college adjustment. The results show that self-esteem and college adjustment can predict first-year student distress. In addition, this study also shows that personal-emotional adjustment is the strongest predictor of distress. For future research purposes, the author suggests to consider the data collecting period, consider demographic variables, as well as the method used in analyzing the reliability and validity of the instruments used."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darneliana Septiani
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dan hubungan self-esteem dan college adjustment pada mahasiswa Universitas Indonesia tahun pertama yang merupakan generasi pertama dan mahasiswa Universitas Indonesia tahun pertama yang merupakan generasi lanjutan. Self-esteem dapat diartikan sebagai penilaian secara positif atau negatif oleh seseorang terhadap dirinya (Rosenberg, 1965). College adjustment dipahami sebagai proses psikologi yang multifacet dan melibatkan tuntutan yang bervariasi dan membutuhkan beragam respon untuk mengatasi tuntutan tersebut (Baker & Siryk, 1984). Status generasi -pertama atau lanjutan- dilihat berdasarkan pendidikan orangtua dan saudara kandung (Aspelmeier, 2012). Hasil temuan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada self-esteem dan college adjustment antara mahasiswa tahun pertama UI yang merupakan generasi pertama dan mahasiswa tahun pertama UI yang merupakan generasi lanjutan. Namun, peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-esteem dengan semua dimensi college adjustment pada mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia. Temuan penelitian ini penting untuk ditindaklanjuti sebagai bahan pertimbangan untuk merancang program intervensi yang dapat membantu mahasiswa baru dalam melakukan penyesuaian diri di kampus.

This study aims to identify the differences of self-esteem and college adjustment between first generation student and continuing generation student among first-years students in Universitas Indonesia. This study also provides the relationship between self-esteem and college adjustment among first-year students in Universitas Indonesia. Self-esteem refers to personal judgment (positive or negative) about themselves (Rosenberg, 1965). Adjustment to college is multifacet and involves demands varying in kind and degree and requiring a variety of coping responses (or adjustment) that will themselves vary in effectiveness (Baker, McNeil & Siryk, 1985). Generational status ?first or continuing generation- is defined based on latest education of parent and siblings (Aspelmeier, 2012). Result show that no significant difference of self-esteem and college adjustment between first generation student and continuing generation student among first-years students in Universitas Indonesia. However, there is significant relationship between self-esteem and college adjustment among fisrt-year students in Universitas Indonesia. This study has important implication as for intervention programs that help first-year students have well college adjustment."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S65557
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shita Harfiana
"[Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara self-esteem dan motivasi berprestasi pada mahasiswa perantau di Universitas Indonesia. Partisipan penelitian berjumlah 71 orang mahasiswa laki-laki dan perempuan yang berusia antara 18-23 tahun. Self-esteem adalah sikap positif atau negatif seseorang terhadap dirinya sendiri. Motivasi berprestasi adalah kebutuhan untuk melakukan
sesuatu dengan baik atau meraih kesuksesan yang dibuktikan dengan kegigihan dan usaha dalam menghadapi kesulitan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengukuran self-esteem menggunakan
alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale sementara motivasi berprestasi diukur menggunakan Achievement Motives Scale-Revised (AMS-R). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self-esteem dan motivasi
berprestasi pada mahasiswa perantau di Universitas Indonesia (r= .340, p < 0.01). Hasil tersebut membuktikan bahwa self-esteem dan motivasi berprestasi memiliki peran penting pada kesuksesan akademis seseorang dan juga aspek kehidupan yang lain terutama pada mahasiswa perantau di Universitas Indonesia.

This study was conducted to find the relationship between self-esteem and achievement motivation among migrant students at Universitas Indonesia. Participants study of 71 students between the ages of 18-23 years. Self-esteem is a positive or negative attitude toward a particular object, namely, the self. Achievement motivation is the need to perform well or the striving for success, evidenced by persistence and effort in the face of difficulties. The study was a correlational study using a quantitative approach. Self-esteem was measured by -esteem Scale (RSES) and achievement motivation was measured by Achievement Motives Scale-Revised (AMS-R). The result showed a significant relationship between self-esteem and achievement motivation (r= .340, p < 0.01). The result proved that self-esteem and achievement motivation has an important role in academic performance as well as other aspects of life, especially among migrant students at Universitas Indonesia., This study was conducted to find the relationship between self-esteem and
achievement motivation among migrant students at Universitas Indonesia.
Participants study of 71 students between the ages of 18-23 years. Self-esteem is a
positive or negative attitude toward a particular object, namely, the self.
Achievement motivation is the need to perform well or the striving for success,
evidenced by persistence and effort in the face of difficulties. The study was a
correlational study using a quantitative approach. Self-esteem was measured by
􀀵􀁒􀁖􀁈􀁑􀁅􀁈􀁕􀁊􀂶􀁖􀀃 􀀶􀁈􀁏􀁉-esteem Scale (RSES) and achievement motivation was
measured by Achievement Motives Scale-Revised (AMS-R). The result showed a
significant relationship between self-esteem and achievement motivation (r= .340,
p < 0.01). The result proved that self-esteem and achievement motivation has an
important role in academic performance as well as other aspects of life, especially
among migrant students at Universitas Indonesia.]
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S62213
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Budiarti
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan harga diri dengan keaktifan berorganisasi mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan melibatkan 140 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 57,9% mahasiswa dengan harga diri positif memiliki tingkat keaktifan tinggi. Hasil uji Chi Square menyatakan terdapat hubungan yang bermakna antara harga diri dan keaktifan berorganisasi (p= 0.037, α= 0.05). Penelitian memberikan implikasi supaya hasil penelitian dapat dijadikan evidence base dalam menyusun rencana pendidikan kesehatan pada kelompok remaja yang memiliki masalah harga diri negatif.

This study purposed to examine the relationship between self-esteem and organizational activities among Undergraduate Students of Nursing, University of Indonesia. This study used cross sectional design involved 140 students with purposive sampling technique. The result showed that 57,9% respondents who involved organizational students in faculty of nursing with positive self-esteem have high activities. Based on Chi Square test, there was a significant relationship between self-esteem and organizational activities (p= 0.037, α= 0.05). This study has implications for educational institutions to be used as evidence base in health education plan for adolescents who have problem with negative self-esteem."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43590
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>